Select Page

7 Jenis Lensa Terbaik Untuk Kamera Serta Pengertiannya

Ada begitu banyak jenis lensa untuk kamera yang beredar dipasaran saat ini. Bagi anda yang masih baru dalam dunia fotografi, anda perlu untuk mengetahui jenis lensa terbaik serta kegunaannya masing-masing, untuk kamera yang anda miliki. Berikut ada 7 jenis lensa terbaik dan kami memiliki penjelasannya untuk anda:

Lensa Kit/Lensa Normal

Secara teknis, semua lensa yang sudah terdapat dalam kamera disebut lensa kit. Lensa kit secara umum berukuran 18-55mm. Lensa ini terbilang baik sebab lebih irit, serta anda dengan mudah memperolehnya. Lensa ini adalah pilihan yang bagus saat anda baru memulai fotografi menggunakan kamera DSLR. Tetapi, harus lebih di fikirkan lagi bahwa dengan lensa ini, anda tidak dapat memodifikasi gambar lebih jauh.

Lensa kit biasanya lebih murah karena terbuat dari plastik, tidak seperti lensa berbahan metal yang memiliki kualitas tinggi. Anda dapat masih tetap dapat mengambil gambar dengan lensa kit anda serta anda dapat memanfaatkannya sebisa mungkin sebelum lensa ini sudah tidak difungsikan lagi. Tapi apakah lensa kit fungsinya sungguh sangat sedikit? Mungkin juga tidak. Lensa ini dirancang dengan daya tahan sedimukian rupa, serta memiliki banyak fungsi yang memadai, meskipun harganya yang tidak begitu mahal.

Lensa kit biasanya menghasilkan gambar yang tidak begitu tajam, tapi anda masih tetap dapat memotret dengan lensa ini, tetapi hasilnya tidak begitu jernih dan tajam. Lensa kit secara umum memiliki aperture yang berubah-ubah, sebagai contoh, saat mengambil gambar anda mengatur aperture pada f/3.5. Kemudian anda ingin membesarkan gambar sedikit lagi. Tiba-tiba, aperture-nya berubah menjadi f/5.6, itulah sebabnya karena lensa ini memiliki variable aperture. Mungkin hal ini agak membingungkan anda sebagai fotografer pemula, tapi hal ini harus anda pastikan, serta anda harus memahami lensa kit anda sejak awal.

Lensa Fix/Prime

Saat ini, ada begitu banyak lensa yang memiliki berbagai variasi pilihan untuk zoom. Untuk menggunakan fungsi zoom tersebut, anda cukup menggunakan lensa tersebut atau memencet beberapa tombol pada bagian panel belakang kamera. Kamera kemudian akan menyesuaikan focal length dari lensa tersebut. Memungkinkan anda melihat sesuatu yang jauh secara lebih jelas. Tetapi, berbeda dengan lensa fix/prime, lensa ini hanya memiliki satu focal length. Anda tidak dapat memperbesar atau memperkecil. Anda hanya memperoleh satu jarak pandang.

Lensa fix/prime yang paling standar berukuran sekitar 50mm. Focal length yang dimiliki kurang lebih sesuai dengan fokus mata anda, memberi anda sebuah gambar yang secara sempurna lebih dekat di hadapan anda. Ada beberapa lensa prime lainnya yang juga hadir dengan kemampuan menyortir gambar pada focal length yang berbeda.

Lensa Zoom

Lensa zoom yaitu lensa yang dapat anda tambahkan pada sebuah kamera, yang memungkinkan anda untuk memotret subjek secara lebih detail, lebih besar atau sebaliknya serta tetap menjaga ketajaman foto tersebut. Lensa ini dengan cepat dapat menyesuaikan foto close-up dan jarak pandang, serta tetap menjaga gambar dalam fokus.

Dengan kata lain, lensa zoom yaitu sebuah lensa yang memiliki panjang fokal yang bisa diubah-ubah. Dengan mengganti posisi rentang zoom, anda dapat memindahkan elemen optik pada lensa untuk mendapatkan sudut pandang yang berbeda. Ini berarti bahwa anda dapat membuat objek kelihatan lebih besar dengan mengganti rentang zoom pada satu arah, atau mencocokkan objek kedalam tampilan dengan mengganti rentang fokal ke arah berlawanan.

Lensa Zoom memiliki dua spesifikasi yang mewakili dua bentuk rentang zoom, sebagai contoh yaitu rentang zoom yang berukuran 70-200mm. Lensa dapat diatur pada rentang zoom 70mm dan lensa pada focal length 200mm dan segala objek tetap berada didalamnya. Sebagai tambahan, lensa zoom juga memiliki jarak aperture yang beragam. Pada kebanyakan lensa zoom yang digunakan oleh konsumen, anda akan mendapatkan aperture berukuran seperti: f/3.5-5.6, yang mewakili aperture maksimum lensa pada focal length yang berbeda.

Lensa Tele

Lensa tele secara teknis didefinisikan sebagai suatu lensa yang berukuran lebih dari 50mm, meskipun dalam istilah biasanya lensa digambarkan sebagai sesuatu yang ukurannya melebihi 100mm, kisaran jarak ukuran lensa antara 50-100mm lebih sering disebut sebagai “lensa portrait”, karena itulah lensa ini unggul dan sangat utama dalam penggunaannya. Lensa tele merupakan kebalikan dari lensa wide-angle, lensa tele mempersempit depth of field, memungkinkan anda untuk membidik subjek dari latar belakang dengan jarak fokus yang sempit, akan tetapi hasil gambar masih tetap tajam dan hasil gambar dari penggunaan lensa ini akan membuat pengaburan/efek blur pada pandangan sekitarnya, bagian depan/belakang karena sudut pandangnya yang sempit.

Lensa Makro

Lensa makro memiliki tingkat pembesaran yang sangat tinggi, untuk subjek. Lensa ini dapat membuat subjek yang sangat kecil menjadi sangat jelas terlihat dengan ukuran besar, yang sebenarnya secara kasat mata tak dapat kita lihat. Lensa makro memungkinkan kita untuk dapat melihat tekstur wajah lalat atau serbuk sari dari bunga. Lensa ini terus berkembang dan meningkatkan pemahaman manusia terhadap dunia sekitarnya dengan beragam cara.

Kebanyakan lensa zoom memiliki pilihan untuk fungsi makro. Hal ini membuat satu fungsi tambahan lagi untuk kamera anda. Kenyamanan dalam memiliki lensa zoom, yaitu harganya yang tidak sebanding dengan kebutuhan anda akan sebuah lensa makro yang memiliki focal length yang tepat. Jika anda menyukai pemandangan dari hasil potret sudut yang lembut, sebuah foto bunga yang memiliki depth of field yang sempit, anda pastinya cocok untuk menggunakan lensa ini.  Tapi ada satu pertanyaan penting: lensa apa yang terbaik untuk sebuah foto yang lebuh jernih, mungkin saja lensa makro tidak memberikan hasil yang memuaskan. Dengan kata lain, jika anda ingin berpindah dari kelas konsumen lensa kit standar untuk kamera DSLR, lensa makro zoom merupakan pilihan yang fantastis untuk anda.

Lensa Manual

Semua lensa merupakan lensa manual sebelum munculnya era fotografi digital. Saat menggunakan lensa manual, anda harus mengatur sendiri aperture dan fokus dalam pemotretan anda.  Pada lensa manual, anda tidak mendapatkan fitur Auto-Focus, dengan klik setengah pada shutter kemudian membiarkan lensa bergerak untuk menentukan fokus sendiri. Lensa manual berarti anda sendiri yang mengoperasikan lensa untuk menentukan sisi mana yang akan terfokus.

Sekarang, kebanyakan kamera hadir dengan kemampuan adapter lens yang memungkinkan anda untuk menggunakan jenis lensa mana saja yang anda sukai, itu artinya bahwa anda kehilangan kesempatan untuk menentukan sendiri fokus atau mengatur aperture pada kamera tersebut. Dengan demikian, lensa manual juga masih tetap populer dan dapat digunakan untuk kamera anda karena lensa ini juga memiliki banyak kelebihan.

Lensa Sapu Jagad

Lensa sapu jagad atau yang juga dikenal dengan istilah lensa All-around ini ialah istilah yang digunakan pada sebuah lensa kamera yang mempunyai focal range yang mencakup keseluruhan ukuran lensa (tidak hanya satu ukuran), mulai dari jarak sempit sampai yang lebar, serta memiliki focal length dari wide angle sampai dengan tele. Dengan kata lain, pengertian lensa sapu jagad ini adalah sebuah lensa yang bisa kita gunakan untuk memotret jarak dekat maupun jarak jauh tanpa harus mengganti lensa. Bentuk dan model lensa seperti ini pun bervariasi dengan kisaran harga mulai yang terjangkau hingga yang termahal tergantung kemampuan dan kualitas dari lensa tersebut.

Kesimpulan

Lensa merupakan komponen terpenting dalam sebuah kamera. Untuk setiap kebutuhan dalam kegiatan memotret anda, pastinya anda harus memahami fungsi dari tiap lensa yang sekarang beredar luas di pasaran. Ada begitu banyak lensa saat ini yang menawarkan fitur-fitur terhandalnya. Anda hanya perlu memahami fungsi dan kegunaannya masing-masing. Semoga uraian diatas dapat membantu anda dalam menemukan lensa yang tepat untuk kegiatan pemotretan anda. Sampai Jumpa 🙂

Referensi:

http://improvephotography.com/10330/what-is-a-kit-lens/

http://www.digital-photo-secrets.com/tip/1803/what-is-a-prime-lens-why-use-one/

https://wwwcollinsdictionary.com/dictionary/english/zoom-lens

https://photographylife.com/prime-vs-zoom-lenses

http://www.picturecorrect.com/tips/types-of-camera-lenses/

http://www.imagemaven.com/macro-lenses/

http://www.picturecorrect.com/tips/how-to-use-a-manual-lens/

Artikel Terkait

Video Terbaru

Loading...

Instagram

lensa terbaik untuk foto landscape

Ikuti Foto.co.id!

Bergabunglah di komunitas fotografi kami, dan belajar fotografi bersama kami!

Terima kasih, silahkan cek inbox anda dan konfirmasi untuk bergabung.

Share This