Select Page

Teknik foto model indoor (Studio)

Teknik foto model indoor (Studio)

Foto model outdoor sekarang lagi “booming” nih, tapi foto model outdoor juga ga ketinggalan lho! Hasil yang dicapai oleh pemotretan di studio seharunya lebih berkonsep, dengan lighting yang lebih sempurna. Berikut adalah beberapa tips untuk pemotretan model indoor:

1. Konsep – Pemotretan studio seharusnya simple namun berkonsep, dan upayakan agar konsep tersebut kuat dan didukung oleh semua elemen fotografi. Apakah yang anda ingin capai dari pemotretan tersebut? Apakah anda mempunyai sebuah “brief” atau sebuah gambar yang anda harus ceritakan dari foto tersebut? Kesan atau mood apa yang anda ingin dapatkan jika orang melihat foto anda? Elemen2 apa saja yang anda butuhkan untuk mencapai konsep tersebut dengan sempurna? Inilah hal2 yang anda harus pikirkan dan telusuri sebelum pemotretan, agar anda dapat menghasilkan sebuah karya yang menakjubkan.

2. Warna – Elemen warna ini tentunya tidak boleh dilewatkan begitu saja. Pikirkan warna2 apa saja yang anda harus kemas dalam foto anda. Warna latar, pakaian model, props dan bahkan warna makeup dari sang model pun perlu anda perhatikan. Gunakan warna yang harmonis satu dengan yang lainnya, atau yang berkomplemen. Contohnya, merah bisa diharmonikan dengan pink, dan bisa dikomplemen oleh warna biru.

3. Makeup – Makeup sangat mendukung dalam pemotretan model. Dunia media seperti majalah dan televisi telah menerapkan sebuah standard kecantikan, di mana seorang model harus mempunyai wajah dan kulit yang super mulus. Namun realita nya tidak semua orang memiliki hal tersebut, tetapi ini dapat diwujudkan dengan tambahan makeup. Makeup yang baik juga membantu untuk memperjelas fitur2 dari wajah agar model terlihat lebih cantik, anggun, elegan, dan juga langsing. Tema atau konsep dari photoshoot ini juga bisa didukung oleh makeup. Contohnya konsep foto anggun tentunya patut ditemani dengan makeup yang elegan.

4. Lighting – Lighting dapat membantu dari beberapa segi, seperti mood, dan juga membantu mempercantik sang model. Dengan menggunakan lighting yang soft (lembut), kulit sang model akan terlihat lebih mulus. Ini dapat tercapai dengan menggunakan merekayasa pencahayaan flash menjadi soft. Biasanya flash dibungkus oleh soft box atau payung yang besar, agar menghasilkan cahaya yang soft, rata dan besar. Angle dari lighting bisa mempengaruhi mood dari foto anda, dan harus diperhatikan dengan seksama.

5. Pose – Pose yang bagus akan mendukung sebuah potret. Perhatikanlah letak wajah, lekukan tubuh dan juga peletakan tangan hingga jari jemari dari sang model untuk membantu menekankan konsep yang telah anda pilih. Sebuah pose atau postur tubuh dapat merubah mood dari foto secara total, jadi jangan diabaikan!

6. Props – property atau peralatang yang memperlengkap dan mempermanis sebuah setup dari studio anda akan sangat berdampak dalam hasil yang anda ciptakan. Pilihlah props yang juga mendukung konsep anda, dan jangan lupa untuk meletakkannya secara strategis dalam komposisi anda, dan gunakan props ini untuk membantu sang model untuk berpose.

7. Latar – Background dari foto bisa saja simple, bahkan putih polos, asalkan menunjang konsep dari foto session anda. Backdrop dari sebuah pemotretan studio biasanya hanya mencakupi sedikit bagian dari framing, namun tetap saja harus diperhatikan agar tidak menjadi distraction (mengganggu) komposisi dan potret dari sang model.

Salah satu fotografer model yang saya paling kagumi adalah Manny Librodo. Fotografer asal Filipina ini sudah melegenda di dunia fotografi sekarang, dan telah keliling dunia untuk mengajarkan ilmu nya. Konsepnya selalu sangat mendalam dan didukung oleh semua aspek dari fotografi. Berikut adalah salah satu foto terbaru dari beliau.

Satu lagi fotografer studio yang saya idolakan adalah Zhang Jingna atau lebih dikenal dengan Zemotion. Fotografer wanita asal Singapur ini adalah salah satu talenta yang paling terkenal dari Deviant Art, sebuah situs untuk berbagi dan memamerkan hasil karya anda dari segi fotografi maupun design. Demikan juga dengan Zemotion, konsepnya selalu jelas dan sangat berkesan kepada siapapun yang melihat karyanya.

Zemotion fotografi model studio
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Punya foto konsep yang keren? Atau punya tips lain dalam teknik foto model indoor? Silahkan mengisi komentar di bawah.

 

 

 

 

Artikel Terkait

2 Comments

  1. frigas

    Luar biasa…pengen banget bisa bikin karya indah spt cotoh2 td..tp masih newbie..perlu banyak belajar..mohon sharing ilmu nya

    Reply
  2. Anton Agustian

    Bagaimana cara untuk ikut kontribusi membuat artikel prngalaman dalam dunia fotografi. Terimakasih

    Reply

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Video Terbaru

Loading...

Instagram

lensa terbaik untuk foto landscape

Ikuti Foto.co.id!

Bergabunglah di komunitas fotografi kami, dan belajar fotografi bersama kami!

Terima kasih, silahkan cek inbox anda dan konfirmasi untuk bergabung.

Share This