Select Page

4 Kamera Waterproof Terbaik Tahun 2017

Kamera waterproof sering juga disebut dengan kamera anti air. Fungsi kamera waterproof adalah mengabadikan setiap momen fotografi yang terjadi di dalam air. Pada umumnya, kamera waterproof memiliki ketahanan terhadap air yang sangat bagus sehingga menolong anda untuk tidak ragu melakukan pemotretan di dalam air. Ada begitu banyak produsen yang mengeluarkan kamera waterproof. Misalnya Olimpus, Panasonic, Nikon, dan lain-lain. Masing-masing produsen mengeluarkan kamera waterproof dengan daya tahan terhadap air yang berbeda-beda. Ada yang bisa tahan hingga kedalaman 7 meter; 20 meter; 50 meter; dan bahkan bisa lebih dari 100 meter. Nah, bagi anda yang rindu untuk merasakan sensasi pemotretan di dalam air, maka gunakanlah kamera waterproof atau anti air.

Menjelajahi dunia laut dan danau, tentunya ada tidak bisa menggunakan kamera prosumer; kamera digital biasa; dan bahkan kamera DSLR. Kita harus menggunakan kamera waterproof atau tahan air sehingga bisa menolong aktifitas fotografi anda secara leluasa di dalam air. Ada beberapa jenis kamera waterproof di pasaran toko kamera dan setiap model kamera waterproof dibanderol dengan harga yang bervariasi atau berbeda-beda satu dengan yang lainnya. Ada kamera waterproof dibanderol dengan harga 500 ribu tapi ada juga yang dibanderol dengan harga puluhan juta.

Adalah sangat penting untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan yang dimiliki oleh kamera waterproof sebelum anda menentukan plihan untuk membelinya sesuai dengan kebutuhan anda. Pada akhirnya, segala sesuatu (pembelian sebuah kamera waterproof) tergantung pada budget atau anggaran yang anda miliki.

Baiklah, sebelum anda menentukan pilihan mengenai kamera waterproof (anti air) terbaik 2017, maka perhatikanlah hal-hal dibawah ini:

  • Segel Waterproof (Waterproofing seals): Perlu diingat bahwa kamera waterproof (anti air) akan kehilangan kontrolnya atau kemampuannya jika segelnya tergangu. Misalnya, mengubah lensa saat menyelam. Jadi adalah penting untuk memperhatikan penggunaan lensa anda sebelum memulai pemotretan di dalam air. 
  • Kedalaman Air (Water Depth): Saat membeli kamera anti air, tentunya akan disertai dengan buku panduan atau petunjuk untuk menggunakannya. Perhatikan dan pelajari hal tersebut terlebih dahulu sebelum anda menggunakannya. Karena jika anda tidak mengikuti petunjuk yang ada pada buku panduan tersebut, maka anda akan merusak kamera waterproof anda dengan segera. Salah satu catatan yang dapat anda temukan dalam buku panduan adalah kedalaman air maksimum dimana kamera bisa terus bekerja dan jumlah waktu yang dibutuhkan selama proses pengambilan gambar di bawah air.
  • Opsi/Komponen tambahan: Jika anda benar-benar suka terhadap jenis foto seperti ini (memotret dalam air), maka tentunya anda ingin memastikan kalau kamera yang anda miliki memeliki kemampuan untuk bekerja dengan komponen tambahan seperti lampu eksternal. Karena semakin dalam anda memotret dibawah air, maka cahaya buatan yang lebih akan sangat dibutuhkan.

Nah, tanpa harus panjang lebar lagi, maka kami (foto.co.id) memberikan rekomendasi mengenai kamera waterproof terbaik tahun 2017.

1.  Olimpus TG-4

Olimpus TG-4 dirancang agar tahan dalam segala situasi pemotretan termasuk tahan air. Ketika anda bekera dibawah air, maka TG-4 akan sangat menolong anda selama melakukan pemotretan. TG-4 bekerja dengan bagus sampai kedalaman 50 kaki bahkan bisa sampai 150 kaki dari permukaan air. TG-4 dilengkapi dengan bentuk atau tampilan yang sederhana untuk kapasitas point and shoot kamera agar mudah untuk digunakan setelah dikeluarkan dari saku ataupun tas bawaan.

Olimpus TG-4 memiliki fitur-fitur yang bagus seperti, WiFi, GPS, dan eCompass yang mudah untuk digunakan. Perlu diingat bahwa, kelemahan yang ada pada TG-4 adalah kualitas gambar yang dihasilkan tidak cukup baik jika harus dibandingkan dengan Canon Power Shot G7 X dan lensa zoom yang kecil. Olimpus TG-4 hadir dengan sensor kamera yang beresolusi 16MP dan sensor gambar 1/2.3 inci, yang mana merupakan ukuran standar sensor kamera untuk setiap kamera point and shoot.

2.  Olimpus TG-870

Jika anda menyukai tampilan yang ditawarkan oleh merek kami (dalam hal ini Olimpus TG-4) namun tidak bisa memilikinya oleh karena budget yang anda siapkan tidak cukup, maka pertimbangkanlah untuk menggunakan model kami lainnya yang tidak kalah bagusnya dengan TG-4 yaitu TG-870 sebagain gantinya. Olimpus TG-870 hadir dengan kualitas foto dan video yang hampir sama dengan TG-4 namun perbedaannnya ada pada harga yang dibanderol untuk masing-masing kamera tersebut. Harga kamera TG-870 jauh lebih murah sedikit daripada TG-4. Itulah sebabnya, jika anda kesulitan untuk memiliki kamera TG-4 karena budget yang tidak cukup maka adalah lebih baik untuk menggunakan TG-870.

TG-870 bisa digunakan hingga kedalaman 49.2M dengan titik beku 14 ° F. TG870 dilengkapi juga dengan shock-proof (anti getaran) hingga 7m; lensa aperture yang lebih kecil; dan pemotretan pada format RAW. Sayangnya, masa pakai batere TG-870 lebih cepat habis daripada TG-4 dan tidak ada fokus manual. Tapi semuanya itu tergantung pada anda sendiri. Jika anda ingin untuk menghemat budget atau tidak memiliki budget yang cukup untuk membeli TG-4 maka TG-870 merupakan pilihan yang tepat sebagain ganti TG-4.

3.  Nikon 1 AW 1

Kamera Nikon 1 AW1 adalah kamera mirrorless compact (yang tersusun rapat/padat) yang dirancang khusus untuk digunakan dalam beberapa kondisi yang paling sulit seperti pemotretan di dalam air. Konstruksi atau bentuk kamera Nikon 1 AW1 kasar, tapi dilengkapi dengan segel cuaca yang tahan atau anti air sehingga memungkinkannya untuk digunakan di dalam air serta shockproof yang ada didalamnya untuk menahan setiap getaran atau kejutan yang bisa terjadi selama melakukan pemotretan sehingga membuat kamera anda jatuh atau terlepas dari tangan anda.

Elemen atau unsur penting lainnya yang bisa anda temukan dalam kamera Nikon 1 AW1 adalah pengaturan kompensasi warna air khusus; bisa digunakan dalam segala macam situasi termasuk kondisi yang sukar sekalipun; ramah terhadap lingkungan; dan tombol kontrol action yang didedikasikan untuk pemilihan gerakan berbasis intuisi (gerakan hati) pada pengaturan kamera tertentu. Nikon 1 AW1 dilengkapi dengan CX-format dengan sensor kamera 14.2 MP CMOS dan prosesor gambar EXPEED 3A untuk menghasilkan resolusi foto yang tinggi dan kecepatan merekam video full HD yang luar biasa.

Nikon 1 AW1 dilengkapi dengan sistem autofokus hybrid yang bagus dengan kontras atau diteksi fase untuk memperoleh titik fokus lebih cepat dan akurat serta bisa beralih atau berpindah diantara kedua jenis fokus tersebut secara otomatis tergantung pada jenis adegan yang terditeksi atau terlacak. Nikon 1 AW1 mengusung lensa Nikkor AW 11-27.5 mm f/3.5-5.6 yang ramping, dimana memberikan anda kemudahan dalam melakukan pemotretan untuk setiap kondisi atau situasi apapun yang anda temukan sehari-hari. Lensa ini memiliki kualitas yang sama kuatnya dengan badan atau tubuh kamera.

Nikon 1 AW 1 menggunakan satu elemen asperikal dan satu elemen dispersi (penyebaran) ekstra rendah untuk meningkatkan kualitas gambar dan memperkecil berbagai penyimpangan yang bisa terjadi selama rentang zoom dilakukan.

4.  Fujifilm FinePix XP80

Hadir dengan kemampuan resolusi 16.2MP membuat Fujifilm FinePix XP80 menjadi salah satu pilihan utama dalam mengabadikan setiap momen yang berharga apalagi ketika hendak mengambil gambar di dalam air. Dilengkapi dengan fitur shockproof, FinePix XP80 bisa bertahan dalam kedalaman air hingga kurang lebih 50 kaki. Maka bagi anda yang gemar menyelam, FinePix XP80 merupakan kamera pilihan yang tepat buat anda untuk mengabadikan setiap momen ketika anda menyelam, dengan kualitas gambar yang jelas dan bagus.

Disamping tahan air, FinePix XP80 juga tahan beku hingga 14oF, sehingga membuat anda leluasa dalam mengambil gambar dan video pada kondisi apapun. FinePix XP80 selain tahan air dan beku, dilengkapi juga dengan sensor CMOS yang memungkinkan anda untuk mengambil gambar dalam kondisi cahaya yang terbilang sedikit sekalipun dan stabilisasi gambar optik untuk mengurangi blur pada gambar yang diperbesar.

Disamping semuanya itu, FinePix XP80 dapat dioperasikan dari jarak jauh melalui telepon untuk menangkap gambar satwa liar yang sulit dipahami dan sangat mudah untuk mengirim gambar ke perangkat anda melalui WiFi.

Demikianlah artikel mengenai 4 kamera waterproof terbaik 2017. Kiranya artikel ini bisa bermanfaat. Selamat mencoba …

Referensi

https://www.lifewire.com/best-waterproof-cameras-493678

 

 

 

Artikel Terkait

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Video Terbaru

Loading...

Instagram

lensa terbaik untuk foto landscape

Ikuti Foto.co.id!

Bergabunglah di komunitas fotografi kami, dan belajar fotografi bersama kami!

Terima kasih, silahkan cek inbox anda dan konfirmasi untuk bergabung.

Share This