Select Page

4 Kamera Digital Yang Bagus Untuk Foto Pernikahan

Pernikahan merupakan salah satu momen yang sangat berharga dan penting dalam kehidupan setiap orang. Itulah sebabnya, sebagian besar memilih kamera digital untuk mengabadikan momen seperti ini gantinya menggunakan kamera pintar (smartphone). Pada dasarnya, semakin mahal harga yang dibanderol untuk sebuah kamera digital, maka semakin bagus pula fitur-fitur serta spesifikasi yang ada di dalamnya. Dan bukan sedikit orang yang rela untuk mengeluarkan uang yang banyak dengan membeli kamera digital atau menyewa fotografer berpengalaman demi mengabadikan momen pernikahan mereka, karena mereka menyadari bahwa momen tersebut adalah berharga dan penting serta hanya dialami sekali dalam seumur hidup (kecuali pasangannya meninggal).

Sekarang ini, banyak orang yang gemar dengan fotografi pernikahan baik itu pemula maupun profesional. Karena selain bisa menghasilkan uang yang banyak, anda juga bisa jalan-jalan. Menyadari hal tersebut, tentunya pemotretan tidak akan berjalan bagus tanpa sebuah kamera. Ada begitu banyak merek kamera yang dijual di setiap toko kamera dengan penawaran yang bervariasi. Dan pastinya, semakin mahal harganya, maka semakin bagus dan banyak fitur-fitur yang ada di dalamnya.

Untuk itu, sebelum kami (foto.co.id) memberikan referensi mengenai kamera digital terbaik untuk foto pernikahan, maka pertimbangkanlah hal-hal dibawah ini:

  1. Harga: Memiliki kamera digital yang bagus atau menyewa fotorgrafer profesional untuk foto pernikahan, tentunya merupakan hal yang sangat diinginkan oleh setiap orang. Tapi, jika budget yang anda siapkan kurang, maka hal tersebut sangat sukar untuk terwujud.
  2. Jarak yang dinamis: Ketika memotret pengantin, anda harus menangkap dengan rinci segala sesuatu yang terlihat dari gaun putihnya yang indah serta banyangan tuksedo hitam secara halus. Kamera dengan rentang dinamis terluas, dan sorotan serta peluncur bayangan di pos pengolahan gambar pada format RAW, merupakan teman terbaik anda.
  3. Daya tahan: Tentunya, untuk foto pernikahan, anda menginginkan sebuah kamera yang bagus dengan kemampuan menembak (klik) ratusan ribu kali, karena anda akan mengambil gambar yang banyak.
  4. Sistem: Canon dan Nikon memiliki sistem lensa yang paling luas, flash (lampu kilat), dan aksesoris yang bagus untuk foto pernikahan (ditujukan untuk para profesional). Mendekati kemampuan kamera digital Canon dan Nikon, ada kamera digital Sony. Jadi, sesuaikan pilihan anda dengan budget yang anda miliki.

Berikut ini adalah kamera digital terbaik untuk foto pernikahan.

1.  Canon EOS 5D Mark III

Hadir sebagai penerus 5D Mark II, 5D Mark III menjadi salah satu kamera favorit para fotografer profesional karena menawarkan berbagai macam kelebihan antara lain resolusi kamera 22 megapiksel, dual slot SD card, burst images mencapai 6 fps, 61 titik fokus dengan 41 diantaranya cross-type, rentang ISO yang bisa dipilih mulai dari 100-25600, dan sekumpulan pilihan kontrol. Hal ini membuat 5D Mark III sangat cocok untuk foto pernikahan.

Anda juga tak perlu takut memotret di bawah kondisi cuaca yang ekstrim karena kamera ini sudah dilengkapi dengan feature weathershield yang handal. Disamping itu, 5D Mark III sudah dilengkapi juga dengan modus metering yang akurat serta kinerja merekam video yang fantastis. Kamera ini memiliki kualitas pemotretan yang lebih baik dan cepat dibandingkan merek sebelumnya yaitu Mark II; dan juga menawarkan kontrol yang lebih, serta memiliki aplikasi untuk video dan foto still-life yang lebih baik. Apakah anda seorang yang gemar dengan fotografi ataupun seorang profesional yang sehari-harinya bergantung pada sebuah kamera, maka 5D Mark III merupakan pilihan yang cocok buat anda.

2.  Canon EOS 1D X

Dengan hadirnya Canon EOS 1D X beberapa waktu yang lalu, Canon membuat terobosan yang luar biasa dalam dunia kamera. Canon EOS 1D X merupakan kamera yang hebat dan tepat bagi para fotografer profesional karena memiliki banyak kelebihan dan serbaguna. Misalnya, 61 titik autofokus yang dapat diandalkan dalam berbagai situasi dan kondisi. Sekalipun sensor kamera Canon 1D X hanya beresolusi 16MP, tapi karena sistem autofokusnya yang bagus, gambar yang dihasilkan serta video yang diambil sangatlah bagus dan indah, apalagi saat anda mengambil gambar still-life. Dengan adanya kamera ini (sekalipun mahal karena fitur-fiturnya yang bagus), pekerjaan anda menjadi lebih mudah. Jadi, jangan ragu dengan kemampuan yang ditawarkan oleh Canon EOS 1D X.

Canon EOS 1D X memiliki sambungan port LAN yang bisa dihubungkan langsung dengan kamera pada saat melakukan pemotretan, tapi sayangnya hal ini tidak berfungsi dengan baik untuk pemotretan margasatwa. Fitur lainnya yang bisa anda temukan pada kamera ini adalah jaringan remote kontrol untuk mengambil gambar, sangat tepat untuk digunakan pada pemotretan studio, olahraga, dan lain-lain. Canon EOS 1D X memiliki fungsi yang sangat bagus, termasuk kemampuannya untuk mengunduh gambar dengan mudah kedalam sebuah serves FTP sehingga dapat dilihat dengan menggunakan remote view.

Untuk para videographer, Canon EOS 1DX menawarkan sekumpulan fitur yang handal untuk merekam video. Para pengguna dapat memilih resolusi full HD 1080/30p dari 2 bentuk penekanan, yaitu: ALL-1 dan IPB. IPB menyatukan tiap gambar secara individual sehingga menghasilkan kualitas yang lebih tinggi dengan sebuah file video yang lebih besar dan mudah untuk diedit. IPB menggunakan key-frame untuk menyatukan gambar yang banyak dalam video sehingga menghasilkan file yang lebih kecil dan lebih sulit untuk diedit saat sudah diunggah.

3.  Canon EOS 6D

Canon EOS 6D hadir dengan sensor CMOS full-frame 20MP dan sistem autofokus 11 titik yang dibantu dengan prosesor digic 5+ sehingga memberikan anda kesempatan untuk mengambil gambar terus-menerus (melakukan continues shooting) yang tergolong cepat, yakni 4.5 fps. Canon EOS 6D juga memiliki kemampuan untuk merekam video dengan format HD 1080 dengan kecepatan rata-rata 30 fps. Selain itu, Canon EOS 6D dibekali JUGA dengan fitur penghapus debu yang terletak pada sensornya. ISO yang ada pada kamera ini adalah 100-25.600 dan bisa ditingkatkan hingga 102,400.

Untuk menjalankan fitur konektivitas, Canon EOS 6D sudah dilengkapi dengan WiFi. Pengguna bisa dengan leluasa melakukan transfer data kepada berbagai perangkat elektronik lainnya, seperti smartphone tanpa harus menggunakan kabel data, atau dapat langsung mengupload gambar melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan lain-lain. Kamera ini juga dilengkapi dengan GPS, port HDMI, dan USB 2.0. Sekalipun Canon EOS 6D tergolong lengkap dan bagus serta memiliki bentuk yang kecil dan menarik, tapi tetap saja masih memiliki kelemahan seperti tidak adanya fitur built-in-flash dan slot penyimpanan hanya terdapat satu slot micro SD saja.

4.  Nikon D800

Nikon D800 hadir dengan sensor CMOS full-frmae yang beresolusi 36.3MP dan sistem autofokus 51 titik. Kamera ini dibuat untuk memenuhi kebutuhan fotografer profesional. Nikon D800 menawarkan kombinasi terbaik untuk kualitas gambar, portabilitas, harga, dan kinerja yang bagus. Dengan fitur sistem autofokus dan resolusi sensor kamera yang tinggi, Nikon D800 bisa menghasilkan gambar dan merekam video dengan kualitas yang luar biasa. Sebuah kamera digital yang sangat bagus untuk digunakan pada foto pernikahan.

Kiranya artikel mengenai 4 kamera digital yang bagus untuk foto pernikahan bisa bermanfaat. Selamat mencoba …

Referensi

http://www.adorama.com/alc/0014676/article/7-best-dslrs-for-wedding-photography

 

Artikel Terkait

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Video Terbaru

Loading...

Instagram

lensa terbaik untuk foto landscape

Ikuti Foto.co.id!

Bergabunglah di komunitas fotografi kami, dan belajar fotografi bersama kami!

Terima kasih, silahkan cek inbox anda dan konfirmasi untuk bergabung.

Share This