Select Page

10 Tips Keren Untuk Komposisi Fotografi Landscape

Memotret landscape merupakan cara yang fantastis untuk melatih kemampuan komposisi anda. Misalnya, keheningan dan skala subjek-subjek anda memungkinkan anda untuk memfokuskan kreativitas anda dalam membingkai suatu gambar yang menangkap semua elemen dalam suatu susunan visual yang menyenangkan. Komposisi untuk foto bagaikan skenario untuk sebuah film. Jika gambar tersebut tidak tertata dengan baik, maka hal itu dapat menyebabkan anda kehilangan arah serta konsep mengenai hal yang hendak anda tampilkan/sampaikan. Kemampuan untuk menyusun hal-hal yang perlu ditampilkan dalam sebuah foto/cerita meningkat dari waktu ke waktu seiring dengan latihan yang dilakukan terus-menerus.

Foto mengenai pemandangan ada dimana-mana. Hal tersebut memberikan fotografer akses yang tak terbatas dalam menciptakan foto pemandangan yang bagus dan menakjubkan. Kita dikelilingi oleh foto-foto pemandangan yang luar biasa bagusnya yang dikemas dalam detail yang menarik dan penuh warna. Tak hayal kalau foto landscape banyak disukai oleh pecinta fotografi. Sayangnya, kadang-kadang sangat sulit untuk menampilkan gambar yang kita lihat menjadi foto pemandangan yang menarik. Hal itu disebabkan karena kita mengambil gambar selalu datar dan tidak melakukannya dengan cara yang benar.

Kunci untuk foto landscape yang bagus dan menakjubkan adalah waktu. Pemilihan waktu yang tepat akan sangat memberikan kesan yang mendalam dan menarik terhadap kualitas foto landscape anda. Nah, tanpa panjang lebar lagi, berikut ini adalah 10 tips keren untuk komposisi fotografi landscape yang bisa kami (foto.co.id) sediakan buat anda.

1.  Ingat Prinsip Rule of Thirds

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Untuk menjaga keseimbangan dalam foto agar terlihat bagus, maka ingatlah selalu bahwa rule of thirds dapat membantu anda untuk membuat komposisi landscape visual yang seimbang. Rule of thirds adalah teknik komposisi yang sangat terkenal dikalangan fotografer dimana prinsip ini berfungsi untuk menempatkan titik fokus utama anda ke sisi dari suatu gambar gantinya ditengah-tengah. Hal ini sering menghasilkan foto yang terlihat alami serta bagus.

Pada umumnya, mata manusia bukan hanya tertuju pada satu titik saat melihat/memperhatikan sesuatu. Misalnya, bagian atas, bawah, kanan, kiri, dan lainnya. Itulah sebabnya, saat anda hendak melakukan pemotretan, ingatlah hal ini. Rule of thirds merupakan prinsip dasar untuk meningkatkan kemampuan komposisi anda.

2.  Berpikir Sebelum Memulai

Seperti halnya untuk semua jenis fotografi, demikian pula halnya dengan foto landscape, yaitu pikirkan terlebih dahulu segala sesuatu sebelum anda memulainya. Pastikanlah bahwa tidak ada lagi gangguan yang tidak perlu yang dapat mempengaruhi komposisi anda. Namun, jika hal itu terjadi, maka pindahkanlah hal-hal tersebut atau cobalah untuk memindahkan dirimu sendiri untuk melihat apakah hal-hal tersebut dapat dihindari dari komposisi pemotretan anda atau tidak. Jadilah fotografer yang kreatif dan jangan malas. Rencanakan segala sesuatu agar hasil yang bagus bisa anda peroleh.

3. Gunakan Cahaya Yang Tepat (The right light)

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Pencahayaan yang baik merupakan hal yang penting dalam menghasilkan komposisi foto landscape yang bagus. Hal ini baru diketahui dan disadari oleh beberapa orang. Dibalik pencahayaan yang tepat, komposisi foto landscape yang bagus dapat diperoleh. Pencahayaan yang pas dapat memberikan keajaiban buat foto landscape anda. Itulah sebabnya, banyak fotografer profesional memberikan isyarat betapa pentingnya cahaya itu dalam komposisi mereka.

Cahaya yang dramatis setelah badai, cahaya yang indah pada waktu sunrise (pagi hari) dan sunset (malam hari) dapat membuat perbedaan yang besar pada foto landscape anda. Disamping itu juga, cahaya yang pas sering memberikan perbedaan yang mencolok antara foto yang benar-benar luar biasa dengan yang tidak.

Untuk memperoleh cahaya yang tepat saat pemotretan adalah belajar untuk memanfaatkan cahaya yang tersedia dilokasi pemotretan anda. Bekerjalah dengan cahaya yang ada dan jangan malas. Perhatikan arah pemotretan anda, karena kualitas cahaya dapat membantu anda dalam menentukan pengaturan anda. Disamping itu juga, menolong anda untuk menentukan sudut (angle) yang pas untuk foto anda serta alat-alat yang anda butuhkan untuk menempatkan komposisi anda pada pencahayaan yang tepat. Pencahayaan yang tepat dapat membuat banyak perbedaan pada foto anda. Cobalah dan lihatlah hasilnya.

4.  Buat Keseimbangan

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Pentingnya komposisi yang seimbang dalam setiap foto sering terabaikan oleh hampir semua fotografer, padahal komposisi yang seimbang itu sangat baik, dimana semua elemen/unsur dalam suatu komposisi harus bekerja-sama untuk membuat/menciptakan gambar yang secara visual seimbang. Seimbangkan komposisi anda dengan memastikan bahwa satu sisi dari sebuah gambar tidak mengandung unsur yang kuat yang dapat menyebabkan sisi foto tersebut “terlalu menonjol.”

5. Ciptakan Visual Yang Menarik

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Carilah cara-cara untuk menciptakan atau membuat komposisi visual yang menarik. Ingatlah bahwa gambar yang bagus, menarik perhatian anda, serta membuat anda seakan berada dalam gambar tersebut. Dengan adanya fotografi landscape, ada begitu banyak teknik yang berbeda yang dapat anda gunakan untuk menciptakan sesuatu yang menarik. Misalnya, temukanlah subjek yang kuat seperti perahu, matahari terbenam, pohon, atau gunung; dan kemudian carilah unsur-unsur pendukung untuk menarik fokus tertuju kepada subjek anda. Atau buatlah perbandingan yang terperinci; misalnya batu bergerigi dan kolam pasang surut di latar depan, dengan laut berbusa di latar belakang; atau rumput dengan mata pisaunya yang halus, dengan sebuah gunung yang dahsyat/mengesankan. Ingatlah bahwa kontras adalah hal yang bagus untuk menciptakan ketegangan visual.

6. Masukan Latar Depan (foreground) Yang Menarik

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

 

Ada yang mengatakan bahwa “Sebuah landscape bukanlah landscape jika tanpa pengantar.” Hal ini berarti bahwa anda harus menyertakan sesuatu pada bagian depan foto anda. Memasukan bagian dari latar depan dalam komposisi landscape anda merupakan hal yang bagus untuk mengatur konteks/keadaan serta memperkenalkan orang-orang ke tempat tersebut. Disamping itu, penempatan latar depan pada sebuah foto landscape menambah keindahan tersendiri untuk sebuah foto.

Memasukan latar depan dapat membantu menarik perhatian orang-orang serta membuat mereka merasa seakan berada dalam gambar tersebut. Disamping itu juga, hal ini menciptakan suatu suasana pemandangan serta ketertarikan tersendiri. Memasukan unsur latar depan dapat menolong anda untuk menghasilkan foto landscape yang menarik dan menawan. Jadilah fotografer yang kreatif dengan memperhatikan segala hal yang bisa anda gunakan untuk mempercantik foto anda.

7. Bingkailah Gambar Anda

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Memasukan latar depan dalam foto merupakan salah satu teknik untuk membingkai gambar anda. Contoh klasik dari hal ini adalah memasukan cabang-cabang pohon yang menjalar di bagian pinggir gambar tersebut, atau gunakan kesempatan untuk menggunakan teknik ‘frame within the frame’ yang melibatkan lengkungan untuk membuat bingkai dalam komposisi itu sendiri atau melihat melalui sebuah pintu keluar masuk.

8. Menyederhanakan Komposisi

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Sementara banyak foto landscape ditampilkan dengan rincian yang luas, menyederhanakan komposisi landscape anda dapat menjadikan komposisi foto anda kuat. Menyederhanakan foto landscape anda melibatkan pemotongan segala sesuatu yang secara mutlak tidak diperlukan untuk komposisi. Pastikanlah selalu bahwa rincian latar depan relevan, dan titik fokus terbingkai dengan benar. Ingatlah bahwa menyederhanakan bukanlah berarti menciptakan komposisi yang membosankan dan hambar. Hal itu berarti menghilangkan rincian yang tidak perlu serta memastikan bahwa titik fokus terfokus pada titik utama.

Komposisi yang sederhana memberikan perhatian khusus kepada keseluruhan foto jika dibandingkan dengan komposisi yang tumpang-tindih. Adalah lebih baik untuk menampilkan kesederhanaan sebuah gambar dari pada menciptkan komposisi dengan menggabungkan banyak hal yang terkadang memberik dampak yang kurang bagus terhadap sebuah foto termasuk juga foto landscape. Jadilah bijak dalam membuat komposisi untuk setiap foto anda.

9. Jangan Tertekan Dengan Aturan Dalam Komposisi

Alih-alih berfokus pada menciptakan komposisi ‘teknis yang sempurna’, fokus pada menciptakan gambar yang secara visual bergerak, dan gunakan teknik komposisi untuk membantu anda mencapai tujuan tersebut. Jangan tertekan dengan memikirkan komposisi apa yang cocok untuk dibuat melainkan lakukanlah apa yang bisa anda perbuat.

Gambar terbaik bukanlah yang secara teknis bagus, melainkan hal tersebut muncul dari sesuatu yang terlihat mencolok, menarik, serta secara visual menakjubkan. Gunakanlah prinsip-prinsip komposisi yang baik, dan bekerjalah untuk menciptakan gambar yang kuat dan khusus untuk menghasilkan komposisi yang kuat, bermakna, dan menarik.

Jangan khawatir tentang segala ketidakcocokan yang dapat anda temukan dalam semua aturan mengenai komposisi. Aturan hanya ada untuk membantu komposisi anda menjadi lebih baik, dan itu bukanlah semuanya. Ansel Adams pernah berkata bahwa, “Tidak ada aturan untuk foto yang bagus, hanya ada foto yang bagus.” Jadi, jangan takut untuk melanggar aturan, atau bahkan mengabaikan mereka sama-sekali demi menciptakan gambar yang lebih baik. Beberapa gambar terbaik adalah hasil dari kesengajaan melanggar aturan demi efek visual yang bagus. Jadi keluarlah dan bersenang-senanglah. Hasilkanlah foto sesuai dengan keinginan anda.

Ingat, jangan biarkan aturan dalam komposisi membatasi ruang gerak anda dalam menghasilkan gambar yang keren dan menakjubkan.

10.  Ciptakan Titik Yang Menghilang (Vanishing Point)

Titik yang menghilang pada semua gambar, apapun itu, adalah titik di mana dua garis sejajar bertemu. Pelukis abad pertengahan menggunakan titik yang menghilang untuk membangkitkan semangat/menimbulkan kegairahan tiga dimensi serta membuat benda-benda lebih kecil dan lebih kecil dalam kaitannya dengan titik tersebut. Dalam fotografi, membingkai foto anda untuk menciptakan titik yang menghilang, menambahkan keindahan serta menarik perhatian orang-orang kepada foto tersebut.

Kesimpulan

Komposisi yang tepat memberikan hasil yang bagus. Sebagaimana halnya skenario yang bagus menghasilkan film yang bagus, demikian pula halnya dengan komposisi dalam fotografi. Hati-hatilah dalam mengatur serta menempatkan setiap elemen dalam sebuah foto, karena jika komposisi tersebut sesuai, maka anda bisa menghasilkan gambar yang keren dan luar biasa. Namun jika tidak, maka hal terbaliklah yang akan anda peroleh.

Ingat, komposisi memainkan peranan yang cukup penting dalam menghasilkan foto yang keren dan bagus. Karena tanpa komposisi yang benar, maka setiap unsur yang ditampilkan dalam foto campur-aduk serta kacau-balau. Jangan menyerah saat anda belum bisa menghasilkan foto yang bagus karena kurangnya pemahaman yang benar tentang komposisi yang anda terapkan. Tetaplah belajar dan berlatih, karena segala sesuatu memerlukan proses. Teruslah berusaha dan jadilah fotografer yang kreatif dan berani untuk tampil beda.

Demikianlah artikel yang bisa kami sediakan buat anda. Kiranya artikel ini bisa bermanfaat. Selamat mencoba …

Artikel Terkait

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Video Terbaru

Loading...

Instagram

lensa terbaik untuk foto landscape

Ikuti Foto.co.id!

Bergabunglah di komunitas fotografi kami, dan belajar fotografi bersama kami!

Terima kasih, silahkan cek inbox anda dan konfirmasi untuk bergabung.

Share This