Select Page

7 Kamera Mirrorless yang Paling Keren Untuk Para Pemula

7 Kamera Mirrorless yang Paling Keren Untuk Para Pemula

Kamera Mirrorless adalah sebuah kamera digital yang lensanya dapat diganti-ganti juga biasa disebut ‘Mirrorless Interchangeable-Lens Camera (MILC)’ atau Hybrid Camera dan Compact System Camera (CSC), bentuknya lebih ramping di bandingkan kamera DSLR, karena tidak memiliki cermin mekanik untuk menghubungkan layar pada kamera dengan jendela bidik optik ke sensor gambar. Kamera Mirrorless juga disebut sebagai “Mirrorless DSLR” (Digital Single Lens Reflex) atau MirrorLess “SLR” (Single Lens Reflex) karena memiliki keunggulan, yaitu dapat menggunakan bermacam-macam lensa seperti kamera DSLR dan secara umum juga memiliki optik Viewfinder.

Bagaimana Cara Kerja Sebuah Kamera Mirrorless?

Tanpa sebuah cermin, tidak ada cahaya yang di arahkan ke jendela bidik optik (Viewfinder) Jadi, sensor itu sendirilah yang merekam cahaya dan menampilkannya pada jendela bidik elektronik Viewfinder. Sehingga baterai yang di gunakan lebih boros dan cahaya yang kurang dapat menjadi masalah. (Beberapa kamera Mirrorless juga memotret tanpa jendela bidik/Viewfinder sama sekali!)

Berikut ada 7 jenis kamera Mirrorless yang keren untuk anda para pemula!

CANON EOS M-10

Canon EOS M10 adalah sebuah Kamera Mirrorless dengan resolusi sensor gambar 18 Megapixel Aps-CMos, kualitas gambar yang di tawarkan tak jauh berbeda dengan kamera DSLR. Kamera ini sangat mudah digunakan oleh fotografer pemula, dengan ukuran yang kecil serta mudah dalam jangkauan. Dengan tampilan kamera yang kecil, EOS M10 ini tidak sulit untuk di gunakan juga dapat bekerja dengan kontrol kamera yang tajam.

Pengguna ponsel pintar juga melirik EOS M10 karena kelebihan dari sambungan Wi-Fi dan NFC yang dimilikinya memudahkan anda untuk memindahkan foto ke ponsel anda dengan cepat dan siap untuk di edit lalu dibagikan. Kamera ini memiliki resolusi video full hd 1080p-30 frame per-detik serta fitur system hybrid auto-focus yang menjadikan subjek anda lebih fokus.

KAMERA mirroless terbaik
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Canon EOS M-10 merupakan kamera mirrorless yang memiliki sekumpulan tombol dan pengaturan yang mudah untuk di pahami oleh para pemula

Canon Eos M10 ini sangat cocok untuk fotografer yang menginginkan kualitas gambar yang lebih baik, tapi tidak diperoleh dengan asal-asalan seperti pemahaman tentang kamera ponsel atau orang tua yang ingin memotret anaknya dengan hasil terbaik. Pada bagian belakang, terdapat menu layar sentuh serta dengan tampilan yang sederhana untuk pengguna, ini sangat membantu bagi para pemula. Kamera ini menggunakan Lensa Ef-M Canon (yaitu lensa lainnya dari Canon yang di adopsi) dan dihargai sekitar kurang lebih Rp 4.500.000 dengan lensa kit berukuran 14-55 mm.

Fuji Film XA3

Dengan bentuk desain retro/tipis yang menarik dari Fujifilm x-A3, mungkin adalah hal yang pertama yang membuat anda tertarik, serta dengan bidikan APS-C yang tajam dan resolusi gambar 24 MegaPixel yang juga dimilikinya. Kemudian di dukung oleh tingkat pengaturan ISO dengan tingkat sensifitas terhadap cahaya hingga 200-6,400 sampai dengan ISO 25,600 pada kamera ini, menciptakan pencahayaan untuk foto yang jauh lebih baik, yang tak pernah anda dapatkan sebelumnya dari sebuah kamera ponsel.

Dilengkapi dengan pilihan modus otomatis dan modus tampilan gambar yang dapat di akses pada bagian paling atas kamera. Hal ini dapat memudahkan anda, saat anda telah menguasai beberapa pengaturan manual tersebut. Pada bagian depan kamera, terdapat video full HD yang dapat merekam hingga 60 frame per-detik.

kamera mirrorless untuk pemula
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Fujifilm X-A3 juga memiliki kemampuan rekaman video yang berkualitas

Kamera Fujifilm di pasarkan dengan fitur layar-selfie di lengkapi dengan tampilan layar sentuh yang menarik serta modus potret yang lebih baik. Ditambah dengan spesifikasi seperti, sambungan wi-fi untuk membagikan gambar dan mengontrol pemotretan, kamera ini sangat cocok bagi pengguna yang menginginkan hasil pemotretan yang lebih modis. Harga dari X-A3 ini yaitu sekitar Rp- 6 Juta dengan lensa Kit berukuran 16-50 mm.

FUJI X-T2

Fuji X-T2 adalah kamera yang menakjubkan dan cocok bagi para fotografer yang antusias, desainnya terlihat sangat mirip dengan X-T2 jika di lihat sekilas, tetapi ada beberapa bagian yang membedakannya, yang paling menonjol yaitu pada sistem auto-fokus. Perbedaan yang besar di bandingkan dengan sistem yang di temukan dalam X-T1, sistem AF untuk mendeteksi gambar pada X-T2 ini bekerja sangat tajam, serta tingkat kecanggihan dan kustomisasi sangat mengesankan. Dengan tambahan kemampuan ‘Burst” untuk memotret hingga 8 frames per-detik, tampilan belakang yang modis berengsel ganda, EVF yang terang, sensor resolusi gambar yang baik hingga 24.3 MP serta sensor Trans III CMOS Fuji dan ukuran kamera yang kecil dan mudah di jangkau.

kamera mirrorless
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Fuji X-T2 merupakan kamera Mirrorless yang memiliki kemampuan auto-fokus yang handal

Fuji X-T10

Jika Fuji X-T2 lebih menguras kantong anda, cobalah anda melirik fuji X-T-10. Kamera ini memiliki beberapa fitur hampir sama dengan kamera X-T1, dengan bentuk desain bodi kecil seperti kamera DSLR, mudah di pegang, dengan modus simulasi film dan kualitas gambar dari fuji yang mengesankan. Kekurangannya yaitu XT-10 ini tak memiliki ‘weather-sealing’ seperti X-T1, yang tahan untuk memotret di segala cuaca, X-T-10 ini juga lebih kecil tapi masih unggul, serta dengan viewfinder tidak membuatnya ketinggalan dan menjadi kamera mirrorless yang brilian. Dengan Lensa kit ukuran 16-50 mm, Tapi jika anda ingin menggantinya dengan lensa ukuran 18-55 mm, anda harus menambah biaya. Fuji memiliki segala jenis lensa premium, baik ukuran kecil maupun besar.

Panasonic Lumix G80/G85

Tidak kalah sempurna, Panasonic Lumix G80/85 dilengkapi dengan sekumpulan fitur dan kelebihan menjadikan kamera ini layak di sejajarkan dengan kamera mirrorless lainnya yang sudah ada. Auto-fokus yang menawan, yang dapat digunakan pada satu posisi subjek ataupun memindahkannya serta kecepatan ‘speed’ dalam mengambil gambar yang tak di ragukan. Sistem stabilisasi untuk pengambilan gambar sangat efektif dalam merekam suara maupun gambar. Untuk kualitas foto yang pasti menakjubkan, kamera ini memiliki ‘low-pass filter’ yang bisa berganti posisi, membuat perbedaan positif dengan kamera lainnya secara keseluruhan, lalu kemudian di lengkapi dengan kualitas video 4K yang handal, dengan banyak pilihan terkait untuk video. Paduan antara EVF (Electronical Viewfinder) yang selaras dengan LCD, banyak pilihan kostumisasi dan berbagai jenis lensa yang dapat diganti, kamera G-80 ini menjadi pilihan terbaik diantara kamera selevelnya.

kamera mirrorless
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Kamera Mirrorless G-80/G-85 memiliki banyak pilihan kostumisasi, sehingga dapat memudahkan para pemula

Sony Alpha A-6300

Anda tidak perlu beralih ke aplikasi ‘full-frame’ untuk merasakan manfaat dari teknologi kamera Sony, kamera ini sudah memuat manfaat tersebut untuk dijadikan pilihan yang pas bagi pengguna yang antusias dan mencari lensa alternatif yang handal, kamera ini dilengkapi dengan lensa bidikan yang tajam (SLR). Untuk ‘Shutter Count’ yang di miliki yaitu sejajar dengan kamera SLR lengkap dengan sistem auto-fokus.

Kamera Mirrorless
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Sony A-6300 di lengkapi dengan sistem pencahayaan pada kamera yang handal

Sony Alpha A-6300 ini begitu menawan dengan sistem pencahayaan yang baik, memungkinkan cahaya pada tampilan subjek dapat berpindah, dekat ataupun menjauh dari kamera. Viewfinder yang sempurna membuat anda mudah membidik gambar tepat sasaran. Kualitas gambar yang tinggi dan koneksi Wi-fi serta Nfc untuk memudahkan anda memindahkan gambar saat menyambungkannya ke ponsel pintar.

Sony A-5100

Alpha 5100 adalah level berikutnya untuk kamera mirrorless Sony yang di rekomendasikan untuk kebanyakan pemula, kamera ini hadir dengan menawarkan kualitas foto yang menawan dan juga lebih mudah digunakan dengan tampilan menu dan kontrol yang sederhana, serta sangat pas untuk para fotografer baru dalam dunia fotografi untuk meningkatkan kemampuan memotret mereka. Sony Alpha 5100 ini sangat handal untuk memotret gambar dibandingkan kamera lainnya karena di dukung oleh sebuah sensor DSLR dan berkelas hybrid pada sistem auto-fokus. A-5100 juga dapat menggunakan segala jenis lensa baik dari Sony ataupun dari produsen lainnya.

Sony Alpha 5100 mengusung manfaat dan kegunaan yang menawan,hampir sama dengan kamera Sony seri terbaru Alpha lainnya, tetapi A-5100 ini harganya lebih terjangkau dan membawa kesan menarik untuk pelajaran yang berharga. Yang terpenting, gambar yang dihasilkan sangat jernih dan berkualitas tinggi.

Kesimpulan

Jika anda adalah pemula dalam dunia fotografi, anda harus mengetahui banyak hal mengenai kamera. Berikut juga jenis-jenisnya. Kamera mirrorless merupakan jenis kamera yang juga populer di kalangan para fotografer. Ada beberapa kelebihan serta kekurangan masing-masing jenis kamera, baik DSLR maupun Mirrorless, anda hanya perlu untuk mempelajarinya dan memutuskan untuk memilih mana yang anda akan gunakan dalam membidik gambar yang tak ingin anda lewatkan. Uraian diatas mengenai kamera mirrorless terbaik bagi para pemula, diharapkan mampu memudahkan anda dalam memilih kamera mirrorless kesukaan anda untuk memulai perjalanan anda dalam fotografi dan jangan lupa jika anda masih ingin mengetahui info penting lainnya tentang kamera mirrorless, silahkan klik di @foto.co.id, Sampai jumpa 🙂

Artikel Terkait

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Video Terbaru

Loading...

Instagram

lensa terbaik untuk foto landscape

Ikuti Foto.co.id!

Bergabunglah di komunitas fotografi kami, dan belajar fotografi bersama kami!

Terima kasih, silahkan cek inbox anda dan konfirmasi untuk bergabung.

Share This