Select Page

Cara Sederhana Untuk Mengetahui Shutter Count Kameramu

Cara Sederhana Untuk Mengetahui Shutter Count Kameramu

Shutter count / shutter actuation adalah jumlah mengenai berapa kali shutter kamera anda dipencet setiap kali shutter anda terbuka dan tertutup saat pengambilan gambar. Dengan kata lain, shutter count adalah jumlah total mengenai berapa kali shutter kamera anda dipencet untuk menghasilkan satu foto.

Nah, kenapa hal ini penting? Berikut ini adalah keuntungan kita mengetahui shutter count kamera.

1.  Menolong kita untuk mengetahu sampai kapan kamera yang kita miliki bisa bekerja dengan baik. Pada umumnya, shutter count sering digambarkan seperti sebuah mobil. Sebagaimana sebuah mobil mempunyai hitungan berapa kilometer mobil tersebut berjalan, demikian pula dengan shutter count. Kerja mekanis kamera, sebagaimana barang lainnya, tentunya juga memiliki batasan waktu penggunaan, sehingga ketika mencapai batasan shutter count tertentu, maka besar kemungkinan bahwa mekanisme kerja kamera akan terganggu (rusak).

Sebagai tambahan: Standar kamera dslr yang bagus mencapai shutter count 100,000. Jadi kita bisa menghasilkan 100,000 foto dari satu kamera dslr tanpa harus mengalami kerusakan mekanis. Untuk beberapa alasan, ada beberapa kamera dslr yang bisa mencapai shutter count 250.000 – 500.000 tanpa mengalami kerusakan mekanis.

2.  Menolong kita saat membeli kamera bekas. Memang pada dasarnya, membeli kamera bekas memiliki resiko yang besar. Namun, dengan mengetahui jumlah shutter kamera yang akan kita beli, paling tidak kita tidak akan menyesal ketika menggunakannya karena kita sudah tahu batas waktu pemakaian kamera bekas yang kita beli.

Cara mengetahui shutter count

Nah, bagaimana cara kita mengetahi berapa shutter count kamera kita? Berikut ini adalah cara sederhana untuk mengetahui berapa shutter count kamera yang kita miliki.

1.  Gunakan Photoshop

Jika kamu punya Photoshop, maka gunakanlah. Buka gambar terbaru di Photoshop dan masuk fill > file info. Hal tersebut akan membuka tampilan metadata utama untuk gambar tersebut. Untuk memperoleh data shutter count kamera, masuklah ke menu advance. Setelah itu, pilih http://ns.adobe.com/exif/1.0/aux dan kemudian lanjutkan dengan menekan tombol + (plus), maka tampilan mengenai shutter count kameramu akan nampak / muncul dengan sendirinya.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

2.  Gunakan ExifTools

Memang pada dasarnya bahwa tidak semua EXIF tools benar-benar menunjukan jumlah shutter count meskipun ada dalam data EXIF. Namun, salah satu EXIF tools yang bagus dan mudah untuk diperoleh dan menggunakannya adalah EXIF tools yang dibuat oleh Phil Harvey. EXIF tools ini dapat di download di situs CNET atau juga kamu bisa langsung menggunakan Direct Download Link.

Setelah kamu selesai mengunggah (download) program tersebut, unzip dan letakkan pada drive C atau dimanapun yang kamu inginkan. Setelah itu, tarik gambar dan letakkan agar bisa dieksekusi.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Kemudian, hal tersebut akan membuka perintah Prompt dan daftar informasi EXIF untuk kamu. Setelah itu, akan nampak jumlah shutter count kamera anda.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Sebagai tambahan, ketika kamu menggunakan Exif tool untuk mencari jumlah shutter count kamera yang kamu miliki, maka perhatikanlah tabel dibawah ini. Tabel dibawah ini disediakan untuk menolong kamu menemukan dengan cepat nama shutter count Exif untuk pabrikan kameramu. Jika pabrikan kameramu belum terdaftar, maka itu bukan berarti bahwa tidak ada data Exif namun penggunaanya mungkin tidak dipublikasikan secara menyeluruh (luas).

Manufacturer Search String
     Canon      “Shutter Count” or “Image Count”
     Nikon      “Shutter Count” or “Image Number”
     Pentax      “Shutter Count” or “Image Number”
     Sony      “Shutter Count” or “Image Count”

Demikianlah artikel kami mengenai cara mudah mengetahui jumlah shutter count kamera yang kamu miliki. Kiranya artikel ini bisa bermanfaat. Selamat mencoba …

Artikel Terkait

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Video Terbaru

Loading...

Instagram

lensa terbaik untuk foto landscape

Ikuti Foto.co.id!

Bergabunglah di komunitas fotografi kami, dan belajar fotografi bersama kami!

Terima kasih, silahkan cek inbox anda dan konfirmasi untuk bergabung.

Share This