Select Page

8 Aksesoris Kamera Canon yang Wajib Anda Miliki

Jika anda memiliki kamera Canon dan ingin melengkapinya dengan aksesoris terbaik dan keren agar menjadikan hasil gambar anda semakin cemerlang, berikut kami memiliki 8 jenis aksesoris kamera Canon yang wajib anda miliki untuk hasil gambar yang lebih baik dan menawan. Berikut ini tipe-tipe aksesoris tersebut untuk anda ketahui:

Standard Prime: Sigma 30mm f/1.4 DC HSM | A

Lensa kit 18-55mm (standar) yang anda miliki memang handal untuk fotografi pada umumnya, tapi kecepatannya agak “rendah”, selain itu aperture maksimum yang dimiliki juga agak terbatas. Itulah sebabnya mengapa anda membutuhkan lensa prime. Lensa ini menawarkan kecepatan maksimun aperture yang lebih handal, sehingga anda dapat memotret dalam kondisi cahaya terang, maupun saat kondisi minim cahaya. Bukan hanya itu, kecepatan maksimum aperture dapat memberi anda tampilan efek yang lebih baik pada bidang fokus yang sempit (Shallow Depth of Field) untuk memisahkan (meng-isolasi) subjek anda dari hal lain disekitarnya. Lensa ini hadir dengan sekumpulan jarak fokus, tapi pilihan kami jatuh kepada Sigma 30mm f/1,4 DC HSM | A, yang memberi anda jarak pandang kurang lebih sama dengan mata manusia pada DSLR Canon APS-C, yang di istilahkan sebagai lensa prime ‘standar’. Lensa ini sangat wajib bagi para fotografer.

Telephoto zoom: Tamron SP 70-300mm f/4-5.6 Di VC USD

Lensa berikutnya yang wajib anda miliki untuk melengkapi koleksi aksesori anda, yaitu lensa zoom telefoto. Lensa ini tak hanya handal untuk fotografi aksi dan satwa liar, tapi juga handal untuk fotografi lanskap, portrait atau candid. Dengan kebaikan zoom telefoto yang dimiliki kurang lebih sekitar 70-200mm f/2,8 lensa ini terbilang memiliki ukuran berat yang maksimum, harganya pun agak mahal, salah satu merek yang kami pilih yaitu Tamron SP 70-300mm f/4-5,6 DI VC USD yang memiliki jangkauan fokus lebih luas lebih dari 70-200mm, lensa ini juga berukuran kompak dan terjangkau. Lensa ini merupakan pilihan yang tepat bagi para fotografer yang ingin membidik subjek pada jarak jauh dan lensa ini juga dilengkapi dengan fitur built-in Vibration Control (sistem anti-goncangan Tamron).

Wide-angle zoom: Sigma 10-20mm f/3.5 EX DC HSM

Mungkin anda menemukan bahwa lensa kit Canon 18-55mm anda memang dapat menjangkau segala bidang, akan tetapi lensa ini kadang tidak memadai untuk beberapa subjek. Sebuah lensa zoom ultra wide angle dapat menawarkan jarak pandang yang lebih luas dua kali, menjadikannya sempurna untuk fotografi interior, pemandangan kota, lanskap dan foto close-up. Pilihan kami jatuh kepada lensa Sigma 10-20mm f/3,5 EX DC HSM, perlu anda ketahui juga bahwa lensa ini hanya cocok dengan kamera-kamera dengan sensor APS-C, jadi jika suatu saat nanti anda ingin beralih pada kamera sensor full-frame, anda juga berarti harus siap-siap untuk menggantinya.

Flashgun: Metz 52 AF-1

Built-in flash yang terdapat pada kamera anda memang juga tak diragukan kinerjanya, tapi daya yang dimiliki tidak dapat menampung melebihi daya yang dimiliki oleh kamera. Itulah sebabnya mengapa anda membutuhkan kinerja flashgun (atau Speed-lite yang merupakan model tersendiri milik Canon). Flashgun ini tak hanya memiliki daya yang lebih kuat daripada built-in flash, tapi bodinya juga dapat diputar untuk mengubah kualitas pencahayaan. Sebagai contoh, anda dapat menyinari dinding dan plafon dengan cahaya flash untuk bentuk tampilan yang lebih menarik dan bukan hanya itu, anda juga dapat menggunakan pilihan untuk meng-nonaktifkan hot-shoe anda atau pun menghidupkannya secara otomatis, hal ini dapat terjadi saat cahaya flash mendeteksi adanya flash lain yang aktif, khususnya built-in flash dengan power dial yang ada pada kamera, tergantung model kamera yang anda miliki atau untuk kinerja yang lebih baik lagi, anda dapat menjalankan fungsi mereka melalui radio trigger (dibeli terpisah). Dengan begitu, anda dapat mencipakan cahaya yang lebih banyak untuk tampilan yang profesional, dengan mengkombinasikan flashgun ganda. Canon juga menawarkan sekumpulan model flash, seperti Speed-lite 430 EX III RT, tapi juga terdapat sekumpulan pilihan flash yang menarik pada pilihan third party (pihak ke 3) dan salah satu yang menjadi kesukaan kami yaitu Metz 52 AF-1.

Protective filters: Hoya HMC UV filter

Meskipun telah lama berkecimpung dalam dunia kamera digital, filter-filter lensa masih memiliki tempat mereka masing-masing dan diantaranya yang terbaik yaitu Skylight atau UV filter, seperti UV filter Hoya HMC. Hadir dengan begitu jelas dalam tampilan, filter ini tidak memiliki dampak bagi hasil akhir foto anda, tapi filter ini berfungsi untuk melindungi elemen bagian depan lensa anda. jika anda tak ingin mengeluarkan biaya yang lebih besar jika anda mencoret atau merusak bagian depan lensa andaa, ada baiknya anda memilih filter Skylight untuk mengatasi hal tersebut, sebab pada tiap bagian depan lensa memiliki ukuran yang berbeda-beda, anda harus memastikan untuk mendapatkan ukuran yang tepat. Filter ini seringkali anda temukan dalam ukuran mm pada bagian depan lensa, atau pada bagian dalam kap lensa anda.

Creative filters: Lee Filters DSLR Starter Kit

Menyeimbangkan pencahayaan antara sinar langit yang terang dan latar depan yang lebih gelap dapat diatasi, khususnya pada foto lanskap dan matahari terbit/tenggelam. Anda dapat mencoba dan memperbaiki bayangan atau detail cahaya pada Photoshop atau Light Room, tapi anda dapat memperoleh hasil yang lebih baik dengan sebuah optic kamera tradisional yang menggunakan filter ND (Neutral Density), karena anda harus memindahkan filter keatas dan kebawah untuk menyesuaikan transisi/perubahan dari cahaya terang ke gelap, sistem filter square hanya satu-satunya pilihan untuk filter ND dan pilihan kami jatuh kepada merek terbaik yang dirancang oleh profesional , yaitu Lee Digital SLR Starter Kit. Anda akan memperoleh sebuah pegangan filter berukuran 100mm (meskipun anda juga memiliki sebuah ring adaptor untuk bagian yang terpisah dengan lensa anda), sebuah 2-stop yang handal untuk langit yang gelap dan 2-stop filter ND untuk memudahkan anda agar dapat menggunakan shutter speed yang lebih pelan, sebagai contoh, untuk membuat efek pergerakan blur pada air dan awan.

Tripod head: Manfrotto XPRO ball head

Di saat tripod lainnya yang lebih murah secara normal hadir dengan sebuah atasan tripod yang telah terintegrasi atau dengan termasuk sebuah atasan yang terpisah (terdapat beberapa pilihan tripod yang lebih murah yang memiliki kinerja baik), kebanyakan fotografer suka untuk memilih atasan tripodnya sendiri agar cocok dengan pengaturan pegangan tangan mereka. Pegangan tripod serbaguna dan atasan yang dapat diputar menawarkan sekumpulan kontrol, sehingga tripod ini cocok untuk fotografi dalam studio dan close-up, selain itu atasan tripod juga berukuran lebih kompak dan lebih handal untuk digunakan pada fotografi lanskap, para fotografer menyukainya sebab tripod ini lebih mudah untuk di bawa kemana-mana dan dapat digunakan dimana saja, serta pada tripod ini juga terdapat fungsi video untuk para videografer. Pilihan kami jatuh kepada atasan tripod ball Manfrotto X-Pro, tapi juga terdapat sekumpulan pilihan yang cocok untuk jenis fotografi yang anda tekuni.

Pembersih Kamera Kit: Vanguard CK6N1

Jika anda lebih sering menggunakan kamera Canon anda setiap hari, ada baiknya jika anda menjaga kamera tersebut agar tetap dalam kondisi yang baik dan terjaga dari bekas tangan pada bagian depan lensa dan tidak dianjurkan untuk membersihkan dengan bagian belakang lengan anda. Gunakanlah kit pembersih kamera yang sempurna seperti: Vanguard CK6N1 6 in 1. Pembersih kamera ini termasuk juga dengan sebuah bagian lap halus grafit dan sebuah pembersih mikro-fiber untuk polesannya. Pembersih ini juga sekaligus bekerja sebagai sebuah sikat halus. Kit pembersih ini juga dilengkapi dengan sebuah botol berisi cairan semprot 60ml dan lap untuk membersihkan lensa, serta sebuah lap pembersih mikro-fiber untuk memastikan kamera anda selalu bersih.

Kesimpulan

Demikian uraian diatas mengenai aksesoris kamera Canon, jika anda telah membaca dan menemukan aksesori yang tepat untuk kamera Canon anda, segera beli dan lengkapi kamera anda dengan aksesori tersebut agar kamera anda semakin lengkap dalam menjalankan fungsinya, serta hasil gambar anda menjadi lebih berkualitas dengan segala aksesoris filter yang ada. Sekian dan terima kasih 🙂 jangan lupa share kami di fb yaaaa ….. sampai jumpa.

Referensi:

http://www.techradar.com/news/10-must-have-accessories-for-every-canon-dslr-owner

Artikel Terkait

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Video Terbaru

Loading...

Instagram

lensa terbaik untuk foto landscape

Ikuti Foto.co.id!

Bergabunglah di komunitas fotografi kami, dan belajar fotografi bersama kami!

Terima kasih, silahkan cek inbox anda dan konfirmasi untuk bergabung.

Share This