Select Page

5 Tipe Kamera Digital yang Handal untuk Menemani Travelling Anda

5 Tipe Kamera Digital yang Handal untuk Menemani Travelling Anda

Apakah anda merencanakan sebuah liburan atau perjalanan? Pastikan anda memotret segala pemandangan menakjubkan dan tiap tampilan dari petualangan anda dengan kamera digital travelling yang sempurna. Ada beberapa generasi kamera terbaru untuk para fotografer yang suka travelling atau jalan-jalan (dan mungkin para penggemar fotografi yang sering jalan-jalan) yang memiliki segala kunci dari fitur serta kenyamanan yang dibutuhkan dalam sebuah kamera travelling yang bagus. Kamera-kamera tersebut hadir dalam bentuk lebih kecil dan dikemas lebih ringan untuk kenyamanan yang utama, tetapi tidak menghilangkan kualitas gambar. Inovasi dari desain kamera tersebut memiliki hasil perubahan pada gambar yang lebih dramatis serta kompetisi yang ketat diantara pabrikan/produksi kamera untuk menciptakan sebuah kamera yang fleksibel dan dapat menghasilkan gambar dengan kualitas yang jernih serta tajam, meskipun saat cahaya minim. Mengurangi goncangan pada kamera juga menjadi fitur standar, meng-eliminasi kebutuhan anda pada tripod dalam beberapa situasi (meskipun ada waktu dimana tripod masih diperlukan untuk mendapatkan kualitas potret terbaik).

Berikut adalah kompilasi dari daftar beberapa kamera terbaik untuk travelling atau fotografi saat liburan, yang ditujukan untuk para orang yang suka gifo, penggemar fotografi dan para fotografer kasual serta orang yang selalu membawa serta segala peralatan dan kamera yang berat, beberapa lensa dan lampu flash serta tripod yang kokoh. Sebagai ganti untuk hal tersebut, daftar berikut dirancang untuk orang-orang yang butuh untuk jalan-jalan santai, dan ingin mendapatkan kualitas gambar tinggi yang dapat mereka abadikan hasilnya, untuk dipajang pada dinding atau dibagikan ke teman mereka.

Dalam menyusun daftar berikut mengenai kamera travelling terbaik dipasaran, termasuk juga dari tipe DSLR hingga kamera mirrorless, kami merujuk pada fitur-fitur berikut:

Fitur-Fitur yang Tepat untuk Kamera Travelling:

Ukuran dan Berat: Sejak kamera travelling mengutamakan kenyamanan dan mudah dibawa kemana saja, ukurannya sudah pasti harus kecil dan ringan.

Kualitas Gambar: Anda harus dapat membuat setidaknya hasil cetakan gambar yang baik dan tajam, berukuran 11×14 inci saat kamera tersebut diatur pada nilai ISO terendah.

Kinerja Kamera dalam Kondisi Minim Cahaya: Mengurangi goncangan, lensa yang cepat, sensor yang besar, serta kinerja yang handal pada nilai ISO tinggi merupakan cara terbaik dalam mengatasi kondisi minim cahaya.

Kemudahan Dalam Penggunaannya: Kamera tersebut harus mudah dan praktis digunakan. Secara keseluruhan dari kemudahan tersebut, tentunya anda tak ingin melewatkan tiap kesempatan terbaik untuk pemotretan saat anda disibukkan dengan pengaturan kamera anda, bukan?

Fleksibilitas: Apakah kamera merupakan sebuah bagian dari sistem? Apakah ia memiliki variasi pilihan lensa atau dilengkapi dengan fasilitas built-in yang handal?

Berikut 5 daftar kamera travelling terbaik, termasuk juga beberapa jenis lensa yang dianjurkan.

Canon Power-Shot G7X

Kamera ini sangat memadai, serta ukurannya agak sedikit lebih besar dibandingkan dengan kamera portable lainnya, tapi ukuran sensornya hanya sekitar 1 inci. Menurut hasil sebuah review, kamera ini memiliki hasil kualitas foto setara dengan kamera DSLR. Kamera ini memiliki aperture lensa pada f/1.8, yang menjadikannya sangat cocok untuk fotografi minim cahaya.

Fitur-Fitur Kunci:

Ukuran 1-inci, 20MP CMOS sensor

Pembesaran Lensa 4x (35mm setara: 24-100mm) f/1.8-2.8

Shutter speeds 1-1/4000 per-detik

Format Gambar RAW+JPEG

1080p full HD video dan 1080/60p HD rekaman video

Image stabilization 6 way

Layar sentuh LCD monitor berukuran 3 inci yang dapat ditekuk

Nilai Burst 6.5 fps

Modus HDR

Built-in NFC dengan konektivitas Android

Ring kontrol , eksposur dan modus dial

Portabilitas: Mungkin kamera ini tidak pas dalam saku anda, tapi ukurannya kecil dan ringan serta memiliki ukuran sensor yang besar, juga kualitas gambar terbaik.

Canon EOS Rebel T6

Sebuah tipe kamera DSLR, dengan segala performa terbaik serta peningkatan kualitas gambar serta dikemas dalam harga kamera compact. Kamera Canon EOS Rebel T6 ini cocok dengan semua lampu flash dari Canon dan bantalan lensa EOS, kamera ini juga menawarkan kapasitas nirkabel WI-Fi dan NFC. Jadi, anda juga dapat menjalankan fungsinya dari ponsel pintar anda dan dengan mudah dapat mengunggah gambar, kemana pun anda pergi.

Fitur-Fitur Kunci:

Resolusi 18MP dan Sensor CMOS APS-C

Nilai ISO 100 hingga 6400

Ukuran layar 3-inci, Resolusi monitor LCD 920k dot

Rekaman Video 1080p full HD

Filter-Filter Kreatif

Berbagai jenis modus eksposur, termasuk eksposur manual

Auto-fokus 9 titik

Portabilitas: Salah satu kamera DSLR terkecil yang pernah ada, Canon T6 juga sangat ringan karena terbuat dari bahan poli-karbonat. Ukuran dimensinya yaitu 5,1×3,9×3,07 dan beratnya hanya sekitar 17,11 oz.

Lensa yang di sarankan: Kamera EOS Rebel T6 ini sangat cocok dengan lensa STM Pancake terbaru dari Canon, dengan EF berukuran 40mm dan pada Aperture f/2,8 anda sudah pastinya memiliki kamera DSLR terkecil yang dapat anda simpan dalam saku! Lensa kit standar merupakan yang terbaik diantara seluruh lensa untuk travelling.

Fujifilm XT-10

Dengan ukuran lebih kecil daripada kamera DSLR terdahulu, kamera mirrorless dari Fujifilm XT-2 menawarkan segala manfaat dari sebuah perangkat kamera dan peningkatan teknologi (termasuk sebuah pembaruan untuk sensor dan Auto-fokus yang lebih cepat). Kamera ini mudah dibawa kemana saja dan dikemas khusus untuk travelling. Jika anda segala benda dengan bentuk mungil dan praktis, kamera ini sangat cocok untuk anda.

Fitur-Fitur Kunci:

Generasi kedua sensor 16.3MP APS (23.6×15.6mm)

Nilai ISO 200-6400, Perpanjangan hingga 51,200

Shutter Elektronik pada 1/32000 per-detik

Elektronik viewfinder 2.360k dot

Nilai burst 8fps

Simulasi Film

HDR

8 Creative Filters

Wi-Fi

Portabilitas: Bentuk lebih kecil dari senuah kamera DSLR (Ukuran dimensi 381gr/118x83x41mm).

Lensa yang di sarankan: Anda akan mendapatkan kapasitas kartu memori ekstra dan baterai lebih awet dengan menggunakan lensa R-LM OIS XF 18-55mm f/2.8-4 yang terkenal dari Fujifilm dan masih banyak lagi yang ekstra dari lensa ini.

Nikon DL24-500

Kamera ini menawarkan lensa super-zoom dengan jarak fokus terpanjang dan sensor yang besar berukuran 1 inci, Nikon telah berpengalaman dalam hukum fisikal dan bidang teknik untuk lensa dalam menciptakan kamera prosumer (bridge camera) jenis ini. Dilengkapi dengan fasilitas built-in elektronik viewfinder dan sebuah layar sentuh LCD monitor serta fitur zoom yang dimiliki setara dengan lensa ukuran 24-500mm pada sebuah sensor kamera 35mm. Kamera Nikon DL-24-500 merupakan alat yang serbaguna yang dikemas dalam satu perangkat untuk menemani perjalanan.

Fitur-Fitur Kunci:

Resolusi 20MP, 1-inci  Sensor CMOS

Lensa ukuran 24-50mm f/2.8-5.6

Nilai ISO 160-12800

Focus down kamera hingga 0.4 inchi

Optik Dual-Detect untuk mengurangi getaran pada kamera

Auto-fokus Ultra-fast

Kontrol eksposur DSLR-style

Rekaman Video 4K

Modus-modus kreatif

Konektivitas Bluetooth

Portabilitas: Dengan ukuran berat hanya sekitar 27,6 ons dan memiliki ukuran lebih kecil dari sebuah kamera DSLR, kamera Nikon DL24-500 ini memiliki ukuran super untuk fitur zoom-nya, memungkinkan anda untuk memotret segala sesuatu yang anda temukan dalam perjalanan anda, mulai dari foto keindahan panorama hingga alam liar, tanpa harus membawa lensa tambahan. Ukuran dimensi kamera ini yaitu 4.9×3.6×5.5 inci dan beratnya sekitar 27,6 oz.

Gear yang disarankan: jangan lupa untuk membawa serta beberapa kartu memori tambahan, seperti Lexar 16GB 400x merupakan pilihan terbaik dan sebuah baterai. Tripod Manfrotto Pixi Mini juga merupakan pasangan terbaik untuk kamera ini yang memberikan  anda keseimbangan saat anda memotret segala sesuatu dari kejauhan.

Nikon 1 AW1

Kamera Nikon 1 AW1 ini merupakan kamera pertama di dunia dan satu-satunya yang tercatat sebagai kamera mirrorless yang cocok untuk pemotretan bawah air dan fotografi ekstrim diluar ruangan. Kamera ini merupakan pilihan terbaik untuk petualangan outdoor serta bagi para penyelam.

Fitur-Fitur Kunci:

Waterproof hingga 49 Kaki; freeze-proof hingga 14 derajat F; shockproof hingga 6.6 kaki

Cocok dengan Lensa-lensa dari AW

Kecepatan burst 15fps dengan AF on, Fokus Fixed 60FPS

Resolusi 14.2MP, berat 1-inci 13.2×8.8mm, sensor CMOS

Video klip Slow-motion

Built-in GPS

Video 1080p

Shutter speeds hingga 1/16,000 per-detik

ISO 160-6400

Portabilitas: kamera mirrorless bawah air yang terbaik, karena dikemas dalam bentuk dan dimensi yang kecil. Ukuran dimensinya yaitu 4,5×2,9×1,5 inci serta beratnya hanya sekitar 11,1 oz.

Lensa yang disarankan: Kamera Nikon 1 AW1 ini hanya dapat bekerja dibawah air dengan lensa yang di desain oleh Nikon berikut ini: Nikon 11-27,5mm yang dijual bersamaan dengan lensa Nikon 1, Nikkor AW 10mm f/2,8.

Kesimpulan

Mencari kamera yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan travelling anda memang agak sulit, sebab tiap orang memiliki minat dan ketertarikan masing-masing dalam tiap perjalanan mereka. Semoga uraian diatas dapat menjadi referensi bagi anda dalam menemukan kamera yang pas untuk menemani jalan-jalan anda. Jika anda memiliki masukan mengenai artikel ini, siilahkan berkomen dibawah ini 🙂 dan jangan lupa untuk share kami di facebook …. Terima kasih.

Referensi:

http://www.adorama.com/alc/0013108/article/Buying-Guide-12-Great-Travel-Cameras

Artikel Terkait

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Video Terbaru

Loading...

Instagram

lensa terbaik untuk foto landscape

Ikuti Foto.co.id!

Bergabunglah di komunitas fotografi kami, dan belajar fotografi bersama kami!

Terima kasih, silahkan cek inbox anda dan konfirmasi untuk bergabung.

Share This