4 Kamera Digital Vintage yang Kece

Dalam artikel kali ini, kami (@foto.co.id) akan memberi informasi kepada anda mengenai kamera digital vintage, dengan desain bentuk yang kelihatan jadul namun tetap stylish dan kece, serta yang pastinya tetap menawarkan fitur-fitur yang handal. Berikut uraiannya untuk anda:

Pentax Q

Pentax Q merupakan merupakan kamera terkecil dan teringan di dunia yang lensanya dapat diganti-ganti. Kamera ini juga dilengkapi dengan sensor gambar CMOS 1/2,3 inci 12,4 Mp dan sistem lensa terbaru super kompak Q-mount. Pentax Q juga dilengkapi dengan fitur-fitur, seperti: rekaman video full HD 1080p, mekanisme sensor shift Shake Reduction, sistem anti debu, built-in pop up flash yang di desain dengan menawan, lampu hot-shoe eksternal, continuous shooting 5fps, LCD monitor 3 inci, rentang ISO pada 125 hingga 6400, sekumpulan mode pemotretan otomatis dan manual, format Raw file, Mode HDR dan sekumpulan Digital Effects. Pada bodi kamera ini juga terdapat lima jenis lensa, sebuah optikal viewfinder eksternal dan Pentax Q ini tersedia dalam warna putih dan hitam.

Mudah di Gunakan

Kamera Pentax Q ini berukuran sangat kecil hanya sekitar 57,5 (H)x98mm (W)x 31mm (D) dan berat bodinya memiliki berat hanya sekitar 180g (bodi saja). Anda pastinya akan sangat terkejut dengan bentuk kamera ini yang begitu ramping dan berkualitas, sekilas kamera ini nampak sangat mirip dengan DSLR pendahulunya yang juga begitu populer. Saat anda pertama kali menggunakan kamera ini anda pasti akan merasakan hal yang mengesankan, meskipun kamera ini berbentuk sangat kecil.

Kualitas desain Pentax Q ini sangat menawan dengan bodi yang terbuat dari magnesium alloy yang sangat awet dan kuat. Dilengkapi dengan penyimpanan kartu memori dan batre yang juga tangguh. Bantalan lensa dan tripod yang terletak sejajar dengan pusat lensa. Pentax Q kelihatan sangat mirip dengan mainan, tapi lebih jauh lagi kamera ini memiliki begitu banyak manfaat yang diturunkan dari kamera DSLR.

Leica X2

Leica X2 merupakan kamera digital kompak dengan lensa fix 36mm dan layar LCD 2,7inci. Kamera ini berukuran APS-C, sensor CMOS 23,6×5,8mm dengan aspek rasio 3:2 yang memberi anda kualitas gambar tak jauh beda dengan yang dihasilkan oleh kamera DSLR. Stabilisasi gambar Leica Elmarit dengan lensa 24mm f/2.8 menyediakan jarak fokus 36mm dalam istilah kamera film 35mm. pada Leica X2 juga terdapapt sebuah pop-up lash dan hot-shoe dan kamera ini menawarkan sekumpulan kontrol canggih, mulai dari eksposur manual hingga fokus manual. Fitur-fitur kunci lainnya yaitu sebuah sistem auto fokus yang telah diperbarui, sensitivitas ISO 100-12,500, shutter speed maksimum pada 1/2000 per-detik, file gambar format JPEG dan DNG RAW, serta kecepatan continuous shooting yaitu pada 5fps. Kamera Leica seri X terbaru menawarkan pilihan Viso-Flex dengan resolusi tinggi dan viewfinder serta aksesoris elektronik dengan titik sebanyak 1,4 juta dengan fungsi kamera yang dapat diputar hingga 90 derajat untuk memotret dari segala jenis sudut dan optikal viewfinder yang terang yang menyediakan tampilan gambar yang jernih dan cerah setiap saat tanpa mempengaruhi daya baterai kamera.

Mudah untuk Digunakan

Mirip dengan pendahulunya, kamera Leica X2 hadir dengan konstruksi bodi all-metal yang membuatnya tangguh dan tetap dengan ukuran berat yang terjangkau dan dapat anda kantongi saat berjalan-jalan. Kamera Leica X2 tersedia dalam warna hitam dan silver. Anda dapat menambah biaya ekstra untk merasakan manfaat layanan tambahan dari Leica yang dapat menambah tiga jenis warna pada bodi kamera anda, diantaranya: titanium, dan 10 pilihan jenis kulit berbeda yang membuat anda berkesempatan untuk mengukir bodi kamera dan memanfaatkan personalisasi yang sesungguhnya.

Pentax MX-1

Kamera Pentax MX-1 merupakan kamera kompak high-end dengan lensa zoom berkecepatan 28-112mm ekuivalen, yang merupakan kamera tipe pertama yang dibuat oleh pentax. Dengan desain kamera yang kaya akan sejarah, kamera ini dapat menyaingi desain kamera two-tone di abad terakhir oleh para antusias MX-1 (kamera ini juga tersedia dalam model warna hitam yang keren). Bagian atas dan bawah kamera, serta bahan kulit mengelilingi bagian tengahnya dan menyediakan permukaan yang nyaman untuk dipegang dengan penampilan klasiknya yang menarik. Di desain dengan bahan kuningan pada bagian atas dan bawah, pastinya para pengguna akan menikmati desain klasik dari “kuningan” yang dimiliki kamera vintage, seperti tampilan Pentax MX-1. Kamera vintage satu ini semakin handal dengan fitur-fitur terbaik yang dimilikinya.

Dibuat dengan desain kamera premium untuk para pemotret kasual, Pentax MX-1 ini sangat tepat bagi para fotografer yang mendambakan kontrol lebih, kamera ini juga memiliki akses optik berkualitas tinggi dan sensor terbaik yang handal. Kamera ini terlihat keren dan berukuran lebih dari yang diharapkan, khususnya untuk lensa dan sensor yang dimiliki, menjadikannya sebagai kamera yang pas untuk dibawa kemana-mana, bagi para fotografer semi-auto, menggantikan fungsi kamera DSLR karena lebih mudah dibawa kemana saja.

Fitur-Fitur Kunci Pentax MX-1 

12MP backlit CMOS sensor

4x 28-112mm equivalent, lensa F1.8-2.5 

Sensitivitas ISO 100-12800

Layar LCD 3.0 inci, 920K dot 

JPEG, Raw (DNG), Raw+JPEG capture

Rekaman video 1080p 30fps dengan mikrofon stereo

Rear control dial dan EV dial

Pentax SLR interface

Mode HDR

Fujifilm XF-1

Fujifilm XF1 merupakan model premium dari kamera fuji seri X yang hampir mirip dengan Fuji Finepix X-100 dan telah meningkatkan sistem lensa XF (termasuk kamera Fuji yang baru saja diluncurkan X-E1), mirip dengan kehandalan super-zoom kamera X-S1 dan lensa tercepat dari kamera kompak X10. Fujifilm XF1 memiliki sekumpulan fiturterbaik, diantaranya: sensor CMOS EXR 2/3 inci dan prosessor EXR. Optik stabilisasi pada kamera ini berukuran 25-100mm ekuivalen dengan kecepatan maksimum aperture yang mengesankan pada F.18 untuk sudut wide angle, serta kecepatan untuk pemotretan telefoto yaitu pada F4,9.

Kamera Fujifilm XF1 menawarkan spesifikasi terbaik yaitu sekumpulan kontrol eksternal, termasuk dua menu dial pada bagian belakang kamera, kustomisasi tombol Fn dibagian atas kamera dan sebuah tombol E-Fn terbaru yang handal yang secara efektif memiliki enam tombol pada bagian belakang kamera sebagai konfigurasi tambahan untuk para pengguna, selain tombol Fn. Kamera ini memiliki mode warna “Film Simulation” dari Fuji dan warna dari kualitas format gambar JPEG menjadi salah satu kekuatan utama untuk produsen fuji, serta memiliki pilihan proses filter, seperti: Toy Camera dan Selective Color. Terakhir, anda juga dapat menikmati rekaman video Full HD dengan suara stereo.

Fitur-Fitur Kunci Fujifilm XF1 :

12MP 2/3″ EXR-CMOS sensor

ISO 100-3200, ISO 4000-6400 pada resolusi 6MP, ISO 12800 pada 3MP

25-100mm ekuivalen, lensa F1.8-4.9 dengan optik stabilisasi gambar (dasar satuan 4 stops terbaik untuk digunakan)

Ring Manual zoom dan mekanisme lensa yang dapat diganti

Kontrol manual penuh, RAW format recording

3″ 460k dot LCD

Rekaman video Full HD dengan built-in mkikrofon stereo

Mode simulasi film untuk warna berbeda dan tampilan “monochrome”

In-camera RAW conversion dengan proses all in-camera, untuk penyesuaian parameter

‘Advanced Filters’ image-processing controls, previewed live on-screen

Kesimpulan

Kamera Digital vintage hingga saat ini masih banyak dicari oleh para antusias fotografi, sebab dengan modelnya yang klasik namun tetap stylish juga memiliki fitur-fitur terbaik yang pastinya handal untuk menenami kegiatan memotret mereka, setiap saat. Semoga uraian diatas dapat bermanfaat untuk anda. Jangan lupa Share artikel kami ini di fb ya,, Thanks 🙂

Referensi:

http://www.globalblue.com/destinations/germany/top-seven-vintage-style-digital-cameras/#slide-1

http://www.photographyblog.com/reviews/pentax_q_review/

http://www.photographyblog.com/reviews/leica_x2_review/

https://www.dpreview.com/reviews/pentax-mx-1

https://www.dpreview.com/reviews/fujifilm-xf1

Scroll to Top