Select Page

5 Jenis Lensa Terbaik untuk Wildlife Photography

Saat ingin memilih lensa untuk fotografi wildlife (margasatwa), hal pertama yang paling harus fotografer perhatikan yaitu mengenai jarak fokus (focal length), sebuah lensa dengan jarak fokus yang lebih panjang dapat menjangkau dan mencakup jarak lebih jauh, menjadikan satwa yang anda foto dapat kelihatan secara lebih dekat dan pastinya lensa tersebut akan memberi anda manfaat yang luar biasa. Pengurangan getaran menjadikan lensa lebih mudah untuk anda gunakan, khususnya saat kondisi minim cahaya dan sebuah aperture maksimum yang lebih besar, seperti f/2.8 sangat membantu saat anda memotret pada situasi gelap dan menggunakan shutter speed yang cepat. Secara alternatif, jika ukuran adalah sebuah pertimbangan dan lensa telefoto terbaik adalah variabel terbesar dalam aperture maksimum yang berubah sesuai jarak fokus, menjadikan lensa lebih ringkas, ringan, serta lebih terjangkau. Berikut ini kami (@foto.co.id) memiliki 5 jenis lensa terbaik untuk fotografi margasatwa yang akan kami bagikan untuk anda:

Canon

Para fotografer satwa liar sudah seringkali bertemu dengan kondisi cuaca ekstrim, dengan berbagai macam medan tempur pula, seperti debu dan kotoran saat bekerja diluar ruangan. Lensa Canon Seri-L hadir dengan berbekal fitur yang dilengkapi dengan elemen pelindung untuk tahan disegala cuaca dan di desain dengan kualitas yang tangguh agar tahan lama dan cocok untuk para fotografer professional satwa liar dan olahraga. Canon EF 100-400mm f/4.5-5.6L IS II USM merupakan sebuah lensa seri L dari Canon yang dirancang untuk pemotretan telefoto, dengan desainnya yang ringkas dan ringan, karena dibekali dengan variabel aperture maksimum pada f/4.5-5.6. Lensa ini juga merupakan solusi terbaik untuk menjangkau jarak telefoto yang lebih panjang. Canon EF-M 55-200mm f/4.5-6.3 IS STM merupakan sebuah lensa zoom telefoto untuk kamera mirrorless kompak EOS M. Dilengkapi dengan optikal image stabilization yang menyediakan stabilitas 3,5 stops, yang berari bahwa anda dapat menggunakan lensa kompak ini yang juga menawarkan sebuah sensor full-frame (ekuivalen) pada jarak 88-320mm pada kecepatan shutter speed terendah seperti 1/30 tiap detik, meski pada pemotretan telefoto dalam rentang zoom akhir.

Para fotografer satwa liar yang handal, pastinya akan sangat antusias dengan lensa zoom telefoto yang fantastis dari Canon ini, yaitu EF 200-400mm f/4L IS USM Extender 1.4x yang fix pada bukaan f/4, lensa ini merupakan lensa pertama yang dibekali dengan built-in tele-extender 1.4x. Dengan hanya menekan sebuah tombol, lensa 200-400mm ini dapat mengkonversikan sebuah rentang zoom pada jarak 280-560mm, dengan dihentikannya satu stop untuk pengambilan cahaya. Lensa ini juga menawarkan fitur Four Stops untuk pengurangan getaran, berkat built-in optikal image stabilization yang dimiliki. Dengan harganya yang pantas, pastinya anda akan memperoleh kinerja dan performa lensa yang lebih cepat, handal, dengan hasil gambar yang lebih tajam serta ukuran yang ringkas dan manfaat lensa yang serbaguna dengan sebuah built-in jarak fokus extender, yang menjadikannya sangat pantas untuk dimiliki oleh para fotografer olahraga dan margasatwa yang antusias.

Fujifilm

Fujifilm telah mengumumkan Fujinon XF 100-400mm F4.5-5.6 R LM OIS WR yang merupakan sebuah lensa super-zoom telefoto untuk kamera mirrorless kompak seri X Fujifilm, yang mencakup sebuah jarak fokus fantastis hingga 152-609mm. Pada lensa ini terdapat elemen Five-ED dan Super ED yang dapat mengatasi refraksi dan aberasi kromatik pada gambar. Di desain khusus untuk kesesuaian pemotretan luar ruangan, lensa ini dibekali fitur Five Stops pada optikal stabilisasi gambar yang dimiliki, serta sebuah lapisan florin khusus pada elemen terdepan lensa untuk mengatasi debu dan embun saat dalam kondisi pemotretan ekstrim.

Nikon

Apa yang lebih baik daripada sebuah lensa zoom yang handal pada jarak 80-200mm atau 80-300mm? jawabannya adalah lensa AF-S NIKKOR 80-400mm f/4.5-5.6G ED VR dari Nikon, pastinya. Lensa ini menyediakan aperture maksimum yaitu pada f/4.5-5.6 dan cakupan zoom telefoto hingga 30% lebih jauh daripada sebuah zoom 80-300mm, membawa anda lebih dekat lagi dengan satwa liar yang akan anda bidik. Lensa ini juga menyediakan fitur Four ED dan elemen Extra-Low Dispersion, serta sebuah elemen “Super ED” dengan balutan desain Nano-Crystal dari Nikon untuk mengurangi Chromatic Aberration, khususnya saat menggunakan jarak fokus pada 80mm. Sistem optikal pengurang getaran (Vibration Reduction) menyediakan kemampuan four-stops, saat anda menggunakan lensa ini.

Untuk cakupan telefoto dalam sebuah kemasan yang ringkas, pengguna kamera Nikon seri DX sebaiknya menggunakan lensa super-zoom AF-S DX NIKKOR 18-300mm f/3,5-6.3G ED VR dari Nikon. Lensa ini merupakan sebuah pilihan ideal dan sempurna bagi para fotografer yang hobi jalan-jalan dan ingin membawa lensa yang kecil, serta ringan. Aperture maksimum yang dimilikinya menjadikannya lebih ringkas dan di bekali dengan sebuah rentang jarak ekuivalen yaitu 35mm dan 27-450mm. menjadikannya sangat tepat untuk digunakan pada pemotretan lanskap hingga satwa liar secara lebih dekat. Lensa ini memiliki rentang jarak pada umumnya yaitu pada 70-300mm, tapi tidak dapat digunakan pada kamera DSLR full-frame. Lensa Nikkor VR 70-300mm f/4.5-5.6 hanya untuk kamera sistem 1 Nikon. Jarak fokus ekuivalen yang dimiliki juga sangat besar, yaitu pada 190-810mm, yang menginspirasi para fotografer satwa liar untuk beralih pada kamera mirrorless sistem kompak dari Nikon. Ringan dan kecil menjadi salah satu kelebihan menonjol dari lensa zoom terpanjang ini.

Tamron

Para pengguna kamera APS-C dari Canon, Nikon dan Sony memiliki sebuah pilihan yang terbaik untuk lensa zoom ekstrim terhandal yang juga sangat menakjubkan untuk fotografi margasatwa. Lensa tersebut adalah lensa Macro-Zoom dari Tamron, 16-300mm Di II VC PZD yang memiliki rentang ekuivalen pada sebuah jarak fokus sekitar 25-480mm, lensa ini sangat ringkas dan menawarkan kekuatan telefoto, serta optik stabilisasi terbaik. Lensa ini memiliki manfaat serbaguna, selain kemampuan makro, lensa ini juga tepat untuk para fotografer yang suka travelling. Lensa ini tepat digunakan untuk para fotografer full-frame dari Canon, Nikon, dan Sony. Lensa super-zoom telefoto Tamron SP 150-600mm Di VC USD menyediakan sekumpulan manfaat terbaik dengan harga yang terjangkau. Pengurangan getaran membantu memudahkan pemotretan saat berada dalam jarak fokus terpanjang, serta variabel aperture maksimum menjadikan lensa semakin ringkas pada standar telefoto 600mm yang menjadikan harganya juga semakin terjangkau.

Sigma

Di desain khusus untuk digunakan pada kamera APS-C dari Canon, Nikon, Pentax, Sigma dan Sony, lensa Sigma 18-300mm f/3.5-6.3 DC Macro OS HSM Contemporary merupakan sebuah lensa ekstrim all-in-one dengan sebuah rentang jarak ekuivalen 27-450mm. Dilengkapi dengan elemen optic glass Four FLD dan sebuah elemen pembesaran SLD, lensa ini mampu mengurangi chromatic aberration, khususnya saat digunakan pada rentang jarak akhir saat pemotretan telefoto. Stabilisasi optikal membantu kesesuaian pada lensa saat digunakan. Tapi, sistem OS (Optical Stabilizer) tersebut tidak terdapat pada bantalan lensa Pentax dan Sony. Untuk rentang zoom telefoto yang handal serta aperture maksimum yang cepat dan konstan, pemilik kamera Sigma, Canon, dan Nikon harus melirik lensa super-zoom telefoto Sigma 120-300mm f/2.8 DG OS HSM Sport. Lensa ini sebenarnya di desain bagi para fotografer sport Sigma, dibekali dengan stabilisasi optikal, fokus internal dan sebuah Hyper Sonic Motor untuk auto-fokus yang lebih cepat dan tidak berisik. Lensa ini di desain dengan kualitas terbaik untuk melawan debu dan cuaca dingin saat pemotretan satwa di alam liar. Lensa ini juga memiliki kustomisasi terbaik dari sambungan USB Sigma.

Kesimpulan

Lensa merupakan salah satu bagian terpenting dalam dunia fotografi untuk memaksimalkan kualitas dari hasil gambar yang anda ambil. Berbagai jenis lensa hadir dengan kebaikan serta kecanggihan yang  ditawarkan, kembali kepada anda untuk memilih jenis serta tipe lensa yang cocok untuk kebutuhan fotografi yang anda tekuni. Semoga artikel kami diatas tentang jenis lensa terbaik untuk fotografi satwa dapat bermanfaat bagi anda, para fotografer satwa liar diluar sana. Jika anda masih memiliki tipe lensa terbaik lainnya untuk wildlife photography, silahkan bagikan ke kami dengan cara kirimkan komen anda dibawah ini. Terima kasih telah membaca dan sampai jumpa di artikel lainnya 🙂

Artikel Terkait

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Video Terbaru

Loading...

Instagram

lensa terbaik untuk foto landscape

Ikuti Foto.co.id!

Bergabunglah di komunitas fotografi kami, dan belajar fotografi bersama kami!

Terima kasih, silahkan cek inbox anda dan konfirmasi untuk bergabung.

Share This