Select Page

Cara edit foto agar lebih terang

Cara edit foto agar lebih terang

Halo semuanya, dengan tutorial berikut ini, kita akan belajar cara mengedit sebuah foto gelap menjadi terang dengan menggunakan program Adobe Photoshop. Ada beberapa macam teknik dan cara yang disediakan oleh program ini untuk menerangkan sebuah foto, dan kita akan simak beberapa dari nya. Tutorial ini cocok untuk beginner atau pemula,yang masih awam akan Photoshop, jadi jangan kuatir, anda pasti bisa mengikutinya.

 

Pertama2, mari kita buka sebuah file foto yang gelap. Anda bisa membuka sebuah file dengan meng-klik file > open, atau double-klik di program photoshop nya. Foto yang akan dijadikan contoh ini dijepret oleh sebuah hp, dan seperti pada umumnya, hasilnya selalu saja gelap. Namun, sekarang kita bisa edit menjadi lebih terang dan enak dilihat.

Cara paling gampang untuk menambah eksposur atau terang dari sebuah foto adalah dengan menggunakan fitur otomatis yang telah disediakan oleh Photoshop. Ada 2 teknik otomatis yaitu Automatic Levels, dan Automatic Color. Anda bisa memanggil Auto Levels dengan meng-klik Image > Auto Tone, atau tekan Ctrl-shift-L (untuk Windows), atau Command-shift-L (untuk Mac). Untuk Auto Color, klik Image > Auto Colors, atau tekan Ctrl-shift-B untuk Windows (Command-shift-B untk Mac).

Biasanya saya akan coba kedua nya dan lihat hasil yang didapatkan. Bisa anda coba untuk kombinasikan kedua fungsi ini. Jika hasil yang didapatkan kurang memuaskan, tekan Ctrl-Z untuk membatalkannya, dan foto akan kembali seperti semula. Untuk mengatur pencahayaan foto secara manual, saya paling suka untuk menggunakan tool Curves. Inilah teknik yang paling sering saya gunakan untuk mengedit foto. Untuk memanggilnya, klik Image > Adjustments > Curves, atau tekan Ctrl-M (Command-M untuk Mac).  Akan muncul sebuah histogram, yaitu grafik yang menunjukkan jumlah pixel yang gelap (di sebelah bagian kiri), dan pixel yang terang (bagian kanan). Karena foto ini gelap, maka terlihat banyak pixel yang gelap, dan bagian sebelah kanan malahan kosong. Dengan bermain dengan garis diagonal ini, dan juga dengan tombol “clipping”, kita bisa merubah pencahayaan foto tersebut.

Setelah anda puas, tekan enter atau klik OK. Jika anda telah puas dengan hasil yang anda dapatkan, anda bisa meng-save file tersebut. Namun, terkadang, kita juga perlu untuk mengatur warna dari foto tersebut. Cara yang saya suka adalah dengan meng-akses Color Balance, di Image > Adjustments > Color Balance. Untuk shortcut, tekan Ctrl-B atau Command-B untuk Mac.

Di sini, anda akan mendapatkan 3 slider warna yang bisa anda rubah. Untuk dapat merubah warna menjadi tepat, tentunya anda butuh banyak latihan. Cobalah untuk melihat foto tersebut, dan lihat warna apa yang dominan. Misalnya foto terlalu kebiruan, maka pindahkan slider nya sedikit ke warna yang berlawanan, yaitu kuning. Jangan takut untk mencoba dan bereksperimen, agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Sekian dulu teknik Photoshop untuk membuat sebuah foto lebih terang. Jika ada pertanyaan, komentar, dan trik lain yang anda ingin bagi, silahkan berkomentar di bawah. Dan jangan lupa subscribe di channel Youtube kami agar mendapatkan tips2 edit foto lainnya.

Artikel Terkait

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Video Terbaru

Loading...

Instagram

lensa terbaik untuk foto landscape

Ikuti Foto.co.id!

Bergabunglah di komunitas fotografi kami, dan belajar fotografi bersama kami!

Terima kasih, silahkan cek inbox anda dan konfirmasi untuk bergabung.

Share This