Select Page

13 Fotografer Terpopuler Asal Indonesia

13 Fotografer Terpopuler Asal Indonesia

Fotografer adalah seseorang yang memiliki kemampuan khusus dalam memotret objek untuk mengubah bentuk dari foto tersebut. Bertentangan dengan prinsip yang menyatakan bahwa memotret “pada momen yang di tentukan” yang mendominasi pemahaman dalam fotografi, seorang fotografer tak hanya harus memperhatikan keseluruhan foto yang telah diambil. Untuk menggambarkan proses, seorang fotografer harus masuk dan memahami situasi untuk mendapatkan hasil potret terbaik, serta merasakan manfaat lebih dari besarnya kepedulian dalam mendorong dan memanipulasi segala sesuatu yang perlu untuk di seimbangkan dalam suatu keadaan pemotretan, seperti: pencahayaan, hubungannya dengan subjek dan apapun itu.

Seorang fotografer memahami sekumpulan energi yang membentuk sebuah alur dan mendapatkan titik temu, yang mirip sebuah melodi serta membuat sebuah gambar menjadi alunan yang sempurna. Fotografer harus mengetahui dan bekerja lebih cepat yang ia bisa saat pemotretan, mengetahui bagaimana cara kerja shutter dan kapan flash di gunakan. Hal tersebut sangat penting untuk di tanggapi, sebab dapat menghasilkan gambar terbaik dalam momen terpenting seseorang yang ia potret. Momen yang di dokumentasikan bukan momen yang fotografer lihat, melainkan momen yang tidak terlihat.

Hal ini sangat bermanfaat untuk di ketahui oleh para fotografer bahwa mereka harus menunjukkan kemampuan terbaiknya dalam memanipulasi gambar. Pada beberapa kegiatan pemotretan, foto pertama yang di potret mungkin mendapatkan hasil yang dapat dikatakan gagal. Saat berdiri depan seseorang yang mungkin dikatakan bahwa orang tersebut adalah yang tercantik di dunia, tapi hasil akhir foto tak selamanya baik secara keseluruhan, meskipun subjeknya sempurna. Hal itulah yang dapat menjadi alasan bahwa tak selamanya hasil foto dapat sempurna, hal tersebut dapat dijadikan pengalaman yang berharga.

Banyak hal yang cenderung memaksa para fotografer untuk mengulang pola kebiasaan mereka ketika memotret, seperti: saat terakhir memotret mereka memakai cara seperti apa, serta cara yang digunakan berdampak besar terhadap hasil yang diperoleh (mungkin lensa yang digunakan) dan berbicara dengaan model atau pencahayaan yang digunakan, dan lain-lain, mungkin mendapatkan hasil yang sama. Cara-cara mudah tersebut tidak membuat para fotografer memahami apa yang ada dihadapan mereka, cara tersebut hanya memberi kepastian yang berulang, untuk mereka sendiri. Sang fotografer harus menjadi lebih terbuka dihadapan subjek mereka, keluar dari zona nyaman dan berusaha keras untuk visi baru mereka yang tak pernah dibayangkan sebelumnya. Jika fotografer telah dapat memahami cara tersebut, sudah tidak ada halangan lagi bagi mereka dalam mengambil gambar terbaik, yang di inginkan.

Di Indonesia, ada beberapa fotografer terkenal yang kaya akan pengetahuan mengenai fotografi. Fotografer yang terpopuler di Jakarta dapat menghasilkan foto yang pastinya berkualitas tinggi serta membuat anda puas akan karyanya. Tentunya, mereka dibayar mahal dan biaya yang tinggi untuk hasil karya fotografi milik mereka. Berikut ada 13  fotografer Indonesia yang terpopuler:

Andreas Darwis Triadi

Andreas Darwis Triadi adalah fotografer yang terkenal paling berpengalaman di Indonesia. Darwis mulai merintis karirnya dalam dunia fotografi sejak tahun 1979. Kemampuannya sebagai fotografer professional sudah tidak di ragukan lagi. Prestasinya yaitu, ia dapat menunjukkan hasil karya fotografinya pada majalah tahunan Hasselblad.

Di awali pada tahun 1980 dari foto untuk brosur Hotel Borobudur dengan bayaran sebesar Rp 50.000, perjalanannya semakin dikenal karena berani menampilkan sesuatu yang berbeda. Tahun 1981 Darwis bersama para fotografer amatir memamerkan hasil karyanya. Rekan-rekan fotografernya memajang bermacam-macam foto bertemakan lanskap dan humanis, Darwis kala itu memajang foto beberapa model dan peragawati. Para pengunjung kaget sekaligus kagum. Tetapi tidak sedikit orang juga yang menyebut Darwis sebagai fotografer yang tidak tahu teknik foto serta menentang arus.

Fotografer Indonesia
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Darwis Triadi adalah salah satu fotografer yang terkenal paling berpengalaman di Indonesia

Tahun 1990 dia diberi kepercayaan untuk menampilkan karyanya di majalah tahunan yang berskala internasional Hasselblad. Dalam waktu yang bersamaan, ia sempat mempresentasikan slide andalannya dalam acara Photo Kina International Competition di Kohn, Jerman. Majalah Vogue yang juga berskala internasional memajang karyanya pada artikel spesial tentang Indonesia. Produsen lampu Broncolor, Bron Elektronik AG dari Swiss, juga memilihnya untuk mengisi kalender Broncolor tahun di 1997

Karya Darwis di bidang fotografi juga bisa di lihat dari berbagai macam foto produk-produk untuk iklan dari berbagai produsen besar seperti Nokia, Philips, BCA, Permata Bank, Satelindo, Indofood,Sony Ericsson, Telkom, PT. Unilever, Bank Mandiri, Mustika Ratu, Sari Ayu, Warner Music, Aquarius Music, Sony Music. Darwis juga telah menghasilkan karya berupa buku mengenai fotografi seperti Kembang Setaman, Secret Lighting dan Terra Incognita Tropicale. Juga majalah Indonesian Photographer.

Darwis sering membuat seminar, dan workshop tentang fotografi. Dia juga telah mendirikan lembaga pendidikan fotografi di Jakarta Selatan. Dan memiliki studio Darwis Triadi Photography, dia juga membuka sekolah yang diberi nama Darwis Triadi School of Photography. Sebuah tempat yang merupakan salah satu impian dari Darwis, agar fotografi menjadi lebih terbuka.

Stanley Allan

Stanley Allan adalah seorang fotografer pernikahan yang populer di Indonesia, khususnya di Jakarta. Stanley memulai merintis karirnya dalam dunia fotografi sejak 1997 dan berkembang begitu pesat. Stanley berfokus pada fotografi pernikahan. Stanley Allan merupakan fotografer wedding ternama di Jakarta dan telah berkarir sebagai fashion fotografer sejak tahun 1997 setelah lulus dari Leselle Collage Jakarta.

Fotografer Indonesia
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Stanley sangat terkenal untuk pemotretan wedding dan pre-wedding, karena hasil karyanya yang sudah tidak di ragukan lagi dalam sederet potret pernikahan

Jimmy Iskandar

Otodidak dan telaten, sifat yang melekat pada diri Jimmy Iskandar, pewaris tahta Tarzan Photo yang berdiri sejak tahun 1948. Bermodalkan 13 jutaan, Jimmy mendongkrak Tarzan Photo menjadi primadona. Ketenarannya melambung saat mempelopori foto bermedia kanvas. Melewati tiga zaman, foto hitam putih, foto berwarna, hingga era digital. Tarzan Photo pun sukses mencatat sejarah memotret 5 presiden. Sang fotografer, Jimmy Iskandar sangat terkenal handal di ranah Istana Negara kala itu,

Darah sang ayah, Tjhang Khioe Sian rupanya mengalir deras pada diri Jimmy Iskandar. Sejak usia dini, Jimmy sudah mengagumi pekerjaan sang ayah sebagai juru foto dokumentasi surat-surat resmi dan pas foto dengan menggunakan alat sederhana manual. Di usianya yang baru menginjak 18 tahun, Jimmy sudah mulai akrab dengan tombol-tombol kamera. Baginya, tahun 1980-an seperti menjadi babak baru bagi kehidupannya. Ia dituntut untuk mandiri. Ditahun itu, atas restu orang tua iapun membuka usaha fotografi dengan modal sekitar 13 jutaan. Butuh waktu 5 tahun untuk menjadi tenar.

fotografer Indonesia
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Jimmy Iskandar telah memiliki Minat Fotografi sejak masa kecilnya, yang di turunkan dari ayahnya yang juga seorang fotografer handal pada masanya

Berkat foto kanvas yang dipeloporinya, perlahan usaha yang dibidiknya mulai melejit, bahkan hingga ranah Istanah Negara. Tak aneh, jika kemudian orderan pun terus mengalir. Fotografer yang telah melewati tiga zaman ini terus ‘berdansa’ dengan pesanan kelas atas. Dalam catatan karirnya, setidaknya ia telah sukses memotret 5 presiden RI berturut-turut. Selain itu pemotretan di event akbar seperti KTT Non Blok ke 10 (1992) dan Konferensi Asia Afrika (KAA) Golden Anniversary (2005) dalam sederet data yang menceritakan kegemilangannya selama berkarir di dunia fotografi.

Marsio Juwono

Salah satu fotografer terkenal Indonesia lainnya, yaitu Marsio Juwono. Marsio juga adalah salah satu fotografer yang terpopuler di Indonesia. Dia memulai karir fotografinya sejak tahun 2002. Marsio Juwono juga termasuk fotografer pre-wedding terpopuler. Setelah lebih dari 15 tahun berkarya, Marsio kini juga menjadi pembicara di beberapa kelas fotografi.

Jacky Suharto

Selain Stanley Allan, fotografer yang terkenal untuk foto pernikahan, Jacky Suharto juga adalah fotografer untuk pernikahan. Jacky sangat handal untuk foto pre-wedding di Jakarta. Ia memulai karirnya dalam dunia fotografi sejak tahun 2000, membuatnya semakin komersial serta menjadi fotografer terkenal di Indonesia.

Rio Fotografi

Rio fotografi adalah salah satu fotografer Indonesia terkenal lainnya. Ia memiliki beberapa keahlian, yaitu memotret pre-wedding, pernikahan, foto kelahiran, kehamilan, keluarga dan banyak lagi. Rio menjadi fotografer pilihan utama para selebriti Indonesia.

Diera Bachir

Diera adalah pendatang baru dalam dunia fotografi di Indonesia. Fotografer wanita ini sangat terkenal untuk pemotretan pre-wedding. Menunjukkan kesan romantis menjadi ciri dalam tiap fotonya. Hasil fotonya selalu disukai oleh para kliennya. Kariernya sebagai fotografer menanjak setelah memotret pre-wedding Olla Ramlan. Kini wanita lulusan Desain Komunikasi Visual Universitas Pelita Harapan itu sudah memotret puluhan artis Indonesia. Tidak hanya untuk pre-wedding, sederet selebriti juga mempercayakannya sebagai fotografer mereka, seperti personal potrait hingga pregnancy atau kehamilan.

fotgrafer indonesia
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Diera Bachir Merupakan seorang Fotografer terkenal di kalangan para artis tanah air

Rossie Hardy

Fotografer wanita satu ini menjadi sangat terkenal serta di pertimbangkan dalam dunia fotografi di Indonesia. Rossie di percaya untuk menangani paket album Maroon 5, majalah Elle serta X-Factor UK.

Nicole Patricia Malina

Fotografer wanita ini juga menjadi salah satu yang terpopuler di Indonesia, tapi ia juga terkenal di Belanda. Ia memulai karir fotografinya di Indonesia sejak tahun 2008 dan secara langsung menangani beberapa produk komersial.

Andra Alodita

Andra Alodita juga menjadi salah satu fotografer terkenal Indonesia. Ia handal dalam pemotretan pernikahan, gaya terkini, serta backstage fashion di Indonesia. Selain dikenal di kancah dunia fotografi Indonesia, namanya pun tak asing di kalangan para blogger. Ketertarikan Andra terhadap dunia seni, ternyata telah membawanya untuk menemukan pekerjaan yang sesuai dengan passion-nya. Berawal dari belajar melukis, menari dan memasak, kini wanita lulusan Universitas Pelita Harapan itu telah sukses memantapkan karirnya sebagai salah satu fotografer wanita kebanggaan Tanah Air. Perjalanannya menuju kesuksesan juga dihadapi dengan rintangan. Wanita kelahiran 7 Oktober 1986 itu sempat di remehkan karena ia merupakan fotografer wanita yang bergaya feminin. Namun, anggapan tersebut justru membuat Andra semakin termotivasi. Hingga akhirnya namanya dapat di perhitungkan dalam industri fotografi Indonesia.

Oscar Motuloh

Oscar adalah salah satu wartawan foto yang paling terkenal di Indonesia, serta ia juga berperan sebagai pengawas dan pengurus fotografi negara pilihan. Oscar juga adalah pendiri Galeri Foto Jurnalistik Antara, serta memiliki organisasi terpenting di Indonesia yang terlibat dengan pengurusan fotografi, pendidikan dan pameran.

Indonesian Fotgrafer popular
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Fotografer Oscar Motuloh merupakan pendiri Galeri Foto Jurnalistik Antara

Erik Prasetya

Sebagai rekan kerja Oscar Motuloh, Erik Prasetya terkenal karena kepiawaiannya dalam street photography serta jurnal dokumentasi Jakarta yang ia dalami selama 15 tahun. Erik Prasetya memamerkan hasil-hasil karya miliknya dalam pameran bertajuk “Jakarta Estetika Banal”

Arbain Rambey

Arbain adalah seorang wartawan foto nasional, hasil karyanya di terbitkan oleh koran Indonesia, Kompas. Sekarang ia telah memiliki acara fotografi sendiri di Kompas TV, yang berjudul “Klik, Arbain Rambey”.

Kesimpulan

Fotografer merupakan profesi yang sangat menyenangkan. Ada begitu banyak hal yang dapat dijelajahi pada objek, saat pemotretan. Di Indonesia, ada beberapa Fotografer terhandal yang pastinya sudah berpengalaman dan kemampuannya sudah tidak di ragukan lagi dalam mengabadikan setiap momen terbaik, tentunya dengan jurus-jurus terjitu yang mereka miliki serta pengetahuan mereka yang lebih dalam mengenai ilmu fotografi. Semoga uraian di atas bermanfaat dan jika anda masih ingin mengetahui info lebih banyak lagi tentang fotografer lainnya, silahkan klik di foto.co.id, Thanks & Sampai jumpa 🙂

Artikel Terkait

Video Terbaru

Loading...

Instagram

lensa terbaik untuk foto landscape

Ikuti Foto.co.id!

Bergabunglah di komunitas fotografi kami, dan belajar fotografi bersama kami!

Terima kasih, silahkan cek inbox anda dan konfirmasi untuk bergabung.

Share This