Select Page

3 Kamera Mirrorless Olympus yang Handal

Dalam artikel kali ini, kami akan memberi uraian kepada anda mengenai beberapa jenis kamera mirrorless dari Olympus. Meskipun sudah begitu banyak merk kamera mirrorless lainnya yang sudah beredar luas dipasaran saat ini, Olympus pun tak ingin ketinggalan dengan fitur terbaik yang ditawarkannya. Berikut uraiannya untuk anda:

Olympus PEN E-P5

Kamera mirrorless Olympus PEN E-P5 merupakan model ke 4 dari kamera mirrorless versi E-P Olympus. Melanjutkan kecanggihan kamera versi E-P lainnya, Olympus memperbarui susunan yang membuat kamera ini lebih mudah digunakan dan menjadi kamera tipe PEN yang paling di dambakan. Banyak fitur handal yang terdapat dalam kamera ini dan dikemas secara menarik. Diantaranya yaitu: sensor 16Mp MOS, fitur 5-axis dalam image stabilization yang dimiliknya (sekarang sudah dilengkapi dengan pendeteksi panning otomatis), kemampuan memotretnya sebanyak 9frame per-detik untuk continuous shooting, serta dengan layar sentuh yang dapat diputar.

Berikutnya yaitu kamera ini mampu memotret gambar dan dipindahkan ke versi RAW file, memiliki modus “HDR bracketing” yang memadai, serta kemampuan untuk memotret gambar secara spesifik, baik saat anda ingin menggunakan lensa pada kamera atau menggunakan fungsi dari image stabilization, yang dapat dipadukan dengan Lensa-lensa OIS dari Panasonic. Sebagai tambahan, kecepatan yang dimiliki shutter speed-nya yaitu sekitar 1/8000 per-detik. Manual fokusnya berada pada bagian atas kamera, seta terakhir yaitu fitur Wi-fi yang dimilikinya dapat terhubung dengan ponsel pintar atau tablet anda.

Spesifikasi Olympus PEN E-P5

16MP MOS Four Thirds format sensor

Twin control dials (front and rear) with ‘2×2’ dual-mode option

1/8000 sec top shutter speed, 1/320 sec flash sync

‘5-axis’ image stabilization with automatic panning detection (‘S-IS Auto’)

ISO ‘LOW’ (100 equiv) – ISO 25,600

Up to 9-fps shooting (5.0 fps with continuous AF)

Focus ‘peaking’ display

Intervalo-meter and Time Lapse movie creation

1.04m dot 3″ LCD touchscreen display – tilts 80° upwards and 50° downwards

Built-in Wi-Fi for remote shooting (iAuto only) and image transfer to smartphone or tablet

Optional VF-4 electronic viewfinder: 2.36M dot LCD, 0.74x magnification (equiv), eye sensor

Satu tombol yang berubah jika di bandingkan dengan kamera seri E-Px sebelumnya yang diatur ulang pada kontrol kamera ini. Berikutnya yaitu tombol gulir yang dimiliki serta tombol dial yang mungil pada bagian belakang kamera yang digantikan oleh tombol dial yang lebih mudah dijangkau pada bagian depan dan belakang kamera yang berbentuk horisontal dari arah atas. Fitur dial yang dimiliki kamera Olympus E-P5 yang disebut opsi dual mode 2×2, tombol kecil yang berada dibagian belakang kamera untuk mengalihkan fungsi dial dari kontrol eksposur ke pengaturan ISO dan white balance. Jika anda tidak begitu cocok dengan pengaturan tersebut, anda dapat mengubahnya kedalam beberapa pengaturan lain.

Olympus E-P5 memiliki tekanan kecepatan yaitu: pada shutter speed 1/8000 per-detik, yang menjadikan Olympus dapat dikatakan sebagai kamera terbaik untuk di padukan dengan lensa prime F1.8, serta memungkinkan kamera ini untuk memotret dengan leluasa meski saat matahari terik. Pengaturan tersebut dibantu dengan tambahan nilai ISO 100 yang setara dengan pengaturan pada nilai ‘rendah’, meskipun dengan begitu akan menghilangkan beberapa jumlah titik cahaya. Kamera ini jugaa menawarkan kecepatan start-up hanya sekitar 0,5per-detik, sinkronisasi 1/320 tiap detik dengan built-in flash 1/250 per-detik dengan unit eksternal. Gulir auto-fokus pada 5frame per-detik, serta kecepatan modus shutter release dengan sebuah tombol lag, yang berjumlah sekitar 44ms (dengan pengaturan kustom).

Fitur Tambahan

Untuk gaya tradisional kamera Olympus E-P5 memiliki beberapa fitur baru berbanding dengan model kamera Olympus sebelumnya. Terdapat sebuah modus “Super-Spot AF” yang memungkinkan titik Auto-fokus menjadi sangat tepat handal saat anda menggunakan fitur magnified live-view, fitur ini sangat mirip dengan salah satu model kamera terbaru dari Panasonic. Kamera ini didukung dengan alat untuk pemotretan yang bernama intervalo-meter seiring dengan kemampuannya untuk memuat time-lapse movie (videografi) pada kamera. Modus Live-Bulb yang dimilikinya memungkinkan anda untuk memonitor peningkatan pencahayaan yang lama. Sistem image stabilization yang dimiliki sekarang juga selalu aktif dengan pengaturan default pada kamera, untuk menyediakan anda tiap pembaruan stabilisasi dari modus live-view (khususnya lebih bermanfaat saat anda menggunakan lensa-lensa tele-foto).

Kamera Olympus E-P5 juga memiliki fitur “Photo-Story” yang pertama kali hadir pada tipe X-Z-10, kamera mirrorless yang banyak digandrungi. Fitur ini juga dilengkapi dengan Art-filter, yang memungkinkan anda untuk menghasilkan banyak susunan gambar seperti halaman-halaman pada album foto, dalam sebuah tema variasi yang memadai. Fitur ini mungkin kelihatannya tak menjadi buming dan sering digunakan oleh para fotografer, serta mungkin mereka berpendapat bahwa lebih baik dan cocok untuk menggunakan kamera model non- PEN, tapi perlu diketahui bahwa Olympus melanjutkan kreativitasnya dengan ide-ide terbaru yang dimilikinya.

Pilihan Warna

Kamera Olympus E-P5 hadir dalam 3 varian warna, hitam, silver dan putih. Semua versi kamera berwarna hitam memiliki tekstur yang tahan lama secara keseluruhan yang cocok untuk para fotografer jalanan (luar ruangan), kamera berwarna hitam ini sangat cocok saat dipadukan dengan kamera digital versi warna hitam dari M. Zuiko berukuran 17mm, 1:1,8, M. Zuiko Digital 45mm 1:1.8 dan M.Zuiko Digital ED 75mm 1:1.8 serta lensa-lensa sejenisnya. Kamera ini juga hadir dengan warna silver dan hitam yang sangat menawan yang membuat kita dapat kembali mengenang kamera model klasik dari Olympus pada era tahun 60-an dan 70-an, serta kamera berwarna putih dengan pegangan berwarna krem. Kamera Olympus juga menawarkan sebuah model edisi terbatas dengan pegangan kamera yang terbuat dari kayu, serta dengan aksesoris premium untuk kamera yang terbuat dari bahan kulit.

Olympus PEN E-PL6

Kamera Olympus Pen E-PL6 hampir mirip dengan saudaranya, yaitu E-PL5, yang juga memiliki sensor 16Mp MOs, Prossesor True-Pic VI, serta layar LCD yang dapat diputar hingga 180 derajat. Fitur yang membedakan dari kamera Olympus E-PL6, yaitu kemampuanya untuk mengurangi waktu shutter lag, pengaturan pada ISO 100 yang rendah, serta fungsi interval untuk time-lapse (video), sebuah elektronik level dan di dukung dengan View-finder elektronik VF-4. Berikut Spesifikasi lengkapnya:

Tipe Bodi: Rangefinder-style mirrorless

Resolusi: 4608 x 3456

Jumlah Piksel: 16 Mega-piksel

Ukuran Sensor: Four Thirds (17.3 x 13 mm)

Tipe Sensor: CMOS

ISO: Auto (200 – 1600), 100, 200, 400, 800, 1600, 3200, 6400, 12800, 16000, 20000, 25600

Bantalan Lensa (Mount Lens): Micro Four Thirds

Pendekatan Focal Length: 2X

Model Layar LCD: dapat diputar/balik (tilting)

Ukuran Layar: 3 Inci

Titik Layar: 460,000

Maksimal Shutter Speed: 1/4000 per-detik

Format: MPEG-4, Motion JPEG

Tipe Penyimpanan: SD/SDHC/SDXC

USB:  USB 2.0 (480 Mbit/per-detik)

Berat (Kapasitas baterai): 325 g (0.72 lb/11.46 oz)

Dimensi: 111 x 64 x 38 mm (4.37 x 2.52 x 1.5″)

GPS (Global Positioning System) Kamera: Tidak Ada

Olympus Pen E-PL7

Kamera Olympus E-PL7 merupakan kamera selfie terbaik, membuat foto selfie anda menjadi lebih mudah dengan layar yang dapat diputar balik, memungkinkan anda untuk berfoto selfie setiap saat. Anda dapat menekan tombol shutter atau menyentuh layar saat ingin berfoto. Jika anda menggunakan jenis lensa dari Olympus, foto anda akan menjadi semakin terdepan. Anda juga dapat memindahkan gambar yang telah anda potret ke dalam perangkat pintar anda, melalui fitur Wi-Fi yang dimiliki, memudahkan anda untuk membagikan gambar kepada teman dan keluarga. Berikut spesifikasinya:

Sensor Efektif/Resolusi/Tipe: 16.1 Megapixel/Live MOS

Prosessor: TruePic VII™

Sistem Fokus: F.A.S.T. AF (Contrast Detection)

Sistem Stabilisasi Gambar: 3-Axis in Body Image Stabilization

Layar Monitor: 3.0” Tilting Touch LCD

Fitur Kreatif: Live Composite, Selfie Mode

Kecepatan Memotret Sekuensial: 8.0fps [H] mode 3.7fps [L] mode mechanical shutter.

Fitur Khusus: Kemudahan berbagi gambar via WiFi dan OI.Share App

Kesimpulan

Demikian uraian diatas mengenai tipe  kamera mirrorless terbaik dari Olympus. 3 tipe kamera diatas merupakan kamera mirrorless tipe PEN yang dimiliki oleh Olympus. Fitur terbaik yang ditawarkan dari tiap kamera diharapkan dapat membantu dan memudahkan anda dalam tiap kegiatan pemotretan, yang pastinya merupakan momen terbaik bagi anda yang tak ingin dilewatkan. Semoga uraian diatas dapat bermanfaat bagi anda. Terima kasih telah membaca 🙂

Referensi:

https://www.dpreview.com/reviews/olympus-pen-e-p5

https://www.dpreview.com/products/olympus/slrs/oly_epl6

http://asia.olympus-imaging.com/product/dslr/epl7/index.html

http://www.getolympus.com/us/en/e-pl7.html

Artikel Terkait

Video Terbaru

Loading...

Instagram

lensa terbaik untuk foto landscape

Ikuti Foto.co.id!

Bergabunglah di komunitas fotografi kami, dan belajar fotografi bersama kami!

Terima kasih, silahkan cek inbox anda dan konfirmasi untuk bergabung.

Share This