Select Page

13 Kamera EOS Canon

13 Kamera EOS Canon

Siapakah yang tidak kenal dengan nama Canon? Apalagi jika hal tersebut berhubungan dengan dunia digital? Canon merupakan salah satu pabrikan kamera digital terkenal didunia yang menghasilkan produk-produk kamera yang berkualitas. Kualitas kamera Canon dalam menghasilkan gambar dan video yang tajam dan jelas tidak bisa dipungkiri lagi sekalipun untuk memperoleh kamera Canon yang sangat bagus anda harus merogoh kocek yang sangat mahal. Kamera Canon hadir dalam berbagai macam variasi dan setiap variasi dibanderol dengan harga yang berbeda-beda mulai dari yang murah hingga yang paling mahal. Ingat pilihan ada ditangan anda karena itu pilihlah dengan bijak.

Kamera digital EOS Canon hadir sebagai kamera DSLR pada umumnya. Kamera dslr sendiri sudah ada sejak tahun 1959 ketika kamera digital Canon Flex diperkenalkan kedunia fotografi. Canon EOS sebagai kamera dslr hadir pada bulan maret 1987 dengan diperkenalkannya kamera digital Canon EOS 650. Kata EOS sendiri merupakan singkatan dari ‘Electro Optical System (sistem mesin elektronik)’. Nah bagi anda yang rindu untuk memiliki kamera EOS Canon, maka berikut ini adalah daftar kamera digital EOS Canon yang bisa kami (foto.co.id) rekomendasikan buat anda.

1.  Canon EOS 5D Mark III

Hadir sebagai penerus 5D Mark II, 5D Mark III menjadi salah satu kamera favorit para fotografer profesional karena menawarkan berbagai macam kelebihan antara lain resolusi kamera 22 megapiksel, dual slot SD card, burst images mencapai 6 fps, 61 titik fokus dengan 41 diantaranya cross-type, rentang ISO yang bisa dipilih mulai dari 100-25600, dan sekumpulan pilihan kontrol. Hal ini membuat 5D Mark III sangat cocok untuk foto pernikahan.

Anda juga tak perlu takut memotret di bawah kondisi cuaca yang ekstrim karena kamera ini sudah dilengkapi dengan feature weathershield yang handal. Disamping itu, 5D Mark III sudah dilengkapi juga dengan modus metering yang akurat serta kinerja merekam video yang fantastis. Kamera ini memiliki kualitas pemotretan yang lebih baik dan cepat dibandingkan merek sebelumnya yaitu Mark II; dan juga menawarkan kontrol yang lebih, serta memiliki aplikasi untuk video dan foto still-life yang lebih baik. Apakah anda seorang yang gemar dengan fotografi ataupun seorang profesional yang sehari-harinya bergantung pada sebuah kamera, maka 5D Mark III merupakan pilihan yang cocok buat anda.

2.  Canon EOS Rebel SL1

Diperkenalkan kembali pada tahun 2013 silam, Canon EOS Rebel SL1 dirancang agar bisa bersaing dalam dunia kamera digital compact. SL1 dilengkapi dengan sensor beresolusi 18MP dan APS-C yang membuatnya tetap menjadi pesaing yang solid dalam dunia kamera digital. Dengan penempatan tombol yang sedikit daripada model EOS lainnya, membuat SL1 terasa nyaman di tangan dan layak untuk dijadikan partner dalam memotret.

Lebih dari pada itu, SL1 dilengkapi juga dengan layar sentuh interface yang membuatnya menjadi mudah dan cepat untuk digunakan. Sedangkan sistem CMOS AF II dengan 9 titik fokus membuat kamera ini menjadi lebih baik dalam menghasilkan gambar yang biasa-biasa saja menjadi luar biasa. Hal ini merupakan terobosan yang sangat bagus dalam sistem EOS DSLR. Memang, kamera ini merupakan versi terbawah dari kamera seri Rebel Canon.

Tergolong dalam kamera digital entry-level, dengan ukuran yang lebih kecil. Tapi jangan terkecoh dengan ukurannya, karena kamera Rebel SL1 ini memiliki jumlah megapiksel yang bagus, kecepatan burst serta layar yang dapat ditekuk untuk merekam video. Kamera mungil ini sangat handal dan dikemas dalam bentuk sekecil mungkin, serta dengan harga yang terjangkau. Sama dengan semua kamera seri Rebel dari Canon, para pemula akan sangat mengagumi kemampuan dari fitur-fitur kamera ini yang sangat pas bagi para pemula.

3.  Canon EOS Rebel T5

Canon EOS Rebel T5 hadir dengan harga yang sedikit lebih murah dibandingkan dengan Nikon D3300, namun kualitas foto dan video yang dihasilkan tidak kalah bagusnya. Jadi, jika anda ingin menghemat uang yang lebih, maka Canon EOS Rebel T5 menjadi pilihan yang sangat bagus dan lebih baik untuk anda. Canon EOS Rebel T5 hadir dengan kemampuan sensor 18MP dan merekam video HD 1080p dengan prosesor gambar DIGIC 4.  Kamera ini dilengkapi dengan layar LCD yang berukuran 3.0” untuk live view sehingga memudahkan anda dalam merekam video.

Canon EOS Rebel T5 juga memiliki kualitas yang luar biasa sekalipun harus merekam dalam kondisi cahaya yang rendah karena memiliki fitur yang dikenal dengan ‘zone 63’ dan sistem meter lapisan rangkap dua (dual layer metering) yang membantu memperluas jangakauan ISO. Kamera ini memiliki fitur tambahan seperti still intelligent auto yang menditeksi pengaturan berdasarkan lingkungan jika anda tidak ingin mengubah mereka. Secara keseluruhan, tampilan Canon EOS Rebel T5 cukup kasar dan ringan sehingga jika anda tidak melakukan perawatan yang bagus maka penggunaannya tidak akan tahan lama. Itulah sebabnya, lakukanlah perawatan yang tepat agar bisa menggunakan kamera ini dengan rentang waktu yang cukup lama.

4.  Canon EOS 6D

Canon EOS 6D hadir dengan sensor CMOS full-frame 20MP dan sistem autofokus 11 titik yang dibantu dengan prosesor digic 5+ sehingga memberikan anda kesempatan untuk mengambil gambar terus-menerus (melakukan continues shooting) yang tergolong cepat, yakni 4.5 fps. Canon EOS 6D juga memiliki kemampuan untuk merekam video dengan format HD 1080 dengan kecepatan rata-rata 30 fps. Selain itu, Canon EOS 6D dibekali JUGA dengan fitur penghapus debu yang terletak pada sensornya. ISO yang ada pada kamera ini adalah 100-25.600 dan bisa ditingkatkan hingga 102,400.

Untuk menjalankan fitur konektivitas, Canon EOS 6D sudah dilengkapi dengan WiFi. Pengguna bisa dengan leluasa melakukan transfer data kepada berbagai perangkat elektronik lainnya, seperti smartphone tanpa harus menggunakan kabel data, atau dapat langsung mengupload gambar melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan lain-lain. Kamera ini juga dilengkapi dengan GPS, port HDMI, dan USB 2.0. Sekalipun Canon EOS 6D tergolong lengkap dan bagus serta memiliki bentuk yang kecil dan menarik, tapi tetap saja masih memiliki kelemahan seperti tidak adanya fitur built-in-flash dan slot penyimpanan hanya terdapat satu slot micro SD saja.

5.  Canon EOS 80D

Canon EOS 80D (https://www.imaging-resource.com/cameras/canon/canon-eos/reviews/) merupakan kamera semi profesional yang mengusung sejumlah fitur yang bagus yang akan membuat para penggemarnya semakin dimanjakan. Misalnya fitur dual pixel AF yang bisa tracking subjek yang bergerak. Tak hanya itu, burst foto hingga 7 fps tentu sangat membantu fotografer olahraga yang mengincar foto pada kecepatan yang tinggi. Semuanya itu didukung oleh sensor APSC 24MP serta sistem fokus dengan 45 titik. Dan semuanya itu adalah tipe cross!

Kehadiran kamera Canon EOS 80D secara langsung berhadapan dengan Nikon D7200 dalam pasar penjualan. Meskipun demikin, Canon EOS 80D menang dalam hal fitur video yang jauh lebih mulus sistem fokusnya saat ‘live view’ dibandingkan dengan Nikon D7200.

6.  Canon EOS 7D Mark II

Bagi sebagian orang, hadirnya Canon 7D Mark II memberikan keuntungan tersendiri bagi pengguna kamera Canon. Canon 7D Mark II hadir dengan kualitas yang lebih bagus dari pendahulunya yaitu Canon EOS 70D. Canon 7D Mark II dilengkapi dengan fitur-fitur yang berkualitas dalam menghasilkan foto dan video yang keren dan bagus. Mengusung sensor APS-C CMOS 20.2megapixel dan prosesor gambar dual digic 6, Canon 7D Mark II dapat menghasilkan foto dengan resolusi tinggi yang sangat bagus serta mutu video full HD 1080 yang berkualitas ditambah dengan kebisingan yang minim akibat cahaya yang ada pada lokasi pemotretan minim.

Pada umumnya, kemampuan ISO Canon EOS 7D Mark II adalah 100-16000 namun bisa ditingkatkan hingga 51200 untuk membuatnya bekerja dengan cepat dan baik sekalipun dalam cahaya yang rendah. Kapabilitas atau kemampuan pengolahan prosesor Digic 6 memberikan kontribusi yang sangat bagus dalam meningkatkan mutu foto dan video yang diambil serta memperbaiki warna yang nampak pada foto dan video agar menjadi lebih halus. Kemampuan AF Canon 7D Mark II bisa dikatakan bagus karena mengusung sistem AF tipe cross sebanyak 65 titik sehingga memberikan anda kemudahan dan kecepatan yang luar biasa dalam melakukan pemotretan dan bahkan merekam video.

Disamping semua kelebihan yang ada pada kamera ini, kabar baik bagi para penggemar videografi adalah kamera Canon 7D Mark II ini dilengkapi juga dengan video Full HD yang dapat merekam dalam format Movie atau MP4 hingga diatas 60p pada modus NTSC atau 50p dalam modus PAL. Juga terdapat port HDMI yang dapat menyediakan kualitas video yang lebih jernih pada skala tetap (4:2:2) dibagian luar rekaman dan juga terdapat port untuk menghubungkan mikrofon untuk suara dan monitor rekaman yang lebih baik. Pada bagian belakang kamera terdapat layar sentuh berukuran 3 inci dengan 1,040,000 titik yang dapat digunakan untuk menyusun gambar atau video dalam modus Live View.

7.  Canon EOS T6i

Canon EOS Rebel T6i dilengkapi dengan kinerja dan kualitas gambar yang bagus dengan resolusi 24.2MP, namun dikemas dalam harga yang murah agar bisa dijangkau oleh banyak orang. Canon EOS Rebel T6i cocok dengan semua lampu flash dari Canon dan bantalan lensa EOS. Kamera ini juga menawarkan kapasitas jaringan WI-Fi dan NFC untuk memudahkan anda mengirim file. Jadi, anda dapat menjalankan fungsinya dari ponsel pintar anda dan dengan mudah dapat mengunggah gambar, kemana pun anda pergi.

Bentuk Canon T6i sangat ringan karena terbuat dari bahan poli-karbonat. Ukuran dimensinya yaitu 5, 1 × 3, 9 × 3, 07 dan beratnya hanya sekitar 17, 11 oz. Lensa yang di sarankan: Kamera EOS Rebel T6i ini sangat cocok dengan lensa STM Pancake terbaru dari Canon, dengan EF berukuran 40mm dan pada Aperture f/2,8. Lensa kit standar merupakan yang terbaik diantara seluruh lensa untuk travelling.

8.  Canon EOS 60D

Canon EOS 60D hadir dengan sensor yang beresolusi 18megapixel dengan ISO 100-12.800. Disamping itu, Canon 60D memiliki layar LCD yang berukuran 3 inci yang dapat diputar sehingga memberikan anda kemudahan dan leluasa untuk mengambil gambar dari setiap sudut (angle) yang ada. Bagi anda yang gemar dengan videografi, Canon 60D bisa merekam video full HD secara manual dengan kecepatan 5.3 fps. Sistem AF yang diusung oleh kamera ini adalah tipe cross dengan 9 titik dan prosesor gambar DIGIC 4 serta 63 zona metering iFCL. Dengan kemampuan fitur-fitur seperti ini, Canon EOS 60D bisa menghasilkan gambar dan video dengan kualitas yang bagus dan jelas.

9.  Canon EOS 70D

Hadirnya Canon EOS 70D merupakan hal yang sangat dinanti-nantikan oleh peminat kamera digital menengah yang ingin untuk meningkatkan kemampuan kamera mereka. Canon EOS 70D hadir dengan sensor CMOS yang beresolusi 20.2megapiksel dan dual pixel CMOS AF dimana berfungsi untuk melakukan fase diteksi autofokus pada mode live view dan mode film. Disamping itu, Canon EOS 70D memiliki layar LCD, WiFi, dan NFC untuk menolong pengguna dalam mengambil dan mengirim gambar.

Dengan adanya fitur dual pixel CMOS AF di dalam kamera Canon EOS 70D memudahkan para pengguna untuk mengambil gambar yang berkualitas sekalipun dalam situasi dimana cahaya yang tersedia sedikit. Jika diperhatikan dari bentuknya, posisi setiap tombol pada kamera Canon EOS 70D bisa dikatakan sebagai evolusi yang masuk akal dari EOS 60D, dimana terdapat sedikit perubahan. Diantaranya adalah satu set lengkap kontrol eksternal yang berguna untuk mengoperasikan atau menjalankan sebagian besar fungsi utama kamera.

Canon merancang kontrol layar secara cepat ‘quick control screen’ dengan sangat baik untuk menutupi semua pengoperasian kamera. Untuk hal tersebut, kamera ini dilengkapi dengan touchscreen interface yang mengagumkan seperti yang dimiliki oleh EOS 60D. Beberapa kelebihan kamera ini antara lain adalah burst image yang mencapai 7 fps serta didukung oleh titik autofokus yang mencapai 19 titik dimana keseluruhannya merupakan tipe cross. Jadi, dengan memperhatikan fitur-fitur diatas, maka bukanlah hal yang mengherankan lagi untuk menciptakan gambar yang berkualitas dan menakjubkan.

10.  Canon EOS T6

Canon EOS 1300D atau yang sering disebut juga dengan Canon Rebel T6 hadir dengan kemampuan sensor kamera CMOS yang beresolusi 18megapixel dengan ISO 100-6400 dan bisa ditingkatkan hingga mencapai 12.800. Dengan kemampuan ISO seperti ini, maka anda bisa menghasilkan gambar yang berkualitas sekalipun dalam situasi dimana cahaya yang tersedia selama pemotretan terbilang rendah atau minim. Canon T6 dilengkapi dengan fitur WiFi untuk memudahkan pengguna melakukan transfer data tanpa harus menggunakan kabel USB lagi.

Salah satu daya tarik dan kelebihan yang ada pada Canon EOS Rebel T6 adalah prosesor gambar yang dimilikinya. Canon T6 mengusung prosesor gambar DIGIC 4+ yang akan membuatnya bekerja dengan kecepatan yang lebih baik dalam membaca perintah. Dengan kemampuan sensor gambar 18megapixel dan prosesor gambar DIGIC 4+, maka gambar yang dihasilkan oleh Canon T6 terbilang jernih, bagus, dan detail.

11.  Canon EOS T5i

Banyak yang mengatakan bahwa Canon EOS T5i hampir sama dengan model sebelumnya yaitu T4i. Spesifikasi yang diusung oleh keduanya sama, kecuali hasil akhir dan berat kamera. Canon EOS T5i hadir dengan sensor gambar yang beresolusi 18megapixel dengan rentang ISO 100-12800 dan masih bisa ditingkatkan hingga 25.600. Salah satu fitur terbaik yang bisa ditawarkan oleh Canon T5i adalah layar sentuh LCD berukuran 3 inci yang dapat diputar hingga 360 derajat sehingga memudahkan anda untuk mengambil gambar dari setiap sudut yang ada.

Canon T5i juga memiliki port USB 2.0 dan HDMI mini yang memungkinkan pengguna untuk melihat hasil bidikannya maupun rekaman video dengan pandangan yang lebih besar. Canon EOS T5i dilengkapi dengan prosesor DIGIC 5 yang berfungsi untuk memperbaiki tingkat akurasi atau ketepatan warna melalui penyesuaian Intelligent Multi-Area dan White Balance. Dan bukan hanya itu saya, dengan kemampuan sensor 18megapixel yang diusung oleh Canon EOS T5i membuatnya mampu menghasilkan gambar dengan jelas dan rinci.

12.  Canon EOS 5DS/R

Canon 5DS/R dirancang khusus untuk foto studio. Canon 5DS/R memiliki sensor 50 mega piksel yang mana berarti ketika anda menggunakan mode crop pada foto anda, maka anda masih akan memiliki sisa file yang perlu diselesaikan atau dikerjakan. Penambahan piksel pada kamera sebenarnya tidak diperlukan, tetapi jika itu foto studio, pernikahan, makro, potret, dan bahkan pemandangan, maka hal ini perlu. Piksel tambahan dapat menunjukan setiap getaran yang terdapat di dalam foto anda sehingga membuat anda sedikit tidak nyaman. Namun Canon telah merancang ulang 5DS/R dengan memasukan sistem kontrol untuk setiap getaran yang terjadi, bersama dengan mekanisme kecepatan rana untuk mengurangi kemungkinan foto blur.

Jika anda gemar memotret benda-benda secara terperinci, maka Canon 5DS/R menjadi alternatif pilihan yang bagus. Dilengkapi dengan 61 autofokus, 5DS/R bukanlah dirancang untuk digunakan dalam cahaya yang rendah, karena kemampuan sensitivitas sensor cahaya (ISO) yang hanya bisa mencapai 6400. Disamping itu juga, kamera ini tidak dirancang untuk digunakan dalam olahraga dan aksi-aksi yang penuh dengan gerakan cepat. Singkatnya, jika anda menginginkan resolusi yang tinggi untuk setiap foto anda, maka Canon 5DS/R merupakan pilihan yang tepat. Tapi jika anda tidak mau, maka anda bisa juga menggunakan pilihan yang lain seperti 5D Mark III.

13.  Canon EOS 5D Mark IV

Hadir dengan sensor yang canggih, fitur layar sentuh, serta kemampuan merekam video yang sangat bagus, membuat kamera ini (Canon EOS 5D Mark IV) tampil mengagumkan dan menarik. Saat ini, kamera Canon EOS 5D Mark IV merupakan salah satu kamera DSLR terbaik. Namun dibalik semuanya itu, harga yang ditetapkan untuk kamera ini terbilang mahal. Canon EOS 5D Mark IV mengusung fotografi full-frame bagi para penggunanya. Kamera ini memiliki fitur handal lainnya seperti autofokus dengan 61 titik fokus.

Canon 5D Mark IV dilengkapi dengan sensor yang beresolusi 30.4MP dan prosesor gambar DIGIC 6+ sehingga membuat kamera ini mampu memberikan hasil foto atau gambar yang lebih tajam dan menjadikannya sebagai kamera yang canggih serta sangat mudah untuk dipegang. Kamera EOS 5D Mark IV merupakan salah satu kamera terbaik dari Canon yang pernah ada, harganya memang terbilang mahal, tapi anda tidak akan menyesal dengan segala fitur terbaik yang dimilikinya.

Untuk videografi, Canon EOS 5D Mark IV mampu merekam video 4K pada 30 fps dan video full HD dan HD pada 120 fps. Untuk memudahkan anda dalam memotret pada situasi cahaya yang minim, maka kamera dibekali dengan ISO 100 – 3200.

Demikianlah artikel mengenai 13 kamera EOS Canon yang bisa kami rekomendasikan. Kiranya artikel ini bisa bermanfaat. Fighting!

 

 

Artikel Terkait

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Video Terbaru

Loading...

Instagram

lensa terbaik untuk foto landscape

Ikuti Foto.co.id!

Bergabunglah di komunitas fotografi kami, dan belajar fotografi bersama kami!

Terima kasih, silahkan cek inbox anda dan konfirmasi untuk bergabung.

Share This