Select Page

Pengertian & Jenis Fotografi Landscape

Pengertian & Jenis Fotografi Landscape

Foto lanskap adalah satu bagian atau porsi dari pemandangan yang di lihat dari sebuah titik pandang tersendiri. Pemandangan merupakan subjek utama dari sebuah foto lanskap. Pada umumnya, orang dan binatang tak nampak dalam foto lanskap, meskipun kadang-kadang juga muncul dalam tampilan gambar, namun kelihatan kecil, serta termasuk menjadi bagian dari komposisi untuk menunjukkan skala. Beberapa fotografer berpendapat bahwa lautan pantai, kota, serta bangunan buatan manusia secara umum tidak termasuk dalam foto lanskap, dan isi dalam foto tersebut lebih akurat jika disebut sebagai hamparan laut atau bentangan kota yang luas. Dari pendapat tersebut, mungkin benar bahwa lanskap adalah sebuah gambar hamparan alam dan seluruh isinya yang alamiah. Jadi dengan begitu, jika pemandangan alam mendominasi sebuah gambar, itu dapat disebut sebuah foto lanskap, yang di dalamnya juga terdapat sebuah rumah petani dari kejauhan, hiruk-pikuk perkotaan pada garis horisontal dalam gambar atau sebuah jalan raya/ setapak yang terdapat pada latar depan foto.

foto lanskap
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Sebuah foto lanskap merupakan penggambaran alam dan seluruh isinya yang alamiah

Matahari terbit yang menakjubkan, pegunungan yang megah, aliran sungai. Alam dapat menjadi sangat menginsipirasi serta fotografi adalah sebuah media yang sangat sempurna dalam memotret indahnya alam. Fotografi lanskap dapat menjadi cara untuk melihat seluruh isi dunia yang menawan serta menunjukkan seni dalam hidup. Tapi, untuk menemukan tampilan yang sempurna, caranya tidak terbatas. Seperti yang di kemukakan fotografer handal, Ansel Adam. Dengan teknik serta peralatan yang tepat, anda juga dapat memperoleh foto lanskap yang luar biasa. Jika di definisikan, fotografi lanskap yaitu: gambar dari alam/pemandangan. Hal ini sangat jarang di temukan, adanya orang dalam foto lanskap, jika ada orang dalam sebuah foto lanskap, orang tersebut untuk menunjukkan skala dalam foto, seberapa besar atau kecil objeknya. Fotografi lanskap hadir dengan sekumpulan bentuk variasi.

Foto Landscape Harus Memiliki Sebuah Tujuan

Menceritakan Sebuah Kisah

Sebuah foto Landscape yang bagus harus menjalin sebuah hubungan dengan penyimaknya, dan menceritakan sebuah kisah. Sebuah foto Landscape yang bagus akan tetap membuat anda tertarik dan menemukan suatu poin penting dalamnya, meski telah berbulan-bulan anda memotretnya. Kemampuan memotret lanskap untuk menghibur para penyimaknya dengan momen terpenting yang ada dalam foto. Memotret dengan mudah, pada satu waktu serta untuk mengabadikannya dan dapat membuat momen tersebut menjadi sesuatu yang menakjubkan. Foto lanskap yang bagus dapat mengingatkan anda pada tempat atau waktu tertentu serta suatu masa dalam hidup anda.

Berbagi Perasaan dalam Suatu Kesempatan

Aspek lain dari fotografi landscape, yaitu untuk berbagi perasaan yang hadir dalam kesempatan terbaik dalam satu waktu. Satu hal yang dapat dilihat dan menakjubkan yang datang dari diri anda, yang mungkin momen tersebut juga dapat di bagikan dengan yang lain.

Apa yang Tidak Termasuk Fotografi Lanskap?

Fotografi lanskap bukan foto jurnalis, karena bukan sebuah dokumentasi. Tujuan foto lanskap tidak hanya mementingkan untuk mengambil gambar pemandangan dengan cara yang biasa. Pada banyak kesempatan, kita sebenarnya menanti di mana kondisi berubah, dari biasa-biasa saja menjadi luar biasa.

Tantangan dan Peralatan

Fotografi Lanskap, bisa menjadi tantangan yang berisi tentang semua kendala yang anda temui saat ingin memotret alam luar. Anda tidak memiliki bantuan suara dan musik, seperti saat membuat video dan saat anda berada disebuah studio. Anda harus siap bekerja dengan dunia luar, yang alami (seperti seorang pelukis yang memiliki banyak ide) serta anda tak memiliki pencahayaan, seperti saat berada dalam studio, ada cahaya yang dapat membantu anda untuk memperoleh detail terbaik dari tiap pemotretan. Intinya, foto lanskap mengajarkan anda untuk mencoba memotret dan menyusun gambar dalam tampilan yang dinamis, serta ketetapan yang menciptakan keselarasan dalam dua dimensi.

Bentuk-Bentuk Fotografi Lanskap

Fotografi reprentasi, dapat menjadi sebuah pemikiran “apa yang anda lihat, itulah yang anda dapatkan”. Dalam bentuk fotografi lanskap ini, fotografer tidak melakukan apa-apa untuk mengubah tampilan tapi hanya memotret keindahan asli dari alam dan seisinya. Komposisi dalam fotografi, cahaya, waktu yang tepat serta cuaca merupakan aspek terpenting ketika menggunakan teknik ini. Banyak hal, seperti lukisan yang mengesankan, foto lanskap dapat membangun teknik yang berkesan serta menggunakan penyaring gambar yang lebih lembut yang dapat memberi foto anda efek ilusi. Meskipun penyimak foto anda masih dapat melihat subjek dalam foto anda itu apa, gambar yang sesungguhnya mungkin sudah tidak tajam dan jernih lagi.

Pengertian fotografi lanskap
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Foto Lanskap Reprentasi Merupakan Gambaran Alam yang sesungguhnya

Foto lanskap impressi adalah sebuah pemandangan seni dari sebuah tampilan lanskap. Fotografer lanskap membangun teknik fotografi dan tujuan tersendiri mereka untuk menciptakan sebuah gambar yang lebih sarat makna, lebih emosional atau terlihat kreatif dalam tampilan. Ini merupakan jenis fotografi subjektif, sebab tiap orang yang memandang foto akan merasakan sesuatu yang berbeda mengenai tampilan gambar. Fotografi lanskap impressi tidak nyata, dan lebih berilusi daripada fotografi lanskap representasi. Akan tetapi, masih tergolong dalam foto lanskap sebab fitur-fitur yang di tampilkan dalam gambar masih menunjukkan keindahan alam. Penyimak foto menjadi terkesan dari hasil karya para fotografer lanskap, yang mempunyai maksud/tujuan yang ingin disampaikan dalam gambar, daripada realita sebenarnya yang ada dalam tampilan.

Foto Lanskap
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Fotografi Impressi Memiliki Kesan Ilusi, Berbeda dengan Lanskap Reprentasi yang lebih Nyata

Foto lanskap abstrak. Fotografi menggunakan sekumpulan teknik variasi, yang di namakan bentuk dan pendekatan untuk memotret aspek alam, akan tetapi tidak selamanya termasuk dalam lanskap. Hasil karya dari fotografi selalu berkaitan dengan pola, bentuk serta pandangan menyeluruh secara dekat. Fotografi lanskap tidak selamanya adalah fotografi alam, lanskap urban/perkotaan berisi gedung-gedung pencakar langit juga dapat menciptakan gambar yang menakjubkan. Garis, sudut, bentuk, serta bangunan-bangunan tinggi memberi banyak pilihan bagi para fotografer lanskap untuk berkarya.

definisi fotografi lanskap
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Landscape abstrak menangkap sebuah garis lintas dari air sungai

Fotografi Lanskap Pedesaan menggambarkan sebuah pemandangan yang tidak ada manusia di dalamnya, tapi gambar tersebut mengisyaratkan bahwa ada manusia yang tinggal dalam foto tersebut. Kebanyakan gambar dari hasil fotografi ini diambil didaerah luar perkotaan atau di ladang/perkebunan, contohnya: daerah pertanian.

Fotografi Hamparan Laut/Seascapes, yaitu foto lanskap yang menunjukkan pemandangan hamparan pantai, lautan atau bentangan lautan yang luas. Fotografi seascapes yang paling menakjubkan yaitu saat darat dan lautan bertemu. Dalam fotografi ini juga biasanya terdapat aktifitas manusia atau bangunan-bangunan hasil karya manusia.

Fotografi Lanskap Urban/Pemandangan di Perkotaan. Fotografi ini menggambarkan tampilan perkotaan serta banyaknya kegiatan/hiruk-pikuk manusia di dalamnya. Genre/aliran lainnya yang termasuk dalam kategori fotografi ini, yaitu:

Fotografi Cityscape – “tampilan terbesar” yang menunjukkan kemegahan/keramaian perkotaan.

Fotografi Arsitektur – lebih berfokus pada bangunan arsitektur serta aktifitas disekitarnya.

Fotografi Candid Street – menggambarkan aktifitas /kegiatan manusia yang berinteraksi dalam foto city landscape.

Fotografi Lanskap Dokumentasi/mengenai lingkungan. Fotografi jenis ini murni, tidak terdapat pengaruh manusia di dalamnya, inti dari foto ini hanya detail yang diciptakan dari alam sesungguhnya yang terlihat pada foto lanskap. Bergantung pada subjek apapun, serta komposisi dalam tampilan. Fotografi lanskap jenis ini juga dapat di pertimbangkan dalam genre/aliran “fotografi alam”

Kesimpulan

Memotret foto lanskap memang merupakan hal yang sangat menarik, baik anda yang hanya menyukai pemandangan dan hanya ingin sekedar memotretnya, apalagi jika anda memang seorang fotografer yang ingin membuat karya-karya foto lanskap yang menakjubkan. Fotografi lanskap tidak selamanya hanya berisikan pemandangan, seperti: pegunungan, sungai, lautan dan lain sebagainya. Foto lanskap juga terbagi menjadi: urban lanskap/foto perkotaan, city scape, arsitektur, candid street dan lain-lain. Dengan berbagai jenis/ bagian-bagian dari foto lanskap tersebut anda dapat berkreasi sedemikian rupa dengan objek yang anda potret, sehingga kemampuan anda dalam memotret lanskap menjadi lebih handal lagi. Semoga uraian diatas dapat menginspirasi serta membuat anda lebih paham lagi mengenai definisi foto lanskap. Jika anda memiliki masukan dan komentar seputar artikel ini, silahkan berkomentar di bawah ini, juga untuk mengetahui tips-tips foto lanskap terbaik, anda boleh klik di kumpulan artikel Landscape, yang kami (https://foto.co.id/) miliki dan jangan lupa share kami di facebook ya …… Sampai jumpa 🙂

 

Artikel Terkait

Video Terbaru

Loading...

Instagram

lensa terbaik untuk foto landscape

Ikuti Foto.co.id!

Bergabunglah di komunitas fotografi kami, dan belajar fotografi bersama kami!

Terima kasih, silahkan cek inbox anda dan konfirmasi untuk bergabung.

Share This