Select Page

11 Kiat-Kiat Terhandal Memotret Blur Menggunakan Kamera Ponsel

Apa itu Efek Blur dalam Dunia Fotografi?

Blur di definisikan sebagai “efek lembut diluar dari fokus latar belakang yang anda dapatkan ketika memotret subjek, menggunakan kecepatan lensa pada aperture terlebar, sekitar f/2.8 atau lebih.”Sederhananya, blur adalah keindahan dari kualitas estetika diluar fokus dalam sebuah foto. Meskipun efek blur sebenarnya adalah karakteristik dari sebuah fotografi, lensa yang digunakan sangat menentukan bentuk dan ukuran Blur yang terlihat. Ini biasanya terlihat lebih bercahaya, efek blur dipengaruhi oleh bentuk keruncingan diafragma (aperture) pada lensa. Lensa dengan bentuk lingkaran, memiliki fokus lebih lembut dari out-of-focus pada highlights, sedangkan lensa dengan bentuk aperture heksagonal akan lebih memantulkan bentuk fokus tersebut pada highlights

Bagaimana Untuk Menciptakan Efek Blur dalam Foto Anda?

Untuk menciptakan efek Blur dalam sebuah foto, anda perlu untuk menggunakan kecepatan lensa, lebih cepat lebih baik. Anda sebaiknya menggunakan kecepatan bukaan lensa pada aperture f / 2.8, dengan kecepatan aperture pada f/2, f/ 1.8 atau f /1.4 lebih pasnya. Kebanyakan fotografer menggunakan lensa Fast Prime saat memotret untuk mendapatkan efek blur yang lebih oke.

Bagaimana untuk Membuat Efek Blur dalam Foto Anda?

Langkah 1: Atur kamera anda pada modus manual.

Langkah 2: Atur Shutter Speed pada kecepatan antara 1/30 dan 1/50, kecepatan yang berlebihan akan rentan terhadap guncangan kamera (ingat, setiap model ponsel dapat bervariasi oleh sebab itu, aturlah mode kamera smartphone anda). Ingat bahwa kita ingin menciptakan efek blur, bukan sekumpulan cahaya kabur.

Langkah 3: Bereksperimenlah dengan fokus manual sampai latar bagian depan pada tampilan foto anda hadir ke dalam fokus dan latar belakang menyinari efek blur yang dimaksud. Perlu diingat bahwa dalam semua hal fotografi, anda harus memiliki pencahayaan yang tepat dan komposisi yang tepat.

Langkah 4: Berdirilah di belakang subjek, ini akan membantu anda agar latar belakang menjadi tidak fokus.

Tips 1: Idealnya anda menginginkan hasil akhir yang bagus dipandang mata untuk hasil efek Blur pada foto anda, efek untuk melembutkan sebuah cahaya yang kontras. Sekumpulan kelembutan cahaya adalah apa yang anda inginkan, tanpa adanya cahaya silau berlebihan.

Tips 2: Perlu diingat bahwa diperlukan keterampilan artistik dan kemampuan teknis yang baik untuk menghasilkan sebuah foto efek blur yang menarik, menarik dipandang mata (dan dapat diterima dalam fikiran/otak). Jadi jika anda mengalami kesulitan, jangan menyerah, teruslah mencoba kombinasi pengaturan sampai anda menemukan pengaturan yang tepat untuk smartphone anda.

Ada banyak aplikasi di luar sana yang dapat membantu anda mendapatkan efek blur , tapi sebenarnya bukan sebuah foto blur yang alami, melainkan foto blur yang melalui proses pengolahan seni digital. Tapi, jangan biarkan hal itu menghentikan anda, teruslah melakukan percobaan dengan editor foto seperti yang telah anda lakukan untuk berlatih dan menjadi lebih baik dan lebih baik. Untuk mendapatkan sebuah foto efek blur tanpa mengeditnya sama sekali jauh lebih memuaskan daripada hanya mengeditnya dengan mudah menggunakan photoshop. Banyak fotografer profesional dan seniman yang menyukai foto efek blur (setidaknya para fotografer tidak mempermasalahkan tentang foto blur milik siapa yang betul-betul alami) untuk kualitas estetika yang menakjubkan. Ini bukan sebuah kompetisi, ini adalah sebuah bentuk dari karya seni dan ini adalah sebuah perjalanan dalam hidup.

Baik atau Tidaknya (Foto Blur): Apa Perbedaannya?Apa Perbedaan antara sebuah Foto Blur yang Baik dengan yang Tidak?

Sederhananya, sebuah foto Blur yang baik membangkitkan kualitas estetika yang menyenangkan bagi orang yang melihat foto tersebut. Sementara foto blur yang buruk biasanya memiliki latar belakang yang tidak cukup fokus dan menciptakan bayangan sudut bukan area fokus yang lembut, yang pastinya menciptakan perasaan estetika tidak menyenangkan saat dipandang. Jadi, ini tercipta dari beberapa faktor, ketika seorang fotografer mempertimbangkan hasil dari sebuah foto blur, kualitas dari efek blur, kualitas pencahayaan dan bentuk lensa.

Berikut Ide-Ide Untuk Pemotretan Gambar (Untuk Membuat efek Blur)

Anda dapat memotret sebuah gambar secara menyeluruh dan anda bisa menghasilkan efek blur di foto tersebut pada bagiaan latar belakang ataupun pada keseluruhan foto. Berikut beberapa idenya:

  1. Kemeriahan Hari Raya beserta Hiasan-hiasannya (contoh : Cahaya Lampu Natal)
  2. Pemotretan yang hanya fokus pada satu Subjek (model)
  3. Fotografi alam terbuka
  4. Berbagai jenis pencahayaan di malam hari (disinilah anda dapat menciptakan berbagai kreativitas)

Bagaimana untuk Memotret Blur dengan Kamera Ponsel Anda?

1. Gunakan Bukaan Aperture yang Lebar

Ukuran diafragma mengikuti ukuran bukaan lensa. Lensa dengan bukaan yang lebih besar lebih efektif dalam menciptakan lensa blur, semakin besar aperture itu semakin baik. kamera ponsel dan perangkat dari ponsel biasanya memiliki ukuran aperture yang memadai yang akan menciptakan blur yang cukup pada latar belakang tapi ada yang melebihi itu. iPhone memiliki ukuran aperture f / 2.2 dan bukaan lensa ini cukup untuk membuat blur pada latar belakang gambar, tapi ini hanya untuk ukuran sensor kecil. Hal ini juga dikenali bahwa kamera dengan sensor besar adalah yang terbaik untuk menciptakan latar belakang yang lembut.

Untuk alasan ini, kamera ponsel anda biasanya akan menyimpan semuanya dalam fokus (atau secara teknis, memiliki depth of field yang sangat luas) kecuali anda mengubahnya menjadi : subjek-kamera atau jarak antara latar belakang terhadap subjek.

2. Memotretlah Pada Jarak Fokus yang Lebih Luas

Jarak fokus juga dapat dijadikan sebagai acuan. Kemampuan lensa untuk memperbesar gambar membantu dalam menciptakan luas pandangan saat memotret. Ketika lensa zoom-in lebih dekat dengan subjek, ini menciptakan blur lebih pada latar belakang. Oleh karena itu, memotret pada jarak fokus yang lebih luas, lebih baik daripada memotret pada sudut  pandang yang luas. Sayangnya, perangkat mobile dan ponsel kamera memiliki lensa wide angle yang tidak dapat diubah. Ini adalah keterbatasan utama dalam menciptakan efek yang ingin dicapai. Biasanya, dengan bukaan diafragma yang besar, perangkat memiliki kesulitan untuk menciptakan efek latar belakang yang kabur karena panjang fokus yang lebih pendek biasanya selalu terjadi. Ini sebabnya mengapa kita perlu untuk menutupi keterbatasan ini pada ponsel kita dengan menggunakan jarak sebagai nilai plus.

3. Dekatkan Jarak Kamera Terhadap Subjek

Langkah awal untuk membuat latar belakang blur dengan menggunakan perangkat ponsel yaitu dengan dekatkan kamera anda sebisa mungkin terhadap subjek yang akan dipotret. Semakin dekat jarak kamera dengan subjek, semakin blur efek latar belakang yang anda dapatkan. Kebanyakan kamera tidak memungkinkan anda untuk terlalu dekat pada subjek karena hanya akan mengaburkan subjek anda. Mendekatlah sebisa mungkin sambil membidik subjek anda lebih seksama. Dengan bergerak lebih dekat ke subjek, efek blur pada latar belakang akan bertambah.

4. Jauhkan Jarak antara Subjek dengan Latar Belakang

Langkah kedua dalam menciptakan latar belakang blur adalah dengan menjauhkan jarak dari subjek terhadap latar belakang. Semakin jauh subjek dari latar belakang, semakin blur hasil yang anda dapatkan. Oleh karena itu, anda perlu untuk mengatur kembali posisi subjek atau memindahkannya sehingga anda membuat latar belakang semakin menjauh dari subjek. Lakukanlah seperti itu.

Kesimpulan

Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa memahami trik dalam memotret blur menggunakan kamera ponsel tidaklah mudah dan dapat dilakukan begitu saja. Ada beberapa langkah untuk mendapatkan efek blur yang baik serta indah ketika dipandang mata. Beberapa ponsel menyediakan aplikasi tersebut sehingga kita hanya perlu untuk mempelajari dan mengaturnya lagi agar dapat digunakan kapan saja untuk mendapatkan efek blur yang di inginkan pada tiap momen yang tak ingin kita lewatkan.

Referensi :

http://www.nikonusa.com/en/learn-and-explore/article/h0ndz86v/bokeh-for-beginners.html

http://smartphonephotographyresources.com/how-to-do-bokeh-photography

http://www.lightstalking.com/can-you-really-create-background-blur-with-your-camera-phone/

Artikel Terkait

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Video Terbaru

Loading...

Instagram

lensa terbaik untuk foto landscape

Ikuti Foto.co.id!

Bergabunglah di komunitas fotografi kami, dan belajar fotografi bersama kami!

Terima kasih, silahkan cek inbox anda dan konfirmasi untuk bergabung.

Share This