Select Page

8 Cara Ampuh Memotret Bokeh dengan Lensa Kit

8 Cara Ampuh Memotret Bokeh dengan Lensa Kit

Secara mendasar, bokeh merupakan kualitas bagian “efek blur” yang keluar dari fokus dalam suatu gambar yang dihasilkan oleh lensa kamera. Efek blur ini tidak hanya berada pada bagian belakang atau depan pada sebuah subjek foto, melainkan blur yang biasa anda lihat dalam fotografi yaitu efek yang memisahkan subjek dengan latar belakangnya dan menghasilkan depth of field yang sempit, oleh karena itu hal ini sering disebut sebagai “latar belakang blur”. Kualitas dan kesan yang muncul pada latar depan/belakang suatu gambar dan titik pantulan cahaya seringkali disebut sebagai Efek Bokeh oleh para fotografer.

Secara normal, yang menarik perhatian kita yaitu foto yang bagus dengan fokus yang tepat. Akan tetapi, pernahkah anda melihat foto dan berfikir betapa indahnya area yang keluar dari fokus tersebut? Terkadang area yang keluar dari fokus tersebut kelihatan sangat elok, yang merupakan kumpulan massa cahaya lembut dari efek blur. Pada lain waktu, efek tersebut dapat kelihatan begtu mempesona yang tersusun dari kilauan cahaya yang mengisi tampilan sebuah gambar.

Efek Bokeh merupakan kata yang digambarkan fotografer untuk efek ‘blur’ dalam foto yang keluar dari fokus, yang sering digunakan untuk membuat subjek dalam gambar menjadi lebih hidup. Efek bokeh digunakan untuk membuat latar belakang menjadi dalam suatu gambar menjadi blur. Efek ini memberi kesan latar belakang dalam gambar menjadi halus dan lebih indah. Ada banyak faktor yang harus anda perhatikan untuk mencapai efek bokeh (blur) dalam gambar anda, khususnya saat anda ingin memotretnya dengan menggunakan lensa kit yang anda miliki. Tapi, anda tak perlu patah semangat, yang terpenting anda harus mengatur dengan tepat aperture, focal length, penempatan subjek yang erat kaitannya dengan latar belakang serta penempatan subjek yang berhubungan dengan kamera, dan banyak lagi. Berikut pembahasannya:

Aperture

Aperture dan Focal Length merupakan hal yang paling sering di bahas, saat orang berbicara mengenai efek bokeh. Kita akan memulai dengan membahas Aperture. Aperture adalah bukaan diafragma lensa yang menentukan banyaknya jumlah cahaya yang anda peroleh dan masuk ke dalam lensa kamera. Untuk mencapai efek bokeh, aturlah aperture anda pada bukaan terkecil, sehingga anda dapat memperoleh cahaya lebih banyak yang masuk ke dalam lensa.

Shoot Bokeh Using Kit Lens
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Pengaturan Aperture yang Tepat Memudahkan Anda dalam Mencapai Efek Bokeh yang di Inginkan

Jauhkan Jarak Latar Belakang dengan Subjek

Semakin jauh latar belakang terhadap subjek lebih besar peluang anda untuk mendapatkan efek blur/bokeh. Tempatkan subjek anda pada posisi yang berjauhan dengan latar belakang, sebisa mungkin. Jika anda memotret subjek dan latar belakang yang tak dapat di pindahkan (tidak dapat bergerak), anda dapat mendekatkan kamera kearah subjek sehingga, jarak latar belakang secara keseluruhan menjadi lebih jauh. Khususnya saat anda memotret dengan lensa kit, yang tak dapat memperoleh cahaya lebih, beberapa faktor sederhana tersebut sangat bermanfaat serta dapat membantu anda dalam meningkatkan efek bokeh dalam gambar, seperti yang anda inginkan.

Perhatikan Latar Depan dan Siluet

Setelah anda memahami langkahnya secara teknis, anda dapat mulai menggunakan bokeh dalam kegiatan pemotretan anda sehari-hari. Cobalah untuk menerapkan bokeh pada latar belakang sebuah gambar yang memiliki alternatif untuk focal point pada latar depan foto tersebut, seperti orang atau subjek foto still life. Lagi-lagi, cobalah untuk menempatkan subjek pada latar depan foto anda sejauh mungkin terhadap cahaya dibagian latar belakang. Beberapa langkah tersebut bekerja secara efektif untuk anda gunakan pada objek yang terbentuk dari sebuah siluet yang berada pada bagian depan cahaya yang dihasilkan, seperti yang anda inginkan untuk objek pada bagian depan. Cahaya kabur yang dihasilkan akan sangat kontras dengan cahaya lembut pada bagian latar belakang.

Perhatikan Rentang Jarak (Depth of Field)

Langkah berikutnya untuk dipahami yaitu, rentang jarak subjek foto terhadap kamera untuk mendapatkan fokus yang tepat (depth of field) agar dapat meraih efek blur. Pastikan anda berada pada jarak cukup jauh dengan sumber cahaya serta pastikan juga anda mengaktifkan fokus manual pada kamera anda. Agar anda mendapatkan efek bokeh terbaik, tempatkanlah subjek anda sedekat mungkin dengan lensa. Jika anda berfokus terhadap objek yang begitu dekat dengan kamera, sudah dapat dipastikan bahwa cahaya pada latar belakang gambar tersebut menghasilkan efek blur yang menakjubkan. Efek blur tercapai pada bukaan aperture terkecil, seperti pada bukaan: f/8. Sebagai tambahan, agar depth of field menjadi lebih pas dan anda dapat memperoleh efek blur lebih banyak, perhatikanlah jarak antara subjek foto anda dengan latar belakang, serta ukuran sensor anda agar sebagian kualitas foto anda keluar dari fokus (menjadi blur).

Miliki Sesuatu yang Berkilau Pada Latar depan/Belakang Foto Anda

Efek bokeh menjadi kelihatan lebih menawan saat anda dapat mengkombinasikan pancaran cahaya dan bayangan (contohnya: cahaya matahari yang di saring pada sebuah pohon). Cahaya di luar fokus membuat efek bokeh kelihatan berkilau. Kombinasi bayangan membantu kilauan cahaya tersebut terbentuk. Anda dapat dengan mudah mencoba membuat efek bokeh jika anda memiliki pencahayaan di hari natal yang berkilauan disekitar anda. Cahaya di sekitar pohon dan guyuran air juga merupakan subjek yang tepat untuk di coba. Anda juga dapat seringkali menemukan tekstur dan pola yang menarik di sekitar anda untuk menciptakan efek bokeh yang lebih menarik. Ide tersebut juga sangat bermanfaat untuk fotografi portrait, yang dapat dengan mudah menciptakan latar belakang yang menawan, dimananpun anda berada. Cahaya yang ada pada rumput, batu, atau pasir saat matahari terbenam, tercipta untuk efek bokeh yang begitu elok!

Foto Bokeh
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Memotret Bokeh di Hari Natal dengan Memperhatikan Cahaya Pada Bagian depan/belakang gambar

Temukan Keseimbangan dalam Foto Anda

Adakah beberapa hal yang begitu mempengaruhi foto bokeh? Ya! Lihatlah jika anda mengkombinasikan semua teknik yang telah ada, anda dapat membuat orang-orang menjadi terkesima dengan efek bokeh yang anda buat. Tapi, hal yang anda harus fikirkan yaitu bagaimana efek bokeh dapat berpengaruh dalam foto anda. Apakah efek tersebut mengalihkan subjek anda dan sangat mendominasi tampilan gambar? Hal yang lumrah jika anda ingin menciptakan efek bokeh yang menawan, tapi jika efek tersebut menjadi sangat berpengaruh terhadap komposisi dalam foto anda, berarti anda harus menemukan keseimbangan di dalamnya. Ketika anda telah menemukannya, efek bokeh secara lebih jelas akan muncul dalam foto anda dan menjadikannya lebih fantastis!

efek Bokeh
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Sesuaikan Pencahayaan dalam Foto Agar Seimbang dengan Efek Blur yang Anda Inginkan

Pencahayaan

Tentunya, salah satu bagian terpenting dalam menciptakan efek bokeh yang indah, yaitu bagaimana foto anda terbentuk. Jika anda mengontrol kondisi dimana anda dapat menyesuaikan pencahayaan anda dan ingin bereksperimen kemudian anda mengatur aperture anda untuk hasil terbaik. Ingatlah bahwa hasil yang anda inginkan yaitu efek foto yang lebih halus dan mengandung unsur bokeh lebih banyak. Mungkin cahaya terdapat pada dedaunan sebuah pohon di bagian latar belakang gambar dan anda ingin memotretnya dengan efek blur yang lebih halus. Sumber cahaya tidak datang dari arah belakang subjek, tetapi dari baiknya sebuah susunan tampilan gambar.

Luangkan Waktu untuk Berkreasi

Sekarang saatnya anda meluangkan waktu, semua hal yang anda butuhkan untuk kamera DSLR anda dan setitik kumpulan sumber cahaya. Cahaya pohon natal merupakan sumber terbaik. Cahaya lampu jalan juga menghasilkan cahaya yang anda cari. Beri diri anda kesempatan dan waktu luang untuk mempratekkan pengaturan pada kamera dengan benar serta saat anda sudah merasa siap, anda dapat keluar dan memulai kreatifitas anda. Saat kreasi yang anda lakukan belum sepenuhnya berhasil, setidaknya hal tersebut merupakan cara yang efektif dalam menciptakan cahaya yang begitu lembut dan tepat dalam sebuah gambar tanpa menguras terlalu banyak perhatian. Cara tersebut dapat memberi kesan lebih nyata, pada foto anda.

Kesimpulan

Memotret bokeh dengan menggunakan lensa kit mungkin bagi kebanyakan orang merupakan hal yang sulit, sebab untuk mendapatkan efek bokeh terbaik, kebanyakan orang memilih lensa fix/prime yang memang di rancang khusus untuk memotret efek bokeh dan memang kemampuannya lebih bagus dibanding lensa zoom lainnya. Tetapi, jika anda hanya memiliki lensa kit, bukan berarti anda tidak dapat memperoleh efek bokeh yang anda inginkan. Dengan kemauan dan usaha yang sungguh-sungguh anda juga dapat memperoleh efek blur dalam gambar, seperti yang anda inginkan. Semoga uraian diatas bermanfaat bagi anda. Selamat mencoba 🙂 eittsss, tapi jangan lupa yah untuk follow ig kami di @foto.co.id dan untuk tips-tips fotografi keren lainnya, anda dapat klik di https://foto.co.id/topik/tips-teknik-tutorial/, see you 😀

Artikel Terkait

Video Terbaru

Loading...

Instagram

lensa terbaik untuk foto landscape

Ikuti Foto.co.id!

Bergabunglah di komunitas fotografi kami, dan belajar fotografi bersama kami!

Terima kasih, silahkan cek inbox anda dan konfirmasi untuk bergabung.

Share This