3 Kamera Digital yang Kece Untuk Vlogging

Vlogging (Video Blogging) merupakan suatu kegiatan dimana seseorang menceritakan kehidupan pribadinya melalui video, lalu kemudian di upload ke channel you-Tube. Seorang vlogger tersebut kemudian hanya menunggu respon dari viewers berupa komen, share, maupun like. Oleh sebab itu, video yang dibuat oleh seorang vlogger harus lebih unik dan kreatif (tidak membosankan). Berikut ini kami (@foto.co.id) memiliki 3 tipe kamera digital yang pas dan cocok untuk anda gunakan dalam menemani aktivitas vlogging agar tidak membosankan dan menjadikan video semakin keren. Berikut ini tipe-tipe kamera tersebut untuk anda:

Canon EOS Rebel T6i

Seperti kamera EOS Rebel T seri I lain sebelumnya, Canon EOS Rebel T6i (750-D) memberi para penggunanya kualitas gambar profesional, dengan desain kamera yang ringkas, ringan, penuh fitur terhandal, dan bodi kamera yang mudah untuk di bawa kemana saja dan mudah digunakan dengan harga yang cukup terjangkau. Dengan kualitas kamera yang dimiliki, menjadikan EOS Rebel T6i ini salah satu kamera andalan perusahaan dalam kategori penjualan top model DSLR untuk beberapa tahun dan desain kamera ini merupakan pembaruan dari model kamera andalan perusahaan sebelumnya, yaitu EOS Rebel T5i, tapi kedua kamera ini memiliki banyak kemiripan fitur yang identik.

Fitur-Fitur Kunci:

Sensor gambar terbaru Canon CMOS 24,2 Megapiksel

Fitur Built-in Wi-Fi dan NFC (Near Field Communication)

Rentang nilai ISO pada 100-12,800 (dapat diperluas hingga ISO 25,600)

Mesin gambar DIGIC 6

Kecepatan tinggi continuous shooting 5 fps

19 titik poin (all cross-type) pada sistem Auto-fokus (sama yang dimiliki kamera EOS 70D dan 7D)

Fitur Light flicker detection dan Anti-flicker shutter timing

Sistem AF Hybrid CMOS AF III & Image sensor-embedded

Intelligent viewfinder dengan kumpulan liquid crystal

3″ Vari-Angle Touch Screen Clear View LCD monitor dengan titik resolusi sebanyak 1,040,000 dots

Versi terbaru sistem analisis tampilan Canon EOS dan deteksi color tone terbaru

Rekaman video Full HD 1080p hingga 30 fps dalam format MP4 dengan sambungan mikrofon stereo

Kualitas Video

Kualitas video yang luar biasa dengan harga kamera yang terjangkau telah menjadi standar untuk sebuah kamera DSLR dan seperti yang diharapkan, Canon EOS T6i ini mengikuti tren tersebut. Tapi, performa Auto-fokus yang dimiliki meniru kinerja AF yang klasik dan berada pada mode movie. Tapi, kabar terbaik, bahwa kamera ini memiliki kinerja yang cepat dan tepat secara keseluruhan. Sensor terbaru Hybrid CMOS yang dimilikinya juga memungkinkan anda untuk mendapatkan kualitas gambar terbaik daripada saat menggunakan Movie AF yang kebanyakan pengguna mengatakan bahwa hasil kualitas video yang dimiliki cukup terbatas.

Sensor Hybrid CMOS AF III yang dimiliki Canon EOS T6i merupakan generasi kedua terbaru jika di bandingkan dengan sensor Hybrid CMOS AF yang terdapat pada kamera pendahulunya, EOS Rebel T5i. sensor terbaru Hybrid CMOS AF III ini menyediakan perpanjangan AF yang dapat menjangkau sekitar 80% tampilan dalam gambar. Fitur AF Micro Adjustment yang dimiliki sangat relevan jika di sandingkan dengan kinerja dari mode Live View pada saat merekam video dalam mode Continuous Focus untuk sensor gambar sebenarnya yang menggunakan AF. AF tersebut dapat di fungsikan pada kamera dan kombinasi lensa pada aperture f/11 atau pada aperture terendah f/5,6 yang sesuai pada AF EOS Rebel T6i).

Canon EOS Rebel T6i juga dilengkapi dengan Miniature Effect Creative Filter yang dapat digunakan selama anda merekam video dan sama halnya saat anda memotret gambar, area fokus yang lebih tajam dapat dipilih oleh pengguna. Kamera ini juga dapat membuat Video Snapshot Albums. Fitur ini berisi tiap bagian/seri dari video (durasi 2,4,8 detik atau lebih disebut Video Snapshot) yang dapat di kombinasikan untuk menunjukkan bagian terbaik dari suatu peristiwa. Fitur Background Music dapat di aplikasikan pada sebuah album Video Snapshot saat anda memutar ulang video tersebut dan pilihan musiknya dapat anda atur sesuai keinginan. Anda dapat memilih beberapa file musik (selama anda memiliki file musik standar) untuk playback selama anda memutar album Video Snapshot. Terakhir, kualitas video yang dimiliki kamera ini dapat membantu anda menghasilkan video kualitas profesional dengan harga yang sangat terjangkau.

Panasonic Lumix GH4

Panasonic Lumix DMC-GH4 kelihatan sangat mirip dengan kamera pendahulunya, Lumix GH3, dan tak dapat dipungkiri bahwa Lumix GH4 merupakan salah satu kamera terbaik untuk kualitas rekaman video dan gambar yang pernah ada, kamera ini juga telah di akui bahwa merupakan salah satu kamera terbaik untuk para videografer profesional, dengan harga kamera yang cukup terjangkau dan belum pernah ada sebelumnya. Seperti kamera pendahulunya, Lumix GH4 ini memiliki bodi yang dilindungi dengan bahan magnesium alloy dan sebuah sensor Four Thirds 16MP. Kamera ini juga dapat merekam video 4K (pada resolusi DCI 4K dan UHD 4K), Lumix GH4 ini memiliki kualitas rekaman video yang profesional dan handal, serta hasil kinerja yang sangat signifikan.

Kualitas rekaman video dan fitur-fitur pendukung yang membuat Lumix GH4 menjadi kamera yang begitu handal. Selain memiliki kualitas rekaman video 4K, kamera ini juga dilengkapi dengan fitur Focus Peaking, pengaturan Two Zebra (untuk mengetahui bagian pada tampilan yang kelebihan cahaya) serta kontrol pada Master Pedestal (bagaian yang gelap) dan skala pencahayaan (16-225,16-235 atau 0-255). Kamera ini juga dapat menghasilkan beberapa titik warna (untuk kalibrasi/kesalahan warna yang terjadi saat pemotretan) dan kemampuan untuk menjalankan fungsi shutter speed, serta ISO dalam istilah tiap titik sudut pada shutter dan hasil yang diperoleh. Secara keseluruhan, tiap fitur pada kamera Lumix GH4 ini sangat bermanfaat bagi para penggunanya, baik saat mereka ingin memotret gambar maupun merekam video kamera ini menawarkan sekumpulan alat pendukung untuk menjadikan hasil video anda semakin berkualitas.

Fitur-Fitur Kunci:

16MP Four Thirds Sensor

4K recording – DCI ‘Cinema 4K’ (4096 x 2160) atau UHD 4K (3840 x 2160)

2.36m dot OLED viewfinder

1.04m dot OLED rear screen

1/8000th maximum shutter speed

1/250th flash sync speed

Continuous shooting 12 fps, 7 fps dengan focus tracking

Seperti dengan elektronik viewfinder yang dimiliki, layar tampilan belakang Lumix GH4 juga telah diperbarui dan sekarang memiliki jumlah piksel sebanyak 720×480 output dari titik resolusi sebanyak 1,04 juta dot. Tampilan layar sentuh yang dimiliki menjadikan kamera ini lebih serbaguna dengan berbagai fitur yang dimiliki. Berikutnya, layar bagian belakang kamera ini memiliki titik fokus sebagai fitur kontrol yang menjadikan kamera Lumix GH4 ini semakin handal dalam menjalankan tiap fungsinya.

Canon EOS 80D

Canon EOS 80D merupakan sebuah kamera Level DSLR bagi para antusias dan melanjutkan kesuksesan kamera pendahulunya, Canon EOS 70D. Canon EOS 80D dilengkapi dengan sensor APS-C CMOS yang sama dimiliki dengan Canon EOS 70D dan juga menawarkan Canon Dual Pixel pada sistem Sensor Phase Detection AF. Kamera ini memiliki 45 titik poin sistem Hybrid AF dengan semua titik adalah cross-type (sangat peka). Dengan bodi kamera yang dilindungi anti debu dan cuaca dingin, Canon EOS 80D memiliki sebuah desain eksterior polikarbonat dan lapisan bahan magnesium alloy, hampir mirip dengan desain bodi kamera pendahulunya, EOS 70D, dengan kontrol utama yang dapat di akses melalui layar sentuh pada bagian belakang kamera yang dapat diputar, serta dapat juga melalui titik kontrol fisik. Kualitas rekaman video merupakan hal utama dalam desain kamera Canon EOS 80D ini. Kamera ini dapat merekam video 1080/60p dan auto-fokus continuous yang dapat digunakan selama merekam video. Sebuah stop kontak headphone juga terdapat pada kamera ini sebagai pelengkap untuk sambungan mikrofon yang dimiliki.

Fitur-Fitur Kunci:

24MP APS-C CMOS sensor & Dual Pixel AF

45-point AF system (all cross-type points)

3″ 1.04M-dot articulating touchscreen

1080/60p video capture

7 fps continuous shooting with AF

Weather-resistant body

7560-pixel RGB+IR Metering Sensor

Wi-Fi + NFC

Kesimpulan

Demikian uraian diatas untuk kamera yang keren dan tepat jika anda adalah seseorang yang hobi dengan video dan ingin berkreasi dengan video-video unik yang anda miliki. Semoga dapat menjadi referensi bagi anda dalam menemukan kamera untuk Vlogging yang anda dambakan sejak dulu. Jika anda memiliki komen dan saran seputar artikel kami ini, silahkan kirim masukan anda tersebut kepada kami & jangan lupa share kami di FB ya 🙂 Thanks.

Scroll to Top