5 Kamera Digital Vlog

A vlog atau yang dikenal juga dengan blog video berisikan kumpulan dari berbagai macam video. Pada umumnya, untuk memperoleh hasil video yang bagus dan berkualitas tajam maka dibutuhkan sebuah kamera video yang mahal. Namun, hal tersebut hanya bisa berlaku bagi mereka yang memiliki anggaran (budget) yang besar tapi tidak untuk mereka yang memiliki anggaran (budget) yang minim. Hal ini membuat mereka yang memiliki anggaran (budget) yang minim hanya bisa berhayal untuk bisa memiliki kamera video yang mahal.

Dengan berjalannya waktu seiring perkembangan IPTEK yang terus meningkat, maka sekarang ini anda sudah bisa mendapatkan kamera video yang berkualitas bagus dengan harga yang terjangkau dan murah disetiap pasaran toko kamera digital. Berikut ini adalah daftar kamera digital vlog yang bagus yang bisa kami (foto.co.id) rekomendasikan buat anda berdasarkan kategori harga yang dimilikinya.

1.  Sony a7R II (Kamera digital vlog terbaik dibawah 30 juta)

Sony a7R II mungkin memang agak mahal bagi kebanyakan fotografer, tapi kamera ini merupakan salah satu kamera mirrorless terbaik di pasaran sekarang ini. Kamera ini dirancang dengan bentuk yang ramping, kecil, sensor gambar yang handal, dan titik autofokus yang luar biasa yaitu 399 fase titik fokus sehingga membuatnya bisa mengambil gambar setiap subjek dengan lebih tajam. Kamera ini dilengkapi dengan sensor CMOS yang beresolusi 42,3 Megapixel, video 4K, dan layar sentuh LCD yang berukuran 3 inci. Tapi, sayangnya, Sony a7R II ini bisa jadi kepanasan jika merekam video 4K dalam waktu yang berkepanjangan

Kamera ini memiliki fitur weather sealing dan lensa yang dapat dilepas dan diganti dengan lensa yang lebih besar (Beberapa orang menggunakan lensa dari kamera a7R untuk kamera Nikon dan Canon mereka). Sebagai generasi penerus kamera mirrorless, kamera ini memiliki banyak keahlian di dalamnya. Tapi, hambatannya disini yaitu harganya yang lebih mahal dari kamera DSLR saingannya yaitu Nikon D810 dan Canon 5D Mark III. Dengan alasan tersebut, anda dapat membeli kamera ini dengan setengah harga tapi hanya bodi kamera saja dengan resolusi gambar hanya 24,3 Megapixel dan tidak ada fitur untuk merekam video 4K.

Kamera Sony Alpha A7R II sangat fantasis sehingga dibanderol dengan harga yang cukup mahal. Tapi, jika anda memiliki budget yang cukup untuk kamera ini, maka milikilah karena anda tidak akan menyesalinya.

2.  Sony Alpha a6500 (Kamera digital vlog terbaik dibawah 15 juta)

Sonya Alpha a6500 merupakan salah satu kamera digital terbaik yang ada dipasaran sekarang ini. Sony Alpha a6500 dibekali dengan sistem APS-C yang memiliki AF paling kencang dan sensor gambar CMOS yang beresolusi 24.2megapixel untuk menghasilkan gambar yang berkualitas tajam dan bagus. Disamping itu juga ada prosesor gambar BIONZ-X yang akan menjernihkan gambar anda agar terlihat lebih bergaya dan menarik.

Sony Alpha a6500 hadir dengan ukuran yang tidak terlalu besar agar terasa nyaman ketika digunakan terutama untuk fotografer yang membutuhkan mobilitas tinggi. Disamping itu juga, dengan tampilannya yang tidak terlalu besar serta adanya dukungan sistem stabilisasi gambar maka anda bisa mengambil video dengan kualitas 4K yang bagus tanpa takut adanya blur karena gerakan tangan yang tiba-tiba. Kamera Sony Alpha a6500 mengandalkan sistem fokus 4D hingga 425 titik diteksi fase untuk memudahkan para pengguna dalam menetapkan fokus kesebuah obyek tertentu dengan kecepatan yang tinggi.

Ada berbagai macam model pengambilan gambar yang bisa anda manfaatkan dari kamera ini untuk berkreasi secara maksimal dengan obyek yang anda abadikan.Sebagai tambahan, kamera Sony Alpha a6500 dilengkapi juga dengan fitur WiFi yang berfungsi untuk memberikan kemudahan bagi para pengguna dalam mengirim gambar dan video keperangkat lainnya paskah pemotretan. Selain itu juga, anda bisa langsung berbagi foto dan video terbaik anda kemedia sosial seperti Facebook dan Instagram.

3.  Canon EOS 70D (Kamera digital vlog terbaik dibawah 10 juta)

Hadirnya Canon EOS 70D (https://www.omnicoreagency.com/best-vlogging-cameras/) merupakan hal yang sangat dinanti-nantikan oleh peminat kamera digital menengah yang ingin untuk meningkatkan kemampuan kamera mereka. Canon EOS 70D hadir dengan sensor CMOS yang beresolusi 20.2megapiksel dan dual pixel CMOS AF dimana berfungsi untuk melakukan fase diteksi autofokus pada mode live view dan mode film. Disamping itu, Canon EOS 70D memiliki layar LCD, WiFi, dan NFC untuk menolong pengguna dalam mengambil dan mengirim gambar.

Dengan adanya fitur dual pixel CMOS AF di dalam kamera Canon EOS 70D memudahkan para pengguna untuk mengambil gambar yang berkualitas sekalipun dalam situasi dimana cahaya yang tersedia sedikit. Jika diperhatikan dari bentuknya, posisi setiap tombol pada kamera Canon EOS 70D bisa dikatakan sebagai evolusi yang masuk akal dari EOS 60D, dimana terdapat sedikit perubahan. Diantaranya adalah satu set lengkap kontrol eksternal yang berguna untuk mengoperasikan atau menjalankan sebagian besar fungsi utama kamera.

Canon merancang kontrol layar secara cepat ‘quick control screen’ dengan sangat baik untuk menutupi semua pengoperasian kamera. Untuk hal tersebut, kamera ini dilengkapi dengan touchscreen interface yang mengagumkan seperti yang dimiliki oleh EOS 60D. Beberapa kelebihan kamera ini antara lain adalah burst image yang mencapai 7 fps serta didukung oleh titik autofokus yang mencapai 19 titik dimana keseluruhannya merupakan tipe cross. Jadi, dengan adanya fitur-fitur diatas, maka anda bisa menciptakan gambar dan video yang berkualitas tinggi, tajam, serta jernih.

4.  Panasonic Lumix DMC – G85MK (Kamera digital vlog terbaik dibawah 10 juta)

Panasonic Lumix DMC – G85MK hadir dengan tampilan yang menawan serta balutan warna yang menarik. Disamping itu juga, kemampuan G85MK untuk merekam video terbilang mantap dengan fitur video 4K. Panasonic G85MK dibekali dengan sensor gambar yang beresolusi 16megapixels untuk menghasilkan gambar yang berkualitas tajam dan bagus. Ada juga fitur anti debu dan tahan terhadap cuaca untuk memudahkan para pengguna dalam mengambil gambar pada segala situasi dan kondisi. Hal ini paling pas bagi para fotografer outdoor yang sering bergelut dengan debu dan hujan.

Kamera Panasonic G85MK dibekali dengan sistem stabiliasi gambar yang membuat kamera ini memiliki kemampuan yang sangat baik untuk meredam setiap getaran yang terjadi karena gerakan yang tiba-tiba saat mengambil foto maupun video. Dengan adanya hal tersebut maka anda bisa menghasilkan foto dan video yang lebih lembut, tajam, dan berkualitas tinggi. Untuk videografi, Panasonic G85MK mampu menghasilkan video dengan kualitas 4K pada kecepatan rata-rata 30 fps. Disamping itu, ada juga stacking fokus yang memungkinkan para pengguna untuk memperoleh ‘depth of field’ pada gambar yang telah kamu tetapkan untuk menentukan titik fokus.

5.  Canon Power Shot G7 X Mark II (Kamera digital vlog terbaik dibawah 10 juta)

Kualitas gambar yang bagus dapat anda temukan dengan menggunakan kamera digital Canon Power Shot G7 X Mark II. Hadir dengan sensor kamera 20.1MP dan prosesor digic 7, sehingga sangat sulit untuk membandingkan kemampuan dalam menciptakan kualitas gambar yang bagus dengan kamera pintar (smartphone) atau kamera kompak lainnya. Prosesor digic 7 membantu mengurangi kebisingan yang terjadi pada kamera selama pemotretan pada situasi yang minim cahaya. Sekalipun G7 X Mark II memiliki beberapa mode yang bagus untuk dimanfaatkan selama pemotretan, namun mode otomatis bekerja lebih baik dari semuanya.

G7 X Mark II dirancang dengan menghadirkan layar sentuh dan lampu kilat yang bagus untuk menunjang kinerja kamera dalam situasi dimana cahaya minim. G7 X Mark II dibanderol dengan harga yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan kamera kompak lainnya. Kinerja dalam menghasilkan gambar terbilang cepat ketika anda mendapati bahwa anda bisa mengambil gambar secara berkelanjutan (continues shooting) dengan resolusi 8 fps. Untuk videografi, G7 X Mark II mampu untuk merekam video dengan kualitas full HD ppada kecepatan rata-rata 30 fps.

Untuk kualitas gambar yang jauh lebih baik, anda bisa mengambil gambar lewat format RAW, yang mana bisa anda temukan pada setiap kamera point and shoot yang mudah untuk digunakan. Fitur-fitur diatas memberikan kemampuan tersendiri bagi Canon Power Shot G7 X Mark II untuk mengambil gambar dan video yang bagus sekalipun cahaya yang ada sangat minim.

Demikianlah artikel mengenai 5 kamera digital vlog yang bagus. Kiranya artikel ini bisa bermanfaat. Fighting!

Scroll to Top