Select Page

7 Cara Mudah Membuat Video Time-Lapse Keren Di Kameramu

7 Cara Mudah Membuat Video Time-Lapse Keren Di Kameramu

Kali ini, foto.co.id ingin membagikan artikel mengenai cara mudah membuat video time-lapse (time-lapse video) keren di kameramu. Time-lapse merupakan salah satu teknik fotografi (atau videografi) dimana kita menggabungkan kumpulan foto-foto menjadi suatu video. Dalam hal ini, ada begitu banyak foto yang kita kumpulkan, kemudian kita atur dengan software (perangkat lunak) pengolah video untuk kemudian menjadikan kumpulan foto tersebut menjadi video. Peralatan yang bisa kamu gunakan untuk foto time-lapse sangat flexibel, terserah kamu mau gunakan kamera DSLR, mirrorless, dan bahkan kamera hp / smartphone android yang kamu miliki.

Sekalipun demikian, membuat time-lapse video tidak sesederhana kita memeotret kemudian menyatukannya menjadi sebuah video, karena kita harus memastikan bahwa sudut pemotretan yang kita gunakan harus sama agar videonya nanti tidak terlihat aneh.

Nah, mari simak bersama bagaimana cara memotret untuk dijadikan video time-lapse.

Peralatan yang perlu disiapkan untuk memotret video time-lapse:

1.  Kamera

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

 

Kamera dalam hal ini bersifat universal, bukan hanya terbatas pada kamera mirrorless maupun kamera DSLR, tapi juga kamera smartphone atau hp android yang kamu miliki. Sekalipun kualitas gambarnya akan lebih bagus dengan menggunakan kamera DSLR dan mirrorless, namun hal itu tidaklah memberikan kamu batasan dalam menentukan kamera apa yang hendak kamu gunakan. Pilihan adalah milikmu sendiri, karena itu pilihlah dengan bijak.

2.  Tripod

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Tripod merupakan alat yang penting untuk membuat hasil video time-lapse nantinya tidak kabur atau amburadul. Selain itu, tripod menjaga kamera kamu agar tetap stabil selama pengambilan gambar khususnya saat sedang memotret dalam kondisi cahaya yang minim sehingga membutuhkan shutter speed yang lambat. Jika kamu lupa membawa tripod, maka carilah tempat yang datar dan aman untuk meletakkan kamera kamu di sekitar lokasi pemotretan, misalnya pohon.

3.  Intervalometers

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Gunakanlah intervalometers untuk mempermudah anda dalam membuat video time-lapse. Alat ini memungkinkan kamera untuk memotret secara otomatis setiap rentang waktu yang telah diatur.

Nah, tanpa panjang lebar lagi, berikut ini adalah cara mudah membuat video time-lapse keren di kameramu.

1.  Siapkan kamera dan tripod

Hal pertama yang harus kamu pastikan terlebih dahulu adalah kamera. Baik itu kamera DSLR, mirrorless, dan bahkan kamera hp android. Semuanya itu bisa, tinggal terserah kamu. Gunakan tripod atau tempat yang stabil untuk menjaga kamera agar tidak goyang selama proses pengambilan gambar. Misalnya, TV, dinding, pohon, dll.

2.  Lakukan uji coba pengambilan gambar

Lakukan uji coba di area lokasi pemotretan untuk memastikan hitungan waktu pencahayaan dan untuk mengatur fokus. Misalnya, saya tahu kalau saya menginginkan pencahayaan selama 2 detik, maka saya melakukan tes terlebih dahulu di mode Shutter Priority.

3.  Sesuaikan pengaturan kamera

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Matikan kamera ke mode manual. Atur kecepatan shutter speed sesuai dengan apa yang anda gunakan pada langkah sebelumnya. Matikan auto white balance, kemudian atur ke preset atau custom. Setelah itu, pastikan fitur auto tidak ada di auto, karena jika tidak, maka kamu akan mengalami kebisingan selama proses pengambilan gambar.

4.  Aturlah intervalometer yang kamu miliki

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Intervalometer yang hendak anda gunakan tergantung pada objek yang ingin anda ambil. Setiap objek pemotretan membutuhkan waktu dan interval yang berbeda. Tidak ada aturan yang tetap dalam hal penggunaan intervalometer. Semua itu tergantung pada diri kamu sendiri. Sebagai asumsi, video di TV ditayangkan rata-rata sekitrar 25 fps. Nilai ini merupakan 2 kali lipat untuk film yang ditampilkan di TV dengan kualitas full HD 1080p. Namun, mari kita ambil opsi pertama yaitu setiap detik dari sebuah video membutuhkan 25 frame.

Sebagai perhitungan, 1 bingkai (frame) sama dengan sebuah foto. Jadi, untuk video dengan durasi 10 detik, maka anda membutuhkan 250 foto. Untuk waktu 1 menit, anda membutuhkan 1500 foto. Dengan asumsi bahwa kamu mengambil 1 foto setiap 4 detik, maka dibutuhkan waktu 250 x 4 = 1000 detik = 16,6 menit untuk membuat video dengan rentang waktu 10 detik. Wow hebat kan? Hanya untuk video selama 10 detik, maka kamu harus menghabiskan kurang lebih 1500 foto. Nah, jika kamu penasaran, maka ambil saja kamera kamu dan cobalah untuk melakukannya. Selamat mencoba!

5.  Tentukan lokasi pemotretan

Penentuan lokasi pemotretan dalam hal ini sudah termasuk menentukan angle foto, objek foto, dan suasana pemotretan yang diincar (misalnya matahari terbit atau terbenam).

6.  Mulailah memotret

Setelah kamu selesai mengatur intervalometer, maka posisikan mereka secara bersamaan dan mulailah memotret.

7.  Buat video time-lapse kamu dengan Photoshop

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Membuat video time-lapse dengan Phtoshop memang agak sedikit rumit tapi hal tersebut memberikan kamu kendali yang lebih banyak saat sedang melakukan editing. Kamu bisa memulai proses pembuatan video dengan membuat dokumen baru – HDTV 1080p / 29.97. Hal ini dibuat untuk menentukan resolusi film dan rata-rata fps (frame /second). Setelah itu, tampilkan jendela Timeline (Window> Timeline). Ini akan nampak terbuka pada bagian bawah monitor yang kamu miliki, yang kemudian akan memberikan kamu petunjuk untuk menekan (klik) tombol buat timeline video.

Selanjutnya, buka layer > pilih video layers > New Video Layer dari perintah file. Hal ini akan meminta kamu untuk menentukan gambar still life pertama di foto kamu untuk seri time-lapse video dan memberikan sisa gambar lainnya nama file dan nomor yang sama. Setelah itu, anda bisa menggunakan perintah file > export > kemudian render video. Namun sayangnya, hal tersebut membuang banyak waktu. Sebagai gantinya, gunakan opsi Layer > smart objects > Convert to Smart Object. Ini berarti anda sekarang dapat mengubah ukuran gambar yang anda lihat pada layar monitor dan menambahkan efek penyesuaian dan filter untuk diterapkan ke semua frame berikutnya saat Photoshop hendak menampilkan video.

Nah, gimana? Mudah atau susah? Dari pada mikirnya susah, lebih baik dicoba dulu yah. Selamat mencoba.

Demikianlah artikel mengenai 7 cara mudah membuat video time-lapse keren di kameramu. Kiranya artikel ini bisa bermanfaat. Selamat mencoba …

Artikel Terkait

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Video Terbaru

Loading...

Instagram

lensa terbaik untuk foto landscape

Ikuti Foto.co.id!

Bergabunglah di komunitas fotografi kami, dan belajar fotografi bersama kami!

Terima kasih, silahkan cek inbox anda dan konfirmasi untuk bergabung.

Share This