Select Page

17 Teknik Sederhana Untuk Foto Sunset Yang Keren

Ada momen dalam kehidupan ini yang berlangsung sebentar saja, dimana momen tersebut harus anda kejar bahkan kalau bisa menunggunya. Momen yang hanya terjadi 2x dalam sehari. Momen tersebut adalah sunrise dan sunset. Mengambil gambar saat matahari terbit maupun terbenam memang kelihatannya gampang / mudah, namun jika kita hanya asal-asalan dalam mengambil gambar tersebut, maka pastinya hasil yang diperoleh kurang maksimal.

Warna cahaya yang dihasilkan pada saat matahari sedang terbenam sangat bagus dalam pandangan mata kita. Itulah sebabnya, sebagian besar fotografer senang untuk mengambil gambar matahari terbenam, karena disamping warna cahaya yang dihasilkan bagus, ternyata foto sunset memberikan tantangan tersendiri bagi mereka. Misalnya, foto yang dihasilkan saat mengambil gambar sunset tidak ada jaminan bahwa selamanya bagus karena kadang-kadang juga hasilnya kurang bagus (warna memudar).

Jadi, jika ada cara yang baik untuk digunakan dalam memperoleh hasil yang bagus untuk foto sunset, mengapa tidak dicoba? Nah, tanpa panjang lebar lagi, maka berikut ini adalah 17 tips foto sunset yang keren yang bisa kami (foto.co.id) sediakan buat anda.

1.  Buat Perencanaan

Meskipun terkadang gambar matahari terbit dan terbenam dapat diambil secara spontan tanpa berpikir terlalu lama, tapi yang pasti bahwa yang terbaik selalu dihasilkan dari perencanaan. Perhatikan tempat-tempat yang baik untuk foto sunset anda sehari atau lebih sebelum anda memotret. Carilah tempat-tempat yang menarik di mana anda bukan hanya dapat melihat jejak matahari memancarkan cahayanya ke bawah, tapi juga anda dapat menciptakan peluang untuk mengambil gambar dengan memasukkan unsur-unsur latar depan dan siluet pada foto sunset anda. Ingat, mengambil gambar sunset memiliki batas waktu. Jadi, pikirkanlah segala sesuatu sebelumnya atau anda sama sekali kehilangan foto sunset anda.

Cari tahu kapan matahari akan terbenam dan usahakanlah untuk berada disana setidaknya setengah jam sebelum waktunya. Disamping itu juga pertimbangkanlah perlengkapan yang hendak anda bawa, misalnya tripod, lensa, serta batere. Perencanaan yang sempurna membuat jalannya pemotretan berlangsung dengan baik.

2.  Gunakan Cahaya Yang Rendah (Underexpose)

Underexpose adalah teknik yang sangat penting untuk mengambil gambar matahari terbenam. Cahaya sedikit yang dihasilkan oleh matahari terbenam membuat warna cahaya yang dihasilkan terlihat lebih kaya dan terperinci. Disamping itu juga, cahaya sedikit yang dihasilkan oleh matahari saat terbenam memberikan tampilan yang sangat dramatis terhadap keseluruhan area pemotretan. Itulah sebabnya, anda bisa menggunakan teknik underexpose (pencahayaan yang rendah) dengan menggunakan mode manual dan memilih pengaturan shutter speed yang cepat, atau anda dapat mengambil gambar dengan menggunakan kompensasi pencahayaan yang tersedia.

Bagaimanapun caranya, jangan lewatkan setiap momen yang ada saat matahari sedang terbenam.

3.  Tentukan Latar Depan (Foreground) Anda Terlebih Dahulu

Foreground / latar depan memberikan celah yang menarik terhadap semua jenis foto tidak terkecuali foto sunset. Cara terbaik untuk memperoleh hasil yang bagus saat mengambil gambar matahari terbenam adalah penempataan beberapa objek yang menarik pada latar depan foto anda. Misalnya sebuah kolam, dermaga, dan lain-lain. Temukanlah sesuatu yang menarik untuk disandingkan/diletakan bersama dengan latar depan anda untuk menambahkan keistimewaan pada foto anda.

Ingat, jadilah fotografer yang kreatif dengan menampilkan keunikan-keunikan dari sebuah tempat maupun suasana dan biarkan para penggemar fotografi hanyut dalam karya-karya yang anda hasilkan.

4.  Jangan Tempatkan Garis Horisontal Di Tengah-Tengah Foto

Pada umumnya, aturan yang bagus saat hendak melakukan foto sunset adalah menempatkan garis-garis horizontal pada bagian bawah foto, jika sunset (foto matahari terbenam) yang nampak pada saat pengambilan gambar terlihat indah/bagus, tapi jika tidak, maka tempatkanlah garis-garis horizontal pada bagian atas foto anda.

5. Perhatikanlah Sekitar Anda

Hal yang indah tentang matahari terbenam (sunset) adalah bukan hanya membuat warna yang indah di langit tepat di depan mata anda, tetapi juga memancarkan cahaya keemasan indah yang dimilikinya jika dibandingkan dengan jenis fotografi lainnya. Ketika sunset sedang berlangsung, perhatikan area sekitar anda (bukan hanya di depan Anda). Kadang-kadang area foto yang ada dibagian belakang anda bisa menjadi latar yang cantik dan indah dimana hampir semua fotografer lupa melakukannya karena terlalu sibuk dengan memperhatikan arah matahari.

Matahari terbenam menghasilkan cahaya yang indah dan suasana yang hangat seakan bermandikan cahaya yang terasa pada bagian belakang anda. Itulah sebabnya, jangan lupa untuk memperhatikan bagian belakang anda saat melakukan pemotretan.

6.  Tahan Lebih Lama

Langit biasanya menghasilkan cahaya dengan warna yang indah setelah matahari terbenam. Hal tersebut terjadi kira-kira 25 menit. Banyak fotografer yang melewatkan kesempatan ini, padahal saat inilah yang terbaik untuk mengambil gambar sunset (matahari terbenam). Tetaplah sabar dan janganlah buru-buru untuk menghasilkan gambar sunset yang bagus.

7.  Buatlah Siluet Di Latar Depan Anda

Hanya dengan mempercepat shutter speed, maka anda akan memiliki siluet. Kunci dalam mengambil gambar siluet yang bagus adalah menemukan subjek dengan rincian yang jelas dan halus yang akan membuat matahari bersinar melalui benda tersebut sehingga memiliki bentuk yang dapat dikenal. Jika anda mempunyai sesuatu yang lebih besar untuk siluet anda, maka ambilah jarak sedikit lebih jauh dari subjek anda.

Foto siluet masih menjadi daya tarik untuk dijadikan sebagai foreground pada foto sunset. Karena foto siluet dapat memberikan cerita tersendiri terhadap foto tersebut. Jadi, jangan hanya terpaku pada foto pemandangan langit sunset tapi juga arahkan metering kamera ke cahaya yang paling terang, kemudian arahkan fokus kepada objek yang akan dijadikan siluet. Hal tersebut bisa berupa manusia atau segala sesuatu yang ada disekitar anda.

8.  Tunggulah Awan Yang Tepat

Saat yang ideal untuk mengambil gambar sunset yang keren adalah pada saat berawan. Saat anda mengambil gambar awan pada umumnya yaitu selembar awan yang berwarna abu-abu, maka foto anda tidak akan memberikan cahaya yang banyak. Tunggulah awan tipis yang setengah-setengah. Awan tersebut akan menolong anda menciptakan foto sunset yang keren dan menarik. Sambil anda menunggu, cobalah untuk mengambil beberapa gambar agar anda tidak kehilangan setiap momen yang berharga saat sedang foto sunset. Jangan biarkan hal menunggu membatasi anda dalam menciptakan foto sunset yang keren dan menakjubkan.

9.  Ambil Gambar Panorama

Pertimbangkanlah mengambil gambar panorama untuk memberikan perbedaan warna pada foto sunset dengan warna-warna lain yang diperoleh dari langit. Gambar panorama (pemandangan alam) memberikan kesan tersendiri bagi seorang fotografer. Karena itu, jadilah fotografer yang bijak yang sanggup untuk menciptakan peluang dengan menghasilkan gambar yang menakjubkan dari setiap kesempatan yang ada. Jangan hanya berdiam diri melainkan memanfaatkan setiap waktu untuk menghasilkan karya yang luar biasa.

10.  Perhatikan Lensa Aperture Anda

Sebelum matahari benar-benar terbenam, perhatikanlah lensa aperture anda. Hentikan lensa aperture anda pada nilai yang tinggi seperti f/22 saat hendak mengambil gambar. Hal ini akan membuat sinar matahari tampak lebih jelas dan juga memberikan efek starbus yang sangat keren pada foto anda.

11.  Lepaskan Kacamata Anda

Jika anda menggunakan kacamatan saat melakukan pemotretan, maka lepaskanlah. Jika anda lupa untuk melepaskannya, maka anda akan berkata-kata sambil memarahi diri sendiri saat anda melihatnya di dalam komputer. Kenapa? Karena jika anda menggunakan kacamata, maka anda akan berpikir bahwa foto yang anda hasilkan semuanya lebih gelap dari yang sebenarnya, karena LCD menampilkan tampilan warna gelap yang wajar, padahal tidak sama sekali.

12.  Carilah Objek Yang Mencerminkan Warna Matahari Terbenam

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Carilah objek yang mencerminkan warna matahari terbenam. Misalnya sebuah bangunan yang anda dibelakang anda, kaca depan sebuah mobil, air yang tenang, dan lain-lain. Dengan refleksi, anda bisa menggabungkannya kedalam bentuk foto landscape yang lebih besar atau membuat foto tersebut berdiri masing-masing. Jangan biarkan kreatifitas anda dibatasi dengan cahaya matahari melainkan manfaatkan sinar matahari yang ada untuk menciptakan gambar yang menakjubkan.

13.  Ambil Gambar Pada Musim Hujan

 

Gambar terbaik untuk matahari terbenam dapat anda miliki pada saat musim hujan di malam hari (early evening) yaitu pada saat awan-awan mulai retak/terpisah-pisah disekitar matahari terbenam. Pada saat hal itu terjadi, maka ambilah kamera anda dan mulailah memotret.

14.  Gunakan Lensa Dan Alat Yang Dibutuhkan

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
Jika anda ingin mengambil gambar matahari terbenam (sunset) dengan matahari yang nampak besar, maka gunakanlah lensa telefoto (telephoto lens). Tapi, jika anda ingin mengambil gambar matahari terbenam dengan matahari yang nampak kecil, maka gunakanlah lensa sudut yang besar (wide-angel lens). Selain lensa, siapkan juga Tripod untuk berjaga-jaga jika dibutuhkan. Tripod sangat berguna untuk menjaga kestabilan kamera anda agar tidak goyang saat sedang mengambil gambar apalagi jika kamera anda tidak memiliki fitur anti getar.

15.  Hati-Hati

Jangan tertipu dengan menggunakan ikon sunset pada mode panggil anda. Itu adalah mode otomatis yang mana akan membuat anda kehilangan kontrol dalam menentukan serta memilih aperture yang kreatif, shutter speed, dan lain-lain. Jadilah fotografer yang bijak agar tahu cara yang tepat dalam memanfaatkan pengaturan yang ada pada kamera anda. Jangan mudah terkecoh tapi teruslah belajar dan tingkatkan kemampuan anda.

16.  Bersihkan Lensa Dan Sensor

Pastikan untuk membersihkan lensa dan sensor kamera anda. Karena butiran debu akan nampak jelas terlihat saat menghadap langit yang cerah. Hal tersebut akan membuat penglihatan anda terganggu. Dalam membersihkan sensor kamera, usahakanlah untuk tidak menghadapkannya kebawah melainkan keatas karena hal tersebut bisa menambah kekotoran terhadap sensor kamera anda. Kemudian, ketika anda kendak membersihkan sensor kamera, pastikan bahwa anda menggunakan kit pembersih yang sesuai dan tidak sembarang karena jika anda menggunakan alat sembarangan untuk membersihkan sensor kamera anda, maka hal tersebut bisa menyebabkan anda untuk membeli kamera yang baru.

17.  Gunakan Fokus Manual

Kadang-kadang, saat pengambilan gambar dalam kondisi pencahayaan yang ekstrim, beberapa kamera mengalami kesulitan dalam menjaga titik fokus. Jika hal ini yang terjadi dengan kamera anda, maka pertimbangkanlah agar beralih ke fokus manual untuk memastikan anda mendapatkan gambar bagus. Jangan membuang-buang waktu ketika sulit untuk memperoleh titik fokus karena situasi cahaya yang ekstrim. Segera beralih ke fokus manual agar anda bisa dengan leluasa menggunakan kamera anda tanpa ketinggalan momen-momen sunset yang keren.

Demikianlah artikel yang bisa kami sediakan buat anda. Kiranya artikel ini bisa bermanfaat. Selamat mencoba …

Artikel Terkait

Video Terbaru

Loading...

Instagram

lensa terbaik untuk foto landscape

Ikuti Foto.co.id!

Bergabunglah di komunitas fotografi kami, dan belajar fotografi bersama kami!

Terima kasih, silahkan cek inbox anda dan konfirmasi untuk bergabung.

Share This