Select Page

6 Kamera DSLR Terbaik Untuk Pemula

Sekarang ini, kebutuhan akan kamera DSLR untuk mengabadikan setiap momen yang berharga merupakan hal yang sangat penting. Tidak diragukan lagi, ada begitu banyak kategori kamera DSLR yang bisa anda temukan di setiap toko kamera terdekat. Misalnya, kamera DSLR untuk pemula dan profesional. Semakin tinggi harga yang dibanderol untuk sebuah kamera, maka semakin banyak dan bagus fitur-fitur yang ada di dalamnya. Namun, sekalipun dilengkapi dengan fitur yang banyak dan bagus, akan terasa percuma jika tidak dimanfaatkan atau digunakan. Itulah sebabnya, produsen kamera DSLR seperti Canon, Nikon, Sony, dan lain-lainnya merancang kamera khusus bagi para pemula yang gemar dengan fotografi lewat menghadirkan kamera DSLR yang murah tapi tidak murahan yang dilengkapi dengan tombol-tombol sederhana dengan kualitas foto dan video yang bagus untuk memudahkan para pemula untuk menggunakannya.

Jika anda masih pemula dalam fotografi, janganlah terlalu cepat untuk memaksakan diri dengan membeli kamera yang sangat mahal, karena disamping anda bisa menghemat uang, anda juga masih dalam tahap untuk belajar. Jadi adalah lebih baik untuk membeli kamera yang cocok dengan anda gantinya yang paling bagus atau canggih. Tentunya, modal awal dalam memulai fotografi bukanlah tergantung pada kecanggihan sebuah kamera melainkan pada mata yang terlatih. Jadi, yang perlu anda lakukan sekarang adalah melatih mata anda dengan kamera yang cocok dengan anda.

Berikut ini, kami (foto.co.id) ingin memberikan rekomendasi mengenai kamera DSLR terbaik untuk pemula.

1.  Nikon D3300

Nikon D3300 merupakan pilihan yang sangat bagus untuk fotografi dan videografi jika berhubungan dengan masalah anggaran. Karena disamping harganya yang murah, kualitas foto dan video yang dihasilkannya sangat memuaskan. D3300 dihargai dengan nilai yang sangat tinggi secara keselurahan, baik itu dalam bentuk maupun kualitasnya. Untuk menyoroti kamera DSLR, D3300 hadir dengan kemampuan sensor kamera 24,2MP dan video full HD 1080p. Untuk memberikan anda kemudahan dalam mengirim foto paskah pemotretan, Nikon D3300 dilengkapi dengan Wifi. Dalam hal tampilan, kamera ini dirancang dengan bentuk yang kompak dan ringan sehingga anda dapat melakukan perjalanan dengan cukup mudah.

2.  Canon EOS Rebel T6i

Canon EOS Rebel T6i merupakan tipe kamera DSLR dengan kinerja dan kualitas gambar yang bagus dengan resolusi 24.2MP, namun dikemas dalam harga kamera compact agar bisa dijangkau oleh banyak orang. Canon EOS Rebel T6i cocok dengan semua lampu flash dari Canon dan bantalan lensa EOS. Kamera ini juga menawarkan kapasitas jaringan WI-Fi dan NFC untuk memudahkan anda mengirim file. Jadi, anda dapat menjalankan fungsinya dari ponsel pintar anda dan dengan mudah dapat mengunggah gambar, kemana pun anda pergi.

Portabilitas: Salah satu kamera DSLR terkecil yang pernah ada, Canon T6i juga sangat ringan karena terbuat dari bahan poli-karbonat. Ukuran dimensinya yaitu 5, 1 × 3, 9 × 3, 07 dan beratnya hanya sekitar 17, 11 oz. Lensa yang di sarankan: Kamera EOS Rebel T6i ini sangat cocok dengan lensa STM Pancake terbaru dari Canon, dengan EF berukuran 40mm dan pada Aperture f/2,8 anda sudah pastinya memiliki kamera DSLR terkecil yang dapat anda simpan dalam saku! Lensa kit standar merupakan yang terbaik diantara seluruh lensa untuk travelling.

3.  Pentax K-50

Pentax K-50 merupakan kamera DSLR yang sangat pas atau cocok untuk pemula. Pentax K-50 hadir dengan sensor CMOS APS-C 16.3megapiksel dan kemampuan mengolah gambar yang sangat cepat. Salah satu kelebihan dari kamera ini (pentax K-50) adalah bisa digunakan disegala kondisi dan situasi (gunakan lensa khusus) dengan hasil yang memuaskan. Kamera ini dilengkapi dengan ‘shake reduction’ untuk mengurangi getaran selama pemotretan agar bisa memberikan hasil yang tajam dan bagus.

Pentax K-50 hadir bukan hanya bagus untuk foto tapi juga video. Kamera ini menawarkan kualitas video HD 1080p. Dilengkapi dengan fitur-fitur yang bagus, Pentax K-50 bisa menghasilkan foto dengan kecepatan rata-rata 30fps dan merekam video 60fps. Jadi, jika anda bermasalah dengan budget anda, maka Pentax k-50 merupakan pilihan yang bagus.

4.  Canon EOS Rebel SLi

Diperkenalkan kembali pada tahun 2013 silam, Canon EOS Rebel SL1 dirancang agar bisa bersaing dalam dunia kamera digital compact. SL1 dilengkapi dengan sensor beresolusi 18MP dan APS-C yang membuatnya tetap menjadi pesaing yang solid dalam dunia kamera digital. Dengan penempatan tombol yang sedikit daripada model EOS lainnya, membuat SL1 terasa nyaman di tangan dan layak untuk dijadikan partner dalam memotret. Lebih dari pada itu, SL1 dilengkapi juga dengan layar sentuh interface yang membuatnya menjadi mudah dan cepat untuk digunakan. Sedangkan sistem CMOS AF II dengan 9 titik fokus membuat kamera ini menjadi lebih baik dalam menghasilkan gambar yang biasa-biasa saja menjadi luar biasa. Hal ini merupakan terobosan yang sangat bagus dalam sistem EOS DSLR.

Memang, kamera ini merupakan versi terbawah dari kamera seri Rebel Canon. Tergolong dalam kamera digital entry-level, dengan ukuran yang lebih kecil. Tapi jangan terkecoh dengan ukurannya, karena kamera Rebel SL1 ini memiliki jumlah megapiksel yang bagus, kecepatan burst serta layar yang dapat ditekuk untuk merekam video. Kamera mungil ini sangat handal dan dikemas dalam bentuk sekecil mungkin, serta dengan harga yang terjangkau. Sama dengan semua kamera seri Rebel dari Canon, para pemula akan sangat mengagumi kemampuan dari fitur-fitur kamera ini yang sangat pas bagi para pemula.

5.  Nikon D5500

Salah satu kamera DSLR yang sangat bagus dan cocok untuk pemula adalah Nikon D5500. D5500 hadir dengan sensor gambar CMOS 24,2megapiksel dan layar sentuh LCD yang memudahkan anda dalam memotret. Dengan menggunakan kamera ini, anda bisa menghasilkan foto yang berkualitas tinggi serta video HD 1080p yang sangat bagus. Inilah yang membuat kamera ini tampil menonjol. Dengan kamera Nikon D5500, anda bisa mengembangkan kreativitas anda sepenuhnya dengan memanfaatkan fitur-fitur yang ada didalamnya seperti Active D-lighting, menu retouch, dan mode scene.

Hadirnya Nikon D5500 untuk pemula memberikan beberapa kemudahan. Misalnya, anda tidak perlu takut untuk mengambil gambar pada situasi dan kondisi yang sulit karena Nikon D5500 bisa mengatasinya. Sekalipun dalam kondisi yang sulit, anda bisa menghasilkan gambar yang bagus. Jadi anda tidak akan kecewa dengan hasil yang ditawarkan oleh Nikon D5500.

6.  Canon EOS Rebel T5

Canon EOS Rebel T5 hadir dengan harga yang sedikit lebih murah dibandingkan dengan Nikon D3300, namun kualitas foto dan video yang dihasilkan tidak kalah bagusnya. Jadi, jika anda ingin menghemat uang yang lebih, maka Canon EOS Rebel T5 menjadi pilihan yang sangat bagus dan lebih baik untuk anda. Canon EOS Rebel T5 hadir dengan kemampuan sensor 18MP dan merekam video HD 1080p dengan prosesor gambar DIGIC 4.  Kamera ini dilengkapi dengan layar LCD yang berukuran 3.0” untuk live view sehingga memudahkan anda dalam merekam video.

Canon EOS Rebel T5 juga memiliki kualitas yang luar biasa sekalipun harus merekam dalam kondisi cahaya yang rendah karena memiliki fitur yang dikenal dengan ‘zone 63’ dan sistem meter lapisan rangkap dua (dual layer metering) yang membantu memperluas jangakauan ISO. Kamera ini memiliki fitur tambahan seperti still intelligent auto yang menditeksi pengaturan berdasarkan lingkungan jika anda tidak ingin mengubah mereka. Secara keseluruhan, tampilan Canon EOS Rebel T5 cukup kasar dan ringan sehingga jika anda tidak melakukan perawatan yang bagus maka penggunaannya tidak akan tahan lama. Itulah sebabnya, lakukanlah perawatan yang tepat agar bisa menggunakan kamera ini dengan rentang waktu yang cukup lama.

Demikianlah artikel mengenai 6 kamera DSLR terbaik untuk pemula. Kiranya artikel ini bisa bermanfaat. Selamat mencoba …

Referensi

The Top 10 Best DSLR Cameras for Beginners

 

 

 

Artikel Terkait

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Video Terbaru

Loading...

Instagram

lensa terbaik untuk foto landscape

Ikuti Foto.co.id!

Bergabunglah di komunitas fotografi kami, dan belajar fotografi bersama kami!

Terima kasih, silahkan cek inbox anda dan konfirmasi untuk bergabung.

Share This