Select Page

Perbandingan Kehandalan Kamera Digital Canon dan Sony

Saat anda ingin membeli sebuah kamera, tetapi ragu untuk menentukan pilihan sebab ada begitu banyak pilihan diantara tipe kamera digital tersebut dengan berbagai fitur terbaik yang dimiliki dan pastinya semua menjanjikan anda kualitas hasil gambar terbaik. Untuk menyelesaikan masalah tersebut dan anda tidak menjadi bingung lagi dalam menentukan pilihan, oleh sebab itu pada kesempatan kali ini kami (@foto.co.id) akan memberi anda informasi mengenai perbandingan tipe kamera digital Canon dan Sony, yang masing-masing memiliki performa dan fitur terbaik. Perbandingan berikut yang akan kami uraikan untuk anda bertujuan agar anda dapat memilih dengan tepat tipe kamera yang sesuai dengan minat dan kebutuhan pemotretan anda. Berikut ini uraiannya untuk anda:

Canon EOS 5D Mark IV vs Canon EOS 5D Mark III

Sensor

Kedua kamera ini memiliki sebuah fitur sensor full-frame yang sama. Model kamera sebelumnya memiliki sensor 22,3MP dan model terbaru memiliki sebuah fitur sensor 30,4MP. Perubahan tersebut sangat signifikan dalam hal resolusi, tanpa harus melewati batas berlebih dalam batasan jumlah piksel terbanyak. Sebab, kedua kamera ini berada dalam jajaran megapiksel tertinggi dari Canon 5D S/R, yang masing-masing memiliki resolusi 50 MP. Canon EOS 5D Mark IV di desain lebih nyaman dan mudah digunakan dalam segala kondisi pemotretan, sedangkan Canon EOS 5DS dan R lebih tertuju untuk foto studio dan pemotretan dengan resolusi tinggi, tapi tidak begitu handal dalam kondisi pemotretan minim cahaya.

Prosessor (Mesin Olah Gambar)

Canon 5D Mark III memiliki sebuah prosessor DIGIC 5+ yang menawarkan performa terbaik dan merupakan prosessor terbaru dalam perusahaan Canon, sedangkan Canon 5D Mark IV memiliki dua prosessor gambar yang terpisah, yaitu Digic 6 dan Digic 6+. Kedua mesin gambar tersebut menjalankan fungsi yang berbeda. Prosessor Digic 6+ bertugas untuk mengambil gambar, sedangkan Digic 6 untuk metering. Kedua prosessor gambar ini menjadikan kinerja kamera semakin cepat dan dapat di andalkan dalam segala pengoperasian kamera.

Sistem Auto-Fokus

Meskipun Canon 5D Mark III memiliki sistem Auto-fokus sebanyak 61 titik, seperti yang dimiliki Canon 5D Mark IV, tapi kedua kamera ini telah diperbarui pada sistem AF yang dimiliki, jika dibandingkan dengan kamera terdahulunya, seperti yang terdapat pada kamera Canon 1D X Mark II, produk andalan perusahaan yang merupakan kamera desain profesional dari Canon. Dengan titik sistem AF sebanyak 61 poin, yang semuanya merupakan cross type dan sensitif hingga f/8, serta bekerja pada -3EV. Hal tersebut merupakan kabar baik bagi para fotografer yang menggunakan lensa dengan jarak terpanjang pada converter, seperti fotografer olahraga dan alam liar.

Desain Bodi

Canon sangat memperhatikan desain terbaik untuk kamera-kamera keluaran terbarunya, seperti pada kamera Canon EOS 5D yang telah mengalami pemabruan pada desainnya dengan begitu cepat. Kedua kamera ini memiliki beberapa kelemahan pada pegangannya, yaitu lebih dalam dan pada bagian atas kamera lebih besar untuk menggabungkan sebuah unit terbaru GPS/Wi-Fi. Pada bagian dalam kamera, dilengkapi dengan desain ulang mirror box dan mekanisme yang sekarang terbuat dari bahan aluminium sebagai ganti bahan besi anti karat yang membuat kedua kamera ini menjadi 50 gram lebih ringan. Canon juga telah memperbaiki fungsi dari fitur weather proofing untuk kedua kamera ini.

Kemampuan ISO

Untuk kemampuan ISO, Canon juga telah memperbarui teknologi yang dimiliki sehingga tetap handal dalam pemotretan kondisi minim cahaya dan pembaruan tersebut telah mengalami lompatan terbaik dalam perkembangannya. Canon 5D Mark IV memiliki kecepatan ISO 100-32,000 dengan pengaturan perpanjangan pada ISO 50-102,400, sedangkan Canon EOS 5D Mark III memiliki rentang ISO 100-25,6000 dan perpanjangan hingga 102,400. Untuk kamera Canon 5D Mark IV, jika anda menggunakan ISO pada kecepatan rata-rata, performanya akan lebih baik jika dibandingkan dengan kecepatan Canon EOS 5D Mark III.

Fitur Raw Dual Pixel

Salah satu teknologi terbaru pada kamera Canon 5D Mark IV yang tidak dimiliki Canon EOS Mark III, yaitu fitur Dual Pixel Raw yang memudahkan anda untuk membuat penyesuaian mikro untuk fokus setelah anda mengambil gambar. Anda harus mengalihkan sebuah mode khusus pada menu utama dan menambah ukuran file RAW, serta dapat sangat berguna untuk menyimpan gambar yang memiliki sangat sedikit detail untuk di tandai.

Konektivitas

Canon telah memperkenalkan fitur Wi-Fi pada beberapa tipe kamera DSLR yang dimiliki dan juga termasuk pada kamera Canon EOS 5D Mark IV. Dengan fitur tersebut, berarti anda dapat mengontrol kamera menggunakan remot serta anda juga dapat berbagi gambar dan video ke perangkat pintar anda secara lebih cepat, terhubung ke jejaring sosial dan sebagainya. Terdapat juga fitur GPS yang berguna untuk menambahkan data lokasi kedalam foto-foto anda.

Kualitas Rekaman Video

Canon EOS 5D Mark III dilengkapi dengan kualitas rekaman video full HD yang semakin memanjakan para videografer dan lalu kemudian Canon terus mengembangkan teknologi yang dimiliki dan berevolusi pada kemampuan standar rekaman (1080p). Sedangkan, kamera Canon EOS 5D Mark IV memiliki kemampuan rekaman video 4K yang merupakan suatu standar terbaru.

Tampilan Layar

Layar sentuh yang sensitif tenlah menjadi syarat utama pada sebuah kamera digital dan itu juga yang terdapat pada Canon EOS 5D Mark IV dan tidak di miliki Canon EOS 5D Mark III. Layar sentuh yang sensitif berguna saat anda memotret dalam mode Live-View atau merekam video untuk mengatur titik auto-fokus, serta saat anda ingin melihat detail gambar saat mereview-nya atau saat menggunakan simbol-simbol dalam fitur zoom.

Kartu Memori

Kedua kamera ini, Canon EOS 5D Mark III dan 5D Mark IV memiliki dual card slots, satu untuk kartu memori CF dan satu lagi untuk kartu memori SD. Tapi, Canon EOS 5D Mark IV memiliki kartu memori C-Fast yang lebih cepat dan hal ini merupakan kabar yang menyenangkan bagi para pemilik kamera Canon EOS 5D yang tidak ingin mengeluarkan biaya lebih untuk membeli berbagai macam kartu memori.

Sony A-6300 vs A-6000

Sensor

Saat melihat sekilas pada kedua kamera ini, kedua sensor yang dimiliki memang kelihatan sangat mirip, meskipun Sony mengklaim pada bagian dalam kamera Sony A-6300 telah mengalami pembaruan, berikutnya lagi kamera ini dilengkapi dengan sebuah chip APS-C Exmor CMOS dan menawarkan resolusi sekitar 24,2 MP yang berbeda jika dibandingkan dengan Sony A-6000 yang memiliki resolusi sekitar 24,3 MP. Salah satu perbedaan yang paling signifikan diantara keduanya yaitu, sensor terbaru yang dimiliki dan dilengkapi oleh sambungan kabel tembaga, dan Sony menyatakan bahwa kelebihan tersebut tak hanya berguna dalam hal pencahayaan, tapi juga memberi nilai plus untuk mempercepat bidikan saat memotret.

Sensitivitas

Satu perubahan yang paling signifikan dari sensor terbaru sebuah kamera adalah perpanjangan dari rentang sensitivitas yang dimiliki. Kamera Sony A6000 memiliki rentang ISO tertinggi pada nilai 25,600 sedangkan Sony A6300 memiliki ISO tertinggi pada nilai 51,200.

Prosessor

Sony A-6300 memiliki prosessor gambar A-Bionz X. mesin tersebut dapat memproses gambar secara desain algoritim untuk memaksimalkan kinerja sensor dalam segala kemampuan yang dimiliki.

Viewfinder

Sony A-6300 dilengkapi dengan XGA OLED Tru-Finder yang memiliki 2,4 juta titik resolusi dan dapat diatur dalam sebuah tingkatan tampilan pada 120fps dan Sony telah menyatakan bahwa hal tersebut dapat mempermudah pelacakan subjek dan memastikan bahwa hanya sedikit gambar yang tidak dihasilkan secara mendetail.

Mode Silent

Fitur terbaru lainnya pada kamera Sony A-6300 yaitu sebuah mode silent shooting.

Kesimpulan

Demikian uraian diatas mengenai perbandingan dari kamera digital Canon dan Sony. Semoga dapat memberi anda informasi yang bermanfaat dalam menentukan kamera digital pilihan anda. Apakah anda memiliki perbandingan kamera digital lainnya atau ingin menambah perbandingan lainnya lagi diantara kamera-kamera yang telah kami jelaskan perbandingannya diatas? Silahkan kirimkan komen anda di bawah ini ! Terima kasih telah membaca dan sampai jumpa di artikel kami berikutnya 🙂

Artikel Terkait

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Video Terbaru

Loading...

Instagram

lensa terbaik untuk foto landscape

Ikuti Foto.co.id!

Bergabunglah di komunitas fotografi kami, dan belajar fotografi bersama kami!

Terima kasih, silahkan cek inbox anda dan konfirmasi untuk bergabung.

Share This