Select Page

4 Kamera Yang Bagus Untuk Foto Sport, Satwa Liar, Dan Aksi

Bagi anda yang suka traveling, mengabadikan momen yang berharga dan penting saat traveling, misalnya olahraga, aksi, dan lainnya, tentunya merupakan hal yang sangat dibutuhkan dan wajib dilakukan. Untuk bisa memperoleh hasil yang bagus dan menarik dalam memotret, maka anda membutuhkan kamera yang bagus dan handal untuk digunakan dalam segala bidang.

Ada begitu banyak kamera yang bisa digunakan dalam mengabadikan setiap momen olahraga, aksi, dan lainnya. Misalnya, kamera aksi GoPro dan Kogan. Dari begitu banyaknya kamera yang bagus untuk digunakan dalam mengabadikan momen olahraga, aksi dan lainnya, tentunya harga juga sangat bervariasi, tergantung dari spesifikasi dan kelebihannya masing-masing. Sesuaikan pilihan anda dengan budget yang anda miliki. Jadi, pilihlah dengan bijak.

Berikut ini, foto.co.id akan membantu anda dalam menentukan dan mencari kamera yang tepat untuk menemani anda dalam mengabadikan setiap momen olahraga, aksi, dan lainnya yang berharga saat anda melakukan traveling.

1.  Nikon D500

Dilengkapi dengan resolusi 20.9 MP dan sensor APS-C serta sistem autofokus yang bagus yang bisa mencapai 173 titik membuat kamera Nikon D500 tidak diragukan lagi kemampuannya. Sekalipun tidak bisa dibandingkan dengan D7200, tapi tetaplah kamera ini unggul dan cepat jika dibandingkan dengan kamera lainnya jika berhubungan dengan tindakan atau aksi-aksi yang cepat seperti olahraga dan fotografi satwa liar.

2.  Canon 7D Mark II

Sistem autofokus yang dimiliki Canon EOS 7D Mark II merupakan yang terbaik secara keseluruhan. Canon 7D Mark II membaharuinya dengan menambahkan 65 area titik fokus. Dengan semua titik tersebut, menjadikan tipe cross yang dimilikinya menjadi lebih peka terhadap sasaran. Sebagai tambahan, titik pusat Canon 7D adalah tipe dual cross dengan f/2,8 dan kepekaan yang naik/turun hingga f/8 sangat berguna untuk para fotografer yang ingin memperpanjang lensa tele mereka.

Bukan hanya Canon EOS 7D Mark II, kamera tebaru Canon juga memiliki teknologi autofokus yang tidak kalah hebatnya yaitu EOS iTR AF dan AI Servo AF III yang sama dengan yang dimiliki juga oleh Canon IDx dan 5D Mark III. Pilihan tersebut memberi celah bagi para fotografer dalam menentukan pilihan pada beberapa skenario pemotretan untuk bisa menyesuaikan dengan sistem autofokus yang ada agar sasaran yang diperoleh saat membidik subjek yang begerak tepat dan hasilnya jelas. Disamping itu juga, terdapat 7 pilihan modus titik autofokus yang bisa anda gunakan, yaitu: Single point spot secara manual; Single point; AF point expansion secara manua; AF point expansion; AF Zone secara manual pada area yang dipilih; Large Zone AF; dan 65 titik pilihan autofokus secara otomatis.

Dengan adanya modus-modus tersebut, memungkinkan para fotografer untuk mengatur kembali dari awal titik autofokus yang telah ditetapkan sekalipun sedang berada dalam mode continues AF. Hal ini juga memberikan anda kemudahan serta petunjuk dalam mengatur kamera anda untuk menangkap subjek yang bergerak.

Disamping semua kelebihan yang ada pada kamera ini, kabar baik bagi para penggemar videografi adalah kamera Canon 7D Mark II ini dilengkapi juga dengan video Full HD yang dapat merekam dalam format Movie atau MP4 hingga diatas 60p pada modus NTSC atau 50p dalam modus PAL. Juga terdapat port HDMI yang dapat menyediakan kualitas video yang lebih jernih pada skala tetap (4:2:2) dibagian luar rekaman dan juga terdapat port untuk menghubungkan mikrofon untuk suara dan monitor rekaman yang lebih baik. Pada bagian belakang kamera terdapat layar sentuh berukuran 3 inci dengan 1,040,000 titik yang dapat digunakan untuk menyusun gambar atau video dalam modus Live View.

3.  Nikon 1V3

Nikon 1 V3 adalah kamera mirrorless compact (yang tersusun rapat/padat) dengan menampilkan format CX 18.4 MP dengan sensor CMOS dan prosesor gambar EXPEED 4A untuk menghasilkan gambar yang beresolusi tinggi dan full HD film dengan sensitivitas cahaya khusus mencapai ISO 12800. Kombinasi dari 2 teknologi ini juga memberikan hasil yang cepat pada kamera, termasuk mengambil gambar terus-menerus dengan resolusi yang tinggi disertai kecepatan rata-rata 20 fps dengan autofokus yang penuh, dan kecepatan 120 fps untuk mengambil video dengan merekam gerakan lambat secara berurutan.

Melengkapi pencitraan pada kamera Nikon 1 V3 adalah sistem autofokus hybrid, yang menggabungkan metode contras dan diteksi fase untuk mengeluarkan kamampuan autofokus kamera menjadi lebih cepat dan tepat atau akurat. Dalam kaitannya dengan penanganan terhadap kamera, kamera ini dilengkapi dengan monitor layar sentuh yang besar yaitu 3.0’’ dengan tingkat kemiringan 1,037k-dot yang tersedia untuk navigasi intuitif mengenai pengaturan kamera serta jarak penglihatan yang bekerja dengan sudut pandang yang tinggi dan rendah.

Penggunaan layar sentuh memberikan cara yang sangat berarti atau efisien untuk menjelajahi atau mempelajari sistem menu dan memanfaatkan jaringan wifi yang terdapat pada kamera untuk mengirim gambar secara langsung dari lokasi pemotretan ke perangkat lunak yang terhubung.  Kamera ini juga dilengkapi dengan jendela bidik elektronik sehingga memungkinkan anda untuk melihat atau memantau dengan pandangan yang stabil atau jelas dan pegangan sekunder untuk mendukung anda selama melakukan pengambilan gambar.

Disamping itu juga, kamera ini dilengkapi dengan lensa PD-Zoom 1 Nikkor VR 10-30mm / 3.5-5.6 yang ramping. Lensa ini memiliki mekanisme zoom power drive yang sama dengan lensa telephoto yang pendek yang mana berfungsi untuk bisa mengambil gambar dengan cepat; dapat dikendalikan dengan baik; dan stabilisasi gambar VR untuk menekan efek goyangan yang terjadi pada kamera.

4.  Sony Alpha A6300

Dalam banyak hal, Sony Alpha a6300 merupakan pilihan utama yang anda butuhkan ketika anda ingin menggunakan kamera mirrorless. Dengan berat kamera yang hanya sekitar 404 gram sudah dengan batere dan kartu memori, kamera ini terasa sangat baik saat dipegang dan dalam menemani anda keluar memotret karena dilengkapi juga dengan fitur yang cukup bagus. Dibuat dengan sensor APS-C 24 mega piksel, kamera ini mampu menghasikan 6.000 x 4.000 piksel frame. Dalam hal pencitraan, kamera ini didukung dengan prosesor gambar BIONZ X Canon. Disamping itu juga, rentang ISO yang dimiiki kamera ini adalah 100-25,600 dan bisa ditingkatkan hingga mencapai 51,200.

Bagian belakang kamera ini didominasi oleh layar LCD dengan kemiringan 3’921.6k-dor. Layar kamera yang ada menawarkan cakupan frame dengan rata-rata 100%. Beriringan dengan itu, kamera ini juga memiliki XGA Tru-finder 2.36m-dot OLED EVF. Jendela bidikan juga cocok dengan cakupan frame 100%.

A6300 adalah kamera yang fantastis untuk street photographer (foto jalanan), karena ukurannya yang sederhana, kecepatan pengambilan gambar terus menerus yang luar biasa serta sistem fokus 4D yang bagus. Sony Alpha a6300 adalah shooter video yang tangguh dengan resolusi ultra HD (3840 x 2160p) pada 30 fps. Dalam tampilan resolusi full HD 1920 x 1080p, kamera ini bisa mengambil gambar hingga 120 fps. Kamera ini juga dilengkapi dengan S-log3 Gamma dan pilihan layar bantuan.

Kamera ini juga dilengkapi dengan kemampuan yang memungkinkan untuk mengambil gambar secara terus pada kecepatan 11 fps dengan resolusi penuh hingga 21 frame RAW. Atau, anda dapat menembak 44 frame JPEG dalam resolusi penuh. Untuk fotografi olahraga dan aksi-aksi yang melibatkan gerakan yang cepat, inilah yang anda butuhkan yaitu kemampuan kamera dalam mengunci titik fokus bidikan anda secara tepat, akurat, dan cepat. Sony Alpha a6300 memiliki keduanya. Salah satu fitur yang lebih dicari dalam sebuah kamera adalah sistem fokus 4D dengan kemampuan diteksi sekitar 425 titik.

Kiranya artikel mengenai 4 kamera yang bagus untuk foto olahraga, satwa liar, dan aksi bisa bermanfaat dan menolong anda dalam menentukan pilihan anda. Selamat mencoba …

Referensi

https://www.bhphotovideo.com/explora/photography/buying-guide/10-recommended-cameras-sports-wildlife-and-action-photography

 

Artikel Terkait

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Video Terbaru

Loading...

Instagram

lensa terbaik untuk foto landscape

Ikuti Foto.co.id!

Bergabunglah di komunitas fotografi kami, dan belajar fotografi bersama kami!

Terima kasih, silahkan cek inbox anda dan konfirmasi untuk bergabung.

Share This