Select Page

20 Tips Handal untuk Memotret dengan Kamera Ponsel Anda

Kita hidup dalam waktu di mana segalanya serba modern. Sudah bukan jamannya lagi dimana kamera hanya berfungsi sebagai alat potret, MP3 player hanyalah pemutar musik, ponsel hanya untuk  menelpon. Pada saat ini, kamera digital ditemukan dalam berbagai gadget, termasuk ponsel. Bahkan, Ponsel Kamera adalah salah satu segmen yang tumbuh paling cepat dari pasar kamera digital dan dengan perbaikan dalam kualitas yang ditawarkan untuk beberapa ponsel (kapasitas megapixel yang lebih tinggi, lensa yang lebih baik, kapasitas penyimpanan yang tinggi) beberapa kalangan percaya bahwa mereka mulai memenangkan pasar jauh dari persembahan low end dari banyak produsen kamera digital. Pendapat saat ini yaitu membawa kamera kemanapun, maka anda menggunakan kamera ponsel lebih sering. Sayangnya, banyak dari gambar yang diambil dari kamera ponsel buruk dalam kualitas. Ini mungkin sebagian akibat dari kamera berkualitas rendah, tetapi juga sering merupakan akibat dari teknik fotografi yang buruk.

Banyak kamera Smartphone menawarkan fungsi zoom digital, serta anda selalu diberikan layanan yang terbaik, sehingga anda tidak dapat merasakan tiap fungsi yang ditawarkan. Bahkan ketika dilihat di aplikasi pratinjau, anda akan dapat melihat bagaimana gambar terasa lebih diturunkan kualitasnya, kedua ketika anda mulai “zoom.” Kamera hanya akan memproses apa yang sudah ada dan pada dasarnya menebak gambar apa yang seperti terlihat, hasilnya akan buruk. Ketika anda memotong gambar, anda sebenarnya hanya mengedit sampel info pixel yang sudah direkam. Banyak dari kamera Smartphone memiliki resolusi gambar hingga 8-megapixel dan kadang-kadang bisa lebih. Berarti anda dapat memotong secara substansial dan masih memiliki banyak resolusi yang tersisa untuk tampilan di web dan kurangnya nilai seni dari hal tersebut, akan menutupi kekurangan bahwa gambar itu diambil dengan kamera ponsel.

Dengan keputusan ini, anda sudah dapat mulai memilih gaya anda sendiri atau bahkan memperbanyak gaya anda yang sudah diatur di luar dari smartphone anda. Ini jauh lebih efektif daripada memilih penyaring gambar untuk gaya favorit anda dan menambahkan itu pada setiap foto. Jarak pandang antara kamera dan subjek yang akan di foto selalu menjadi salah satu tantangan terbesar bagi kamera smartphone. Lensa wide angle dan sensor kecil membuat latar blur secara merata sulit dicapai. Akibat dari hal ini, membuat hasil dari keseluruhan foto bisa menjadi buruk.

Berikut, beberapa tips untuk anda ketika menggunakan kamera ponsel untuk mengambil gambar dengan hasil terbaik.

1. Berikan Pencahayaan yang Baik Pada Subjek

Semakin baik pencahayaan pada subjek anda, semakin jelas gambar yang anda dapatkan. Jika memungkinkan, mengambil gambar di luar ruangan atau menyalakan lampu saat pengambilan gambar di dalam ruangan. Jika anda menyalakan lampu di kamar untuk memberi cahaya tambahan untuk memotret, anda akan menyadari dampak dari cahaya buatan tersebut akan muncul pada hasil potret, mungkin anda perlu bereksperimen dengan white balance untuk memperbaikinya.

Beberapa kamera hadir dengan menawarkan built in flash, penerangan atau penambahan cahaya, hal tersebut dapat mengakibatkan pemotretan menjadi berantakan dan membuatnya semakin tidak jelas. Meskipun anda memotret di luar ruangan (akan menjadikan gambar sebagai pengisi cahaya). Jika kamera anda tidak memiliki flash atau cahaya, anda harus menghindari memotret ke arah cahaya terang, karena anda akan mendapatkan hasil yang foto menyilaukan.

2. Mendekatlah Pada Subjek

Salah satu kesalahan paling sering terjadi ketika memotret gambar dengan kamera ponsel adalah yaitu subjek akan menjadi kelihatan tidak jelas, objek tidak dikenali dari kejauhan. Hasil dari gambar kamera ponsel cenderung kabur, karena resolusi rendah (meskipun hal ini dapat berubah) arahkanlah viewfinder tepat pada subjek anda, untuk menyimpannya agar mudah diperbesar dan kemudian mengeditnya nanti (hal ini dapat menurunkan kualitas gambar secara berlebih). Pada pernyataan ini, kita diarahkan pada beberapa model ponsel kamera yang menciptakan kesalahan dalam pemotretan dan masalah fokus (terutama jika kamera ponsel tidak memiliki mode makro atau fokus dekat).

3. Tetaplah Memegang Kamera

Dalam semua hal fotografi digital, semakin fokus kamera ponsel anda saat memotret, makin jernih pula hasil gambar yang di dapatkan. Hal ini sangat penting, saat pencahayaan kurang, Shutter Speed pada kamera lebih lama untuk mengkompensasi kekurangan cahaya. Salah satu triknya yaitu sandarkanlah ponsel kamera anda pada benda padat (seperti pohon atau dinding) saat mengambil gambar atau tangan anda memegangnya. Perlu diingat bahwa banyak kamera ponsel yang tidak memiliki ‘shutter lag’ (yaitu waktu antara anda menekan shutter dan saat kamera memotret gambar hanya dalam waktu satu detik atau lebih). Ini berarti anda harus memegang kamera sedikit lebih lama lagi untuk memastikan anda tidak memotret gambar saat menjauhkannya dari subjek.

4. Editlah Gambarnya Nanti

Hal yang menyenangkan memang, ketika anda dapat menggunakan aplikasi penambahan efek dan pengeditan pada kamera di ponsel anda, mengedit gambar kemudian pada komputer anda akan menghasilkan gambar berkualitas yang lebih baik. Memotret gambar berwarna pada resolusi tinggi untuk menetapkan pilihan, serta cara untuk memperbaikinya nanti. Anda dapat menggantinya gelap atau terang pada komputer anda, tetapi anda tidak dapat mengubahnya jika anda telah menetapkannya dalam modus Hitam dan Putih.

5. Belajar dari ‘kesalahan’

Perlu diingat bahwa kebanyakan layar ponsel, memiliki kualitas tak sebagus yang pada layar komputer. Jadi, simpanlah dulu gambar di ponsel anda sampai anda bisa menyimpannya pada layar PC anda. Anda mungkin menemukan bahwa kualitas gambar ini lebih hidup pada monitor yang lebih berkualitas. Anda juga akan mengetahui bahwa banyak ‘kesalahan’ dan hasil pemotretan yang ‘kabur’ sebenarnya bisa sangat berguna (secara abstrak, dapat dijadikan sebagai jalan petunjuk agar lebih baik nantinya)

6. Hindari Menggunakan Aplikasi Digital Zoom

Mendekatkan sebisa mungkin hingga subjek kelihatan lebih jelas, saat mengambil gambar (jika anda memiliki fitur ‘zoom’ pada kamera ponsel anda), jika zoom tersebut adalah ‘digital zoom’ itu akan mengurangi kualitas dari bidikan, ketika anda menggunakannya (Anda akan mendapatkan hasil potret dengan jumlah pixel yang berlebihan). Anda dapat mengedit gambar anda kemudian menggunakan software editing foto di komputer anda. Tentu saja, beberapa ponsel kamera mulai membidik pasar dengan menggunakan optik ‘zoom’ ini baik-baik saja untuk digunakan, karena tidak memperbesar tampilan subjek anda dengan ukuran pixel yang berlebih.

7. Percobaan dengan White Balance

Bertambahnya jumlah ponsel kamera, diiringi dengan tambahan aplikasi white balance yang memungkinkan anda untuk mengubah keseimbangan warna pada gambar anda berdasarkan kondisi pemotretan. Percobaan dengan fitur ini dilakukan untuk mendapatkan hasil yang baik sebagai dampak pada gambar yang telah anda potret. Di ketahui bahwa tiap ponsel kamera memiliki perbedaan, bacalah pengaturan manualnya agar mengetahui bagaimana cara kerjanya pada ponsel anda.

8. Memotretlah sebanyak mungkin dan Ber-eksperimenlah

Keindahan segala bentuk fotografi digital (termasuk pada kamera ponsel) adalah kemampuan untuk memotret banyak gambar dengan cepat dan tanpa biaya. Ini berarti anda dapat bereksperimen dengan modus dan komposisi yang berbeda dan membuang gambar yang tidak ingin anda simpan. Ponsel kamera sangat pas untuk bereksperimen dari sudut dan perspektif baru, membidik dari bawah lebih rendah, dan lebih tinggi, secara dekat dan lain-lain, serta gambar yang dihasilkan juga menarik dan lebih berwarna.

9. Ikuti Aturan Komposisi (Kemudian Kuasailah)

Pelajari beberapa komposisi ‘aturan’ dasar. (Misalnya, ‘the rule of thirds’ ). Jangan  menempatkan subjek anda tepat di tengah-tengah tampilan gambar anda. Tips sederhana seperti ini dapat menjadikan foto anda lebih hidup. Tapi kemudian juga ingat bahwa kebaikan dari ponsel kamera adalah kemampuannya untuk memecahkan semua masalah, pada gambar terbaik yang ada serta dapat mematahkan semua aturan. Jadi membidik dari atas, bawah, ketinggian, arah dekat dan apapun itu semuanya bisa.

10. Pastikan Lensa Anda Bersih

Salah satu tantangan pada kamera ponsel yaitu menjaganya agar dirawat dan tetap bersih. Ponsel sering disimpan di saku, di tas dan digunakan dalam segala macam cuaca dan kondisi. Akibatnya lensa pada kamera ponsel menjadi kotor dan dapat dengan mudah rusak. Bekas sidik jari adalah masalah umum pada lensa kamera, terutama jika telepon anda tidak memiliki penutup lensa. Secara teratur, bersihkanlah lensa kamera anda dengan menggunakan kain lembut (kain halus yang digunakan untuk membersihkan kacamata, juga bagus).

11. Cari Tahu Mengenai Etika dari Kamera Ponsel

Meskipun tidak ada peraturan resmi dalam menggunakan ponsel kamera, ini layak untuk di pertimbangkan bagaimana anda menggunakannya dan apa dampak yang mungkin terjadi pada orang lain. Ada banyak kasus ponsel kamera yang disalah gunakan untuk mengambil foto licik atau yang tidak senonoh. Meminta izin untuk memotret orang-orang asing, pertimbangkan pembatasan penggunaan kamera di tempat-tempat umum, seperti teater/bioskop, pertunjukan konser, dll

12. Gunakan Ketinggian Resolusi Maksimum

Beberapa ponsel memungkinkan anda untuk memilih resolusi gambar yang anda inginkan pada foto. Hal ini hampir tak dapat dipungkiri (kami ingin memusatkan, agar lebih jelas) bahwa semakin tinggi resolusi gambar, akan lebih jelas fokus bidikan anda. Hal ini terutama berlaku untuk ponsel kamera yang memiliki sensor gambar di bawah 1 megapiksel. Namun perlu diingat bahwa semakin tinggi resolusi, semakin besar ukuran file gambar yang anda ambil, ini berarti jika anda ingin mengirim gambar, prosesnya dapat mengambil waktu yang cukup lama.

13. Jangan Berpikir Dua Kali!

Jika anda masih ragu, untuk memotret gambar atau tidak, foto saja gambarnya! Jangan tunggu! Beberapa momen penting tidak akan terulang. Jika anda tidak menyukai gambarnya, anda dapat menghapusnya, tetapi jika anda telah kehilangan momen, anda sudah tidak akan dapat memutar kembali waktu dan mengembalikannya. Jangan pikir ulang dan ragu karena ada beberapa hal yang tak pantas untuk dilewatkan begitu saja.

  14. Pelajari Secara Teknis Kekurangan dari Kamera Ponsel Anda

Cari tahu sisi kelebihan dan kekurangan dari ponsel anda. Saya tahu bahwa iPhone saya tidak baik di malam hari untuk memotret. Gambar-gambarnya pasti tak jelas dan kabur. Itu sebabnya saya mencoba untuk menggunakannya hanya pada waktu siang hari. Jangan malas, membaca pengaturan manual dan pastikan anda menggunakan ponsel anda dalam keadaan yang paling efisien. Kita mungkin percaya diri dan berpikir bahwa kita tahu itu semua, tapi kadang-kadang sedikit tips pada pengaturan manual dapat membantu kita untuk meningkatkan kualitas foto-foto kita dengan cara yang lebih baik. Pelajari bagaimana anda dapat mengontrol pencahayaan atau fokus pada objek secara lebih baik.

15. Pilih dan Berikan Sentuhan Ulang!

Selektif! cobalah untuk memilih hanya gambar-gambar terbaik dan kemudian mengeditnya. Ada banyak aplikasi yang dapat membantu anda untuk melakukan hal ini, tapi kita tak selamanya dapat mengandalkan aplikasi tersebut dalam menciptakan gambar yang indah dan jangan menggunakannya secara berlebihan. Anda harus ingat bahwa kadang-kadang gambar bisa lebih baik tanpa filter. Hal ini juga layak disebut bahwa tidak ada aplikasi ‘ajaib’. Kadang-kadang gambar tidak dapat disimpan dan hanya “mengganggu”, anda lebih baik mengambil foto lain. Cobalah untuk menggunakan lebih sedikit filter dan penyesuaian lebih individual yang dapat anda terapkan pada tiap foto berbeda, sehingga anda dapat mengeditnya dengan pendekatan lebih individual pula.

16. Pilih Sudut yang Unik

Cobalah memotret dan gunakan aplikasi “dog’s view” ini akan membuat anda melihat objek dari perspektif yang baru. Juga belajar untuk menggunakannya dengan petunjuk yang dipaparkan dan kemudian juga penting, untuk belajar melakukannya lagi tanpa petunjuk.

17. Membuat Gambar Anda Jadi Lebih Hidup!

Mencetak foto anda, mengirimnya sebagai kartu pos, memberikannya kepada teman-teman anda, menggantungnya di dinding anda. Memegang gambar anda di tangan adalah perasaan yang sungguh menyenangkan dan tidak dapat dibandingkan dengan hanya melihat foto-foto anda pada layar ponsel.

18. Jangan Hanya Menetap Pada Satu Gaya!

kebanyakan orang saat ini memotret hanya dalam satu gaya yang sama, atau bahkan dengan tema yang sama persis! Jangan lakukan ini! Ingatlah bahwa mencoba hal baru itu bagus dan menunjukkan kreativitas anda. Jangan bilang kalau anda hanya dapat memotret pemandangan, jika anda juga dapat memotret gambar seseorang, lakukanlah! Jangan fokuskan diri anda hanya dalam satu aliran. Bersemangat dan jangan berhenti memotret, dengan begitu, gaya unik dalam diri anda akan terus berkembang!

19. Atur Fokus

Hal yang paling penting untuk diperhatikan pada saat mengambil foto adalah memastikan bahwa subjek anda dalam fokus yang tajam. Untuk mengatur fokus pada kamera iPhone, anda cukup menekan layar di mana subyek berada dalam frame. Sebuah kotak kuning kecil akan muncul untuk mengkonfirmasi titik fokus. Jika subyek berpindah, pastikan anda menyentuh layar sebelum anda memotret bidikan untuk memastikan bahwa gambar fokus.

20. Memotret dari Sudut Pandang Berbeda

Anda harus selalu melihat pada titik-titik pandang alternatif saat mengambil foto anda di setiap lokasi. Kebanyakan pemula akan mengambil gambar pada posisi yang sudah umum dilakukan, tapi kelebihan dari kamera ponsel yaitu ukurannya kecil dan ringan, dapat digunakan dimana saja, yang kamera manual dengan ukuran yang lebih besar pun tak bisa melakukan hal sseperti itu.

Kesimpulan

Dari uraian tips diatas, dapat disimpulkan bahwa mengambil gambar dengan menggunakan kamera ponsel sangatlah praktis dan mudah, akan tetapi perlu diperhatikan trik dan cara tertentu agar hasil yang di dapatkan bisa memuaskan dan yang lebih penting ada banyak aplikasi yang dapat digunakan pada ponsel sehingga dapat memperindah setiap hasil dari bidikan gambar yang diambil. Selebihnya, menggunakan kamera ponsel sangatlah fleksibel pada saat ini dan anda dapat mengaplikasikannya dengan sesuka hati anda.

Hal yang juga sangat penting untuk di perhatikan yaitu bagaimana anda merawat kamera ponsel anda agar tetap terjaga dan memberikan kualitas yang baik pada setiap gambar yang diambil. Kebersihan lensa sangatlah penting untuk dirawat secara berkala agar tetap awet.

Semoga uraian tips diatas dapat memberikan manfaat untuk anda sebagai referensi dalam menggunakan kamera ponsel anda untuk mengabadikan setiap gambar pada momen yang tak ingin anda lewatkan.

Referensi:

Artikel Terkait

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Video Terbaru

Loading...

Instagram

lensa terbaik untuk foto landscape

Ikuti Foto.co.id!

Bergabunglah di komunitas fotografi kami, dan belajar fotografi bersama kami!

Terima kasih, silahkan cek inbox anda dan konfirmasi untuk bergabung.

Share This