Select Page

Ganti lensa untuk membuat foto unik

Ganti lensa untuk membuat foto unik

Sebagai seorang fotografer, kita harus selalu mencari sumber inspirasi agar kita dapat berkembang dan terus berusaha untuk menghasilkan karya yang lebih baik lagi. Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan inspirasi adalah dengan sering melihat hasil karya orang lain. Namun, janganlah kita hanya asal menjiplak saja, tapi doronglah diri anda untuk mencapai sesuatu yang lebih baik. Ada banyak teknik fotografi yang dapat kita gunakan untuk membuat keunikan dari hasil karya kita sendiri, agar kita bisa menonjol.

Salah satu cara terbaik untuk membedakan foto anda dengan yang lain adalah dengan menggunakan lensa2 yang berbeda. Contoh berikut diambil dari salah satu pemotretan wedding di Perth, Australia. Klien ingin sekali untuk melakukan foto session di lokasi yang sangat populer di kota ini, yaitu di sebuah rumah2an kayu di pinggir sungai (disebut Matilda Bay boat house). Lokasi ini sangat sering dijadikan backdrop untuk foto wedding, dan hasilnya selalu sama seperti foto berikut:

Saya ingin menghasilkan sesuatu yang beda di lokasi ini. Selama ini, yang saya perhatikan adalah semua fotografer selalu menggunakan lensa wide untuk menangkap pemandangan yang indah ini. Untuk memenuhi permintaan klien, saya memotret beberapa frame dengan menggunakan lensa wide (16-35mm). Setelah itu, saya bebas untuk bereksperimen, dan menggunakan lensa tele (70-200mm). Hasilnya seperti berikut:


Saya memotret foto di atas ini dengan posisi lensa pada 200mm, dan saya harus berposisi di seberang jalan dari posisi klien berada (kira2 20 meter). Hasil yang saya capai jadinya sangat beda dengan yang saya tangkap dengan lensa wide tadi. Setelah mengatur dan mencoba beberapa pose, saya akhirnya puas karena telah mendapatkan sesuatu yang unik di tempat yang ‘membosankan’ ini.

Dengan teknik ini, anda dapat ‘menyulap’ sebuah lokasi yang umum dan selalu difoto orang lain menjadi sebuah karya yang unik. Cobalah untuk ke sebuah lokasi wisata yang punya objek atau pemandangan yang sangat sering dilihat, dan ubahlah sudut pandangnya dengan menggunakan lensa yang ekstrim, seperti lensa super wide (seperti fish eye 14mm) atau lensa yang sangat panjang (200-400mm). Kemudian posisikan diri anda dari angle2 yang berbeda, dan cobalah beberapa framing yang berbeda dengan lensa tersebut. Pastinya anda akan menghasilkan gambar yang orang kenali, namun mereka akan terpukau dengan kreatifitas anda.

Apakah anda punya pengalaman menarik, di mana anda mengganti lensa agar membuat sebuah objek umum menjadi sesuatu yang luar biasa? Share dong di facebook Foto.co.id! Ada saran lain untuk membuat foto anda menjadi lebih unik? Silahkan komentar di bawah.

Artikel Terkait

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Video Terbaru

Loading...

Instagram

lensa terbaik untuk foto landscape

Ikuti Foto.co.id!

Bergabunglah di komunitas fotografi kami, dan belajar fotografi bersama kami!

Terima kasih, silahkan cek inbox anda dan konfirmasi untuk bergabung.

Share This