Select Page

Kamera Mirrorless Fuji X-T10

Kamera Mirrorless Fuji X-T10

Perusahaan Fuji membuat kemajuan yang luar biasa dalam dunia fotografi dengan mengeluarkan kamera terbaru mereka yaitu x-t10. Kehadiran x-t10 memberikan harapan yang menggembirakan bagi mereka yang gemar melakukan pemotretan dengan menggunakan kamera fuji karena harganya terbilang lebih murah dibandingkan dengan kamera fuji sebelumnya yaitu x-t1.

Fuji X-T1 merupakan tonggak sejarah kamera Fujifilm. Hadir dengan viewfinder elektronik beresolusi tinggi, kualitas gambar menakjubkan, segel body tahan cuaca dan sistem kontrol yang menarik. Sebagai generasi penerus di lini kamera high-end, X-T10 hadir dengan berbagai perbaikan yang canggih, namun cukup murah dari segi harga meskipun banyak komponen yang mirip dengan pendahulunya. Hal yang sangat disayangkan dari X-T10 adalah dihilangkannya weather sealed yang ada di X-T1. Itulah yang bisa digambarkan secara singkat dari Fujifilm X-T10.

Lebih jauh lagi tentang apa yang diusung oleh Fujifilm X-T10 adalah mengenai sensor, kamera ini memanfaatkan sensor X-Trans CMOS II setinggi 16 megapixel dan dikombinasikan dengan EXR Processor II. Dengan ini bisa dikatakan bahwa X-T10 memanfaatkan tradisi seperti SLR, dan menawarkan titik kontrol yang menarik, tombol operasi yang bisa disesuaikan, LCD yang bisa dimiringkan, dan yang paling disukai dari Fujifilm adalah adanya film emulations. Kamera ini mengincar pasar pengguna dengan jiwa muda dan kreatif, dasarnya adalah kamera keren namun dengan harga yang terjangkau. Secara garis besar kamera ini membawa fitur utama seperti yang ada dibawah ini.

Kamera fuji x-t10 menawarkan kemudahan bagi mereka yang kurang mampu dalam hal keuangan untuk memperoleh kamera yang bagus. Karena x-t10 dilengkapi dengan kualitas pancahayaan yang sama dengan x-t1. Artinya anda dapat menciptakan foto yang bagus dan jelas dengan menggunakan kamera fuji x-t10. Kamera fuji x-t10 dan x-t1 memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing tergantung pada tujuan penggunaannya. Itulah sebabnya, baik x-t10 ataupun x-t1 dibuat untuk saling melengkapi satu sama lain. Untuk kasus seperti situasi pemotretan yang bisa dikatakan sulit seperti hujan, maka adalah lebih bagus untuk menggunakan x-t1 agar memperoleh hasil yang lebih bagus gantinya x-t10, karena x-t10 tidak memiliki filter anti air/basah.

Kamera fuji x-t10 adalah kamera fuji dengan lensa kamera tukar terbaik karena dilengkapi dengan ‘built-in flash’ 1/32,000. Tapi seperti kamera fuji lainnya, tetaplah x-t10 masih memiliki kelemahan. Itulah sebabnya hanya dengan belajar dan berlatih maka kita akan mengetahuinya. Seperti yang diharapkan oleh para pengguna, sejumlah fitur kunci yang digunakan pada X-T10 sangat identik dengan pendahulunya X-T1. Namun salah satu fitur utama yang ada yaitu sistem AF telah ditingkatkan jauh lebih baik.

Setelah beberapa waktu sebelumnya diumumkan update firmware untuk X-T1, salah satu  dari update AF kemudian menjadi standar yang digunakan untuk X-T10. Salah satu fokus utama dari X-T10 adalah konsentrasi pada peningkatan AF dalam kondisi kontras rendah serta menambahkan kemampuan untuk melacak subjek di frame. Hal ini merupakan pertama kali nya di mana Fujifilm menawarkan segala macam kemampuan pelacakan subjek nyata untuk kamera nya.

FUjifilm X-T10 juga didukung dengan teknologi antar muka pengguna gafis yang baru, hal ini menawarkan ikon displai yang dapat disesuaikan. Fitur lain yang termasuk di dalamnya adalah kontrol cepat depan dan belakang  yang bisa diklik ke dalam, pada dasarnya adalah masing-masing untuk memanggil fungsi sekunder. Kamera fuji x-t10 menghasilkan kualitas gambar foto anda terlihat hidup, jelas, terang, tajam, dan berwarna.  Disamping itu juga, x-t10 bekerja secara cepat dan mudah sebagaimana mestinya.  Seperti halnya kamera fuji x-t1, dengan adanya x-t10, hasil pemotretan menjadi lebih bagus seperti yang diharapkan.  Secara teknis, kamera x-t10 sedikit lebih baik dari pada kamera fuji sebelumnya, karena disamping ringan untuk digunakan, kamera x-t10 juga memiliki lensa kamera yang lebih panjang.

Salah satu perbedaan terbesar yang dapat kita temukan diantara x-t1 dan x-t10 adalah pengaturan kembali fungsi tombol-tombol kamera dari bagian atas pindah ke bagian bawah kamera. Mengapa?  Untuk membuat fotografer gampang dalam mengatur kameranya. Karena penempatan fungsi tombol-tombol pada kamera x-t10 sangat bagus karena berada pada tempat yang tepat dengan posisi yang pas untuk memotret.

Kamera fuji x-t10 memiliki perangkat dan tampilan yang sangat berbeda dengan kamera lainnya, karena x-t10 tidak memiliki anti-aliasing filter sehingga membuat hasil foto yang diperoleh terlihat lebih tajam dan menarik dari pada kamera-kamera pada umumnya. Itulah sebabnya, bagi seorang fotografer, x-t10 benar-benar merupakan kamera sesungguhnya dalam pemotretan. Mengapa? Karena x-t10 pada umumnya dibuat dari bahan metal bukannya plastik, serta memiliki shutter, aperture dial, dan real exposure compensation dial yang tidak dimiliki oleh kamera lainnya sepert LEICA, CANON, dan NIKON yang memudahkan seseorang dalam melakukan pemotretan.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kelemahan dari pada kamera fuji x-t10 yang bisa kami (foto.co.id) sediakan buat anda:

  1.  Kelebihan kamera x-t10

  • Pencahayaan yang fantastic dengan built-in flash 1/32,000.
  • Threaded cable-release socket
  • Kamera foto yang sempurna disertai dengan tombol-tombol yang tepat di tempat yang tepat.
  • Kualitas gambar yang tajam.
  • Auto white balance yang sangat bagus apalagi saat cahaya dalam pemotretan kurang / sedikit.
  • Great highlight rendition (pengontrolan jumlah cahaya yang luar biasa)
  • Memberikan tampilan warna yang luar biasa pada pemotretan.
  1.  Kelemahan kamera x-t10

  • Tidak ada tampilan batrei, seperti 80, 90, atau 100 % penuh.
  • Tidak ada GPS (Global Positioning System).
  • Tidak ada RGB (warna) Histogram.
  • Hanya menggunakan satu kartu memori.
  • Tidak ada pengaturan self-timer (perhitungan waktu) pada advance-mode dial.
  • Tidak adanya pengaturan shutter speed pada posisi lebih rendah pada auto iso berdasarkan lens focal length.
  • Tidak memiliki filter anti air untuk digunakan pada saat cuaca hujan.
  • Tidak ada ISO dial.
  • Tidak ada focus assist button.
  • Tidak ada metering dial.
  • Tidak memiliki konektor di bagian bawah kamera.

Berikut ini adalah ciri-ciri utama / spesifikasi kamera x-t10.

  1. Sensor: 16.3 MP (1.5x crop factor), 4.8µ pixel size, same as on X-T1
  2. Ukuran sensor kamera: 23.6 x 15.6mm
  3. Resolusi kamera: 4896 x 3264
  4. ISO Sensitivity: 200-6,400
  5. Nilai terendah ISO Sensitivity: 100
  6. Nilai tertinggi ISO Sensitivity: 12,800-25,600
  7. Sensor pembersih: Yes
  8. Lens mount: FUJIFILM X mount
  9. Pelindung tombol kamera: No
  10. Tampilan depan kamera: Magnesium Alloy
  11. Shutter: Up to 1/4000 and 30 sec exposures with mechanical shutter and up to 1/32000 with electronic shutter
  12. Storage (Gudang dokumen / file): 1x SD slot (SD/SDHC/SDXC, UHS-I compatible)
  13. Viewfinder Type: 2,360,000-dot OLED color viewfinder
  14. Continuous Shooting: 8 FPS
  15. Exposure Meter (Ukuran pencahayaan kamera): TTL 256-zones metering
  16. Built-in Flash: Yes
  17. LCD Screen (Layar LCD): 3.0 inch, 920,000 dots, TFT color LCD monitor
  18. Movie Modes: Full 1080p HD @ up to 60p
  19. GPS: No
  20. Wi-Fi: Yes
  21. Battery Life (Masa pakai batrei): 350 shots
  22. Weight (Ukuran berat kamera): 331g (excluding battery and accessories)
  23. Price (Harga): $799 MSRP body only at launch

Kamera fuji x-t10 menggunakan sistem AF yang sama seperti pada x-t1, sehingga menjadikannya cukup cepat ketika mengambil gambar mengenai subjek yang bergerak maupun diam. X-t10 memiliki fitur autofocus tambahan seperti mode wide-tracking serta zone yang menjadikannya lebih cepat ketika mengambil gambar subjek yang sedang bergerak. Mode autofocus tambahan ini berfungsi untuk melacak keberadaan subjek. Disamping itu juga, mode zone dan wide tracking terlihat seperti auto area autofocus dimana setiap titik fokus yang dipilih terlibat / disatukan pada saat yang sama. Mode autofocus tambahan ini berfungsi dengan baik ketika subjek pemotretan anda bergerak dengan pelan tapi tidak jika sebaliknya, yaitu subjek anda bergerak dengan cepat.

Kamera fuji x-t10 memang mengalami kesulitan saat hendak mengambil gambar mengenai subjek yang bergerak dengan cepat sama halnya dengan x-t1. Dalam hal ini, fuji masih kalah dibandingkan dengan kamera Sony A6000, tapi hal itu tidaklah menutup kemungkinan untuk memperoleh hasil yang bagus saat sedang mengambil gambar mengenai subjek yang bergerak cepat. Ketepatan, kesabaran, serta ketekunan dalam melakukan pemotretan akan menjadi kunci sukses dalam memotret subjek yang bergerak dengan cepat.

Dalam hal akurasi pemotretan, maka kamera x-t10 adalah pilihan yang paling bagus apalagi ketika menggunakan subjek yang diam / tidak bergerak. Dilengkapi dengan mode autofocus tambahan, anda dapat menciptakan gambar yang bagus sesuai dengan keinginan anda. Saat anda melakukan pemotretan dengan menggunakan kamera x-t10, anda tidak perlu takut jika cahaya yang ada pada tempat pemotretan tidak memadai, karena x-t10 memberikan pencahayaan yang cukup buat pemotretan anda dengan menggunakan fitur exposure compensation dial yang sudah ada di dalamnya.

Kesimpulan

Mengapa memilih kamera fuji x-t10 sebagai alat pemotretan anda? Karena kamera fuji x-t10 memberikan peluang untuk menghasilkan foto yang bagus hampir disetiap situasi pemotretan kecuali pada saat hujan. Memang tidak diragukan lagi bahwa kamera fuji x-t10 adalah pilihan kamera yang tepat untuk pemotretan. Untuk itu, perusahaan Fuji sendiri terus menerus melakukan berbagai macam inovasi untuk meningkatkan kualitas barang (dalam hal ini kamera) mereka. Pada saat peluncuran, usaha ini membuahkan hasil yang baik serta mendapatkan respon yang cukup positif dari para pengguna produk ini. Dimulai dengan kamera fuji x-Pro1 sampai pada x-t10, perusahaan fuji telah memberikan sumbangsi yang cukup besar dalam dunia fotografi. Jadi, dengan adanya kamera fuji x-t10, memberikan para pengguna kamera fuji kemudahan dalam melakukan pemotretan, karena disamping kameranya ringan, hasil yang diperoleh juga bagus.

Tidak seperti kamera pada umumnya, kamera fuji x-t10 bisa digunakan bersamaan dengan kamera fuji x-t1 dalam pemotretan. Jika anda membawa keduanya, maka penggunaannya tergantung pada tujuan pemotretan yang hendak anda lakukan. Jika tujuan pemotretan anda berada pada situasi yang sedikit sulit seperti kondisi hujan, maka gunakanlah x-t1, namun jika sebaliknya, maka gunakanlah kamera fuji x-t10 apalagi ketika subjek pemotretan anda berada pada posisi diam atau tidak bergerak.

Secara keseluruhan, bisa dikatakan bahwa kamera x-t10 adalah miniatur kembar dari x-t1 dengan tampilan yang sedikit berbeda dan ringan tapi memiliki kualitas yang hampir sama dalam hal pencahayaannya. Kamera fuji x-t10 merupakan kamera yang indah dan bagus yang jika digunakan dan dimanfaatkan dengan baik akan memberikan hasil yang menakjubkan dan memuaskan. Jadi tunggu apa lagi. Pilihan anda menentukan kualitas foto anda. Pilihlah dengan bijak agar memperoleh hasil yang bagus. Selamat mencoba!!!

Artikel Terkait

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Video Terbaru

Loading...

Instagram

lensa terbaik untuk foto landscape

Ikuti Foto.co.id!

Bergabunglah di komunitas fotografi kami, dan belajar fotografi bersama kami!

Terima kasih, silahkan cek inbox anda dan konfirmasi untuk bergabung.

Share This