3 Tipe Kamera Terbaru dari Nikon

Saat mendengar mengenai brand kamera, pasti salah satu yang muncul di benak anda yaitu kamera Nikon. Yap … kamera Nikon memang merupakan salah satu brand kamera yang juga populer dan nge-trend diantara beberapa brand kamera saingan lainnya. Dalam artikel kali ini, kami akan membahas mengenai 4 tipe kamera terbaru Nikon, yang pastinya keren dan dilengkapi dengan fitur-fitur terhandal yang dimiliki. Berikut uraiannya untuk anda:

Nikon D-500

Nikon D500 merupakan kamera DSLR terbaik dari Nikon dengan sensor APS-C yang telah diuji. Dilengkapi dengan kemampuan rekaman video 4K, sekumpulan fitur-fitur canggih dan kemampuan continuous burst pada 10Fps, menjadikan kamera ini luar biasa bagi para profesional DSLR. Jika anda membutuhkan kecepatan (baik Auto-fokus maupun kecepatan burst), Nikon D500 memiliki kecepatan terbaik dalam pemotretan, daripada 3 kamera D5 andalan sebelumnya. Kamera ini juga dilengkapi dengan fitur Micro Four Thirds, di satu bagian sisi kamera, fitur full-frame disisi lainnya. Sensor APS-C yang dimiliki Nikon D500 sangat menarik bagi para penggemar kamera DSLR, sebab dengan sensor tersebut kamera ini juga dapat mengerjakan fungsi crop-sensor. Di umumkan diantara beberapa kamera flagship (andalan) Nikon D5 lainnya, D500 ini merupakan saudara dari kamera-kamera tersebut yang lebih mudah untuk diatur dalam penggunaannya, tapi dibelakang cermin kamera, terdapat sebuah sensor yang lebih kecil daripada ukuran sensor APS-C. Sensor tersebut berguna untuk menambah kecepatan burst saat pemotretan, kemampuan video 4K, dan kualitas kelas dunia untuk fitur weather-sealing/tahan segala cuaca yang dimiliki, semuanya dikemas dalam satu paket yang begitu handal. Karena kamera ini tidak memiliki spesifikasi full-frame secara menyeluruh, menjadikan efek bokeh yang dihasilkan juga tidak begitu maksimal, tapi bukan berarti bahwa kamera ini hanya dapat digunakan dalam situasi tertentu saja, untuk para fotografer aksi dan videografer, kamera Nikon D500 ini merupakan pilihan yang sangat menggoda.

Desain dan Bentuk

Kontrol pada kamera Nikon D500 ini dirancang bagi para profesional, dengan kontrol dial pada bagian depan dan belakang, serta tombol pilihan dibagian belakang dan tombol besar dan memadai pada bagian atas layar LCD yang memudahkan anda untuk mengontrol segalanya saat pemotretan tanpa melihat kedalam sistem menu. Hal ini sangat langkah terjadi pada kamera DSLR profesional bahwa anda dapat mengontrol pemotretan dengan mudah, jika dibandingkan dengan kamera pro Nikon lainnya, tak ada perbedaan yang sangat jauh. Pada tombol bagian belakang kamera, terdiri dari: Pilihan titik auto-fokus, dan layar sentuh untuk tampilan layar belakang kamera yang dapat diputar. Satu tombol kontrol terpentign, yaitu untuk pilihan mode live-view. Sejak Nikon menambahkan fitur ekstra ke dalam fungsi video kamera D500, anda dapat dengan mudah mengalihkan mode pemotretan kedalam rekaman video. Kemudahan untuk mengalihkan mode live-view, membuat anda dapat mengalihkan pengaturan kamera D500 anda kedalam mode video 4K dalam waktu yang sangat singkat.

Meskipun kamera Nikon D500 lebih murah dari kamera Nikon D7200, D500 memiliki desain yang kuat terbuat dari bahan metal yang tahan di segala cuaca. Kamera ini kuat dan tangguh, tapi nyaman dalam genggaman, karena anda dapat dengan menjangkau pegangannya. Sebab kontrol yang dimiliki sangat mirip dengan kamera sebelumnya yaitu D4, jika anda menginginkan sebuah kamera yang lebih ringkas yang memberi anda kecepatan burst seperti yang anda inginkan, kamera Nikon D500 ini merupakan pilihan yang tepat bagi anda.

Performa Kamera

Untuk para fotografer aksi, tidak ada bodi kamera Nikon APS-C lainnya yang dapat setangguh dan secepat kamera Nikon D500. Dalam hasil uji coba, kamera ini dapat dengan mudah memotret 10fps. Sesuatu yang sangat mengejutkan untuk di dengar saat anda menggunakan mode pemotretan high continuous. Jika jumlah kapasitas merupakan hal yang penting bagi anda, pastinya sangat menyenangkan bagi anda untuk mengetahui bahwa Nikon tidak membatasi hal tersebut. Anda dapat memotret 43 gambar format JPEG sebelum kecepatan burst menurun dan 24 gambar format RAW+JPEG sebelum anda menggunakan area memori untuk menyimpan data. Nikon melengkapi kamera D500 dengan beberapa perangkat keras AF yang canggih dan mudah untuk digunakan kecepatan fokus memudahkan anda untuk mendapatkan sekumpulan gambar terbaik dari tiap burst.

Dengan titik auto-fokus maksimal sebanyak 153, tidak ada bagian dalam tampilan gambar yang terlewatkan. 99 titik dari auto-fokus tersebut merupakan cross-type dan 9 diantara titik cross type tersebut dapat berfokus hingga diatas f/8 tanpa masalah yang berarti. Dengan segala kehandalannya tersebut, kamera Nikon D500 menjadi sangat hits dipasaran.

Nikon D-810

Untuk para fotografer still life, yang menginginkan sebuah kamera dengan flesksibilitas, ketanggguhan, serta daya tahan terbaik, kamera Nikon D810 merupakan pilihan terbaik. Kamera ini menghasilkan gambar yang luar biasa, dapat digunakan dengan hampir semua lensa-lensa dari Nikon, sejak 50 tahun yang lalu. Kamera ini sangat tepat untuk meliput berita dan fotografi olahraga. Kamera ini merupakan kamera yang handal dalam tiap suasana dan salah satu kamera DSLR terbaik dari Nikon yang telah lulus uji coba. Jika anda ingin meningkatkan keterampilan dalam fotografi, kamera Nikon D810 ini pantas untuk menjadi pilihan anda.

Desain dan Bentuk

Di desain dengan bentuk yang memadai, Nikon D810 ini sangat mirip dengan kamera Nikon D800. Kemiripan tersebut tidak membuat kejutan yang luar biasa, sebab setiap kamera DSLR Nikon yang ada dipasaran, memang rata-rata mirip dengan pendahulunya. Nikon mengerti apa yang diinginkan oleh para fotografer dan membuat perbaikan dari apa yang diperlukan. Pada kamera ini terdapat sebuah tombol terbaru bersimbolkan huruf ā€œIā€ untuk memudahkan anda dalam mengatur pemotretan, tombol mode metering yang sekarang berada pada bagian atas kontrol kamera, serta tombol bracket yang terletak disebelah cahaya flash release.

Viewfinder pada kamera ini memiliki layar OLED berwarna biru untuk tampilan informasi dan pegangan kamera ini lebih memadai untuk digenggam seutuhnya. Kamera D810 memang lebih berat jika dibandingkan dengan kamera D800, tapi kamera D810 di desain dengan kinerja kamera yang utama, sedangkan portabilitas kamera merupakan hal yang kedua. Jika anda sebelumnya menggunakan kamera DSLR dengan ukuran yang lebih kecil, anda harus menyesuaikan diri terlebih dahulu sebelum menggunakan kamera D810 ini, sebab ukurannya lebih besar dan berat. Tapi, jika dibandingkan dengan kamera mirrorless high-end, kamera Nikon D810 ini masih lebih baik untuk menjadi pilihan anda.

Performa Kamera

Jumlah Piksel yang kecil, dengan rentang dinamis yang besar

Performa kamera D810 hampir seluruhnya mengalami peningkatan, berkat mesin prosessor gambar terbaru Expeed 4 dan sensor yang juga diperbarui. Dengan prosessor gambar terbaru tersebut, kinerja kamera menjadi lebih cepat. Kecepatan burst pada kamera ini juga bertambah, yaitu dari 4fps menjadi 5fps dalam mode FX, dapat meningkat hingga 6fps dalam mode crop DX atau dengan tambahan daya baterai. Sensitivitas ISO yang dimiliki yaitu 64-51,200 dengan kurangnya jumlah noise dalam gambar, rentang dinamis yang lebih luas, kemampuan untuk merekam video yaitu 1080/60p. kamera ini lebih efisien, sebab dapat memotret sebanyak 1200x tiap isi ulang baterai, lebih handal jika dibandingkan dengan kamera D800 yang hanya dapat memotret sebanyak 900x sekali isi baterai.

Nikon D-750

Kamera Nikon D750 ini cocok mulai dari para pemula hingga profesional fotografi, serta menawarkan fitur-fitur terbaik bagi setiap penggunanya. Di desain sebagai jembatan antara produk entry-level perusahaan dan kamera profesional full-frame, kamera ini memiliki sebuah fitur hybrid terbaru dari DSLR Nikon yang di desain dengan segala kelengkapan yang dibutuhkan oleh para videografer, dengan layar LCD yang dapat diputar. Para fotografer still subject, tak perlu khawatir sebab kamera ini handal dan cepat dilengkapi dengan sensor 24,3Mp yang dapat memotret banyak gambar menawan.

Desain dan Bentuk

Bentuk kamera Nikon D750 ini lebih familiar, dari sudut pandang kontrol yang dimiliki kamera ini sangat mirip dengan saudara sebelumnya, yaitu Nikon D610, tapi dari segi bentuk kamera Nikon D750 lebih kecil beberapa milimeter jika dibandingkan dengan kamera D610. Banyak perubahan dari kamera ini, jika dibandingkan oleh para pendahulunya, dari segi bentuk dan ukuran. Pegangan kamera ini juga lebih dalam daripada kamera keluaran Nikon sebelumnya, tapi secara keseluruhan bodi kamera lebih ringan dan kecil dari kamera D610.Ā  Beratnya hanya sekitar 840 gram (tanpa lensa), dengan daya tahan kamera lebih lama saat anda menggunakannya dalam jangka waktu yang panjang, hal ini sangat jarang terjadi pada sebuah kamera DSLR full-frame. Ukuran berat kamera di adopsi dari sebuah struktur monocoque/monokok (untuk menopang seluruh bodi kamera), yang memanfaatkan sebuah gabungan fiber karbon di samping bahan magnesium alloy yang khas pada kamera ini.

Performa Kamera

Dengan fitur-fitur yang dimiliki seperti fitur pada kamera flagship (andalan) perusahaan, yaitu Nikon D4S dengan sistem fokus 51 titik, sistem metering, dan sebuah built-in untuk mesin auto-fokus, kamera Nikon D750 ini telah membuat gebrakan yang sesungguhnya antara kamera prosumer dan kamera profesional yang ada sebelumnya. Dalam hasil uji tes, kamera Nikon D750 memiliki kinerja yang baik, mulai dari tes keakuratan warna yang dimiliki. Saat anda memotret dalam mode warna standar, hasilnya lebih akurat dan hanya sedikit kemungkinan terjadinya kesalahan, saturasi warna yang dimiliki juga dapat dikatakan sempurna. Kamera Nikon D750 berusaha untuk menutupi kekurangan pada sistem auto-white balance yang dimiliki, dengan cara berkreasi dengan pencahayaan, baik dalam pemotretan format RAW file lalu kemudian mengolah gambar saat ingin dibagikan atau saat tetap dalam white balance kustom.

Kesimpulan

Demikian uraian diatas mengenai 3 tipe kamera terabru dari Nikon, semoga dapat bermanfaat bagi anda dan memberi informasi lebih bagi anda para fotografer yang sedang mengincar kamera terbaru dari Nikon. Jika anda ingin belajar lebih mengenai fotografi, silahkan follow instagram kami di @foto.co.id. Terima Kasih šŸ™‚

Referensi:

http://cameras.reviewed.com/best-right-now/best-nikon-dslr-cameras

http://cameras.reviewed.com/content/nikon-d500-digital-camera-review

http://cameras.reviewed.com/content/nikon-d810-digital-camera-review

http://cameras.reviewed.com/content/nikon-d750-digital-camera-review

Scroll to Top