Select Page

Cara Memilih Kamera Digital

Cara Memilih Kamera Digital

Menentukan harga kamera digital yang anda akan beli berikut adalah hal yang lumayan sulit. Banyak faktor yang harus dipertimbangkan dengan matang, sebelum memutuskan kamera mana yang terbaik yang bisa anda dapatkan dengan budget demikian. Marilah kita diskusikan faktor2 tersebut, agar membantu anda mengambil keputusan yang tepat!

Merk

Harga kamera digital biasanya juga dipengaruhi oleh merk dari kamera tersebut. Tiga merk ternama yaitu Sony, Canon, dan Nikon adalah pemimpin di dunia kamera digital, dan tentunya harga kamera mereka tergolong lebih mahal dibanding merk lain seperti Fuji, Kodak, Olympus dan Samsung. Cara memilih merk atau brand yang tepat, biasanya dikhiasi dengan seseorang yang ingin memilih “agama” yang akan dipanutinya. Apakah anda ingin “beragama” Canon, atau Nikon?

Tiap2 merk mempunya keunggulan dan kejelekan masing2. Sebelum anda memutuskan merk apa yang anda akan terjuni, cobalah untuk meng-research mengenai merk tersebut. Yang paling penting adalah mengetahui apakah distributor merk tersebut aktif di kota anda. Apakah merk ini sering memasangkan iklan di koran maupun di baliho2 sekeliling kota? Anda juga butuh untuk bertanya kepada rekan2 anda yang sudah berpanut di aliran tersebut, mengenai pelayanan, garansi dan servis dari distributor itu. Dalam jangka panjang, mungkin anda harus melakukan servis, atau menukar sebuah komponen dari kamera anda melalui garansi, dan anda tentunya ingin pelayanan yang terbaik di kota anda.

Digital vs manual

Adau 2 pilihan setelah itu, apakah anda akan memilih kamera digital, atau kamera manual. Kamere manual adalah kamera yang menggunakan roll film untuk merekam gambar. Sedangkan kamera digital dapat merekam gambar secara digital ke dalam sebuah kartu memory. Ada berbagai macam keunggulan dari membeli sebuah kamera digital. Harga kamera digital sekarang sudah lah sangat terjangkau, namun kualitas, performance dan fungsi fungsi nya terus saja meningkat. Ini dikarenakan persaingan yang ketat di antara brand – brand kelas atas yang tentunya ingin mengdominasi pasar digital camera. Marilah kita kupas lebih dalam lagi, mengapa anda layak memikili sebuah kamera digital dibandingkan kamera manual:

  • Hasil bisa langsung dilihat. Ini tentunya keunggulan dari kamera digital yang paling utama, jika dibandingkan dengan tipe kamera lainnya. Sekali menjepret sebuah gambar, anda bisa langsung melihat hasil foto anda di layar LCD yang biasanya terletak di belakang kamera. Dengan demikian, anda bisa langsung melakukan perubahan jikala melakukan sebuah kesalahan pada exposure atau komposisi. Jika menggunakan amera manual yang menggunakan film, maka film tersebut harus diproses (cuci film) di lab profesional terlebih dahulu untuk melihat hasil bidikan anda. Kamera polaroid bisa menghasilkan sebuah cetakan secara instant, sesaat setelah menjepret, namun hasilnya kurang maksimal, dan harga per klik nya sangatlah tidak ekonomis.
  • Bisa menggunakan live view. Kamera digital dalam beberapa tahun terakhir ini, sebagian besar telah hadir dengan fitur ‘live view’. Fitur ini memungkinkan seorang fotografer untuk membidik dan mengatur komposisi gambar dengan melihat pada layar LCD kamera tersebut. Ada beberapa kamera seperti Canon EOS 60D, yang memiliki layar LCD yang mampu diubah letaknya. Fitur ini memudahkan sang fotografer untuk memotret dari sudut2 atau angle yang agak susah. Contohnya, jika ingin memotret dari sudut pandang “worm’s eye view”, di mana kamera itu sejajar dengan lantai, maka fotografer tidak perlu lagi harus melantai, namun dapat mengubah layar LCD nya ke arah atas, maka mempermudah fotografer tersebut untuk mengatur fokus dan komposisi.
  • Ekonomis. Harga kamera digital sangatlah kompetitif saat ini, namun sejalan dengan kemajuan teknologi, fitur2 dari kamera ini juga ikut berkembang. Dari segi ekonomis, kamera digital tak ada duanya. Tergantung dari besar memory yang anda gunakan, anda sekarang bisa merekam gambar yang sangat banyak tanpa perlu menyetor nya di komputer. Ini akan sangat memudahkan anda saat berpetualang di negeri lain, atau sekedar hunting photoshoot. Kartu memori sekarang sangatlah murah dan tidak gampang rusak, sehingga anda dapat membawa beberapa kartu untuk perjalanan anda, sehingga anda tidak perlu pusing memikirkan kekurangan memori lagi.
  • Praktis. Ukuran dari kamera digital sekarang, mulai dari yang paling kecil yaitu kamera poket hingga kamera digital SLR yang gede pun ada. Sekarang hampir semua HP pun dilengkapi oleh kamera digital. Dan dalam 6 bulan terakhir ini, pemain besar kamera digital yaitu Canon, Nikon, Sony dan Olympus telah mengeluarkan kamera digital “mirrorless”. Jenis kamera tanpa cermin ini ukurannya sama seperti kamera poket biasa, namun sanggup menghasilkan kualitas foto yang setara dengan kamera digital SLR (DSLR). Anda juga bisa mengganti lensa2 nya, sama seperti pada sebuah DSLR.
  • Fungsi2 yang membantu mendapatkan sebuah foto yang sempurna. Satu lagi keunggulan dari sebuah kamera digital, yaitu fitur2 dan program2 yang terus saja diperbaharui untuk mempermudah pengambilan sebuah gambar yang ‘perfect’! Kamera digital sekarang telah dilengkapi dengan berbagai macam mode, yang dapat membantu mengukur pencahayaan yang tepat di setiap kondisi lighting yang berbeda2. Fungsi auto-focus nya juga sangat membantu untuk mendapatkan sebuah foto yang tajam pada titik fokus nya.

 

Tipe dari merk tersebut

Setelah anda telah memutuskan merk dan jenis dari kamera digital anda, selanjutnya anda akan disajikan dengan beberapa tipe yang disediakan oleh merk tersebut. Contohnya, pada merk/brand CANON, telah terbagi menjadi beberapa level.

  • Pemula – Canon EOS 1000D
  • Intermediate/amatir – Canon EOS 60D
  • Profesional – Canon EOS 5D, Canon EOS 6D
  • Tingkat tertinggi dari camera DSLR Canon, yaitu –  Canon EOS  1Dx

Jadi, tentukanlah level fotografi di mana anda berada saat ini. Jika anda hanyalah seorang pemula, memiliki Canon EOS 1Dx sangatlah ideal, namun banyak fungsi dan fitur2 dari kamera tersebut yang mungkin tidak anda perlukan. Sebaliknya jika anda seorang profesional, misalkan seorang fotografer wedding, biasanya membutuhkan sebuah kamera dgn fitur autofocus yang lebih cepat, dan megapixel yang lebih besar agar anda bisa menghasilkan cetakan kanvas yang besar untuk client anda.

Sesuai budget anda

Tentunya, level dari kamera sesuai dengan harga yang telah ditetapkan oleh perusahaan pencipta. Umumnya, semakin tinggi levelnya, semakin mahal harganya. Nah, anda sendiri yang harus bisa menentukan budget yang anda bisa jangkau untuk membeli sebuah kamera digital. Silahkan menyimak di sini untuk mendapatkan harga kamera digital terbaru. Tapi ingatlah untuk tidak menghabiskan seluruh budget yang anda tetapkan hanya pada kamera saja. Anda masih harus menyisihkan budget untuk aksesori lainnya, seperti kartu memory, tas, flash dll.

DSLR atau poket

Ini yang sering membingungkan banyak konsumen kamera, memilih di antara membeli sebuah DSLR atau kamera poket. Sekarang, anda akan ditambah bingung lagi, dengan diterbitkannya mirrorless camera (atau kamera tanpa cermin). Kamera ini ukurannya mungil sama seperti sebuah kamera poket, namun kualitasnya tidak kalah dgn sebuah DSLR. Dan hampir semuanya datang dengan fitur yang bisa mengganti lensa juga.

Untuk membantu membuat keputusan ini, tentunya kita harus kembali lagi ke tujuan utama mengapa anda menggunakan kamera tersebut. Jika anda sedang ingin travelling atau jalan2 ke luar negeri, dan ingin membawa barang seminimal mungkin, maka kamera poket lah yang sebaiknya anda bawa. Jika anda kurang puas dengan fitur2 dan hasil yang diciptakan oleh kamera poket, cobalah pertimbangkan membeli kamera mirrorless. Namun, jika anda serius dengan fotografi anda, maka tidak ada salahnya membeli sebuah kamera DSLR.

Beli dengan lensa kit atau pisah?

Jika anda memutuskan untuk membeli sebuah kamera DSLR, sekarang ada pilihan lagi yang anda harus pertimbangkan. Kamera digital DSLR biasanya dipaketkan dengan “lensa kit”, atau lensa standard dengan harga yang ekonomis. Membeli kamera sepaket dengan lensanya pastinya akan lebih murah, namun anda belum tentu puas dengan lensa tersebut. Jika anda seorang pemula, tidak ada salahnya membeli paket tersebut, namun kemungkinan besar anda akan harus meng-invest lensa2 yang lainnya di kemudian hari.

 

Memang sangat banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli kamera digital mana yang akan dibeli. Semoga dengan artikel ini, akan dapat membantu anda mengambil keputusan yang tepat, dan mendapatkan kamera yang sesuai dengan kebutuhan anda. Salam fotografi!

Share

Artikel Terkait

3 Comments

  1. elsha

    izin save gambar kameranya ya kk buat kerjain tugas

    Reply
    • FotoWriter

      Nikon juga mantep bang..

      Reply

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Video Terbaru

Loading...

Instagram

lensa terbaik untuk foto landscape

Ikuti Foto.co.id!

Bergabunglah di komunitas fotografi kami, dan belajar fotografi bersama kami!

Terima kasih, silahkan cek inbox anda dan konfirmasi untuk bergabung.

Share This