Select Page

Kamera Digital Yang Murah Tapi Tidak Murahan

Kamera Digital Yang Murah Tapi Tidak Murahan

Kamera digital poket canon
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Apakah mungkin membeli kamera dengan harga kurang dari Rp. 1,5 juta, tanpa kehilangan feature yang mendukung aktifitas photography yang menyenangkan?

Jika anda memiliki modal terbatas dan berniat membeli sebuah kamera digital point-and-shoot, sebaiknya anda memilih kamera yang tepat, dan uang anda tidak terbuang percuma. Pilihlah kamera murah yang terbaik dengan panduan dari hasil review ini.

Meskipun kamera digital yang murah, memiliki banyak kekurangan dalam hal build quality dan feature jika dibandingkan dengan kamera dengan harga yang lebih tinggi, kamera murah yang baik mampu menghasilkan gambar dengan kualitas yang pas. Masalahnya adalah, gambar yang dihasilkan kebanyakan kamera digital dengan harga terjangkau, tidak sesuai harapan. Karenanya, berhati-hatilah dalam menentukan pilihan kamera dengan harga terjangkau.

Demi mempertahankan harga di bawah Rp. 1,5 juta, umumnya kamera entry level harus berkompromi dengan featurenya. Kebanyakan kamera digital murah harus mengurangi kualitas foto, LCD screen yang lebih kecil, respons time yang lebih lambat, dan tidak dilengkapi dengan feature-feature terbaru semisal high-definition video recording. Meski demikian, bagi fotografer casual, feature yang menyertai harga yang ditawarkan dalam kemara digital yang lebih mahal, tidaklah menjadi perhatian yang serius.

Seperti apakah kamera digital murah yang baik?

  • Megapixel tidaklah penting – kebanyakan kamera digital murah memiliki resolusi 10Mp, tetapi jangan tertipu, karena kamera digital dengan resolusi 12, 14, atau bahkan 16Mp tidaklah melulu menjamin kualitas gambar yang dihasilkan.  Resolusi tinggi hanya benar-benar berguna jika anda memperbesar gambar yang dihasilkan.  Biasanya, bahkan kamera dengan resolusi 5Mp, mampu menghasilkan cetakan yang bagus dengan ukuran 4×6, 5×7 atau 9×10 inci, jadi jangan sekali-kali meremehkan kamera hanya karena resolusinya yang kecil.
  • Memiliki setidaknya 5x optical zoom – Kemampuan pembesaran lensa kamera tergantung seberapa dekat anda saat menjepret gambar close-up. Kamera digital menawarkan dua jenis zoom. Optical zoom merupakan yang terpenting dalam mengukur kemampuan pembesaran aktual sebuah lensa kamera, menghasilkan gambar yang tajam. Semakin tinggi optikal zoom-nya, semakin bagus lensa tersebut. Digital zoom hanya memperbesar pixel gambar setelah dijepret dan mungkin menghasilkan gambar yang terlihat blur. Kamera murah umumnya memiliki lensa dengan 5 x pembesaran optikal, meski demikian pada beberapa model, bisa mencapai 10 x optikal zoom.
  • Kualitas body yang kuat – umumnya kamera digital yang harganya relative murah, saat ini didesain dengan ukuran mini dan ringan, dengan casing terbuat dari bahan plastik atau metal.
  • Built-in image stabilization – meskipun tidak tersedia pada semua model, beberapa kamera digital murah dilengkapi dengan image stabilization, yang membantu mengurangi blur pada gambar yang dihasilkan akibat pergeseran kecil akibat getaran tangan. Tetapi kamera digital pada umumnya menggunakan software tertentu untuk menghasilkan gambar yang tajam.
  • Face detection – jika anda kebanyakan menjepret gambar portrait, carilah kamera dengan face-detection untuk membantu anda menghasilkan gambar wajah yang memuaskan. Face-detection bekerja secara otomatis mendeteksi lebih dari Sembilan wajah dalam satu frame pada saat anda memotret, dan memastikan area yang dibidik tetap fokus dengan eksposure optimum.
  • Viewfinder – sementara hampir semua kamera digital dilengkapi dengan LCD screen, kamera digital murah umumnya tidak memiliki viewfinder. Meskipun viewfinder tidaklah seberapa penting, tetapi cukup membantu saat mengambil gambar di bawah cahaya yang terang, dan bayangan sulit terlihat dengan LCD screen.
  • Low-light – meskipun kamera digital murah mampu menghasilkan gambar yang sempurna tanpa banyak kesulitan dalam kondisi gelap atau menangkap objek yang bergerak cepat, tetapi umumnya kamera digital yang murah membutuhkan banyak cahaya dan subjek yang diam untuk memproduksi gambar dengan kualitas yang sesuai harapan.
  • Umur batere– kamera digital murah mungkin menggunakan rechargeable battery atau batrei AA standard. Berhubung kamera digital banyak menggunakan daya, rechargeable battery membantu anda untuk berhemat. Kendati demikian, jika anda dalam sebuah perjalanan di mana tidak ada tempat untuk merecharge, kamera dengan batterai AA standard, boleh jadi menjadi pilihan yang tepat jika sewaktu-waktu kamera kehabisan daya. Anda dapat menggantinya dengan mudah.

 

 

 

 

Artikel Terkait

2 Comments

  1. ati ati penipu

    ati ati dg penipu. mana ada itc cempaka mas tempatnya jakarta pusat?
    trus harga garansi datascript gak mungkn semurah itu mas, kcuali bekas,ketabrak kereta

    Reply
    • Fotografi Asia

      Terima kasih atas peringatannya, saya sudah hapus SPAM sebelum nya =)

      Reply

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Video Terbaru

Loading...

Instagram

lensa terbaik untuk foto landscape

Ikuti Foto.co.id!

Bergabunglah di komunitas fotografi kami, dan belajar fotografi bersama kami!

Terima kasih, silahkan cek inbox anda dan konfirmasi untuk bergabung.

Share This