Review Lengkap 10 Kamera DSLR Terbaik Di Dunia 2018

Selama puluhan tahun, kamera DSLR telah menjadi pilihan utama hampir semua atau sebagian besar orang yang menginginkan kualitas fotografi dan videografi terbaik.

Dari yang masih pemula atau amatiran hingga yang sudah pro alias profesional, kamera DSLR senantiasa menjadi pilihan pertama dan terutama (top choice).

Saat ini, kamera DSLR begitu digandrungi di kalangan fotografer baik yang sudah pro maupun yang masih entry-level. Walau dalam beberapa tahun belakangan ini popularitasnya semakin tergeser dan tersaingi oleh kamera mirrorless. Namun, kamera DSLR tetap memiliki banyak peminatnya.

Bagi anda yang memang benar-benar serius menginginkan hasil fotografi (sekaligus videografi) terbaik dan tidak puas dengan hasil foto smartphone anda yang terbatas dan begitu-begitu saja, kamera DSLR adalah solusi yang terbaik bagi anda! Namun, bagi anda yang awam dan pemula dalam dunia fotografi mungkin sering bertanya…..

Apa sih sebenarnya kamera DSLR itu?

Kamera DSLR (Digital Single Lens Reflex) merupakan salah satu jenis kamera digital yang kerjanya memanfaatkan kemampuan cermin alias mirror untuk mengarahkan cahaya yang ditangkap oleh lensa menuju ke arah viewfinder (jendela bidik).

Meskipun popularitasnya semakin tergerus oleh keberadaan kamera mirrorless yang semakin digandrungi, kamera DSLR tetap memiliki segmen pasar dan peminat yang sangat besar.

Hal ini sangat beralasan karena kamera DSLR menawarkan setidaknya 5 nilai tambah dan poin penting yang tidak dimiliki kebanyakan kamera lainnya. Apa saja itu?

  1. Kontrol kamera manual
  2. Kualitas foto sempurna
  3. Kualitas video luar biasa
  4. Lensa yang dapat diganti-ganti
  5. Fitur untuk foto dan video super lengkap

Nah, bagi anda yang sedang mencari kamera DSLR dengan fitur dan spesifikasi terbaik.

Berikut review lengkap 10 kamera DSLR terbaik di dunia saat ini yang dapat menjadi bahan pertimbangan anda yang kami rangkum dan sari-patikan dari berbagai sumber di internet.

Oke, anda siap? Mari kita lanjutkan.

  1. Nikon N850

Sensor: Full-frame CMOS | Resolusi: 45.4MP | Autofocus: 153-titik AF, 99 cross-type | Jenis Layar: 3.2-inch tilta-angle touch screen, 2,359,000 dots | Maksimum bidikan berturut – turut: 7 fps | Kualitas Video Maksimum: 4K | Level Pengguna: Master atau Professional

(+)       Resolusi sangat tinggi 45.4MP

Auto focus sangat cepat, canggih dan responsif

Viewfinder jernih dan besar

Baterai tahan lama

(-)       Harga kamera sangat mahal

Kecepatan Live View masih standar

Fitur SnapBridge masih belum maksimal

 

Anda yang sedang mencari kamera DSLR dengan fitur dan spek terbaik sekarang ini, layak melirik Nikon N850 ini. Kamera DSLR dengan full-frame monster dengan spesifikasi gahar kelas dewa ini memang terbilang mahal, namun harga yang anda bayar dijamin tidak akan mengecewakan karena sepadan dengan spesifikasi yang ditawarkan.

Dengan sensor full frame CMOS beresolusi 45.4 MP, foto yang dihasilkan begitu luar biasa dengan detail objek yang sempurna. Meskipun dengan berbagai macam pengaturan ISO. Tidak heran jika Nikon N850 ini dianggap sebagai kamera DSLR terbaik di dunia saat ini.

Dipersanjatai dengan sistem autofocus canggih 153-titik AF sistem yang sangat cepat dan responsif plus kemampuan membidik objek secara beruntun 7 frame per detik ditunjang dengan kemampuan mengambil video kualitas UHD 4K yang sangat jernih.

Nikon N850 menawarkan hampir semua yang ada inginkan untuk menjadi fotografer profesional.

Anda yang tidak masalah soal harga dan ingin mendapatkan kamera DSLR kualitas terbaik. Nikon N850 adalah pilihan yang tepat untuk anda. Bagaimana, tertarik?

  1. Canon EOS 5D Mark IV

Sensor: Full-frame CMOS | Resolusi: 30.4MP | Autofocus: 61-titik AF, 41 cross-type | Jenis Layar: 3.2-inch tilt-angle touch screen, 1,620,000 dots | Maksimum bidikan berturut – turut: 7 fps | Kualitas Video Maksimum: 4K | Level Pengguna: Master atau Professional

(+)       Touchscreen yang responsif

Sistem auto focus cepat dan canggih

Performa sensor yang sempurna

Adanya pilihan konektivitas

(-)       Opsi untuk pengaturan video 4K masih terbatas

Level ISO belum mengalami banyak peningkatan

Sangat mahal dibandingkan dengan kamera DSLR lainnya

 

Jika anda seorang fotografer professional yang ingin menghasilkan kualitas foto terbaik, Canon EOS 5D Mark IV bisa menjadi salah satu pilihan yang pas buat anda. Kamera DSLR ini menawarkan kualitas foto yang makin sempurna. Ini karena sensor full frame CMOS beresolusi 30.4 MP dengan tingkat sensivitas hingga ISO 32000.

Dengan kemampuan tersebut, anda dapat menggunakan Canon EOS 5D Mark IV untuk beragam kebutuhan. Seperti foto studio, memotret pemandangan di siang atau malam hari, dokumentasi acara-acara penting sampai kebutuhan periklanan.

Canon EOS 5D Mark IV dilengkapi dengan teknologi Dual Pixel CMOS AF. Teknologi ini sangat berguna untuk mengambil objek bergerak dengan cepat dan lebih akurat baik dalam posisi landscape maupun potrait.

Kamera ini juga dibekali dengan prosesor Image DIGIC 6+. Prosesor ini memungkinkan semua fitur kamera dapat dijalankan dengan lebih cepat. Sehingga dapat membidik foto secara beruntun 7 frame per detik baik di dalam maupun di luar ruangan.

Canon EOS 5D Mark IV juga dilengkapi dengan teknologi Intelligent Scene Analysis (iSA) sehingga kualitas foto yang dihasilkan tetap konsisten ketika pengambilan gambar dilakukan secara beruntun.

Menariknya lagi, kamera DSLR ini juga memiliki fitur anti flicker untuk mendeteksi intensitas cahaya. Canon EOS 5D Mark IV ini juga dilengkapi dengan teknologi intelligent Tracking and Recognition System (iTR AF) untuk melacak pergerakan objek.

Bukan hanya untuk foto, Canon EOS 5D Mark IV juga dapat diandalkan untuk merekam video resolusi tinggi hingga 4K. Hasil foto dan video ini dapat anda pindahkan dengan mudah ke ponsel atau laptop anda secara manual atau melalui Wifi.

Dengan banderol harga sekitar Rp. 60 jutaan kamera DSLR ini memang diperuntukan bagi anda fotografer profesional yang memiliki dana tak terbatas dan ingin mendapatkan kualitas foto dan video terbaik.

  1. Nikon D500

Sensor: APS-C CMOS | Resolusi: 20.9MP | Autofocus: 153-titik AF, 99 cross-type | Jenis Layar: 3.2-inch tilt-angle touch screen, 2,359,000 dots | Maksimum bidikan berturut – turut: 10 fps | Kualitas Video Maksimum: 4K | Level Pengguna: Master atau Profesional

(+)       Handling yang ergonomis

Sistem auto focus brilian dan responsif

Desain body metal yang tahan terhadap cuaca

Fitur bidikan beruntun hingga 10 fps untuk 200 foto

(-)       Kontrol touch screen terbatas

Kamera terbilang cukup mahal

Sistem AF Live View kadang lambat

 

Dirilis di tahun 2016, Nikon D500 merupakan salah satu kamera DSLR flagship andalan Nikon. Dilengkapi dengan sensor APS-C CMOS resolusi 20.9 MP dengan 5 image prosesor plus kemampuan merekam video hingga resolusi UHD 4K.

Salah satu fitur yang menjadi andalan dari Nikon D500 ini adalah kemampuan sistem auto focusnya yang sangat canggih, cepat dan akurat yakni 153-titik AF, 99 cross-type. Kemampuan tracking yang hebat plus teknologi untuk membidik objek secara beruntun 10 frame per detik.

Menjadikan Nikon D500 salah satu kamera terbaik untuk digunakan di segala kondisi baik untuk memotret di dalam ruangan maupun luar ruangan baik dalam mode portrait maupun landscape.

  1. Nikon D7500

Sensor: APS-C CMOS | Resolusi: 20.9MP | Autofocus: 51-titik AF, 15 cross-type | Jenis Layar: 3.2-inch tilt-angle touch screen, 922,000 dots | Maksimum bidikan secara berturut – turut: 8 fps | Kualitas Video Maksimum: 4K | Level Pengguna: Menengah

(+)       Sensor kamera brilian

Fitur bidikan beruntun hingga 8 fps

Sistem auto focus cepat dan canggih

Kemiringan angle layar yang menawan

Performa pengaturan untuk ISO tinggi sangat baik

(-)       Kontrol touch screen terbatas

Kamera terbilang cukup mahal

Sistem AF Live View kadang lambat

 

Menawarkan harga yang lebih murah ketimbang Nikon D500, Nikon D7500 tetap menghadirkan kamera dengan resolusi yang sama yakni 20.9 MP dengan spesifikasi yang lebih rendah untuk kelas menengah tapi tetap dengan desain yang kokoh dan compact.

Kamera yang ada meskipun beresolusi sama dengan Nikon D500, tapi menghadirkan teknologi auto focus yang lebih rendah yaitu 51-titik AF, 15 cross-type. Kamera DSLR ini mampu membidik objek secara beruntun hingga 8 frame per detik.

Untuk urusan video, Nikon D7500 hadir dengan kemampuan mengambil video resolusi tinggi hingga 4K dengan resolusi 3.840 x 2.160 piksel.

Anda yang ingin memiliki kamera DSLR dengan harga yang lebih terjangkau khususnya untuk kelas menengah, layak mempertimbangkan untuk membeli kamera DSLR ini. Tertarik?

  1. Canon EOS 80D

Sensor: APS-C CMOS | Resolusi: 24.2MP | Autofocus: 45-titik AF, 15 cross-type | Jenis Layar: 3.0-inch tilt-angle touch screen, 1.040,000 dots | Maksimum bidikan berturut – turut: 7fps | Kualitas Video Maksimum: Full HD 1080p | Level Pengguna: Menengah

(+)       Sistem auto focus cepat dan canggih

Sensor kamera 24.2 MP yang tajam dan detail

Kemampuan membidik objek secara beruntun hingga 7 fps

(-)       Masih menggunakan format  APS-C belum full frame

Pengaturan sistem auto focus yang ribet dan kompleks

Pengaturan Quick Menu tidak dapat di-customized

 

Canon EOS 80D merupakan sebuah kamera yang powerful, multi-fungsi dan responsif untuk mengeksplor kreativitas anda di segala tempat dan kondisi.

Berbekal sensor APS-C CMOS dengan resolusi 24.2 MP yang tajam ditambah dengan sistem auto focus yang cepat, akurat dan responsif, sangat membantu dalam mengabadikan setiap momen berharga dalam hidup anda.

Ketika berada di luar ruangan khususnya ketika berolahraga dan pada kegiatan-kegiatan yang melibatkan mobilisasi tinggi, Canon EOS 80D merupakan teman yang pas untuk menemani anda.

Hal ini tidak lain karena kemampuannya untuk membidik objek secara beruntun hingga 7 frame per detik yang dapat anda pantau dalam layar touchscreen 3.0 yang jernih.

Nikon D7500 hadir dengan control kamera yang dapat di-customized, mudah dan fleksibel.

Berbekal teknologi Flicker Detection, Nikon D7500 mampu membidik secara konsisten setiap objek yang diambil secara beruntun. Dalam kondisi minim cahaya pun, Nikon D7500 mampu menangkap objek dengan jelas, jernih dan natural.

Anda juga dapat langsung berbagi gambar atau foto serta video yang ada secara lebih cepat melalui sambungan Wifi.

Anda yang ingin mendapatkan kamera DSLR kualitas menengah tapi dengan spesifikasi yang cukup baik layak membeli kamera DSLR ini.

  1. Nikon D3400

Sensor: APS-C CMOS | Resolusi: 24.2MP | Autofocus: 11-titik AF, 1 cross-type | Jenis Layar: 3.0-inch tilt-angle touch screen, 921,000 dots | Maksimum bidikan berturut – turut: 5fps | Kualitas Video Maksimum: Full HD 1080p | Level Pengguna: Pemula – Entry Level

(+)       Baterai tahan lama hingga 1200 shots

Desain body cantik, ringan dan compact

Performa single shot auto focus sangat baik

Pengaturan kamera yang sangat user friendly

(-)       Tidak ada touchscreen

Pilihan konektivitas terbatas

Tidak ada port microphone

 

Nikon D3400 merupakan salah satu lini produk terbaru dari Nikon yang didesain dan diperuntukan untuk anda yang masih pemula dalam dunia fotografi atau entry-level. Kamera DSLR ini dianggap sebagai kamera DSLR entry-level terbaik saat ini.

Desain body yang cantik, ringan dan compact ditambah dengan sistem auto focus yang solid dan responsif, ditunjang dengan daya baterai yang besar dan tahan lama plus sensor kamera yang cukup tinggi 24.2MP, Nikon D3400 mampu menghasilkan kualitas foto yang tajam dan jernih.

Dibekali dengan 4 mesin pada prosessornya, Nikon D3400 mampu menghasilkan video kualitas Full HD 1080p dengan kecepatan 60fps. Pengaturan kameranya juga sangat mudah dan user friendly apalagi bagi anda yang masih awam dan baru menggunakan kamera DSLR.

Anda yang pemula dan ingin merasakan menggunakan kamera DSLR, wajib mencoba kamera DSLR Nikon D3400 ini.

  1. Canon EOS Rebel T7i / Canon EOS 800D

Sensor: APS-C CMOS | Resolusi: 24.2MP | Autofocus: 45-titik AF, 45 cross-type | Jenis Layar: 3.0-inch vari-angle touch screen, 1,040,000 dots | Maksimum bidikan berturut – turut: 6fps | Kualitas Video Maksimum: Full HD 1080p | Level Pengguna: Pemula – Entry Level atau Pencinta Fotografi

(+)       Performa Live View AF brilian

Kontrol touch screen sangat baik

Tampilan interface yang user friendly

Pilihan konektivitas beragam; Wifi, NFC dan Bluetooth

(-)       Desain body dominan plastik

Tidak support video kualitas 4K

Viewfinder hanya meng-cover 95% area bidikan

 

Canon EOS Rebel T7i yang umum dikenal sebagai Canon EOS 800D di Amerika merupakan salah satu lini produk entry-level besutan Canon yang didedikasikan bagi mereka yang awam atau masih pemula dalam dunia fotografi dengan tampilan interface yang user friendly dan handling yang mudah digunakan.

Canon EOS Rebel T7i / Canon EOS 800D hadir dengan sejumlah perbaikan dibanding pendahulunya Canon D3400 dan D5600.

Canon EOS Rebel T7i / Canon EOS 800D dibekali dengan prosesor Image DIGIC 7. Prosesor ini diklaim memiliki kemampuan dan kecepatan memproses 14 kali lipat dibanding prosesor Image DIGIC 6 sehingga memungkinkan semua fitur kamera dapat dijalankan dengan lebih cepat.

Sehingga dapat membidik foto secara beruntun hingga 6 frame per detik baik di dalam maupun di luar ruangan.

Dibekali dengan sensor kamera APS-C CMOS resolusi 24.2MP yang mampu menghasilkan kualitas foto tajam dan jernih plus sistem auto focus yang lebih cepat dan responsif dari kamera sebelumnya yaitu 45-titik AF dengan tingkat ISO 100/25.600.

Satu hal yang cukup disayangkan bahwa viewfinder alias jendela bidiknya hanya meng-cover 95% area bidikan belum 100%. Untuk urusan video, Canon EOS Rebel T7i / Canon EOS 800D hanya mampu merekam video kualitas Full HD 1080p belum UHD 4K.

Tersedia pula pilihan konektivitas seperti Wifi, NFC dan Bluetooth bagi anda yang suka berbagi dengan keluarga, teman atau kerabat momen-momen indah dan seru dalam hidup anda.

Nah, bagi anda yang baru pertama menggunakan kamera DSLR dan ingin memiliki kamera yang mempunyai kualitas dan spesifikasi cukup baik. Canon EOS Rebel T7i / Canon EOS 800D layak anda pertimbangkan untuk anda miliki.

  1. Nikon D750

Sensor: Full Frame CMOS | Resolusi: 24.3MP | Autofocus: 51-titik AF, 15 cross-type | Jenis Layar: 3.2-inch tilt-angle touch screen, 1,229,000 dots | Maksimum bidikan berturut – turut: 6.5 fps | Kualitas Video Maksimum: Full HD 1080p | Level Pengguna: Menengah – Pencinta Fotografi

(+)       Sistem auto focus cepat dan canggih

Resolusi kamera cukup tinggi 24.2MP

Desain body cantik, compact dan ringan

Jenis layar sudah support tilt-angle touch screen

(-)       Tidak ada tombol on untuk auto focus

Shutter speed terbatas hingga 1/4000 detik

Sistem auto focus lambat dalam mode video atau Live View

 

Hadir dengan sensor full frame CMOS beresolusi 24.2 MP dengan 4 prosesor utama plus fitur anti-aliasing filter, Nikon D750 mampu menghasilkan gambar dan foto berkualitas tinggi. Dengan kombinasi sensor dan prosesor ini, Nikon D750 sanggup menghasilkan gambar atau foto yang tajam dan jernih dengan ISO hingga 100/51.200.

Kamera ini juga mampu membidik objek tanpa henti secara beruntun hingga 6,5 frame per detik. Meski video belum support UHD 4K, anda tetap dapat merekam video kualitas Full HD 1080p kecepatan 60fps yang cukup jernih untuk memanjakan mata anda.

Dengan auto focus yang cepat dan responsif ditambah dengan desain body yang cantik, compact dan ringan plus layar yang sudah support tilt-angle touch screen. Mengabadikan momen-momen berharga anda bersama teman dan keluarga akan terasa sangat mengasyikan.

Nah, bagi anda yang ingin mendapatkan kamera DSLR spesifikasi terbaik dengan fitur-fitur yang cukup lengkap, maka Nikon D750 adalah pilihan yang pas buat anda.

  1. Canon EOS 7D Mark II

Sensor: APS-C CMOS | Resolusi: 20.2MP | Autofocus: 65-titik AF, 65 cross-type | Jenis Layar: 3.0-inch tilt-angle touch screen, 1,040,000 dots | Maksimum bidikan berturut – turut: 10 fps | Kualitas Video Maksimum: Full HD 1080p | Level Pengguna: Master atau Profesional

(+)       Desain body yang elegan dan ergonomis

Banyak pilihan pengaturan yang bisa dikustomisasi

Kemampuan membidik secara beruntun hingga 10 fps

Memiliki ketahanan yang kuat terhadap cuaca (weather sealed)

(-)       Tidak ada control pada touch screen

Layar fixed screen tidak cukup sensitif

Tidak ada ketersambungan Wifi yang built-in

Viewfinder tidak cukup akurat menampilkan gambar yang akan dibidik

 

Canon EOS 7D Mark II merupakan kamera idaman dan andalan bagi anda fotografer professional ataupun anda yang penggemar fotografi yang subjek fotonya bergerak cepat seperti satwa liar, acara olahraga, liputan berita dan sebagainya.

Kamera Canon EOS 7D Mark II ini merupakan penyempurnaan dari seri sebelumnya yaitu Canon EOS 7D. Kamera ini menjadi salah satu kamera yang berada di posisi teratas jajaran kamera DSLR APS-C Canon yang ditujukan untuk fotografer pencinta “aksi cepat” semacam olahraga, kompetisi balap, satwa liar juga videographer yang gemar memakai DSLR untuk menghasilkan karya.

Seperti pendahulunya, kamera DSLR ini memiliki ketahanan yang kuat terhadap cuaca (weather sealed). Intinya kamera ini adalah kamera yang sangat cepat, kokoh, dan tangguh.

Kamera ini bukan untuk casual shooter yang mendambakan kamera berukuran kecil dan ringan, tapi untuk fotografer pro atau amatir yang sangat serius dalam urusan sport dan action photography.

Untuk urusan kamera, sensor Canon EOS 7D Mark II ini memiliki resolusi 20.2 MP dan turut dibekali dengan teknologi Dual Pixel AF yang pertama diperkenalkan lewat pendahulunya EOS 7D. Sensor dengan rentang ISO hingga 51.200 ini dipasangkan dengan dua buah prosesor image DIGIC 6.

Kamera DSLR ini mampu merekam video kualitas Full HD (1920 x 1080) 60 fps dalam format mp4 atau mov. Anda bisa mengirim video uncompressed anda melalui port HDMI ke perekam eksternal. Jack microphone turut disediakan untuk merekam atau memantau suara.

Akan tetapi, satu hal yang cukup disayangkan adalah, absennya fitur Wifi dan koneksi sejenis dari kamera ini. Anda yang menginginkan fungsi ini mesti membeli transmitter WFT-E7A versi 2 yang dijual terpisah. Bagaimana, anda tertarik membelinya?

  1. Nikon D810

 

Sensor: Full frame CMOS | Resolusi: 36.3 MP | Autofocus: 51-titik AF, 15 cross-type | Jenis Layar: 3.2-inch tilt-angle touch screen, 1,229,000 dots | Maksimum bidikan berturut – turut: 5 fps | Kualitas Video Maksimum: Full HD 1080p | Level Pengguna: Master atau Profesional

(+)       Resolusi sangat tinggi 36.3 MP

Kapasitas baterai besar, 1200 foto per charge

Banyak pilihan pengaturan yang bisa dikustomisasi

Kemampuan membidik secara berturut – turut hingga 5 fps

(-)       Ukuran file terlalu besar

Layar tidak touch screen

Tidak ada konektivitas Wifi built-in

Belum support video resolusi 4K

Tidak ada fitur anti-aliasing untuk detail yang lebih baik

 

Kemunculan Nikon D810 adalah upgrade dan penyempurna dari seri sebelumnya yaitu, Nikon D800 dan D800E yang sempat merajai dan mendominasi pasar kamera DSLR untuk beberapa tahun.

Sebagai produk upgrade, Nikon D810 lebih mirip dengan Nikon D800E dimana filter anti aliasing dihilangkan sama sekali sehingga kamera mampu menawarkan resolusi yang lebih tinggi dibandingkan pendahulunya.

Banyak hal yang telah dikembangkan pada Nikon D810 ini sehingga mengalami peningkatan performa yang semakin baik. Kamera ini telah mengadopsi sensor full frame 36.3 MP dengan penambahan ISO 64 yang sangat berguna untuk pengambilan foto maupun video di area terbuka dan luas.

Nikon D810 juga hadir dengan mesin pengolah gambar EXPEED 4 yang diklaim mampu meningkatkan olah data hingga 30 % lebih cepat dan juga peningkata frame rate maksimum hingga 25 % yaitu 4 fps – 5 fps pada resolusi penuh.

Meski belum dibenamkan kemampuan merekam video dengan resolusi 4K, namun Nikon D810 sangat baik dalam merekam video resolusi Full HD 1080p pada 60fps. Suara yang dihasilkan juga sangat baik karena adanya built-in microphone stereo.

Anda sobat fotografer yang ingin terjun ke dunia fotografi profesional dan sedang mencari kamera DSLR full frame yang handal dan canggih serta memiliki fitur-fitur terkini wajib memiliki kamera DSLR ini.

Demikian ulasan lengkap 10 kamera DSLR terbaik di dunia di tahun 2018 ini. Manakah yang cocok dan pas untuk kebutuhan dan selera anda? Ayo sampaikan pendapat anda di kolom komentar. 🙂

 

Scroll to Top