Select Page

10 Cara Jitu Untuk Menjadi Fotografer Profesional

Segala sesuatu membutuhkan proses. Demikian pula halnya dengan menjadi seorang fotografer profesional. Fotografer professional merupakan penghargaan untuk semua fotografer yang telah menghasilkan gambar-gambar yang bagus serta profesional, baik itu untuk foto pemandangan, pemandangan alam, olahraga, makanan, dan lain-lain. Fotografi professional merupakan pilihan karir yang sangat baik dalam menunjukan bakat seseorang. Hal ini merupakan salah satu bidang dimana usia dan gelar sarjana bukanlah hal yang penting jika dibandingkan dengan mata, disiplin diri, dan produk yang berkualitas. Dunia fotografi adalah bidang yang penuh dengan persaingan, jadi bersiaplah untuk memulainya sekalipun dari hal-hal yang kecil. Kemudian sempurnakan ketrampilan anda dengan menciptakan portofolio yang berisikan karya-karya terbaik anda.

Berikut ini adalah beberapa langkah sederana yang dapat anda coba lakukan untuk menjadi fotografer yang profesional.

1. Kembangkan Ketrampilan Anda Di Dalam Memotret

Tidak ada istilah “oh ini jalan yang benar atau ini jalan yang salah” untuk menjadi fotografer yang baik. Beberapa orang berpikir bahwa cara terbaik untuk menjadi fotografer profesional adalah dengan belajar di sekolah fotografi, tapi tidaklah demikian. Karena sebagian orang berpikir bahwa sekolah hanyalah membuang-buang waktu mereka untuk menjadi fotografer. Memang hal ini mengandung kebenaran, karena anda dapat melakukannya dengan belajar membaca buku mengenai fotografi atau bertanya kepada mereka yang telah berpengalaman serta melakukan percobaan sendiri. Apapun yang anda putuskan untuk dilakukan, maka lakukanlah. Hal ini akan meningkatkan ketrampilan anda dalam memotret.

2. Gunakanlah Peralatan Yang Tepat

Jenis peralatan yang anda butuhkan selama pemotretan tergantung pada jenis pemotretan yang anda lakukan. Tapi pada umumnya, anda perlu menyiapkan 2 kamera dan lensa yang bervariasi untuk situasi yang berbeda-beda. Disamping itu, anda juga perlu menyiapkan perangkat lunak yang tepat untuk melakukan pemeriksaan pasca pemotretan agar bisa menciptakan gambar yang bagus. Ingat, semuanya ini tergantung pada jenis pemotretan yang anda lakukan. Jadi, gunakanlah alat yang tepat untuk setiap pemotretan yang anda lakukan.

3. Belilah Peralatan Secara Hemat

Membeli peralatan yang berkualitas memang penting untuk memperoleh foto yang bagus, tetapi anda tidak perlu menginvestasikan semua tabungan anda untuk membeli peralatan yang baru ketika anda baru memulai karir anda. Misalnya, belilah peralatan yang bekas tapi masih bagus; belilah model lama yang di diskon setelah model baru keluar; sewa peralatan; atau bahkan meminjam peralatan sampai anda yakin bahwa bisnis anda akan sukses. Ketika anda membeli peralatan, perhatikanlah pajaknya. Membeli lensa yang bagus merupakan investasi yang lebih penting daripada tubuh kamera, karena lensa dapat digunakan kembali jika anda pernah membeli kamera yang baru, dan biasanya memberikan efek yang sangat besar dalam kualitas gambar.

4. Kenali Kamera Anda

Kamera memiliki peran yang sangat penting dalam menghasilkan gambar yang bagus. Karena itu, sebelum anda membeli kamera pertama anda, maka belajarlah terlebih dahulu mengenai pengaturan dan ciri khas dari kamera yang hendak anda beli. Belajarlah untuk mengganti lensa foto tanpa harus melihat. Karena meraba-raba dengan peralatan akan membuat anda tampak tidak profesional dan dapat mempengaruhi kualitas akhir foto anda.Untuk menjadi fotografer yang benar-benar mahir, maka anda perlu belajar dan berlatih. Berlatihlah secara luas di rumah anda dengan memanfaatkan lingkungan sekitar anda. Ambilah beberapa gambar dengan pengaturan yang bervariasi untuk menghasilkan gambar yang unik dan menarik. Hal ini akan memudahkan anda dalam menentukan peralatan yang hendak anda gunakan dalam pemotretan.

5. Belajar Lewat Internet dan Media Lainnya

Belajarlah melalui media internet, majalah, dan buku-buku fotografi terbaru mengenai cara meningkatkan kualitas anda dalam memotret. Hal ini akan mengajarkan anda cara-cara baru dalam menggunakan kamera anda untuk menciptakan gambar yang bagus dan menarik. Pastikan bahwa anda memiliki pengetahuan yang luas mengenai cara menggunakan peralatan kamera yang lain, seperti halnya mengganti lensa. Karena jika tidak, maka anda akan kewalahan dan nampak tidak profesional saat melakukan pemotretan.

6. Belajar Cara Mengedit Hasil

Belajarlah cara menggunakan perangkat lunak yang tepat selamat proses pemeriksaan (editing). Karena perangkat lunak yang berkualitas dapat menolong anda untuk menciptakan gambar yang luar biasa. Gunakanlah Adobe Photoshop saat anda melakukan pemeriksaan terhadap foto-foto anda. Tapi, jika anda tidak menyukainya, anda boleh menggunakan Lightroom atau perangkat lunak lainnya.

7. Buatlah Portofolio Yang Sempurna

Agar jasa anda bisa digunakan oleh banyak orang dan bukan hanya keluarga dan teman-teman, maka anda perlu menampilkan karya-karya terbaik anda dalam bentuk portofolio. Gunakanlah foto-foto anda yang bagus dengan variasi yang berbeda-beda untuk menampilkan bakat anda. Pastikan bahwa portofolio anda bukan hanya terdiri dari 5 atau 10 foto, melainkan lebih. Dengan melakukan hal tersebut, maka orang-orang ingin melihat karya anda. Dengan cara inilah anda bisa memperoleh seorang klien.

8. Cari Tahu Ketrampilan/Keahlian Anda

Cobalah untuk mengambil gambar di setiap jenis fotografi yang anda suka, sebelum anda menentukan bidang keahlian anda. Misalnya, foto pernikahan, pemandangan, olahraga, dan lain-lain. Jika anda sudah mencobanya, maka cari tahu bidang keahlian anda, dan gunakanlah hal tersebut untuk menciptakan keuntungan dalam bisnis anda.

9. Berikan Pada Klien Apa Yang Mereka Inginkan

“Berikan pada klien apa yang mereka inginkan” seharusnya menjadi prinsip dasar utama yang perlu dipikirkan oleh mereka yang ingin menjalani kehidupan sebagai seorang fotografer. Anda mungkin ingin menciptakan foto orang yang kreatif, namun klien anda menginginkan hal yang berbeda yaitu cukup saja terlihat cantik. Ingat, dalam menjalankan karir ini, pertama-tama anda membutuhkan uang. Jadi, ikuti keinginan klien anda sepenuhnya. Cara terbaik untuk hal ini adalah dengan meminta klien anda membeli mesin cetak (printer). Klien anda lebih cenderung untuk membeli mesin cetak (printer) jika mereka senang atau suka dengan apa yang mereka lihat. Karena itu perhatikan baik-baik apa yang klien anda inginkan dan buatlah demikian. Karena dari situlah anda dapat melebarkan sayap anda dalam dunia fotografi. Semakin banyak orang yang suka karya anda, maka semakin banyaklah orang yang akan menggunakan jasa anda. Jadi berpikirlah dengan bijak.

10. Ambil Gambar (Memotret)

Hal ini sangat sederhana, tapi merupakan kunci untuk segala sesuatu. Hal itu adalah memotret. Banyak orang hanya membawa kamera mereka saat pergi berlibur atau jalan-jalan. Saat mengambil gambar, mereka pergi ketempat yang hampir semua orang pernah kunjungi, seperti pegunungan, kebun binatang, taman, kota yang unik, dan negara yang penuh dengan bangunan-bangunan bersejarah. Memang hal ini bagus, tapi lakukanlah yang lebih. Bawalah foto anda setiap saat dan cobalah untuk mengambil gambar setiap momen yang anda alami setiap hari. Misalnya, saat anda sedang menggunakan telepon. Tanpa anda sadari, anda dapat menciptakan foto yang menarik dan bagus dengan melakukan hal seperti itu.

Fotografer terbaik adalah mereka yang dapat mengambil gambar yang bagus di tempat-tempat yang biasa-biasa saja. Lakukanlah ini. Pergilah keluar, kemanapun anda mau. Misalnya ketempat yang mungkin dikatakan orang jelek untuk mengambil gambar, tapi cobalah. Karena anda tidak pernah tahu apa yang akan anda peroleh jika anda tidak mencobanya. Hal ini dapat menolong untuk meningkatkan kemampuan fotografi anda.

Kesimpulan

Untuk menjadi seorang fotografer profesional, anda membutuhkan waktu. Seperti halnya seorang dokter ingin menjadi ahli bedah membutuhkan proses, demikian pula halnya untuk menjadi fotografer profesional. Tampilkan karya-karya anda yang menarik dalam bentuk portofolio agar bisa dilihat oleh semua orang. Jangan menyerah ketika anda baru saja memulai, tapi teruslah berusaha walaupun sulit, karena perjuangan dan kerja keras akan selalu dihargai dengan hasil yang menggembirakan. Selalu buat yang terbaik dan teruslah mencoba.

Kiranya artikel ini bisa bermanfaat. Selamat mencoba …

Referensi

http://www.wikihow.com/Become-a-Professional-Photographer

Artikel Terkait

Video Terbaru

Loading...

Instagram

lensa terbaik untuk foto landscape

Ikuti Foto.co.id!

Bergabunglah di komunitas fotografi kami, dan belajar fotografi bersama kami!

Terima kasih, silahkan cek inbox anda dan konfirmasi untuk bergabung.

Share This