Select Page

Ini Dia Trik Menambahkan Warna Ke Dalam Bayangan Menggunakan Gel/Filter Untuk Foto Portrait

Sebagai ganti untuk tidak mengedit gambar anda saat ingin di unggah untuk menambahkan warna ke dalam bayangan potret anda, sebaiknya anda menggunakan gel/filter untuk anda fungsikan pada kamera yang anda miliki. Sebelumnya, kami akan beri anda sedikit penjelasan mengenai gel/filter dalam dunia fotografi, yaitu adalah alat yang di buat dari lembaran bahan tembus cahaya dengan warna khusus dan dalam artikel kami (@foto.co.id) kali ini, juga terdapat video berdurasi 6 menit yang di buat oleh seorang fotografer bernama Jay P. Morgan, yang memberi anda petunjuk mengenai 4 trik berbeda untuk menambahkan warna ke dalam bayangan anda dengan menggunakan gel/filter. Berikut ini trik-trik tersebut untuk anda:

1. Gunakan Foam Core Mount/Papan Poster Berukuran Besar

Metode yang pertama, yaitu dengan menggunakan bagian berwarna putih pada papan poster dan tempelkan alat gel/filter yang anda gunakan pada papan tersebut. Hal ini akan menjadikan warna akan mengisi cahaya di dalamnya dan memantulkan warna pada gel ke dalam bayangan.

2. Mirror Mount

Dengan menggunakan sebuah cermin yang sesuai dengan letak foam core/papan poster, anda dapat menciptakan pencahayaan yang lebih jelas pada bagian samping wajah. Hal ini akan menghasilkan tampilan wajah yang lebih intens.

3. Gunakan Gel/Filter Langsung Pada Sumber Cahaya/Flash

Ini merupakan cara yang paling umum di gunakan saat anda bermain dengan gel/filter. Anda dapat meletakkan sumber cahaya sesuai keinginan anda, seperti di wajah atau di rambut anda dan kemudian aplikasikanlah gel/filter secara langsung pada sumber cahaya (strobe) tersebut.

4. Letakkan Gel/Filter Di dalam Softbox

Cara ini akan memberi efek pencahayaan yang lebih besar di dalam keseluruhan foto, bukan hanya satu sisi saja. Letakkan gel di dalam softbox dan kemudian anda dapat memposisikannya di atas atau di bawah kamera. Gunakanlah media tersebut sebagai pengisi cahaya. Sang fotografer, Morgan mengatakan bahwa anda harus dapat mengatur cahaya yang di hasilkan agar lebih pas (cukup) dan tidak berlebihan, sehingga warna yang di hasilkan tidak menimbulkan masalah pada warna alami kulit anda.

Demikian tips dan trik di atas. Semoga bermanfaat 🙂 Sampai jumpa dan salam fotografi !

Artikel Terkait

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Video Terbaru

Loading...

Instagram

lensa terbaik untuk foto landscape

Ikuti Foto.co.id!

Bergabunglah di komunitas fotografi kami, dan belajar fotografi bersama kami!

Terima kasih, silahkan cek inbox anda dan konfirmasi untuk bergabung.

Share This