Select Page

Trik-Trik Handal Memotret dengan Kamera Ponsel Pintar Anda

TRIK-TRIK FOTOGRAFI MENGGUNAKAN PONSEL PINTAR

Secara keseluruhan, memotret gambar yang bagus dengan smartphone anda memerlukan hal yang sama seperti pada saat memotret foto yang bagus dengan menggunakan kamera, bidikan yang tepat untuk menciptakan latar yang baik, pencahayaan yang bagus dan pemahaman yang baik tentang fotografi. Berikut ada beberapa trik yang sangat berguna ketika anda mengambil gambar dengan kamera ponsel pintar anda. Beberapa trik berikut akan membantu meningktan kualitas hasil gambar dari kamera ponsel pintar anda dari “biasa-biasa saja” menjadi “fantastis” dalam waktu singkat!

Beri Tambahan Waktu

Pada awal kemunculan kamera untuk telepon seluler, memberi kesempatan untuk memotret dengan cara sangat cepat, tanpa mengetahui pengaturan pada kamera atau memberi jeda untuk setiap pengambilan gambar, memang banyak foto yang dapat dipotret, tapi hasilnya dijamin tidak memuaskan. Tapi, sekarang kamera ponsel dapat mengambil gambar lebih jernih dan bersih sama dengan kamera pada umumnya, tak ada lagi jepretan yang terburu-buru atau gambar yang tidak bagus.

Jadi, berilah tambahan waktu untuk memastikan bahwa komposisi sudah bagus, termasuk juga subjek yang menarik, perhatikan jika anda dapat memperbaiki pencahayaan atau sudut yang tepat dan tentukan dimana para penyimak dari foto anda akan memandang. Keseluruhan teknik tersebut adalah dasar untuk fotografi yang baik, Tapi kebanyakan orang tidak menggunakannya untuk foto di ponsel mereka.  Padahal teknik tersebut hanya mengambil sedikit waktu untuk meningkatkan hasil foto anda secara drastis.

Gunakan Prinsip-Prinsip Komposisi

Banyak hal-hal yang datang dari dalam hati ketika anda mencoba untuk menyusun sebuah tampilan gambar, yang sebenarnya dibuat bukan untuk sebuah hasil fotografi yang baik. Tempatkan sesuatu yang tak biasa ditengah tampilan, misalnya buatlah sebuah foto aneh yang tidak seimbang, membuat pemerhati dari foto tersebut bingung akan melihat bagian bawah atau atas terlebih dahulu. Belajar beberapa aturan dasar pada komposisi dapat membuat perbedaan besar dalam fotografi anda.

Bacalah mengenai Lima Perbedaan Aturan Komposisi dan cobalah untuk menerapkannya pada foto diponsel anda nanti. Jika anda telah memahami kesimpulan pada artikel tersebut, lalu kemudian baca juga mengenai Tiga Peraturan Dalam Fotografi. Tempatkan bagian terpenting di foto anda, sesuai tiga aturan tersebut, pada tiap bagian ini (atas, bawah, kiri atau kanan). Cara tersebut dapat meningkatkan kualitas dari hasil foto anda secara drastis. Juga, perlu anda ingat bahwa memotong gambar dapat meningkatkan komposisi pada foto anda, jika foto anda memiliki komposisi yang sangat kurang, sedikit editan sederhana dapat mengubahnya menjadi hasil karya seni yang indah.

Mendekatlah

Salah satu masalah terbesar pada fotografi ponsel yaitu tidak disediakannya pilihan khusus untuk memperbesar gambar, jadi ketika anda memperbesar foto pada kamera ponsel, akan terjadi banyak kesalahan dan foto anda akan jadi berantakan, anda dapat mengeditnya nanti. Tapi semakin sedikit anda mengedit atau mengubahnya, hasilnya pun akan terlihat lebih baik. Ini berarti bahwa anda perlu untuk lebih mendekat pada subjek yang akan anda foto.

Mendekat pada objek dapat membuatnya lebih jelas, anda dapat mendekat pada subjek dengan berbagai cara, mengisi bagian yang kosong dengan wajah teman anda atau mendekat pada sesuatu yang anda anggap keren. Cara ini mudah untuk di praktekkan, untuk mendapatkan sebuah hasil dari gambar yang anda potret secara normal dan kemudian lebih mendekat lagi. Anda akan melihat perbedaan kualitas yang ada (atau anda dapat menggunakan lensa zoom untuk ponsel anda, cara ini juga dapat dijadikan trik).

Matikan “Flash”

Cahaya yang dihasilkan dari flash kamera ataupun ponsel anda, sangat silau dan menghasilkan cahaya berlebihan serta bayangan yang dapat mempengaruhi warna dari subjek dan membuat foto anda jadi berantakan karena pantulan cahaya. Meskipun ‘flash’ adalah jalan satu-satunya yang memudahkan anda untuk memotret segalanya sekaligus, lebih baik anda men-non-aktifkannya saja.

Sebagai pengganti, carilah tempat yang pas dimana anda bisa mendapatkan cahaya alami atau setidaknya cahaya yang lebih lembut daripada ‘flash’ anda. Dengan cara ini anda akan mendapatkan pencahayaan yang lebih baik serta hasil foto yang bagus secara keseluruhan. Anda juga dapat menggunakan penetral cahaya untuk ‘flash’ di ponsel anda, jika anda memilikinya.

Gunakan Aplikasi Kamera yang Berbeda

Aplikasi kamera standar yang ada pada ponsel anda juga baik dan tidak membuat anda ketinggalan. Tapi jika anda menginginkan hasil potret yang lebih bagus dengan ponsel anda, anda harus memperbarui aplikasi lain yang lebih baik. Ada tiga aplikasi yang secara umum menawarkan pengaturan tersebut, yang menunjukkan anda pengaturan titik fokus serta pencahayaan foto anda secara menyeluruh, bidikan yang tepat serta pilihan untuk penggunaan aneka ‘flash’dan lainnya.

Ada banyak jenis aplikasi kamera yang berbeda terdapat pada ponsel pintar anda, tapi kamera yang terpopuler digunakan yaitu: Pro-Camera, Camera Zoom FX, dan Camera 360. Anda mungkin akan dikenakan biaya untuk mendapatkan salah satu jenis dari aplikasi kamera tersebut, tapi hasilnya sangat berpengaruh baik untuk foto anda (pada saat ini sangat di rekomendasikan menggunakan aplikasi Pro-Camera untuk ponsel iPhone 6)

Pelajari Pengaturan Pada Aplikasi Kamera Anda

Salah satu keuntungan terbesar yang didapatkan dari 3 aplikasi kamera tersebut diatas yaitu, memungkinkan anda untuk mendalami pengaturan yang terdapat di dalamnya agar cocok dengan tampilan fotografi yang anda inginkan. Penyesuaian Aperture, Shutter Speed, dan ISO akan membuat anda mendapatkan hasil foto yang anda inginkan. Juga memungkinkan anda untuk mempelajari jarak pandang terhadap objek, pengaturan cahaya blur, ketajaman gambar hasil potret atau seluruhnya tentang foto yang bagus.

Beberapa pengaturan dari aplikasi kamera tersebut juga ada yang sulit, jadi mungkin anda bisa melihat langkah-langkah penggunaannya di YouTube ataupun membaca instruksinya pada Website terkait. Dan jika anda belum yakin pengaturan mana yang akan anda ubah, cobalah untuk melihat-lihat simulasi kamera On-Line yang dapat membantu anda mempelajari apa perbedaan dari pengaturan tersebut.

Gunakan Modus HDR

HDR adalah singkatan dari ‘High Dynamic Range’ yaitu jangkauan dinamis tinggi, maksudnya adalah mode ini dapat menangkap foto dengan jangkauan pencahayaan yang dinamis sehingga gambar yang dihasilkan akan memiliki citra pencahayaan yang lebih baik. Pembahasan ini sangat mendominasi, pada satu sisi, modus ini membantu anda untuk mendapatkan pencahayaan yang seimbang dalam foto anda serta bayangan dari cahaya tersebut. Disisi lain, dapat digunakan berulang kali dan menciptakan foto yang lebih jelas. Metode tersebut dapat mengatasi masalah untuk tampilan foto yang minim pencahayaan. Jika anda kurang tertarik, pikirkan kembali. Modus ini sangatlah berguna, (sebagai contoh, jika anda memotret dari balik jendela, akan keliatan silau karena matahari. Tapi jika anda menggunakan modus HDR, modus ini dapat membantu anda mengatasi masalah tersebut.

Jaga Kebersihan Lensa Anda

Karena ponsel anda selalu di simpan dalam saku atau tas anda setiap hari (atau di manapun anda menaruhnya), hal itu dapat menjadikan lensa dari kamera ponsel anda berpotensi menjadi sangat kotor. Bisa jadi ada noda yang menempel dari bungkus makanan dalam tas anda, alat make-up/rias, cairan tinta pulpen dari saku anda, atau dari kulit anda yang berminyak. Bersihkanlah lensa kamera anda secara teratur!

Sumber : http://www.makeuseof.com/tag/10-simple-tricks-boost-smartphone-photography/

Kesimpulan

Jika anda ingin belajar fotografi menggunakan ponsel pintar anda, ada banyak trik-trik yang harus anda pelajari terlebih dahulu untuk dikuasai agar hasil foto dari ponsel pintar anda dapat menjadi maksimal. Dalam fotografi, baik menggunakan kamera ponsel ataupun kamera pada umumnya, yang paling penting dan utama untuk diperhatikan yaitu pencahayaan yang cukup dan pas agar hasil foto yang didapatkan bisa seperti yang anda inginkan. Berikutnya anda juga harus mengenal aplikasi edit foto yang terdapat pada ponsel pintar anda, sebab aplikasi-aplikasi tersebut juga memiliki peran penting untuk hasil pemotretan anda, Dengan membaca beberapa trik diatas, diharapkan anda dapat bereksperimen dengan kamera pada ponsel pintar anda.

 

Artikel Terkait

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Video Terbaru

Loading...

Instagram

lensa terbaik untuk foto landscape

Ikuti Foto.co.id!

Bergabunglah di komunitas fotografi kami, dan belajar fotografi bersama kami!

Terima kasih, silahkan cek inbox anda dan konfirmasi untuk bergabung.

Share This