Select Page

2 Kamera Mirrorless Fujifilm yang Paling Handal

2 Kamera Mirrorless Fujifilm yang Paling Handal

Dalam beberapa tahun terakhir, industri kamera banyak di pengaruhi oleh istilah Mirrorless”. Tidak sedikit peminat kamera DSLR yang ikut beralih ke mirrorless. Sejumlah pabrikan, termasuk Fujifilm yang populer di era kamera analog, kini juga ikut menekuni bidang Mirrorless dan meraih sukses. Namun, sebelum kita membahas tipe-tipe serta kelebihan dari kamera mirrorless Fuji, ada baiknya kita perjelas dulu apa itu kamera mirrorless secara umum. Secara harfiah, kamera mirrorless berarti kamera tanpa cermin. Namun kalau mengacu pada makna ini, berarti semua kamera non-SLR atau non-DSLR adalah kamera mirrorless, termasuk kamera saku maupun kamera prosumer. Istilah mirrorless lebih tepatnya mengacu pada Mirrorless Interchangeable Lens Camera (MILC), yaitu kamera yang lensanya bisa dilepas-pasang atau diganti, tetapi tidak dilengkapi cermin seperti DSLR. Absennya cermin ini secara langsung berdampak pada ukuran kamera mirrorless yang umumnya jauh lebih ringkas ketimbang DSLR.

Pemahaman ini pun berujung pada istilah lain dari kamera mirrorless, yaitu Compact System Camera (CSC), yang menggambarkan kelebihan kamera mirrorless: bodi ringkas, tapi merupakan sebuah sistem karena lensanya bisa digonta-ganti. Karena tidak memiliki cermin, kamera mirrorless pun otomatis tidak mempunyai Optical Viewfinder seperti DSLR, terkecuali sejumlah model seperti Fujifilm X-Pro2. Komponen ini di gantikan oleh Electronic Viewfinder (EVF) yang semakin tahun semakin matang teknologinya, sanggup menampilkan gambar tanpa Lag dan dalam resolusi tinggi. Secara keseluruhan, kamera mirrorless khususnya milik Fujifilm tidak bisa lagi di pandang enteng dalam industri fotografi dan videografi. Kematangan teknologi beserta kelengkapan ekosistem lensa yang ditawarkan oleh produsen Fujifilm akhirnya mampu merebut hati pengguna, baik kalangan profesional maupun konsumen secara umum.

Artikel ini akan menjelaskan dan membantu anda memahami dasar-dasar menggunakan kamera mirrorless Fujifilm. Mengetahui tentang pencahayaan, aperture dan shutter speed, ISO, fokus kontrol, flash, RAW, komposisi dan banyak lagi. Apakah anda berencana untuk membawa kamera anda saat jalan-jalan, memulai bisnis anda sendiri atau hanya suka fotografi, mari kita membaca tentang jenis-jenis dan kelebihan dari kamera mirrorless Fujifilm terhandal di bawah ini!

Kamera Fujifilm XT-2

Kamera mirrorless XT-2 dari Fujifilm sangat mudah di genggam. Berbahan alumunium utuh dan produksi terbaik dari Jepang, berbeda dari kamera mahal lainnya tapi berbahan plastik yang populer saat ini. Memotret dengan kamera ini, anda akan merasakan suara kamera yang halus dan tak berisik. Kamera ini imut dan mudah dipegang. Anda membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memahaminya karena menu pilihannya agak sulit, tapi ketika anda telah memahami dan menguasainya, anda akan merasakan betapa menakjubkannya memotret dengan kamera ini.

Kamera Fuji XT-2 memiliki beberapa menu pilihan yang menarik, seperti sambungan untuk kabel data dan menggunakan memori dual card, seperti kamera mirrorless terbaik Fuji sebelumnya yaitu XT-1 yang hadir pada tahun 2014. Keduanya adalah kamera buatan Jepang yang ramping, mudah digunakan, gesit, handal, tidak beisik, mudah dalam jangkauan dan pastinya berkualitas tinggi karena terbuat dari bahan aluminium seutuhnya. Tak seperti kamera produksi China yang terbuat dari bahan plastik, tapi kekurangan dari XT-2 ini yaitu tak memiliki sistem Built-in Flash.

Mirrorless Fujifilm
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Kamera Fujifilm XT-2 memiliki fokus yang sangat tajam dalam menghasilkan gambar terbaik

Bagaimana dengan menu Dial pada kamera ini? Bahannya juga seutuhnya dari aluminium. Memudahkan anda untuk mengatur ISO, modus pada kamera, Aperture, Shutter Speed, penambahan cahaya, dan mengatur modus metering secara langsung, tiap fungsi dari kamera ini menjalankan tugasnya masing-masing, memiliki tujuan tersendiri serta layak di nobatkan sebagai kamera yang hebat!

Sistem pada Fuji XT-2 di rancang khusus dan pertama sebagai kamera digital yang tidak fokus dalam merekam video. Tapi lensa yang di milikinya di desain khusus untuk bekerja dengan sistem digital dan secara otomatis lensa ini dapat mengontrol keseimbangan warna, kesalahan atau kelebihan cahaya secara bersamaan sekaligus. Lensa yang dimilikinya sangat handal dalam memotret dan dapat dibuktikan bagaimana hasil potretnya tanpa ada sedikitpun kekurangan. Lensa ini menjalankan fungsinya pada kamera dengan sistem terlengkap.

Berikut kelebihan yang dimiliki Kamera Fujifilm XT-2:

  • Memiliki electronic viewfinder yang fokus dan mudah di kontrol, yang telah di percaya selama 15 tahun oleh produsen Leica pembuat EVF berbahan plastik, tipe M-240.
  • Fokus yang sangat tajam dan memiliki sistem auto-fokus mirrorless yang dapat di andalkan setiap saat, khusunya jika diatur pada fokus f/1.2.

Ketika anda menggunakan kamera Fuji, anda akan merasakan bagaimana fungsi kamera yang sesungguhnya dan begitu banyak fitur yang dapat membantu anda untuk mendapatkan hasil potret yang menakjubkan, sangat berbeda dengan fitur-fitur pada kamera merek lainnya. Fuji X-T2 memiliki sensor yang sangat berbeda dibandingkan merek lainnya dan tidak memiliki filter anti-aliasing, jadi hasil foto dapat lebih jernih daripada jepretan kamera lainnya.

Kamera Fuji XT-2 memotret dan menghasilkan gambar yang lebih jernih serta sangat handal di bandingkan dengan kamera DSLR, yang pencahayaan serta fokusnya tidak begitu tajam. XT-2 memiliki jendela bidik yang di sebut OLED yang didalamnya terdapat menu finder dan playback. Ini kamera yang menakjubkan. Terbuat dari aluminium, bukan plastik hanya untuk fotografer sejati. XT-2 memiliki menu Shutter dan Aperture yang mengalahkan Nikon dan Canon serta memiliki menu untuk pengaturan cahaya, yang juga mengalahkan LEICA dan Nikon. X-T2 memiliki pengaturan ISO yang handal, yang masih mengalahkan saingan lainnya yaitu LEICA, CANON dan NIKON. Kamera ini memiliki modus pencahayaan yang dapat diganti,kelebihan berikutnya yaitu seperti saingannya Contax, yang memiliki modus pencahayaan yang dapat diubah secara otomatis ketika anda mengatur Shutter atau Aperture pada posisi A ketika anda ingin kamera yang mengaturnya sendiri. Fotografer professional yang biasanya menggunakan program ini untuk modus pencahayaan. Kamera ini juga dapat merekam video dan memiliki sebuah manual fokus built-in untuk membuat gambar menjadi lebih tajam.

Kamera Fujifilm XT-10

Menjadi kreatif setiap hari, dengan kamera mirrorless Fujifilm XT-10. Untuk yang sangat hobi berfoto, berfoto saat liburan atau yang belajar fotografi, kamera XT-10 hadir pada seri X dengan bentuk yang sederhana dan elegan. XT-10 memiliki fitur modus SR Auto yang menjadikannya mudah untuk memotret gambar lebih tajam setiap saat dan dapat mengalahkan cara kerja kamera DSLR. Dapat dengan mudah mengakses kontrol manual pada kamera dengan menu kontrol yang dimilikinya, semua kontrol tersebut telah ditempatkan untuk akses yang cepat. Dengan menu Speed Focus yang akurat dan Auto-Focus yang handal serta dilengkapi dengan modus Wide/Tracking, kamera XT-10 menjadikan pemotretan anda lebih mudah.

Mirrorless Fuji
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Kamera Mirrorless XT-10 dari Fujifilm di lengkapi dengan Speed Focus yang Akurat

Kualitas gambar terbaik dikelasnya dengan penghargaan yang telah diraihnya sebagai kamera mirrorless yang “memiliki ukuran DSLR” sensor yang dimiliki juga sama dengan sensor yang ada pada XT-1. Kembangkan kreativitas anda dalam fotografi tanpa batas dengan aplikasi filter dan pilihan eksposur yang beragam dan dapat dengan mudah serta cepat dalam berbagi serta memindahkan foto pada perangkat anda dengan sambungan wireless yang dimilikinya. Dengan 18 jenis lensa Fuji yang dapat dipilih serta banyak aplikasi tambahan lainnya, XT-10 menjadi kamera dambaan yang anda butuhkan. Ukuran XT-10 yang mungil, kecil dan sangat sederhana memudahkan anda untuk mendapatkan hasil foto dengan kualitas terbaik. Fujifilm XT-10 dapat menemani perjalanan anda, baik dalam keseharian anda maupun di seluruh belahan dunia, sebagai kesempatan akhir untuk mendapatkan kualitas foto terbaik.

Cara Memotret

Dengan bodi yang kecil dan ringan membuat XT-10 menjadi kamera yang unggul pada seri X kamera fuji. Bagian atas dan bawah kamera dengan desain bodi magnesium tuang yang ringan tapi tetap kokoh. Bagian depan kamera dengan fitur desain metal dan menu dial memudahkan anda untuk menyesuaikan kombinasi aperture, shutter speed dan fokus pemotretan yang berkonsentrasi pada komposisi.

Sistem Auto-Fokus (AF)

Kamera Fujifilm XT-10 memiliki fitur handal yaitu sistem Auto-fokus yang menawarkan 49 modus titik poin dengan kecepatan tinggi dan teliti. Berikutnya lagi, terdapat New Zone dan modus Wide/Tracking yang dapat memantau pergerakan subjek melalui 77 titik area, secara keseluruhan meningkatkan kinerja kamera untuk memotret subjek dengan sempurna

Simulasi Film

Dengan pengalaman lebih dari 80 tahun dalam keahliannya untuk mengembangkan film, Fujifilm sangat peduli akan keindahan warna dan hasil foto yang jernih pada pengaturan simulasi film untuk kamera XT-10. Ini memudahkan anda untuk menciptakan foto yang menakjubkan tanpa membutuhkan post-production yang lebih luas, anda dapat menetukan gaya yang sempurna atau pun hanya untuk memilih sekumpulan film dengan mudah. Modus ini juga sekarang di lengkapi dengan classic chrome, yang dikembangkan sebagai tuntutan untuk para fotografer Fujifilm seri-X di seluruh dunia.

Viewfinder Real-Time

Dengan ukuran sebesar 0,62x dan waktu yang dibutuhkan untuk display lag hanya sekitar 0,005 detik, kamera fuji XT-10 memiliki viewfinder yang handal dan cepat. Menghasilkan gambar yang jernih dengan kualitas tinggi dengan menggunakan 2,36M-dot organic viewfinder, serta dapat mengontrol secara otomatis kecerahan pada gambar menurut tingkat pencahayaan.

Lensa Legendaris Fuji

Ada banyak lensa legendaris dari kamera Fuji untuk Kamera Seri X, yaitu lensa XF dan XC yang desainnya menganut teknologi Fuji. Dikembangkan dengan kualitas professional dan telah memproduksi banyak lensa, diantaranya lensa large-format dan broadcast use. Ke 18 lensa legendaris fuji mengusung tema ultra-wide angle untuk telefoto, termasuk juga lima jenis fast aperture yang memiliki prime optic. Rasakan manfaat lebih kamera Fuji XT-10 dengan beragam pilihan lensa yang dapat diganti-ganti.

lensa fuji
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Pilihan Lensa Fujinon yang beragam, menciptakan kinerja kamera yang semakin handal

Kesimpulan

Dari uraian diatas mengenai kamera mirrorless fujifilm, dapat di simpulkan bahwa ada begitu banyak kelebihan serta keunggulan yang dimilikinya. Termasuk dua kamera yang telah dibahas yaitu, XT-2 dan XT-10, keduanya telah memberikan pelayanan yang baik bagi penggunanya untuk membuktikan kualitas yang dimilikinya. Sebagai fotografer professional dalam dunia fotografi, sudah tidak ada alasan lagi, bagi anda untuk tidak memilih kamera mirrorless fujifilm sebagai teman dalam kegiatan memotret, dan jika anda masih ingin mengetahui info terbaik lainnya tentang kamera digital, silahkan klik di @foto.co.id, Sampai Jumpa 🙂

Artikel Terkait

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Video Terbaru

Loading...

Instagram

lensa terbaik untuk foto landscape

Ikuti Foto.co.id!

Bergabunglah di komunitas fotografi kami, dan belajar fotografi bersama kami!

Terima kasih, silahkan cek inbox anda dan konfirmasi untuk bergabung.

Share This