Select Page

3 Tipe Kamera Terbaru 2016

3 Tipe Kamera Terbaru 2016

Kamera memang telah menjadi barang incaran para antusias fotografi dan fotografer, dari tahun ke tahun sebab kamera yang baru saja di produksi pastinya memiliki kelebihan dan fitur-fitur terbaru daripada kamera produksi tahun sebelumnya. Bagi anda yang sedang mencari kamera terbaru tahun 2016, berikut kami (foto.co.id) memiliki 3 tipe kamera tersebut untuk anda:

Panasonic Lumix G-80

Dengan desain kamera DSLR, Panasonic Lumix G80 menjadi kamera inovasi terakhir. Kamera ini dilengkapi dengan built-in stabilisasi gambar dan sebuah variasi video 4K serta pilihan untuk fotografi still subjek. Kamera ini juga memiliki auto-fokus yang cepat, kontrol kamera yang komprehensif, serta sekumpulan pilihan yang pastinya anda sukai. Satu hal yang akan terlintas dipikiran anda mengenai kamera Lumix G80 adalah kemiripannya yang sangat identik dengan kamera Panasonic Lumix G7. Akan tetapi, kamera G80 ini memiliki model lebih baru dan canggih dari berbagai segi aspek, tapi kamera Lumix G7 juga masih tetap handal dengan fitur-fitur yang dimilikinya.

Dilengkapi dengan kemampuan rekaman video 4K, stabulisasi gambar 5-Axis, shutter speed dengan suara yang sangat jernih (tidak berisik) serta sekumpulan fitur-fitur yang memudahkan para penggunanya yang dikemas dalam bentuk DSLR, kamera Panasonic LUmix G80 hadir untuk menarik perhatian para pecinta DSLR. Sebenarnya, kamera ini menawarkan banyak spesifikasi yang mirip dengan kamera top-enda dari Panasonic, yaitu Lumix GH4, tapi dengan harga yang sedikit berbeda. Tapi, saat ini diantara banyaknya kamera Panasonic seri-G, Lumix G-80 yang dinobatkan sebagai kamera DSLR berbentuk sistem kompak dan mudah dibawa kemana-mana. Selain itu, kamera ini juga di desain dengan bodi kamera yang ramping dan lebih cocok untuk anda bawa kemana saja. Berikutnya, kamera ini juga dilengkapi dengan fitur built-in teknologi stabilisasi gambar 5 axis dual untuk membantu mengurangi goncangan pada kamera. Shutter speed yang dimiliki kamera Lumix G80 ini juga begitu tenang, dapat bekerja dengan suara yang tidak berisik, sehingga hal tersebut dapat menjadi pertimbangan baik bagi anda untuk memiliki kamera ini.

Mengenai desain kamera ini, memang sekilas sangat mirip dengan bentuk sebuah kamera DSLR mini. Jika anda ingin menggunakan sekumpulan fungsi dial dan tombol pada kamera dengan cara mudah, kamera Lumix G-80 ini dapat memberi semua yang anda inginkan tersebut. Fungsi dual untuk tombol dial, sebuah modus dial, continuous shooting dial, tombol yang berbeda untuk kontrol auto-fokus single/continuous pada bagian belakang kamera. Terdapat juga lima tombol fungsi/Function (FN) yang berguna untuk kustomisasi, sehingga anda dapat mengatur dan memotret dengan kamera sesuai yang anda inginkan. Pada bagian depan kamera untuk kontrol dial, di desain agak sedikit berbeda. Dial yang dimiliki kamera G80 ini lebih menonjol yang berarti bahwa anda dapat dengan sangat mudah untuk mengatasi tiap masalah dalam pemotretan. Kamera ini dilengkapi dengan segala penyesuaian di dalamnya yang telah lulus uji coba, yang telah dipertimbangkan segala baik-buruknya untuk hasil akhir gambar. Fungsi dial pada kamera ini terlihat lebih baik dan mengandung unsur estetis, serta terletak pada posisi yang lebih mudah dijangkau pada kamera.

Auto-Fokus yang Mengesankan

Sistem Auto-fokus continuous yang dimiliki kamera Panasonic Lumix G80 menjalankan fungsinya dengan baik, sistem ini juga dapat diakses lebih cepat melalui menu dial pada bagian belakang kamera. Sistem auto-fokus yang dimiliki dapat memotret segala pertunjukan atraksi dengan handal dan lebih tajam meski dalam kondisi minim cahaya. Burst maksimum pada kamera ini yaitu sekitar 6fps, dan anda mungkin akan merasa sedikit lambat saat menekan shutter untuk mendapatkan tampilan akhir pemotretan. Kamera ini juga telah diakui sebagai kamera desain kompak yang dapat memotret gambar lebih banyak kedalam jumlah burst yang lebih tinggi. Pada bagian belakang kamera Lumix G80, terdapat sebuah LCD layar sentuh vari-angle dan sebuah built-in Viewfinder OLED, terakhir kamera ini juga dilengkapi dengan jumlah titik resolusi sebanyak 2,360K dan kemampuan pembesaran/magnify yang memadai yaitu 0,74x. Kamera ini memiliki spesifikasi tinggi yang begitu mengesankan, diantara kamera-kamera lainnya yang ada saat ini. Layar kamera ini pun sangat handal dalam menjalankan fungsinya.

Kualitas Gambar

Kebaikan utama dari kamera Panasonic Lumix G80, yaitu kemampuannya untuk menghasilkan gambar kualitas terbaik (Panasonic memiliki 10% peningkatan untuk hasil gambar daripada kamera-kamera saingan lainnya). Pada kamera Lumix G80, tidak terdapat filter low-pass yang dapat bertindak sebagai lapisan difusi yang secara umum terdapat pada fitur kamera untuk menghilangkan segala distorsi yang ada pada gambar. Kamera ini memang tidak memiliki filter-filter instan untuk mengolah gambar, tapi kualitas gambar yang dimiliki tidak ada masalah, ditambah lagi hasil gambar yang dimiliki lebih tajam dan tiap detail yang lebih jelas dihasilkan langsung dari kamera.

Canon EOS M5

Kecanggihan Auto-Fokus

Sistem Auto-Fokus Dual Pixel CMOS AF 

49 Titik Auto-fokus, 3 mode autofocus

Single dan continuous auto-focus

Spesifikasi yang paling menonjol dari kamera Canon EOS M5 yaitu Dual Pixel CMOS AF yang ditawarkannya. Teknologi sama yang ditemukan pada kamera Top-end Canon, yaitu EOS 1D X Mark II Pro-DSLR, untuk menjadikan sensor deteksi auto-fokus cocok dipadukan dengan auto-fokus deteksi kontras dan hasil kerja keduanya memang betul-betul handal. Kinerja yang begitu cepat dan anda tak perlu untuk mengincar titik berlebih untuk mendapatkan fokus. Lalu kemudian, kamera ini hanya memiliki satu area untuk pengaturan jendela bidik yang dimiliki (hanya 1 titik tapi, belum diketahui secara mendetail mengenai ukuran dan ketepatannya, area fokus yang lebih jernih dengan pendeteksi wajah (face detection) dengan kemampuan yang handal untuk melacak dan mengikuti subjek.  Untuk kamera yang handal seperti ini dan dilengkapi juga dengan kemampuan point-and shoot, serta desain compact-style, anda tak perlu meragukannya lagi untuk dijadikan sebagai pilihan.

Sensor dan Lensa

Sensor CMOS 24,2 MP ukuran APS-C 

Mesin Prosessor Gambar Digic 7

7 fps (AF-C)/9 fps (AF-S)

Bantalan Lensa Canon EOS M 

Kamera Canon EOS hadir dengan segala kebaikan yang dimiliki, salah satunya yaitu sensor ukuran APS-C 24,2Mp yang merupakan ukuran sensor yang lebih besar daripada yang anda temukan pada kamera Micro Four-Thirds Panasonic/Olympus. Sensor ini seperti yang anda temukan pada kamera Canon EOS 80D (tapi sensor yang terdapat pada kedua kamera tersebut juga berbeda). Kualitas gambar yang dihasilkan secara umum lebih baik, tapi dengan sensitivitas ISO yang lebih tinggi, dapat menimbulkan noise yang berlebih pada gambar. Lebih dari yang diharapkan, Canon memberi para penggunanya kamera dengan kualitas yang tinggi. Para pecinta fotografi pastinya akan menyukai fitur-fitur yang terdapat pada kamera ini, ditambah lagi karena Canon EOS M5 memberi ruang untuk dapat menyimpan gambar format RAW file lebih banyak. Akhir kata, kamera ini memiliki pendekatan yang lebih baik untuk keseimbangan hasil gambar.

Kamera Sony A99 Mark II diluncurkan pada November 2016 dan merupakan kamera Full-Frame SLT (Single Lens Translucent), kamera full-frame dengan lensa single yang dapat menembus cahaya. Hadir dengan dilengkapi sebuah sensor full-frame 42,2 Mp dengan sebuah fitur hybrid terbaru, auto-fokus pendeteksi wajah yang digabungkan dengan 399 titik tahapan deteksi pada sensor, dilengkapi dengan 79 titik tahapan deteksi pada separuh bagian sensor yang bekerja dengan cepat secara bersamaan. Dilengkapi dengan stabilisasi gambar 5 Axis, continuous shooting 12fps, kualitas rekaman video 4K dan Sony memiliki kemampuan terbaik dalam deretan kamera pesaingnya, sebagai suatu perangkat untuk merekam video dan pemotretan gambar.

Desain dan Bentuk

Hadir bagi para antusias dan fotografer professional, Sony A99 menawarkan desain dan bentuk kamera yang menarik. Kamera ini tahan air dan anti debu dengan segel disemua tombol dan bodi kamera yang terbuat dari bahan magnesium alloy. Di rancang dengan daya tahan kamera yang kuat dan dapat digunakan tiap hari. Bentuk kamera ini kelihatan lebih ramping dengan ukuran berat sekitar 849 gram (bodi saja). Sebagai kamera full-frame yang banyak diminati, kamera ini juga menawarkan sekumpulan kemudahan bagi para penggunanya. Desain kamera ini dilengkapi dengan akses yang mudah untuk mengontrol menu dial pada bagian depan dan belakang kamera, sehingga anda juga dapat dengan mudah menyesuaikan aperture dan shutter speed tanpa mengalihkan kamera dari pandangan anda, serta pengaturan ISO pada nilai tertinggi memberi anda manfaat yang besar bagi perubahan kualitas foto anda.

Kualitas Full-Frame dengan Fitur Terbaik

Sensor Exmor R CMOS 42,4 Mp, 34.9 x 24 mm

Pemotretan 12 fps pada resolusi penuh

Rekaman video 4K pada 100 Mbps

Hal yang membedakan kamera Sony A99 dengan kebanyakan kamera full-frame lainnya yaitu adalah anda dapat melakukan banyak hal dengan kamera ini. Untuk pemotretan dengan hasil terbaik, kamera ini menawarkan anda sebuah sensor CMOS 42,4 Mp berukuran 35mm tanpa filter low-pass. Tapi, dengan sebuah sistem cermin Sony yang dapat menembus cahaya, kamera ini menjadi berbeda dengan kamera DSLR. Sony A99 yang dilengkapi dengan sistem cermin yang dapat menembus cahaya, menjadikan kamera ini lebih cepat dan fleksibiltas yang unik terdapat pada desainnya, serta menghindari intervensi mekanis yang biasanya terjadi pada kebanyakan kamera DSLR. Anda dapat memotret 12 fps dengan fokus penuh dan melacak pencahayaan pada resolusi penuh. Ini merupakan suatu perkembangan yang sangat jauh, jika dibandingkan dengan kamera pendahulunya yang hanya dapat memotret sekitar 6fps. Dengan bentuknya desain yang menarik serta sistem kerja cermin yang dapat menembus cahaya, kamera Sony A99 Mark II ini pastinya memberi kinerja kamera seperti yang anda harapkan.

Kesimpulan

Demikian uraian diatas mengenai kamera terbaru tahun 2016, semoga dapat memberi anda informasi yang bermanfaat jika anda sedang mencari kamera yang dirilis pada tahun tersebut. Jika anda ingin memberi masukan, komentar, maupun saran anda seputar artikel ini, silahkan kirim ke kami 🙂 Terima Kasih …….

Referensi:

http://www.pocket-lint.com/news/138806-photokina-2016-all-the-best-new-cameras-from-the-2016-show

http://www.pocket-lint.com/review/138328-panasonic-lumix-g80-review-affordable-foray-into-4k

http://www.pocket-lint.com/review/138785-canon-eos-m5-review-mirrorless-80d-fails-to-faze-its-compact-system-competition

http://www.pocket-lint.com/review/139724-sony-a99-ii-preview-full-frame-and-fast-shooting

Artikel Terkait

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Video Terbaru

Loading...

Instagram

lensa terbaik untuk foto landscape

Ikuti Foto.co.id!

Bergabunglah di komunitas fotografi kami, dan belajar fotografi bersama kami!

Terima kasih, silahkan cek inbox anda dan konfirmasi untuk bergabung.

Share This