Select Page

3 Kamera Digital Point and Shoot Terbaik

Kemampuan teknologi kamera pintar (smartphone) dalam mengabadikan setiap momen berharga dan penting dari setiap kalangan masyarakat telah mewabah hampir ke setiap tempat. Tidak bisa dipungkiri bahwa, lama kelamaan, teknologi kamera pintar (smartphone) akan mematikan pasar kamera digital, karena secara langsung, kamera pintar (smartphone) sudah dilengkapi dengan fitur-fitur yang mumpuni untuk menciptakan gambar dengan kualitas yang bagus.

Namun, bagi sebagian orang yang gemar dengan fotografi serta fotografer profesional, tentunya kamera digital adalah sebuah kebutuhan dalam menemani mereka untuk memotret. Gantinya menggunakan kamera pintar, mereka akan memilih kamera digital. Karena pada dasarnya, kamera pintar (smartphone) bukanlah dirancang untuk memotret, seperti halnya kamera digital. Sadar atau tidak, kamera digital hadir dengan berbagai macam merek dengan harga yang berbeda-beda. Karena itu, sangat penting untuk mengetahui jenis kamera yang tepat sesuai dengan kebutuhan anda.

Sebelum kami (foto.co.id) memberikan referensi mengenai kamera digital point and shoot terbaik bagi anda, maka pertimbangkanlah hal-hal dibawah ini.

  1. Kualitas gambar yang kurang bagus: Ketika anda mencoba untuk beralih ke kamera digital dengan membuat perbandingan antara kamera digital dengan kamera pintar (smartphone) maka kualitas gambar yang dihasilkan adalah kuncinya. Beberapa kamera digital point and shoot belum memiliki kualitas gambar yang cukup baik seperti halnya kamera DSLR untuk benar-benar memberikan dampak atau efek yang signifikan untuk beralih dari kamera pintar (smartphone) ke kamera digital point and shoot.
  2. Lensa zoom yang kecil: Saat mencari kamera point and shoot terbaik untuk menggantikan posisi kamera pintar, maka lensa zoom merupakan hal yang penting juga untuk diperhatikan. Kamera pintar (smartphone) tidak memiliki optikal zoom sebagaimana yang dimiliki oleh kamera digital. Karena itu, carilah lensa yang bagus untuk mendapatkan kamera digital point and shoot terbaik.
  3. Kinerja yang kurang memuaskan pada cahaya yang rendah: salah satu kelemahan terbesar yang bisa anda temukan dengan mudah pada kamera point anda shot dan kamera yang murah adalah kinerja mereka dalam situasi yang minim cahaya. Kamera-kamera tersebut bekerja secara lambat dalam kondisi pencahayaan yang kurang baik sehingga berujung pada kualitas gambar dibawah rata-rata. Karena itu, carilah kamera point and shoot dengan satuan lampu kilat yang bagus untuk meningkatkan kinerjanya dalam cahaya yang rendah.
  4. Gampang untuk digunakan: Gampang untuk digunakan: Karena kamera point and shoot dirancang untuk pemula atau mereka yang belum memiliki pengalaman yang cukup mengenai fotografi, maka penggunaannya haruslah gampang atau mudah. Tinggalkan semua tombol serta bagaimana cara beralih dari kontrol manual ke otomatis seperti halnya pada kamera DSLR. Kamera point and shoot terbaik tidak harus memiliki tombol yang banyak, sehingga memungkinkan anda untuk mengambil dan menggunakannya dengan segera setelah anda mengeluarkannya dari pada tempatnya. Sebuah tampilan layar sentuh dapat membuat kamera lebih mudah untuk digunakan.
  5. Lensa zoom optik: Kamera point and shoot menawarkan berbagai pengukuran optic zoom dari 5x – 50x. Optik zoom yang besar akan memberikan anda kemampuan untuk mengambil berbagai macam gambar yang bervariasi dengan jarak yang luas, terutama satwa liar. Namun, kamera dengan zoom optik yang lebih kecil akan cukup padat untuk muat dalam saku atau tas bawaan anda.
  6. Fitur tambahan: Produsen kamera point and shoot sering memberikan model mereka fitur dan tampilan yang menyenangkan untuk digunakan, seperti jaringan WiFi, layar sentuh, dan body kamera yang berwarna-warni. Hal ini dilakukan untuk manarik minat masyarakat modern saat ini untuk menggunakan kamera point anda shoot. Ingat, jangan mendasarkan pilihan anda hanya pada fitur tambahan, tetapi carilah kamera point and shoot terbaik dengan fitur-fitur yang telah dikemukakan diatas. Dengan mempertimbangkan hal-hal ini, maka anda memiliki rekomendasi yang cukup dalam membeli kamera point and shoot dengan kualitas yang bagus.

Berikut ini, rekomendasi mengenai kamera digital point and shoot terbaik bagi anda.

1.  Nikon Coolpix L840

Nikon Coolpix L840 merupakan salah satu kamera digital dengan zoom yang panjang yang sering digunakan oleh hampir setiap fotografer, baik itu pemula ataupun juga mereka yang masih kurang dalam pengalaman fotografi. Nikon Coolpix L840 menawarkan jumlah tombol yang sedikit sehingga memudahkan anda untuk menggunakannya langsung ketika anda mengeluarkannya dari saku atau tas anda. Nikon Coolpix L840 hadir dengan lensa zoom optik sebanyak 38x yang merupakan faktor pembeda yang sangat signifikan antara kamera digital dengan kamera pintar (smartphone). Merupakan hal yang luar biasa untuk mendapatkan kamera dengan lensa zoom yang panjang seperti ini dengan harga yang murah serta gampang digunakan.

Nikon Coolpix L840 hadir sebagai kamera digital point and shoot terbaik dengan WiFi. Disamping itu, L840 memiliki tampilan layar yang merupakan fitur yang bagus untuk membantu anda dalam mengambil gambar selfie, yang mana tidak akan anda temukan pada banyak kamera digital lainnya. Nikon Coolpix L840 dapat diaktifkan dari batere AA sehingga membuatnya mudah untuk ditukar ketika anda berada pada situasi dimana anda tidak bisa mengisi ulang batere anda.

Hadir sebagai kamera point and shoot terbaik dengan sensor kamera yang beresolusi 16MP dan ukuran 2.3 inci, belumlah cukup untuk menandingi kemampuan kamera DSLR dalam menghasilkan gambar dengan kualitas yang bagus. Hal ini akan sedikit mengecewakan bagi sebagian fotografer yang hanya bisa mendapatkan kamera point and shoot perihal budget untuk memulai pengalaman dalam dunia fotografi. Tapi jangan kuatir, karena hasil yang diperoleh melalui kamera ini cukup memuaskan, karena sebanding dengan harga yang dibanderol untuk kamera ini.

2.  Canon Power Shot G7 X

Kualitas gambar yang bagus dapat anda temukan dengan menggunakan kamera point and shoot lainnya, yaitu Canon Power Shot G7 X. Hadir dengan sensor gambar yang besar, sangat sulit untuk membandingkan kemampuan dalam menciptakan kualitas gambar yang bagus dengan kamera pintar (smartphone) atau kamera point and shoot lainnya. Sekalipun G7 X memiliki beberapa mode yang bagus untuk dimanfaatkan selama pemotretan, namun mode otomatis bekerja lebih baik dari semuanya.

G7 X dirancang dengan menghadirkan layar sentuh dan lampu kilat yang bagus untuk menunjang kinerja kamera dalam situasi dimana cahaya minim. G7 X dibanderol dengan harga yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan kamera point and shoot lainnya. Kamera ini memiliki kelemahan perihal lensa zoom optik dimana hanya sampai 4.2x, tidak sebanding dengan yang dimiliki oleh Nikon L840. Namun, kualitas gambar yang dihasilkan menutupi kelemahan tersebut.

Canon Power shot G7 X memiliki sensor kamera yang beresolusi 20.2MP yang menolong anda untuk menciptakan gambar dengan kualitas yang bagus. Kinerja dalam menghasilkan gambar terbilang cepat ketika anda mendapati bahwa anda bisa mengambil gambar dengan resolusi yang full sampai 6.5 frame per-detik. Untuk kualitas gambar yang jauh lebih baik, anda bisa mengambil gambar lewat format RAW, yang mana bisa anda temukan pada setiap kamera point and shoot yang mudah untuk digunakan. Fitur-fitur diatas memberikan kemampuan tersendiri bagi Canon Power Shot G7 X untuk mengambil gambar dengan baik sekalipun cahaya yang ada sangat minim.

3.  Olimpus TG-4

Olimpus TG-4 dirancang agar tahan dalam segala situasi pemotretan termasuk tahan air. Ketika anda bekera dibawah air, maka TG-4 akan sangat menolong anda selama melakukan pemotretan. TG-4 bekerja dengan bagus sampai kedalaman 50 kaki bahkan bisa sampai 150 kaki dari permukaan air. TG-4 dilengkapi dengan bentuk atau tampilan yang sederhana untuk kapasitas point and shoot kamera agar mudah untuk digunakan setelah dikeluarkan dari saku ataupun tas bawaan.

Olimpus TG-4 memiliki fitur-fitur yang bagus seperti, WiFi, GPS, dan eCompass yang mudah untuk digunakan. Perlu diingat bahwa, kelemahan yang ada pada TG-4 adalah kualitas gambar yang dihasilkan tidak cukup baik jika harus dibandingkan dengan Canon Power Shot G7 X dan lensa zoom yang kecil. Olimpus TG-4 hadir dengan sensor kamera yang beresolusi 16MP dan sensor gambar 1/2.3 inci, yang mana merupakan ukuran standar sensor kamera untuk setiap kamera point and shoot.

Kesimpulan

Dalam membeli kamera, hal pertama yang harus dipikirkan adalah budget. Jika anda hanya memiliki budget yang cukup untuk membeli kamera digital point and shoot untuk memulai perjalanan anda dalam dunia fotografi, maka lakukanlah. Manfaatkanlah apa yang bisa anda miliki. Pilihlah jenis pemotretan yang anda ingin tekuni, kemudian sesuaikan pembelian anda dengan jenis pemotretan yang akan anda lakukan. Jika anda telah melakukannya, maka lakukanlah dengan baik. Percayalah bahwa setiap usaha dan kerja keras yang sungguh-sungguh dan penuh pertimbangan, tidak akan pernah dikhianati dengan hasil yang jelek. Kiranya artikel mengenai 3 kamera digital point and shoot terbaik ini bisa bermanfaat bagi anda. Selamat mencoba …

Referensi

Best Point and Shoot Digital Camera

 

Artikel Terkait

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Video Terbaru

Loading...

Instagram

lensa terbaik untuk foto landscape

Ikuti Foto.co.id!

Bergabunglah di komunitas fotografi kami, dan belajar fotografi bersama kami!

Terima kasih, silahkan cek inbox anda dan konfirmasi untuk bergabung.

Share This