Select Page

11 Teknik Khusus Untuk Foto Landscape Yang Keren

11 Teknik Khusus Untuk Foto Landscape Yang Keren

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Fotografi landscape adalah jenis fotografi yang menggunakan alam sekitar sebagai objek pemotretan. Mengambil gambar tentang pemandangan alam memberikan kesenangan tersendiri bagi setiap fotografer, karena disamping memiliki objek pemotretan yang tak terbatas, alam juga memberikan kesejukan serta keunikan untuk ditampilkan. Itulah sebabnya, banyak fotografer berburu untuk melakukan hal ini.

Mengambil gambar tentang pemandangan alam merupakan hal yang cukup mudah untuk dilakukan, karena anda hanya perlu mempersiapkan kamera yang hendak digunakan kemudian keluar dan pergi untuk mencari pemandangan yang bagus, kemudian diabadikan dalam bentuk foto.

Nah, mau tahu teknik yang bagus untuk memperoleh hasil yang bagus pada foto landscape? Berikut ini adalah 11 teknik khusus untuk menghasilkan foto landscape yang bagus dan keren yang bisa kami (foto.co.id) sediakan buat anda.

 

1.  Maksimalkan Jarak Pandang Anda

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Meskipun terkadang anda ingin berkreasi dan sedikit bereksperimen dengan jarak pandang yang relatif kecil dan sempit untuk foto landscape anda, maka memastikan banyaknya gambar yang akan diambil tetap berada pada titik fokus merupakan hal yang sangat penting. Dan cara yang paling mudah untuk melakukan hal ini adalah memilih aperture yang kecil. Karena dengan aperture yang kecil membuat jarak pandang anda menjadi besar.

Disamping itu juga, saat anda sedang mengambil gambar landscape, cobalah untuk terhubung dengan objek anda sambil terus memperhatikan dan menjaga setiap element berbeda yang nampak pada pemandangan selalu dalam fokus. Untuk melakukan hal ini, maka anda perlu menggunakan aperture kecil, yaitu f/16 – f/22 agar menghasilkan gambar dengan latar depan dan belakang yang tajam.

2.  Gunakan Lensa Sudut Yang Lebar

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Penggunaan lensa sudut yang lebar lebih disukai oleh setiap fotografer landscape karena dengan lensa sudut yang lebar dapat memberikan area pemandangan/jarak pandang yang lebih luas dan ruang yang cukup untuk mengambil gambar. Dengan menggunakan lensa sudut lebar memungkinkan anda untuk menggunakan shutter speed yang lebih cepat karena hal ini dapat memberikan cahaya yang lebih banyak. Mengambil gambar dengan shutter speed f/16 akan membuat latar depan maupun latar belakang terlihat tajam. Ingatlah untuk mengambil beberapa foto terlebih dahulu secara bervariasi dengan menggunakan sudut yang berbeda untuk memastikan gambar yang bagus buat foto landscape anda.

3.  Gunakan Filter Fotografi

Untuk memperoleh gambar yang bagus, Anda dapat memanfaatkan dua filter pada foto landscape anda, yaitu: (1) Filter polarisasi berfungsi untuk memberikan tampilan langit yang nampak gelap agar memberikan keseimbangan yang pas antara warna langit dan awan yang putih. (2) Neutral Density (ND) filter berfungsi untuk mencegah cahaya masuk terlalu banyak pada kamera. Hal ini sangat berguna/bermanfaat apalagi saat anda melakukan pemotretan pada siang hari atau saat cerah, ketika kamera anda tidak dapat memberikan shutter speed yang lambat (misalnya, anda mungkin ingin menangkap pergerakan langit atau air).

4.  Gunakan Objek Yang Bergerak

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Ketika kebanyakan orang berpikir mengenai foto landscape, maka mereka memikirkan tentang suatu keadaan atau lingkungan yang tenang. Tapi sebenarnya bukan hanya itu, foto landscape mencakup suatu gerakan. Misalnya, angin yang berhembus pada pepohonan, gelombang air di pantai, air terjun, air yang mengalir, burung-burung yang terbang, serta awan yang bergerak.

Mengambil gambar mengenai objek yang bergerak, pada umumnya mengharuskan anda untuk memperhatikan pengaturan shutter speed, karena shutter speed yang lambat akan memberikan pencahayaan yang cukup lama untuk foto landscape anda. Namun jika tidak, maka adalah lebih baik untuk mengambil gambar pada pagi hari (early morning) atau malam hari (early evening) untuk menghindari cahaya yang berlebihan.

Jika anda mengambil gambar dengan objek air yang mengalir, maka anda dapat menciptakan efek air yang menakjubkan dengan pengaturan mode long eksposure yaitu pencahayaan yang panjang. Salah satu cara untuk melakukan hal ini adalah dengan menggunakan TV atau S (Shutter-Priority) modus dan memilih titik pencahayaan dengan waktu 2 detik atau lebih. Anda juga dapat menggunakan AV Mode (Aperture-Priority) dan memilih aperture kecil seperti f/32 (yang pada umumnya membutuhkan cahaya lebih banyak). Tapi, jika anda mengambil gambar tentang air yang mengalir pada siang hari maka anda perlu menggunakan filter ND untuk mengurangi jumlah cahaya yang masuk ke kamera. Hal ini memungkinkan kamera anda untuk melakukan pencahayaan lebih lama. Untuk mengambil gambar seperti ini, jangan lupa untuk selalu menggunakan tripod sehingga hasil yang diperoleh tetap tajam.

5.  Gunakan Air Sebagai Kaca/Refleksi

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Air dengan hemparan cahaya yang lembut dapat memberikan efek serta gambaran yang indah pada foto landscape anda. Waktu terbaik untuk melakukan hal ini seringkali disebut dengan istilah “2 jam emas” (two golden hours) yaitu setelah matahari terbit dan sebelum matahari terbenam. Gunakanlah tripod saat anda melakukan hal ini untuk menolong anda menghasilkan gambar yang tajam. Saat anda menempatkan kamera pada tripod, maka aturlah ke mode TV atau S (Shutter-Priority) modus, kemudian aturlah juga shutter speed pada posisi yang lambat untuk memungkinkan kamera memilih aperture yang benar dan tepat. Jika anda berjuang untuk memperoleh gambar sangat tajam, maka anda dapat meningkatkan ISO anda sekalipun ISO pada poin 125 adalah titik awal yang baik.

6.  Gunakanlah Warna Dengan Bijak

Warna secara drastis dapat mengubah cara kita dalam menafsirkan sebuah gambar. Kebanyakan orang tidak memperhatikan bahwa sebenarnya suhu/warna cahaya bergeser secara bertahap/pelan-pelan sepanjang hari. Namun untuk fotografer yang jeli dalam memperhatikan hal ini, maka ia dapat memanipulasi perbedaan-perbedaan warna halus yang ditimbulkan, untuk membuat foto yang bermakna serta indah.

7.  Gunakan Tripod

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Sebagai hasil dari penggunaan shutter speed untuk pencahayaan yang lama, maka anda perlu mengimbangi hal itu dengan menggunakan tripod. Tripod berfungsi untuk memastikan bahwa pencahayaan terus berlangsung dengan baik dan benar serta menjaga kamera anda tetap tenang tanpa adanya guncangan. Sebab, jika ada guncangan, sekecil apapun itu, maka hasil yang diperoleh kurang memuaskan. Disamping itu juga, pertimbangkanlan untuk melepaskan kabel atau wireless shutter.

Ingat, penempatan kamera pada tripod (menjaga kamera anda agar stabil dan tidak goyang) akan memberikan kemudahan bagi anda untuk menghasilkan foto landscape yang keren dan indah. Jadi, gunakanlah tripod sebaik mungkin.

8.  Tentukan Area Titik Fokus Anda

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Setiap pemotretan membutuhkan area titik fokus (focal point), demikian pula halnya dengan foto landscape. Satu hal yang tidak bisa dipungkiri bahwa, tanpa adanya area titik fokus (focal point) pada foto landscape, maka foto tersebut akan terlihat seperti kertas yang kosong sehingga membuat orang-orang bertanya-tanya dan bingung.

Area titik fokus (focal point) pada foto landscape anda bisa hadir dalam berbagai macam bentuk, misalnya, bangunan atau struktur bangunan, pohon yang mencolok (tampilannya berbeda dari yang lain), batu yang besar, siluet, dan lain sebagainya. Janganlah hanya memikirkan tentang apa itu titik tapi pikirkanlah jug acara untuk menempatkannya dalam foto anda.

Jadi, hasilkanlah foto landscape yang indah dengan titik fokus (focal point) yang jelas sehingga orang-orang tidak kecewa dengan gambar anda.

9.  Gunakanlah Langit Pada Foto Landscape Anda

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Sebagian besar foto landscape menggunakan latar bagian depan atau langit, kecuali apa yang nampak pada latar depan atau langit itu membosankan. Misalnya, kurangnya awan biru karena kabut ataupun apa yang nampak pada pandangan mata kurang menarik. Jika hal itu yang terjadi, maka jangan biarkan hal tersebut mengalahkan anda. Jadilah kreatif. Ciptakan ide-ide yang cemerlang saat situasi tidak seperti yang anda inginkan. Tapi, jika situasi yang nampak disekitar pemotretan seperti yang anda inginkan, maka hasilkanlah foto landscape yang menarik dengan latar depan serta langit yang indah.

10.  Manfaatkanlah Cuaca Yang Ada

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Memilih waktu yang tepat untuk melakukan pemotretan merupakan hal yang penting, karena cuaca dapat memberikan efek yang penting pada foto landscape anda. Banyak fotografer pemula menganggap bahwa hari yang cerah merupakan waktu terbaik untuk pergi keluar dan menghasilkan foto landscape yang bagus, namun mereka tidak pikirkan bahwa saat cuaca mendung yang kelihatan akan huhan, sebenarnya memberikan mereka kesempatan untuk menghasilkan foto landscape yang bagus dan menarik sesuai dengan situasi yang dialami. Misalnya, kekuatan angina yang berhembus kencang, badai, awan yang dramatis (gelap), cahaya yang bersinar melalui langit yang gelap, pelangi, matahari terbit/terbenam, dan lain-lain. Adalah lebih bagus memanfaatkan kesempatan seperti ini dari pada hanya menunggu hari yang cerah.

Fotografer yang kreatif adalah mereka yang mengambil setiap kesempatan yang ada untuk menghasilkan foto yang bagus, baik itu hari yang cerah ataupun tidak. Karena itu, jadilah fotografer yang kreatif dengan memanfaatkan setiap situasi yang ada untuk menghasilkan gambar yang keren dan bagus.

11.  Waktu

Waktu sangat penting dalam menghasilkan foto landscape yang bagus, karena jika pengambilan gambar dilakukan secara terburu-buru, maka hasilnya kurang memuaskan. Itulah sebabnya gunakan waktu sebaik mungkin. Ambilah beberapa foto untuk memastikan pengaturan yang anda buat. Tapi, jangan lupa untuk menggunakan sudut yang berbeda-beda, karena foto landscape pada sudut yang satu pastinya tidak akan sama dengan sudut yang lain. Disamping itu juga, gunakanlah waktu untuk jalan-jalan sambil memastikan titik-titik pemotretan anda. Dengan melakukan hal tersebut maka anda bisa memastikan terlebih dahulu sudut pemotretan yang bagus untuk diabadikan dalam foto anda.

Kesimpulan

Fotografi landscape merupakan jenis fotografi yang sangat favorit di kalangan fotografer. Kenapa? Karena foto landscape memberikan akses yang tak terbatas bagi para fotografer dalam mengambil gambar. Memang benar bahwa melakukan foto landscape bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan karena anda tinggal keluar dan pergi ketempat dimana anda inginkan. Tapi, untuk menghasilkan foto landscape yang bagus dan keren bukanlah hal yang mudah untuk diperoleh, karena hal tersebut membutuhkan kesabaran, ketekunan, latihan, serta waktu yang banyak.

Pada dasarnya, segala sesuatu membutuhkan proses, demikian pula halnya dengan foto landscape. Jangan kecewa ketika anda belum bisa menghasilkan foto landscape yang bagus. Teruslah berusaha dan jangan mudah menyerah, karena usaha dan kerja keras anda, nantinya akan dihargai dengan hasil yang bagus dan menakjubkan. Demikianlah artikel mengenai teknik foto landscape yang bagus yang bisa kami sediakan buat anda. Kiranya artikel ini bisa bermanfaat. Selamat mencoba …

Artikel Terkait

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Video Terbaru

Loading...

Instagram

lensa terbaik untuk foto landscape

Ikuti Foto.co.id!

Bergabunglah di komunitas fotografi kami, dan belajar fotografi bersama kami!

Terima kasih, silahkan cek inbox anda dan konfirmasi untuk bergabung.

Share This