7 Printer Terbaik Yang Paling Recommended Untuk Cetak Foto

Menentukan printer terbaik untuk cetak foto memang bukan hal yang mudah. Mengingat saat ini begitu banyak printer yang ada di pasaran dan masing โ€“ masing mengklaim memiliki kualitas, fitur dan spesifikasi yang terbaik. Masing-masing menawarkan kecanggihan kualitas hasil cetak printernya.

Meski terkadang, hasil cetak printer yang ada tidak selalu sesuai harapan. Beberapa bahkan ada yang mengecewakan. Tidak sesuai dengan penawaran yang diberikan ๐Ÿ™‚

Memiliki printer yang bagus apalagi untuk cetak foto sekarang bukan merupakan barang mewah lagi. Kini memiliki printer sebagaimana memiliki computer atau laptop sudah merupakan kebutuhan primer.

Karena itu, anda mesti bijak dan pandai memilih printer yang benar-benar mampu menghasilkan hasil cetak — khususnya cetak foto terbaik. Lebih bagus lagi jika printer tersebut dapat anda jangkau dengan harga yang lebih bersahabat. Ringan di kantong, ringan di hati ๐Ÿ™‚

Rekomendasi Printer Terbaik Untuk Cetak Foto

Jika anda memiliki banyak kumpulan foto yang ada di hape atau laptop anda, maka anda perlu memiliki printer yang bagus dan mumpuni untuk mencetak dan memprint-out foto-foto tersebut.

Setiap momen indah dan berharga dalam hidup anda, perlu anda rawat dan jaga baik-baik. Alangkah lebih baik lagi jika momen tersebut anda abadikan dalam foto lalu anda cetak dengan menggunakan printer yang berkualitas agar hasil cetak foto yang dihasilkan sesuai dengan harapan.

Saat ini ada begitu banyak printer yang ada di pasaran. Bagi anda yang suka selfie atau suka dengan dunia fotografi, memiliki printer khusus untuk cetak foto adalah wajib untuk dimiliki.

Namun, pertanyaannya, manakah printer terbaik yang benar-benar menghasilkan hasil cetak foto yang berkualitas?

Anda bingung? Tenangโ€ฆ tidak usah bingung. Dalam tulisan kali ini kami (foto.co.id) akan mengupas dan mengulas tuntas rekomendasi 7 printer terbaik untuk cetak foto yang tentunya memiliki fitur dan spesifikasi masing-masing plus kelebihan dan kekurangannya agar anda dapat lebih jeli dan cermat memilih printer terbaik untuk mencetak foto.

Oke, tanpa perlu berpanjang lebar lagi. Berikut rekomendasi 7 printer terbaik untuk mencetak foto atau koleksi foto-foto anda. Silahkan disimak ๐Ÿ™‚

  1. Canon Pixma Pro-100S

Kecepatan Printer: 34 detik | Resolusi: 4800 x 2400 dpi | Kapasitas Kertas: 150 lembar | Dimensi: 689 x 385 x 215 mm (Lebar x Dalam x Tinggi) | Berat: 19.7 kg | Pilihan Warna: Hitam dan Abu abu

Kelebihannya:

  1. Memiliki ketersambungan Wifi, NFC dan USB port
  2. Warna yang dihasilkan lebih jernih, tajam dan natural
  3. Memiliki opsi dan pilihan cetak foto yang banyak

Kekurangannya:

  1. Kecepatan printer cukup lambat
  2. Harga terbilang cukup mahal

 

Canon Pixma Pro-100S dianggap sebagai salah satu printer terbaik untuk cetak foto yang bisa anda miliki saat ini. Kualitas hasil cetak foto yang dihasilkan luar biasa. Tajam dan jernih. Dengan sistem 8-ink dye system (sistem 8 campuran tinta) hasil foto yang dicetak cerah, jernih dan komposisi warna yang ada terlihat lebih natural.

Printer ini juga mampu meng-handleยญ atau mencetak foto ukuran A3 atau yang lebih besar. Kecepatan printer ini cukup mengagumkan. Untuk kertas foto ukuran 4×6, printer ini mampu mencetaknya hanya dalam waktu 34 detik saja.

Jika anda punya banyak koleksi foto dalam smartphone atau tablet ataupun laptop anda, adanya fitur Wifi atau wireless printing akan sangat membantu. Sehingga anda dapat mencetak foto-foto anda dengan lebih simpel dan gak pake ribet. ๐Ÿ™‚

Jika anda ingin memiliki printer dengan hasil cetak foto dan fitur serta spesifikasi terbaik dengan harga yang masih terjangkau. Printer Canon Pixma Pro-100S adalah pilihan yang tepat dan pas buat anda!

  1. Epson Picture Mate PM-400

Kecepatan Printer: 36 detik untuk cetak foto 4×6 full paper | Resolusi: 5,760 x 1,440 dpi | Kapasitas Kertas: 50 lembar | Dimensi: 249 x 384 x 2 mm (Lebar x Dalam x Tinggi) | Berat: 1.81 kg | Pilihan Warna: Hitam, Abu-abu, Putih

Kelebihannya:

  1. Ukuran printer ringan
  2. Sangat mudah digunakan
  3. Tampilan printer cantik dan eye-catching
  4. Warna yang dihasilkan tajam, dan natural

Kekurangannya:

  1. Kecepatan printer cukup lambat
  2. Harga terbilang mahal

 

Epson Picture Mate PM-400 merupakan rekomendasi printer selanjutnya yang bisa anda jadikan pertimbangan. Elegan dan cantik adalah kesan pertama yang anda dapatkan ketika melihat printer ini. Selain cantik dengan berat hanya 1,8 kg, printer ini tergolong ringan untuk dibawa-bawa.

Dengan navigasi tombol yang intuitif dan mudah dioperasikan sangat membantu bagi anda yang menyukai hal yang berbau manual.

Hal yang ckup disayangkan adalah tentang kecepatan printer. Sebenarnya printer ini cukup cepat dalam mencetak foto ukuran kecil seperti 4×6, 5×7, dsb. Namun, ketika anda ingin mencetak foto dengan ukuran yang lebih besar dibutuhkan waktu yang lebih lama untuk itu.

Meskipun demikian, hasil cetak foto yang dihasilkan cukup terang dan tajam. Anda pun dapat mencetak foto โ€“ foto anda via Wifi dengan fitur wireless printing.

Jika anda ingin mencari printer memiliki kecepatan yang cukup mumpuni dengan kualitas hasil cetak foto yang cukup baik, Epson Picture Mate PM-400 adalah jawabannya.

  1. Epson SureColor SC-P800

Kecepatan Printer: 3 halaman dalam 1 menit | Resolusi: 2,880 x 1,440 dpi | Kapasitas Kertas: 120 lembar | Dimensi: 684 x 376 x 250 mm (Lebar x Dalam x Tinggi) | Berat: 19.5 kg | Pilihan Warna: Hitam, Abu-abu

Kelebihannya:

  1. Sangat mudah digunakan
  2. Warna yang dihasilkan tajam, dan natural
  3. Memiliki banyak pilihan konektivitas; Wifi, Ethernet, USB 2.0, dll

Kekurangannya:

  1. Harga printer cukup mahal
  2. Kecepatan printer masih lambat
  3. Ukuran printer sangat berat (hampir 20 kg)

 

Epson SureColor SC-P800 merupakan rekomendasi printer selanjutnya yang bisa anda pertimbangkan. Printer ini juga dianggap sebagai salah satu printer terbaik saat ini khususnya dalam urusan cetak-mencetak foto.

Kualitas hasil cetak foto yang dihasilkan sangat jernih dan detail. Hal ini berkat adanya teknologi 9-Colour Ultra Chrome HD Technology yang diusungnya. Hasil foto yang dihasilkan terbilang sangat baik, tajam dan natural. Komposisi warna juga sangat baik dengan kedalaman dan keseimbangan warna yang bagus.

Printer ini sangat baik dalam mencetak foto hingga ukuran A2+. Anda juga dapat mencetak foto ukuran A3.

Dengan control panel yang sudah touchscreen berukuran 2.7 inchi sangat bermanfaat bagi anda yang ingin melihat level indikator tinta saat ini dan pilihan untuk mencetak foto via nirkabel Wifi.

Mencetak foto pun lebih mudah dengan adanya beragam pilihan mencetak foto baik melalui Wifi dengan fitur wireless printing, Ethernet ataupun via kabel data USB 2.0.

Anda yang mendambakan printer terbaik untuk mencetak koleksi foto-foto anda, layak mempertimbangkan untuk membeli printer Epson SureColor SC-P800 ini.

  1. HP Sprocket Photo Printer

Kecepatan Printer: 40 detik | Resolusi Cetak Foto: 313 x 400 dpi | Kapasitas Kertas: 10 lembar | Dimensi: 75 x 116 x 23 mm (Lebar x Dalam x Tinggi) | Berat: 0.17 kg | Pilihan Warna: Putih, Hitam

Kelebihannya:

  1. Sangat mudah digunakan
  2. Ukuran printer sangat kecil, ringan dan portable (hanya 0,17 kg)
  3. Sangat bagus dan praktis untuk mencetak foto cepat langsung dari hape

Kekurangannya:

  1. Hanya mampu mencetak foto ukuran 2×3
  2. Harga printer terbilang mahal

 

Kamera polaroid memang menawarkan kemudahan mencetak foto, karena kamera tersebut telah dibekali dengan pencetak foto bawaan.

Namun bagi anda yang gemar berfoto menggunakan smartphone dan berselfie ria, dan ingin langsung mencetak foto anda tanpa harus dipindahkan ke komputer atau laptop terlebih dahulu, mungkin HP Sprocket Photo Printer bisa menjadi solusinya.

Printer berukuran saku yang ringan dan pas untuk dibawa kemana-mana ini bisa menjadi solusi bagi anda yang ingin langsung mencetak foto hasil jepretan anda tanpa perlu menunggu lama.

Adalah HP Sprocket Photo Printer, printer saku yang mampu mencetak foto ukuran 2×3 langsung dari smartphone anda via Bluetooth. Printer ini tersedia dalam 2 varian warna, hitam dan putih.

Meski berukuran kecil, namun hasil foto cukup cerah, tahan noda dan air serta tidak mudah sobek. Yang menarik, anda juga dapat menempelkan foto pada scrapbook, jurnal atau dinding dengan mengelupas lapisan perekat yang ada pada sisi belakang kertas.

Dengan begitu, anda tidak perlu repot-repot mencari lem atau perekat jika ingin menempelkan foto ukuran 2×3. Sebuah printer yang sangat recommended untuk anda yang suka selfie.

HP Sprocket Photo Printer ini dibekali tenologi Zink Zero Ink. Yang sesuai namanya, printer ini tidak membutuhkan tinta. Teknologi ZINK justru menyimpan warna-warna yang dibutuhkan untuk mencetak foto di kertasnya sendiri.

Dengan desain yang mini, praktis dan portable, anda dapat dengan mudah membawanya di dalam tas atau bahkan memasukan ke dalam saku anda. Artinya, kapanpun dan dimanapun anda ingin menctak foto yang diabadikan menggunakan smartphone, HP Sprocket Photo Printer siap jadi solusinya.

  1. Canon Pixma TS 8050

Kecepatan Printer: 15 ppm untuk hitam putih, 10 ppm untuk warna | Resolusi Printer: 9,600 x 2,400 dpi | Kapasitas Kertas: 100 lembar | Dimensi: 372 x 324 x 139 mm (Lebar x Dalam x Tinggi) | Berat: 6,5 kg | Pilihan Warna: Putih, Hitam

Kelebihannya:

  1. Kualitas foto yang dihasilkan sangat baik
  2. Pilihan konektivitas via Wifi atau NFC.
  3. Kemampuan mencetak foto timbal balik (duplex)

Kekurangannya:

  1. Kecepatan printer lambat
  2. Harga printer lebih mahal dari kebanyakan printer rumahan
  3. Membutuhkan banyak tinta ketika pertama kali digunakan (initializing)
  4. Tidak cocok untuk mencetak dokumen atau draft biasa

 

Canon Pixma TS 8050 merupakan printer yang sangat cocok untuk anda yang menginginkan printer khusus untuk cetak foto dengan bentuk dan desain yang lebih kecil, ramping dan compact serta memilki kemampuan mencetak foto dengan kualitas terbaik.

Anda seorang traveller atau pencinta fotografi ataukah pencinta keindahan yang sayang untuk dilewatkan begitu saja tanpa jepretan kamera atau smartphone anda dan ingin mengabadikannya lewat foto, maka Canon Pixma TS 8050 adalah printer yang pas buat anda.

Dengan kemampuan untuk menscan, print dan copy serta dengan resolusi printer yang tinggi yaitu 9,600 x 2,400 membuat kualitas foto yang dicetak sangat baik dan tajam.

Satu hal yang menarik sekaligus unik dari printer yang juga menjadi nilai tambah dari printer ini adalah kemampuannya untuk mencetak foto 2 sisi timbal balik (duplex) sekaligus. Hal ini sangat berguna dan menghemat waktu jika anda ingin mencetak lebih banyak dengan foto 2 sisi.

Dengan layar touch screen 4,3 inchi yang berfungsi sebagai control panel sekaligus adanya berbagai pilihan konektivitas seperti Wifi, Ethernet, NFC dan USB port. Plus fitur cetak foto via Google Cloud Print, Apple Air Print, Android print support.

Ditambah dengan kemampuan mencetak foto via social media seperti Facebook, Twitter, Instagram, dll. Mencetak foto akan terasa lebih mudah dan menyenangkan. Sebuah printer yang sangat recommended!

  1. Canon PIXMA TS 9150

Kecepatan Printer: ISO 15 ppm untuk hitam putih, 10 ppm untuk warna | Resolusi Printer: 4,800 x 1,200 dpi | Kapasitas Kertas: 120 lembar | Dimensi: 372 x 324 x 140 mm (Lebar x Dalam x Tinggi) | Ukuran Cetak Maksimal: A4/Legal | Scanner: Tersedia | Berat: 6,7 kg

Kelebihannya:

  1. Sistem 6 tangki tinta warna
  2. Kualitas foto yang dihasilkan sangat baik
  3. Pilihan konektivitas via Wifi, NFC, Bluetooth, Memory Card dan USB port

Kekurangannya:

  1. Kecepatan printer lambat
  2. Harga printer cukup mahal

 

Dengan resolusi printer yang tajam yakni 4,800 dpi anda akan mendapatkan kualitas foto yang premium dan berkelas. Jernih dan tajam. Dengan kecepatan cetak foto hitam putih 15 paper per minute (ppm) serta 10 ppm untuk foto warna, anda dapat mencetak foo ukuran 4×6 hanya dalam waktu 17 detik saja!

Dengan desain body yang compact dan berkelas, Canon PIXMA TS 9150 hadir dengan konektivitas Wifi dan Bluetooth serta fitur wireless printing yang akan memudahkan anda untuk menctak foto anda dimanapun dan kapanpun selama ada koneksi internet.

Anda juga dapat langsung mencetak foto anda dari smartphone, tablet, PC atau laptop anda via koneksi nirkabels seperti Wifi dan Bluetooth. Sebuah printer yang sangat recommended! Bagaimana, anda tertarik?

  1. HP Envy 5540 All-in-One-Printer

Kecepatan Printer: ISO 12 ppm untuk hitam putih, 8 ppm untuk warna | Resolusi Printer: 4,800 x 1,200 dpi | Kapasitas Kertas: 125 lembar | Ukuran Cetak Maksimal: A4/Legal | Dimensi: 454 x 503 x 156 mm (Lebar x Dalam x Tinggi) | Berat: 6,82 kg

Kelebihannya:

  1. Print, scan, copy support
  2. Support print via smartphone (mobile printing)
  3. Memiliki banyak fitur-fitur yang canggih
  4. Mudah diinstall, dikonfigurasi dan digunakan
  5. Kemampuan mencetak foto timbal balik (duplex)

Kekurangannya:

  1. Harga printer cukup mahal
  2. Kecepatan printer agak lambat
  3. Ukuran printer cukup besar dan berat

 

HP Envy 5540 All-in-One-Printer didesain khusus untuk penggunaan rumah tangga. Hadir dengan fitur print, scan, copy plus kemampuan untuk mentransfer file via beragam konektivitas seperti Wifi, Bluetooth atau langsung dari smartphone anda. Print dan cetak foto terasa semakin mudah.

Satu hal yang cukup unik adalah bahwa printer ini hadir dengan kemampuan mencetak foto timbal balik 2 sisi (duplex) dan kemampuan mencetak foto langsung dari smartphone anda (baik iOS, Android, Blackberry maupun Windows).

Anda yang gemar berselancar dan ber-sosial media juga sangat dipermudah dengan adanya fitur cloud print, seperti Apple Air Print atau Google Cloud Print. Anda dapat mencetak foto anda hingga 125 lembar atau setara 2,1 halaman per menit (ppm).

Hasil cetak foto cukup tajam dan berkualitas. Dan foto ukuran 4 x 6 inchi dapat dicetak dalam waktu 53 detik. Cukup cepat dibanding kebanyakan printer sejenis.

Nah, sahabat fotografi, manakah diantara printer diatas yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan dan budget anda? Yuk, berbagi pendapat di kolom komentar ๐Ÿ™‚

ย 

 

Scroll to Top