Select Page

Memahami Fungsi ISO Pada Kamera

Memahami Fungsi ISO Pada Kamera

Kali ini, foto.co.id ingin berbagi sedikit mengenai fungsi ISO dalam fotografi. Sekarang ini, dunia fotografi semakin akrab dengan semua kalangan masyarakat seiring dengan pesatnya perkembangan smartphone diseluruh dunia. Itulah sebabnya, tidak heran kalau smartphone sekarang ini banyak digemari oleh banyak orang karena bisa menghasilkan foto yang keren dan menakjubkan karena sudah dilengkapi dengan fitur-fitur yang bagus dan berkualitas.

Memang merupakan hal yang sangat menyenangkan dan menantang untuk bisa mendapatkan hasil yang bagus dan jernih tanpa adanya pemahaman yang benar mengenai cara ISO bekerja. ISO pada kamera merupakan salah satu dari 3 pilar fotografi (aperture & shutter speed) yang memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kualitas gambar. Karena itu, memahami fungsi ISO dengan benar merupakan hal yang wajib untuk memperoleh hasil yang maksimal dalam setiap pemotretan yang dilakukan.

Secara sederhana, ISO adalah istilah dalam fotografi yang sering dipakai untuk mengukur tingkat sensitivitas sensor terhadap cahaya. Dengan kata lain, ISO berfungsi untuk mengatur tingkat sensitivitas sensor terhadap cahaya untuk menghasilkan gambar yang jelas dan tajam. Itulah sebabnya, pengaturan ISO, apakah itu rendah maupun tinggi, tergantung pada masing-masing fotografer itu sendiri.

Coba perhatikan gambar berikut ini:

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Perbedaannya jelas – gambar di sisi kanan menggunakan ISO 3200, sedangkan yang di sebelah kiri menggunakan ISO 200. Jadi dengan kata lain, semakin rendah settingan ISO pada kamera yang kamu miliki, maka kualitas gambar yang dihasilkan berkualitas tinggi.

Memang tidak selamanya memungkinkan untuk menggunakan ISO yang rendah dengan hasil yang maksimal karena ada situasi dimana cahaya yang tersedia sedikit, maka pengaturan ISO yang tinggi sekalipun adanya kebisingan yang timbul, merupakan pilihan yang terbaik gantinya ISO yang rendah.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Demikianlah artikel mengenai fungsi ISO pada kamera. Kiranya artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan. Selamat mencoba …

 

Artikel Terkait

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Video Terbaru

Loading...

Instagram

lensa terbaik untuk foto landscape

Ikuti Foto.co.id!

Bergabunglah di komunitas fotografi kami, dan belajar fotografi bersama kami!

Terima kasih, silahkan cek inbox anda dan konfirmasi untuk bergabung.

Share This