6 Kamera Digital yang Keren Untuk Anak

Jika anak-anak anda masih muda dan mengetahui tentang dunia ponsel pintar dan mengenalnya sebagai perangkat yang paling populer untuk mengambil gambar, hal tersebut sangatlah buruk. Untuk memperkuat pengetahuan mereka mengenai fotografi, sebagai fotografer muda ada baiknya jika anda memberi mereka pemahaman bahwa dengan menggunakan kamera yang sesungguhnya, mereka akan mendapatkan kinerja terbaik dan keuntungan lebih dari kamera tersebut untuk hasil gambar yang mereka potret dan segeralah berikan satu kamera untuk anak anda. Tapi tunggu! Sebelum anda memilih kamera yang tepat untuk anak anda, sebaiknya anda mempertimbangkan segala bahaya yang dapat timbul dan fakta bahwa beberapa anak (perempuan maupun laki-laki) tidak berhati-hati saat menggunakan perangkat elektronik yang mahal. Jika anda ingin membeli sebuah kamera, khususnya untuk anak, sebaiknya anda memilih kamera yang memiliki daya tahan lebih baik dan lebih penting lagi, dapat dengan mudah digunakan, dilengkapi dengan fitur-fitur dan kualitas gambar terbaik serta tidak menimbulkan kekhawatiran berlebih saat digunakan oleh anak, dan yang pastinya kamera tersebut dapat digunakan untuk berbagi gambar dengan seluruh anggota keluarga. Berikut kami memiliki 5 Tipe Kamera Digital Anak untuk anda:

V-Tech Kidi-Zoom Camera (Untuk Anak berumur 5-8 Tahun)

Jika anda ingin membeli kamera untuk anak dibawah umur 10 tahun, mungkin anda tak ingin untuk mengeluarkan biaya yang berlebihan, dan daya tahan kamera tersebut merupakan hal yang terpenting. Kamera tersebut juga memiliki ukuran berat yang ringan dan tahan meski sekali jatuh, serta kesederhanaan untuk meng-operasikannya merupakan poin terbaik.

Lensa kit pertama untuk anak merupakan yang paling sederhana dan tidak mahal, kamera V-Tech Kidi-Zoom memiliki lensa tersebut dengan biaya terjangkau. Kamera ini dilengkapi dengan resolusi 1,2 Megapiksel serta di dukung dengan kartu memori internal 128 MB, digital zoom 4x serta dapat merekam video. Kamera ini memiliki sebuah model fitur 2 Mp, juga memori internal 256 MB dan sebuah slot kartu memori SD, untuk anak yang sedang bertumbuh dan kadang memasukkan kartu memori kedalam mulut mereka.

Fitur-Fitur Kunci

Resolusi 1.2 MP, Sensor CCD

4X Digital Zoom

128MB Built-in Memory

Baterai AA

Nikon Cool-Pix S-31 (Untuk Anak Umur 8-10 Tahun)

Fitur Kunci

10 MP CCD Sensor

3X Optical zoom (Setara dengan 29-87 mm )

720p HD Rekaman video

Waterproof, Shockproof dan Dustproof

Isi ulang baterai lithium-ion (included)

Tersedia dalam pilihan warna: pink, kuning dan biru

Daya tahan pada sebuah kamera merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan pada usia anak seperti tahapan ini. Terdapat beberapa jenis kamera yang tepat untuk anak-anak pada usia menengah hingga usia sekolah dasar. Semua model tersebut juga hadir dalam sekumpulan warna, yang pastinya anak-anak sukai, tapi pastinya juga menawarkan sebuah kinerja kontrol manual yang bermanfaat untuk anak yang sudah mulai tumbuh besar, saat mereka sudah mulai lebih tertarik mengenai fotografi.

Pentax WG-10

Kebanyakan anak laki-laki berusia 8-10 tahun pastinya menyukai kamera WG-10, sebab modelnya yang dikemas seperti mobil balap dan cincin pada cahaya LED kamera dikelilingi oleh lensa zoom 5X (setara dengan 28mm hingga 140mm) yang juga menambah kesan stylish pada kamera WG 10 ini. Kamera ini tangguh ini memiliki resolusi 14 Megapiksel dan memiliki fitur anti-air yang tahan akan cipratan dan tahan hingga kedalaman 33 kaki, tahan banting hingga 5ft, tahan himpitan/beban hingga 220kg serta tahan beku dan debu. Kamera WG-10 dapat merekam video hingga 720p dan memiliki stabilisasi gambar digital, rentang ISO pada nilai 80-6400. 5 lampu pada layar LED yang mengelilingi lensa bekerja pada modus “Digital Microscope” yang secara mendasar mendukung pengaturan makro. Kamera Pentax WG 10 tidak memiliki kontrol manual, tapi kamera ini meiliki sekumpulan pilihan pada tampilan gambar dengan 25 pilihan yang termasuk auto program, yaitu: panorama, underwater, dan Underwater Movie.

Fitur-Fitur Kunci

14 MP Sensor CCD

5X Optical zoom (28-140 mm equivalent)

ISO 80-6400

2.7inci, 230k-dot Layar belakang LCD

Rekaman Video 720p

Anti air, tahan goncangan/banting, anti-debu dan beku.

Isi ulang baterai Lithium-ion (sepaket)

Tersedia dalam warna merah dan abu-abu

Sony Cyber-shot DSC-TF1

Masih dengan bentuk yang sama, tapi lebih stylish, kamera Sony Cyber-Shot TF1 memiliki banyak fitur untuk ditawarkan. Kamera ini memiliki fitur-fitur otomatis dan beberapa fitur tepat digunakan dalam berbisnis, Sony TF1 ini sangat tepat dan menyenangkan untuk digunakan oleh para fotografer muda. Kamera ini menawarkan sebuah stabilisasi optikal lensa zoom 4x (setara 25mm hingga 100mm) di depan sensor CCD 16 Megapiksel, kamera ini juga anti-air hingga kedalaman 33ft, tahan banting 5ft, tahan beku dan debu. Anak-anak akan menyukai modus Sweep Panorama pada kamera yang juga memiliki sebuah pengaturan untuk bawah air. Pilihan-pilihan yang dimilikinya juga seperti yang terdapat pada Instagram, untuk sentuhan warna yaitu: Toy Camera, Partial Color, dan Beauty Effect). Kamera ini memiliki rentang ISO 100-3200 dan dapat merekam video 720p. satu hal penting yang perlu diketahui yaitu Sony TF1 merekam video maupun gambar kedalam kartu memori Mikro-SD/Mikro-SDHC sebagai ganti kartu memori ukuran normal yaitu SD/SDHC. Kartu memori berukuran normal tersebut berukuran sangat kecil dan sangat berbahaya untuk anak kecil, jadi berhati-hatilah.

Fitur-Fitur Kunci

16MP CCD Sensor

4X Optical zoom (27-108mm equivalent)

ISO 100-3200

2.7 inci, 460k-dot layar belakang LCD

Rekaman Video 720p HD

Waterproof, shockproof, dust-proof and ‘cold-proof’

Baterai isi ulang Lithium-ion (included)

Tersedia dalam berbagai jenis pilihan warna, yaitu: Hitam, Merah dan biru

Fujifilm Fine-Pix XP-60

Kamera Fujifilm Fine Pix Xp-60 ini merupakan salah satu kamera yang juga tangguh dan water-proof. Kamera ini merupakan kamera pertama pada jejeran round-up yang menawarkan sebuah sensor CMOS dan resolusi 16 Megapiksel, stabilisasi sensor-shift dan rekaman video 1080p, menjadikan Xp-60 ini memiliki kemampuan yang memadai/all-arund. Kamera Fine-Pix Xp-60 ini memiliki lensa optikal zoom 5x (sertara dengan 28mm hingga 140mm), sebuah rentang ISO 100-6400 dan kapasitas kartu memori full-sized SD/SDHC/SDXC. Kamera penuh warna ini tahan air hingga 20ft, tahan banting hingga 5ft, anti debu dan beku. Anak-anak yang aktif pasti akan sangat menyukai jumlah frame maksimum pada kamera ini, yaitu sekitar 10fps dalam full resolusi/60fps pada pengurangan resolusi hingga 2Mp. Modus Movie pada kecepatan tinggi juga terdapat dalam fitur kamera ini, memungkinkan anda untuk merekam video slow motion 240 fps pada resolusi 320 x 240 px.

Fitur-Fitur Kunci

16MP CMOS Sensor

5X Optical zoom (28-140 mm equivalent)

ISO 100-6400

2.7inci, 230k-dot layar belakang LCD

1080p HD Video

Waterproof, shockproof and dustproof

Baterai isi ulang Lithium-ion (included)

Tersedia dalam berbagai pilihan warna, yaitu: kuning, hijau, merah dan biru.

Olympus SZ-15

Kamera Olympus SZ-15 merupakan sebuah pilihan yang bagus untuk anak yang menyukai fotografi satwa liar dan lanskap. Kamera ini menawarkan lensa wide angle, seperti yang umum dimiliki kamera lainnya, serta memiliki optikal zoom 24X (25-600mm ekuivalen), menambah sekumpulan kekuatan pada kamera ini untuk pemotretan telefoto. Baiknya lagi, kamera ini juga dilengkapi dengan sensor dual shift/stabilisasi gambar digital untuk menjaga kestabilan kamera saat pemotretan long-zoom.

Kamera SZ-15 dari Olympus juga kamera yang handal untuk pemotretan close-up, dengan sebuah jarak fokus minimum, sekitar 1 inci. Kamera ini memiliki resolusi 16 Megapiksel dan sebuah sensor CCD dan dapat memotret 15fps pada saat menggunakan resolusi 3Mp. Kualitas rekaman video teratas pada 720p dan memiliki fitur “Magic Art Filters” dari Olympus untuk menambahkan sekumpulan efek pada gambar anak anda, dalam perputaran simulasi efek kamera cembung/fisheye. Kamera ini juga memiliki sensor CMOS 16Mp dan menawarkan rekaman video 1080p yang lebih jernih.

Fitur Kunci

16MP CCD Sensor

24X Optical zoom (25-600mm equivalent)

ISO 100-1600

3 inci, 460k-dot rear LCD

1080p HD Video

Isi ulang Batre Lithium-ion (included)

Tersedia dalam warna hitam, silver dan merah

Kesimpulan

Kegiatan fotografi memang sangat menyenangkan, tak hanya orang dewasa yang banyak tertarik dengan kegiatan satu ini, anak-anak pun banyak yang menggemarinya. Untuk memilih kamera yang tepat bagi anda anda, ada baiknya jika anda mempertimbangkan beberapa hal yang sangat berpengaruh pada anak, saat menggunakan kamera tersebut, agar disamping kegiatan fotografi anak menjadi sangat menyenangkan baginya, keselamatan anak anda juga tetap terjaga saat bereksperimen dengan kamera andalan mereka. Semoga uraian diatas dapat bermanfaat bagi anda untuk menemukan kamera terbaik yang cocok bagi anak anda. Jika anda ingin mengetahui info mengenai fotografi lebih jauh lagi, silahkan ikuti instagram kami di @foto.co.id. Sampai Jumpa 🙂

Referensi:

https://www.dpreview.com/articles/5154059852/best-digital-cameras-for-kids

Scroll to Top