Select Page

5 Kamera DSLR Terbaik Tahun 2017

Bagi penggemar fotografi, pemilihan kamera yang tepat dapat menolong dalam menciptakan gambar yang berkualitas bagus dan jelas. Dalam hal ini, kamera DSLR tentunya menjadi pilihan utama dalam menyalurkan hobi mereka yang gemar memotret, meskipun saat ini juga kemampuan kamera pintar (smartphone) terus meningkat. Namun secara kualitas, kamera pintar (smartphone) masih belum bisa melampaui hasil jepretan kamera DSLR.

Jika anda adalah seorang pemula, maka kamera DSLR bisa menjadi pilihan utama. Selain bisa menciptakan foto yang berkualitas bagus dan tinggi, kamera DSLR juga menawarkan eksplorasi yang lebih, sebut saja seperti kontrol manual. Atau jika anda memiliki uang yang cukup, maka anda bisa mengganti lensa untuk jenis pemotretan tertentu.

Sama halnya dengan kamera pintar (smartphone), semakin banyak fitur yang ada, maka semakin mahal juga harganya. Namun diatas semuanya itu, pastikan terlebih dahulu kebutuhan fotografi sesuai dengan keuangan yang anda dimiliki.

Berikut ini, foto.co.id memberikan daftar kamera DSLR terbaik tahun 2017.

1.  Canon EOS 5D Mark IV

Dillengkapi dengan sensor yang canggih, fitur layar sentuh, serta kemampuan merekam video yang sangat bagus, membuat kamera ini tidak diragukan lagi kemampuannya. Saat ini, kamera Canon EOS 5D Mark IV merupakan salah satu kamera DSLR terbaik. Namun dibalik semuanya itu, harga yang ditetapkan untuk kamera ini terbilang mahal.

Canon EOS 5D Mark IV mengusung fotografi full-frame bagi para penggunanya. Kamera ini memiliki fitur handal lainnya seperti autofokus dengan 61 titik fokus. Dengan sensor yang beresolusi 30.4MP, kamera ini mampu memberikan hasil foto atau gambar yang lebih tajam dan menjadikannya sebagai kamera yang canggih serta sangat mudah untuk dipegang. Kamera EOS 5D Mark IV merupakan salah satu kamera terbaik dari Canon yang pernah ada, harganya memang terbilang mahal, tapi anda tidak akan menyesal dengan segala fitur terbaik yang dimilikinya.

2.  Canon EOS 5DS/R

Canon 5DS/R dirancang khusus untuk foto studio. Canon 5DS/R memiliki sensor 50 mega piksel yang mana berarti ketika anda menggunakan mode crop pada foto anda, maka anda masih akan memiliki sisa file yang perlu diselesaikan atau dikerjakan. Penambahan piksel pada kamera sebenarnya tidak diperlukan, tetapi jika itu foto studio, pernikahan, makro, potret, dan bahkan pemandangan, maka hal ini perlu. Piksel tambahan dapat menunjukan setiap getaran yang terdapat di dalam foto anda sehingga membuat anda sedikit tidak nyaman. Namun Canon telah merancang ulang 5DS/R dengan memasukan sistem kontrol untuk setiap getaran yang terjadi, bersama dengan mekanisme kecepatan rana untuk mengurangi kemungkinan foto blur.

Jika anda gemar memotret benda-benda secara terperinci, maka Canon 5DS/R menjadi alternatif pilihan yang bagus. Dilengkapi dengan 61 autofokus, 5DS/R bukanlah dirancang untuk digunakan dalam cahaya yang rendah, karena kemampuan sensitivitas sensor cahaya (ISO) yang hanya bisa mencapai 6400. Disamping itu juga, kamera ini tidak dirancang untuk digunakan dalam olahraga dan aksi-aksi yang penuh dengan gerakan cepat. Singkatnya, jika anda menginginkan resolusi yang tinggi untuk setiap foto anda, maka Canon 5DS/R merupakan pilihan yang tepat. Tapi jika anda tidak mau, maka anda bisa juga menggunakan pilihan yang lain seperti 5D Mark III.

3.  Nikon D500

Dilengkapi dengan resolusi 20.9 MP dan sensor APS-C serta sistem autofokus yang bagus yang bisa mencapai 173 titik membuat kamera Nikon D500 tidak diragukan lagi kemampuannya. Sekalipun tidak bisa dibandingkan dengan D7200, tapi tetaplah kamera ini unggul dan cepat jika dibandingkan dengan kamera lainnya jika berhubungan dengan tindakan atau aksi-aksi yang cepat seperti olahraga dan fotografi satwa liar.

4.  Canon EOS Rebel T6i

Sebuah tipe kamera DSLR, dengan segala performa terbaik serta peningkatan kualitas gambar serta dikemas dalam harga kamera compact. Canon EOS Rebel T6i cocok dengan semua lampu flash dari Canon dan bantalan lensa EOS, kamera ini juga menawarkan kapasitas jaringan WI-Fi dan NFC. Jadi, anda juga dapat menjalankan fungsinya dari ponsel pintar anda dan dengan mudah dapat mengunggah gambar, kemana pun anda pergi.

Portabilitas: Salah satu kamera DSLR terkecil yang pernah ada, Canon T6i juga sangat ringan karena terbuat dari bahan poli-karbonat. Ukuran dimensinya yaitu 5, 1 × 3, 9 × 3, 07 dan beratnya hanya sekitar 17, 11 oz.

Lensa yang di sarankan: Kamera EOS Rebel T6i ini sangat cocok dengan lensa STM Pancake terbaru dari Canon, dengan EF berukuran 40mm dan pada Aperture f/2,8 anda sudah pastinya memiliki kamera DSLR terkecil yang dapat anda simpan dalam saku! Lensa kit standar merupakan yang terbaik diantara seluruh lensa untuk travelling.

5.  Canon EOS 7D Mark II

Sistem autofokus yang dimiliki Canon EOS 7D Mark II merupakan yang terbaik secara keseluruhan. Canon 7D Mark II membaharuinya dengan menambahkan 65 area titik fokus. Dengan semua titik tersebut, menjadikan tipe cross yang dimilikinya menjadi lebih peka terhadap sasaran. Sebagai tambahan, titik pusat Canon 7D adalah tipe dual cross dengan f/2,8 dan kepekaan yang naik/turun hingga f/8 sangat berguna untuk para fotografer yang ingin memperpanjang lensa tele mereka.

Bukan hanya Canon EOS 7D Mark II, kamera tebaru Canon juga memiliki teknologi autofokus yang tidak kalah hebatnya yaitu EOS iTR AF dan AI Servo AF III yang sama dengan yang dimiliki juga oleh Canon IDx dan 5D Mark III. Pilihan tersebut memberi celah bagi para fotografer dalam menentukan pilihan pada beberapa skenario pemotretan untuk bisa menyesuaikan dengan sistem autofokus yang ada agar sasaran yang diperoleh saat membidik subjek yang begerak tepat dan hasilnya jelas. Disamping itu juga, terdapat 7 pilihan modus titik autofokus yang bisa anda gunakan, yaitu: Single point spot secara manual; Single point; AF point expansion secara manua; AF point expansion; AF Zone secara manual pada area yang dipilih; Large Zone AF; dan 65 titik pilihan autofokus secara otomatis.

Dengan adanya modus-modus tersebut, memungkinkan para fotografer untuk mengatur kembali dari awal titik autofokus yang telah ditetapkan sekalipun sedang berada dalam mode continues AF. Hal ini juga memberikan anda kemudahan serta petunjuk dalam mengatur kamera anda untuk menangkap subjek yang bergerak.

Disamping semua kelebihan yang ada pada kamera ini, kabar baik bagi para penggemar videografi adalah kamera Canon 7D Mark II ini dilengkapi juga dengan video Full HD yang dapat merekam dalam format Movie atau MP4 hingga diatas 60p pada modus NTSC atau 50p dalam modus PAL. Juga terdapat port HDMI yang dapat menyediakan kualitas video yang lebih jernih pada skala tetap (4:2:2) dibagian luar rekaman dan juga terdapat port untuk menghubungkan mikrofon untuk suara dan monitor rekaman yang lebih baik. Pada bagian belakang kamera terdapat layar sentuh berukuran 3 inci dengan 1,040,000 titik yang dapat digunakan untuk menyusun gambar atau video dalam modus Live View.

Kiranya artikel mengenai 5 kamera DSLR terbaik 2017 ini bisa bermanfaat bagi anda dalam membuat pilihan mengenai kamera yang akan menemani pemotretan anda. Selamat mencoba …

Referensi

http://www.switchbacktravel.com/best-dslr-cameras

 

 

 

Artikel Terkait

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Video Terbaru

Loading...

Instagram

lensa terbaik untuk foto landscape

Ikuti Foto.co.id!

Bergabunglah di komunitas fotografi kami, dan belajar fotografi bersama kami!

Terima kasih, silahkan cek inbox anda dan konfirmasi untuk bergabung.

Share This