Select Page

14 Tips Fotografi Yang Super Keren dan Menarik

14 Tips Fotografi Yang Super Keren dan Menarik

Bagi seorang fotografer, adalah lebih menyenangkan jika bisa menggunakan berbagai macam teknik dalam fotografi dibandingkan hanya dengan menggunakan satu teknik fotografi saja. Kenapa? Karena dengan memiliki teknik fotografi yang banyak, maka anda bisa berkreasi dan menyesuaikan diri dengan jenis pemotratan yang hendak dilakukan. Itulah sebabnya, belajar, belajar, dan belajar merupakan salah satu cara yang bagus dalam meningkatkan kemampuan fotografi. Hanya dengan belajar, anda dapat membuka kemungkinan untuk memperoleh teknik fotografi yang baru, disamping itu juga anda akan menemukan sumber-sumber yang tak terbatas dalam mengeksplorasi kreativitas anda, tapi lebih dari pada itu, belajar dapat menolong anda untuk keluar dari kebiasaan buruk yang kurang kreatif.

Nah, mau tahu tips fotografi yang keren dan menarik? Tanpa panjang lebar lagi, maka berikut ini adalah 14 tips fotografi yang keren dan menarik yang bisa kami (foto.co.id) sediakan buat anda.

1.  Fotografi Malam Hari

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

 

Fotografi malam hari merupakan jenis fotografi yang menantang. Kenapa? Karena disamping kurangnya cahaya yang tersedia, fotografer juga dituntut untuk menjaga ketajaman sebuah gambar. Karena itu, kreativitas dan pengaturan yang sesuai akan sangat menolong dalam menghasilkan foto malam yang keren dan unik. Pada umumnya, kesenangan dalam memotret dimulai ketika matahari mulai terbenam. Karena ada begitu banyak celah kehidupan yang dapat dimanfaatkan untuk mengambil gambar pada saat matahari terbenam. Untuk mendapatkan kualitas foto yang bagus pada saat matahari terbenam, atur shutter speed anda pada posisi yang lambat dan letakan tripod pada posisi yang bagus untuk membuat kamera anda tidak goyang dalam memberikan pencahayaan yang cukup lama.

2.  Fotografi Motion Blur

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Fotografi motion blur adalah seni dalam memotret subjek yang bergerak. Teknik ini sering digunakan dalam dunia olahraga, tapi juga bisa digunakan dalam menciptakan gambar yang menarik sehubungan dengan penggunaan cahaya. Cara efektif untuk memotret dengan teknik ini adalah dengan mengatur shutter speed anda pada posisi yang lambat kemudian pegang kamera anda selama subjek yang anda foto bergerak. Jika sulit untuk melakukannya dengan tangan, maka adalah lebih baik untuk menggunakan Tripod. Dengan menggunakan Tripod, tangan anda bebas dalam menentukan gaya seperti apa yang hendak anda ambil. Disamping itu, Tripod akan menjaga kamera anda agar tidak goyang sehingga bisa menghasilkan gambar yang bagus dengan motion blur yang keren. Hal ini juga akan menjaga subjek anda tetap dalam fokus sementara latar belakang anda dibuat menjadi blur.

3.  Fotografi Hitam / Putih

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Ted Grant pernah berkata bahwa mengambil gambar seseorang dengan menggunakan latar belakang berwarna, sama halnya dengan anda mengambil gambar pakaiannya saja, tapi saat mengambil gambar seseorang dengan latar hitam/putih maka anda memperoleh gambar tentang diri mereka yang sebenarnya dan bagaimana keadaan mereka. Saya percaya hal ini benar. Ada sesuatu yang istimewa yang kita dapatkan ketika kita mengambil gambar dengan latar hitam/putih yang tidak akan kita peroleh pada latar yang berwarna-warni.

Teknik foto hitam/putih lebih dari sekedar menggunakan filter hitam/putih dalam Photoshop. Teknik ini dimulai dengan adanya komposisi yang matang, penggunaan bayangan, pencahayaan, dan subjek yang berkualitas untuk menciptakan atau membentuk citra yang kuat dalam foto tersebut. Hati-hatilah dalam menggunakan teknik ini, karena jika tidak, maka anda akan membuat hasil dari foto anda kurang menarik.

4.  Fotografi Makro

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Fotografi makro (teknik membuat objek foto terlihat lebih besar dari pada aslinya) unik dan bermanfaat. Sangat menarik untuk membuat gambar besar dari subjek yang kecil, serta menangkap rincian kecil yang tak terlihat oleh mata manusia. Cara terbaik untuk membuat fotografi makro anda terlihat menonjol adalah dengan menemukan subjek yang menarik dan terperinci, misalnya hewan, tanaman, dll. Anda dapat menyelesaikan teknik ini hanya dengan kamera dan lensa apapun, sekalipun kualitas gambar yang dihasilkan akan bervariasi atau berbeda tergantung pada peralatan yang anda gunakan.

5.  Fotografi Long-Exposure

Fotografi long exposure (teknik pencahayaan untuk mengaburkan elemen/subjek yang bergerak) dapat digunakan untuk memperoleh hasil-hasil yang menarik, tetapi teknik ini sangat popular jika digunakan dalam model pemandangan. Teknik ini dapat memberikan pengaburan yang bagus terhadap gerakan dari pada subjek yang anda foto, sehingga menghasilkan suatu gambar yang halus tampilannya dan bagus.

6.  Fotografi Lukisan Cahaya

Fotografi lukisan cahaya (teknik memindahkan sumber cahaya yang dibuat untuk menerangi subjek) mungkin merupakan teknik yang paling cepat berkembang belakangan ini, dan untuk beberapa alasan memberikan kemungkinan untuk membuat beberapa seni yang indah bila dilakukan dengan benar. Pada intinya, light painting photography adalah teknik lama dari pada teknik long-exposure yaitu memanfaatkan sumber cahaya untuk membuat pola di dalam foto atau menerangi objek pada satu titik tertentu.

Setiap sumber cahaya yang ada bisa digunakan, sekalipun pada umumnya menggunakan cahaya lampu. Seperti halnya dengan metode long-exposure photography, tripod harus digunakan. Aturlah kamera anda dengan pencahayaan yang cukup lama (30 detik atau lebih) atau gunakan timer function (alat penghitung waktu) untuk memaksimalkan pemotretan dengan tripod.

Malam hari merupakan waktu yang baik untuk menggunakan teknik ini karena hal yang anda butuhkan untuk melakukan teknik ini adalah ruangan yang gelap, shutter speed yang lambat, dan flashlight / pemancar cahaya.

Cobalah untuk menggunakan berbagai macam sumber cahaya, lokasi, object, dan warna. Segala hal yang dapat memberikan perubahan terhadap warna lampu, kecepatan gerakan, atau lamanya waktu dalam melukis/menggambar dapat memberikan dampak yang luar biasa terhadap hasil akhir. Selamat mencoba dan jadilah fotografer yang kreatif.

7.  Fotografi Siluet

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Fotografi siluet (teknik foto dengan menggunakan gambar orang, hewan, benda atau tempat kejadian yang diwakili dengan satu bentuk warna yang biasanya adalah hitam) adalah teknik yang unik dan menyenangkan untuk menciptakan foto yang dramatis. Saat terbaik untuk melakukan teknik ini adalah pada waktu matahari terbit atau terbenam.  Untuk menciptakan efek siluet, tempatkan subjek anda di depan sinar matahari, dan kemudian ambilah gambar mengarah ke sinar matahari. Shutter speed yang cepat akan memberikan hasil pencahayaan yang gelap, dan shutter speed yang lambat akan menciptakan gambar yang terang.

8.  Efek Zoom Blur

Fotografi efek zoom blur (teknik menambahkan tampilan gerak ke dalam foto) adalah salah satu cara yang sederhana untuk menambahkan beberapa tampilan yang kreatif seperti fractured-blur’ pada setiap foto anda. Agar mahir menggunakan teknik ini, aturlah shutter speed anda pada posisi yang lambat dan cobalah untuk membuat besar/kecil (zoom in or out) gambar anda saat hendak memotret.

9.  Efek Lens Flare

Fotografi efek lens flare (teknik yang mengacu pada pemanfaatan jumlah cahaya yang tersebar pada lokasi pemotretan) dapat memberikan dampak yang tidak menggembirakan jika dilakukan tanpa perencanaan yang matang. Tapi jika hal tersebut direncanakan dengan bagus maka akan menghasilkan gambar yang bagus. Belajar untuk memanipulasi cahaya yang besar adalah cara yang hebat untuk menambahkan sedikit dari bakat anda dalam membuat foto yang menarik. Anda dapat memperoleh efek ini lewat memotret menghadap matahari dan kemudian ambilah sudut-sudut yang berbeda satu dengan yang lain untuk memanipulasi cahaya yang ada agar menciptakan sebuah pancaran (ledakan) cahaya yang cukup disekitar subjek anda.

10.  Fotografi Kinetik

Fotografi kinetik dikenal juga dengan sebutan “camera toss photography” yaitu seni memotret gambar lewat melemparkan kamera anda keatas dan menangkapnya kembali. Teknik ini sedikit beresiko dibandingkan dengan teknik fotografi lainnya, tapi teknik ini dapat menghasilkan beberapa foto yang menakjubkan. Salah satu hal besar mengenai cara menguasai teknik fotografi yang berbeda adalah dengan menemukan cara-cara baru dan memasukannya dalam komposisi foto anda. Mempelajari serta menggunakan teknik ini, dapat mengubah peluang biasa menjadi gambar yang kreatif dan benar-benar menonjol. Jika anda belum pernah mencoba teknik ini, maka cobalah dan lihatlah hasilnya.

11.  Beauty Photography

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Beauty photography sama halnya dengan portrait photography karena menampilkan kecantikan alamiah dari seorang model melalui bakat yang ia miliki. Beauty photography yang terbaik muncul dengan adanya kombinasi yang benar antara kepercayaan, cahaya lampu, dan kemampuan imajinasi antara keduanya baik sang model dan fotografer. Karena itu, sangat penting untuk menjalin hubungan yang baik dengan model anda agar bisa bekerja sama dalam menghasilkan foto yang keren dan menakjubkan.

12.  Fotografi HDR

Fotografi HDR (high dynamic range) adalah teknik memotret dengan mengambil tiga (3) subjek gambar yang berbeda dan menggabungkan mereka secara bersama-sama untuk menampilkan suatu gambar yang menakjubkan di dalam foto anda. Saat anda menggunakan teknik ini, cara terbaik yang bisa anda gunakan adalah dengan menggunakan pengaturan memotret secara otomatis, dan pastikan untuk mengatur tripod anda pada posisi yang bagus agar kamera anda dapat berfungsi dengan benar.

13.  Rain Photography

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Memotret disaat hujan bukanlah hal yang mudah, tetapi sekali anda menguasai teknik tersebut, maka anda akan terheran-heran melihat berbagai macam refleksi, blurs (latar yang buram), pelangi yang penuh warna sehabis hujan, pembentukan awan yang unik, dan lain sebagainya. Hujan tidak bisa diperkirakan, sama halnya dengan rain photography. Ada kalanya anda berakhir dengan mendapatkan gambar yang menakjubkan dan ada kalanya juga tidak.

14.  Soft Focus Photography

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Fotografi Soft focus diproduksi lewat menggunakan lensa foto yang khusus untuk menciptakan tampilan yang lembut dengan latar gambar yang sedikit blur untuk mempertahankan sudut gambar yang tajam. Teknik ini sering digambarkan seperti ‘dreamy style (gaya melamun) yang digunakan secara luas dalam dunia fashion dan wedding photos. Teknik ini bekerja dengan baik dalam jumlah cahaya yang cukup di depan latar belakang yang berwarna.

Kesimpulan

Ada begitu banyak teknik fotografi yang bisa kita peroleh sebagai pedoman atau penuntun dalam mengambil gambar yang bagus. Disamping itu, ada juga tips fotografi yang bisa kita jadikan sarana untuk jenis pemotretan yang hendak kita lakukan. Kita bisa memperolehnya melalui internet, membaca buku, dan lain sebagainya. Namun dibalik semuanya itu, tanpa latihan dan percobaan, maka sulit untuk memperoleh gambar yang diinginkan. Hanya dengan belajar dan berlatih maka kemampuan anda dalam fotografi akan meningkat dan anda dapat menciptakan teknik foto anda sendiri yang nyaman dengan anda. Teruslah berusaha dan jangan mudah menyerah.

Demikianlah artikel mengenai tips fotografi. Kiranya artikel ini bisa bermanfaat. Selamat mencoba …

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Video Terbaru

Loading...

Instagram

lensa terbaik untuk foto landscape

Ikuti Foto.co.id!

Bergabunglah di komunitas fotografi kami, dan belajar fotografi bersama kami!

Terima kasih, silahkan cek inbox anda dan konfirmasi untuk bergabung.

Share This