Select Page

3 Kamera Digital Terbaik Dibawah 500 Ribu

Saat ini, kamera digital bukanlah hal yang sulit lagi untuk didapatkan. Ada begitu banyak kamera digital yang bisa anda temukan di toko-toko kamera terdekat. Pada dasarnya, fungsi utama kamera adalah mengabadikan atau merekam setiap momen penting dan berharga agar bisa disimpan dan selalu diingat lewat gambar ataupun video. Menyadari pentingnya kamera untuk masyarakat modern, membuat para produsen berinovasi dengan menciptakan kamera digital yang murah tapi bagus untuk menjangkau setiap kalangan masyarakat. Tidak asing lagi dalam pendengaran kita, mereka adalah Canon, Nikon, Fuji, Sony, Brica, Olimpus, dan lain-lain.

Membeli kamera yang murah bukanlah berarti anda tidak bisa menghasilkan gambar yang jelas dan bagus. Jadi, jangan berkecil hati jika budget yang anda miliki tidak cukup untuk membeli kamera yang mahal. Seiring perkembangan teknologi fotografi yang semakin menanjak dan kebutuhan masyarakat modern akan kamera digital semakin meningkat, maka para produsen kamera menghadirkan kamera digital dengan harga dibawah 500 ribu. Meskipun ada beberapa fitu yang hilang karena harganya yang murah, tapi kamera-kamera murah ini masih tetap menjadi pilihan tersendiri bagi para penggemar fotofrafi.

Sebelum anda memutuskan untuk membeli kamera yang murah, maka pertimbangkanlah terlebih dahulu hal-hal dibawah ini.

  • Sesuaikan dengan kebutuhan anda. Jika budget yang anda miliki hanya sedikit, maka jangan mencari kamera dengan harga yang mahal jika kebutuhan anda hanya sebatas dokumentasi saja.
  • Kenali fitur-fitur yang tersedia pada setiap kamera. Ada begitu banyak fitur dan spesifikasi pada masing-masing kamera, tetapi semakin banyak fitur dan spesifikasinya, maka pastilah semakin mahal harganya. Anda tidak perlu membeli kamera digital yang mahal jika anda belum mengetahui lebih rinci mengenai fitur dan spesifikasi kamera tersebut. Jangan tergiur dengan tawaran fitur dan spesifikasinya yang anda sendiri tidak tahu bagaimana cara untuk menggunakannya.
  • Sesuaikan dengan budget anda. Jika anda telah mengetahui fitur dan spesifikasi yang ada, maka sesuaikanlah budget yang anda alokasikan untuk kamera tersebut. Jika budget yang anda alokasikan tidak mencukupi, maka adalah lebih baik untuk menambahnya atau menunda lebih dahulu dalam membeli kamera tersebut (harga akan menurun). Tapi, jika budget yang anda alokasikan itu lebih dari cukup, maka jangan terlalu memaksakan diri untuk menghabiskan seluruh budget anda untuk membeli kamera dengan fitur yang lebih tinggi, karena akan menjadi sangat percuma jika fitur yang lebih tinggi tersebut pada akhirnya tidak bisa digunakan.

Setelah anda mengetahui hal-hal apa yang perlu untuk diperhatikan saat membeli kamera digital yang murah, maka berikut ini, foto.co.id coba untuk memberikan referensi mengenai kamera digital terbaik dibawah 500 ribu.

1.  Nikon D3100

Nikon D3100 merupakan kamera digital starter. Kamera ini dilengkapi dengan sensor yang beresolusi 12MP. Jika dibandingkan dengan kamera digital bagus lainnya, maka D3100 masih lebih baik karena disampiing bentuknya yang kecil, D3100 juga ringan dan pas atau cocok untuk dibawah kemana saja anda pergi. Kamera digital merupakan pilihan yang baik bagi anda yang masih pemula atau belum punya pengalaman yang banyak dalam fotografi dan juga bagi mereka yang ingin meningkatkan kemampuan dan pengetahuan mereka dalam fotografi. D3100 dilengkapi dengan sistem panduan untuk menolong anda dalam menggunakannya. Hal ini akan mengarahkan anda kearah yang benar jika anda terjebak dengan sesuatu setiap saat.

Nikon D3100 dilengkapi dengan full-set kontrol manual untuk memudahkan anda dalam menggunakannya. Hal ini termasuk aperture priority dan shutter priority. Jika anda belum merasa cukup siap untuk mengatasi masalah kontrol manual, maka anda bisa memilih dan menggunakan 6 mode scene sederhana. Misalnya, foto portrait, pamandangan, anak, olahraga, close-up, dan potret malam. Nikon D3100 memiliki layar LCD yang berukuran 3 inci yang menawarkan mode live-view bagi anda untuk menyusun gambar. Disamping itu, ada juga viewfinder yang bisa anda gunakan.

Fitur lainnya yang bisa anda temukan dalam Nikon D3100 adalah sistem autofokus dengan 11 titik. Dan untuk cahaya yang rendah, kamera ini memiliki ISO 100-3200. Hal ini bisa ditingkatkan hingga 12.800. Fungsi editing (pemeriksaan paskah pemotretan) juga tersedia untuk anda dalam meningkatkan kualitas gambar anda tanpa harus menggunakan computer. Disamping itu, D3100 memiliki mode film lanjutan. Hal ini mampu menangkap film high-difinition secara lengkap dengan resolusi 1080p.

2.  Panasonic Lumix DMC FZ150

Panasonic Lumix DMC FZ150 adalah kamera digital yang kuat dan bagus yang menawarkan berbagai macam fitur dan kontrol. Kamera ini memiliki sejumlah kesamaan dengan Nikon D3100. Misalnya, kontrol manual mengenai pencahayaan, aperture priority, dan shutter priority. Disamping sejumlah kesamaan yang ada pada kedua kamera ini yaitu Lumix DMC FZ150 dan Nikon D3100, kamera ini memiliki kemampuan untuk menyimpan gambar dalam format raw secara manual. Fitur yang mungkin paling menarik yang bisa anda temukan pada kamera ini adalah 24x zoom. Bahkan anda bisa mendapatkan power zoom yang lebih jika anda mengurangi resolusi sensor anda dari sepenuhnya yaitu 12MP. Ketika anda melakukan hal itu, maka zoom ini akan tersedia. Dan anda akan memiliki akses dengan jumlah zoom maksimum 46.9x.

Selain mampu memperbesar subjek yang jauh, Lumix DMC FZ150 dilengkapi juga dengan kemampuan lensa sudut lebar (wide-angle lens). Hal ini berarti bahwa Lumix DMC FZ150 bisa mengambil gambar dari posisi dan sudut manapun seperti pemandangan dan kelompok orang. Kamera ini memiliki stabilisasi gambar untuk mengurangi blur yang terjadi saat pengambil gambar. Fitur ini sangat penting apalagi pada kamera dengan lensa panjang. Hal ini terutama berlaku pada saat anda melakukan zoom pada cahaya atau lampu yang tidak sempurna.

Lumix DMC FZ150 mempunyai kemampuan untuk menangkap gambar diam (still-life) pada kecepatan 12 frame per detik. Lumix DMC FZ150 memiliki fitur shooting 3D yang hasilnya bisa dilihat di televisi 3D serta shooting film yang bisa merekam full video dengan kualitas yang tinggi. Kamera ini juga dilengkapi dengan layar LCD yang bervariasi. Hal ini memberikan anda kesempatan untuk menarik keluar layar LCD jauh dari tubuh kamera sehingga membuat posisi untuk berputar menjadi lebih nyaman. Kamera ini juga memiliki jendala bidik (viewfinder) untuk menyusun foto anda.

3.  Nikon Coolpix L26

Nikon Coolpix L26 merupakan kamera digital starter yang sederhana. Coolpix L26 merupakan salah satu kamera digital termurah yang akan anda temukan dari merek yang terkemuka. Kamera ini tersedia dalam berbagai macam warna. Misalnya, hitam, silver, dan merah. Coolpix L26 mungkin menjadi pilihan yang baik untuk anda yang mencari kamera digital yang tidak berisik dan terlalu banyak hiasan tambahan. Fitur utama kamera ini adalah sensor kamera yang beresolusi 16 MP dan 5x lensa zoom.

Ada 2 area dimana Coolpix L26, jika dibandingkan dengan kamera saingan lainnya yang sama, masih jauh lebih baik. (1) Layar LCD. Layar LCD yang dimiliki Coolpix L26 memiliki ukuran 3 inci. Anda mungkin akan menemukan sejumlah kecil kamera pemula yang menawarkan ukuran layar seperti ini, namun sebagian besar kamera pemula akan memiliki layar yang lebih kecil dari ini. Dan (2) kemampuan untuk menangkap film berkualitas tinggi. Selain 2 hal diatas, Nikon Coolpix L26 dilengkapi juga dengan sistem potret pintar. Hal ini akan membantu anda untuk menghasilkan foto potret yang lebih baik melalui fitur yang ada didalamnya seperti mode peringatan berkedip dan skin softening.

Kiranya artikel mengenai 3 kamera digital terbaik dibawah 500 ribu bisa membantu dan memberikan anda referensi yang cukup dalam membeli kamera digital yang murah dengan kualitas yang bagus. Selamat mencoba …

Referensi

http://www.cameras.co.uk/details/digital-cameras-under-50.cfm

 

 

Artikel Terkait

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Video Terbaru

Loading...

Instagram

lensa terbaik untuk foto landscape

Ikuti Foto.co.id!

Bergabunglah di komunitas fotografi kami, dan belajar fotografi bersama kami!

Terima kasih, silahkan cek inbox anda dan konfirmasi untuk bergabung.

Share This