Select Page

4 Lensa Terbaik untuk Foto Pernikahan

4 Lensa Terbaik untuk Foto Pernikahan

Pernahkah anda membayangkan lensa apa saja yang ada di dalam tas seorang fotografer pernikahan? Ada begitu banyak pilihan dan berbagai jenis saat berbicara mengenai lensa. Produsen yang memproduksi lensa pun selalu hadir dengan inovasi terbaru mereka, setiap saat. Banyak fotografer yang menggunakan lensa dengan kualitas gambar yang cemerlang dan terang, serta pastinya mereka memiliki begitu banyak koleksi lensa, tapi tak jarang pula beberapa jenis dari lensa tersebut sangat sulit untuk digunakan saat kondisi cahaya tidak bersahabat. Jika anda adalah seorang fotografer pernikahan dan memerlukan referensi untuk lensa terbaik saat ingin memotret sebuah momen pernikahan, berikut ini kami (@foto.co.id) memiliki 4 jenis lensa terbaik untuk foto pernikahan yang di rekomendasikan oleh para fotografer wedding profesional dan handal selama bertahun-tahun. Lensa-lensa berikut ini pastinya akan menjadi pertimbangan yang baik untuk anda miliki.

Lensa Zoom (70-200 mm) f/2.8

Lensa ini di desain dengan ukuran yang lumayan besar, namun handal untuk anda gunakan dalam sesi foto pernikahan. Lensa 70-200 f/2.8 merupakan lensa yang sangat tepat untuk anda bawa pada sebuah pesta pernikahan. Dengan manfaat serbaguna, lensa ini memberi anda gambar yang lebih tajam dalam semua jarak fokus. Efek Bokeh (blur) yang dihasilkannya pun sangat indah, khususnya pada jarak 200mm, meskipun dengan bukaan diafragma yang diturunkan oleh kompresi karena jarak fokus yang panjang. Lensa ini menjadikan seorang fotografer pernikahan lebih nyaman dalam menjalankan tugasnya. Anda tak perlu lebih dekat dengan orang yang ingin anda potret, anda dapat mengambil foto orang secara candid, serta mengabadikan momen-momen tak terduga dari jarak jauh. Lensa ini khususnya bermanfaat saat upacara pernikahan, saat anda tertutupi oleh kerumunan orang atau tertutup oleh dinding/pintu. Lensa ini sangat handal saat pengambilan gambar oleh kedua pasangan yang bertukar cincin, pengucapan sumpah, dan saat mereka berciuman.

Lensa Foto Pernikahan
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Lensa zoom (70-200mm) merupakan salah satu perangkat yang wajib dimiliki bagi para fotografer pernikahan, sebab banyak keunggulan yang dimiliki oleh lensa ini, khususnya dalam momen pernikahan 

Lensa ini dilengkapi dengan sebuah built-in lens-collar (kerah lensa) yang dapat anda gunakan untuk menjadikannya lebih tahan saat anda memegangnya atau dengan bantuan tripod. Tanpa sebuah tripod, juga dapat mensiasatinya dengan bersandar pada suatu bidang yang kuat, seperti tembok atau permukaan datar, seperti meja serta anda dapat menjepit tangan anda pada suatu sandaran yang kuat agar mengurangi goyangnya kamera, khusunya saat anda menggunakan lensa ini untuk fotografi portrait dalam jarak fokus yang lebih panjang. Sekarang, anda dapat memperoleh versi f/4 untuk lensa zoom ini (untuk Nikon, Canon yang selalu menawarkannya) dan pastinya dengan harga yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan versi f/2.8. Lensa versi f/4 yang ditawarkan juga lebih ringan dan kecil, serta menawarkan elemen optik kaca pembesar jika di bandingkan dengan lensa serupa yang lebih mahal, selain pas dengan budget anda, lensa ini juga lebih ringkas untuk anda bawa ke acara pernikahan.

Lensa Prime (85 mm)

Lensa ini merupakan salah satu pilihan favorit bagi para fotografer pernikahan. Pilihan yang tepat saat anda ingin mengabadikan gambar dari pasangan pengantin pria dan wanita, para pengiring pengantin pria dan wanita, para tamu, kelompok penerima tamu dan sebagainya. Sebagai lensa fixed, lensa ini menawarkan manfaat lebih untuk anda, seperti kemampuan zoom in dan out sesuai keinginan anda. hasil gambar yang ditawarkan lebih jernih, latar belakang yang lebih menawan dan lensa ini merupakan pilihan terhandal untuk anda gunakan saat kondisi minim cahaya. Fitur terbaik dari lensa ini yaitu ketajaman hasil gambar yang ditawarkan pada setiap titik. Lensa yang akurat, sensitivitas terhadap cahaya, hasil tone terbaik, secara keseluruhan lensa ini merupakan pilihan terbaik untuk anda miliki, serta dengan ukurannya yang kecil dan performanya yang lebih cepat, menjadikan lensa prime ini sangat pantas untuk diandalkan.

Lensa untuk foto pernikahan
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Untuk Foto pernikahan outdoor dengan hasil gambar yang lebih jernih, lensa prime/fix 85mm merupakan salah satu pilihan terbaik untuk anda 

Lensa ini telah banyak digunakan oleh para fotografer wedding dan pre-wedding karena kualitasnya yang telah terbukti dapat menjadikan momen pesta pernikahan jadi lebih berkesan. Lensa ini sangat tepat untuk anda gunakan dengan kamera Nikon D-700 untuk hasil yang lebih maksimal. Hasil-hasil foto dari lensa ini telah banyak di publikasikan oleh fotografer wedding kami dan mendapatkan pujian dari masyarakat, salah satunya seperti ini: “kami takjub dengan hasil foto pernikahan yang anda ciptakan dan kami tahu bahwa anda dapat mewujudkannya dengan lensa terbaik yang anda miliki”.

Lensa Ultra Wide-Angle (24-70 mm f/2.8)

Lensa ini menawarkan manfaat jarak fokus yang anda butuhkan saat memotret momen pernikahan, yang pastinya sangat dibutuhkan oleh para fotogfer wedding diluar sana. Anda dapat menggunakan lensa ini untuk memotret tampilan lokasi yang lebih luas, foto candid dari orang-orang, para tamu dan sekumpulan orang saat menunggu upacara pernikahan dimulai atau selama acara jamuan makan malam dipesta pernikahan, mengatur dekorasi dan detail, selama sesi dansa, semua dapat anda abadikan hanya dengan sekali kutip untuk beberapa gambar. Lensa ini tidak begitu cocok saat anda gunakan untuk foto portrait, meskipun sebenarnya dapat anda gunakan jika terpaksa. Rentang jarak 50-70 mm akan menghasilkan gambar yang menawan. Lensa ini sangat handal dalam tiap sesi pemotretan selama acara pernikahan berlangsung, serta dapat diandalkan karena kinerja terbaik yang dimiliki untuk memotret orang yang berada di dalam maupun dibalik layar tampilan.

Dengan lensa ini, anda dapat memotret tampilan lokasi secara meluas, tapi karena anda ingin memotret sebuah tampilan yang lebih luas, anda harus memotret beberapa gambar terlebi dahulu dan menyatukannya secara bersamaan dalam Photoshop sebagai sebuah tampilan panorama. Hal tersebut merupakan cara termudah untuk dilakukan dengan memastikan bahwa pengaturan eksposur untuk tiap gambar adalah sama, serta saat anda menggunakan titik yang tetap, pastinya anda telah siap untuk menentukan tampilan gambar yang ingin digunakan. Anda dapat melakukan hal serupa untuk memotret seluruh tamu yang ada pada upacara pernikahan. Lensa ultra wide-angle ini menjadi salah satu pilihan terbaik anda saat ingin mengabadikan momen-momen terbaik dalam acara pernikahan, oleh karena itu layak untuk anda masukkan ke dalam daftar lensa yang harus anda miliki.

105 mm (100mm) atau Lensa Makro 60 mm

Lensa makro merupakan salah satu perangkat yang harus dimiliki oleh fotografer wedding, jika anda ingin memotret gambar yang menakjubkan, seperti cincin pernikahan dengan detail yang lebih dekat. Anda juga dapat menggunakan lensa ini untuk memotret perhiasan dari pengantin wanita dan aksesoris lainnya, saat pengantin sudah siap untuk upacara. Jika gaun pengantin selaras dengan perhiasannya, lensa makro adalah pilihan tepat untuk anda gunakan dalam pengambilan gambar secara lebih detail. Sebagai tambahan, lensa makro juga sangat baik untuk gunakan dalam fotografi portrait jika anda tidak menggunakan sebuah aperture yang lebih lebar dari f/2.8. Hal tersebut menjadikan lensa ini lebih serbaguna untuk anda bawa kemana saja, khususnya pada jarak 60mm yang kelihatan lebih kurang jika dibandingkan dengan jarak 105mm (100mm untuk Canon). Kedua lensa ini juga dapat di turunkan hingga bukaan f/32, yang lebih mudah untuk anda gunakan, khususnya saat foto lokasi lanskap dalam kondisi cuaca yang begitu cerah dengan matahari yang terik. Beberapa fotografer menggunakan lensa 105mm untuk lebih dekat, sebagai ganti untuk jarak 70-200mm, jika jarak terakhir berada diluar jangkauan. Anda dapat menggunakan lensa 105mm dalam mode DX yang memberi anda jarak 157,5mm yang cukup panjang dan menjadikan hasil foto anda lebih menonjol dalam upacara pernikahan. Lensa ini juga lebih kecil dan ringan dan mampu bekerja hingga bukaan f/2.8, dengan performa terbaiknya sebagai sebuah lensa makro.

Kesimpulan

Demikian artikel kami tentang lensa terbaik untuk foto pernikahan. Apakah anda masih memiliki jenis lensa lainnya yang keren untuk digunakan saat acara pernikahan? Silahkan bagikan ke kami dengan cara kirimkan komen anda dibawah ini dan jangan lupa untuk info keren lainnya tentang fotografi pernikahan, anda bisa klik di https://foto.co.id/topik/tips-teknik-tutorial/wedding-prewedding/, Thanks & sampai jumpa 🙂

Artikel Terkait

3 Comments

  1. foto keluarga pernikahan

    I was curious if you ever considered changing the structure of your blog?
    Its very well written; I love what youve got to say. But maybe you could a little more in the way of content so
    people could connect with it better. Youve got an awful lot of text for only having 1 or two
    images. Maybe you could space it out better?

    Reply
  2. Mukhamad Aristo

    Kaya nya kalo menurut saya lensa fix kurang cocok mas hehehe
    Soal nya kalo pernikahan kan butuh lensa yang fleksibel untuk atur framing yang tepat. . .menurut saya lensa zoom lebih enak sie. . .kalo pengalaman saya pribadi hehehe

    Reply
    • Aisyah

      Keterbatasan lensa Prime yang tidak mampu melakukan zooming, sebenarnya tidak menjadi penghalang untuk mencapai hasil gambar bagus dan pastinya lebih tajam. Karena ketetapan inilah, Anda bisa mengubah framing sebuah obyek foto dengan berpindah posisi atau menggerakkan badan dan kaki. Hal ini sebenarnya membantu anda dalam membangun komposisi pada tiap gambar yang diambil. But thanks ya udah berbagi pengalaman pribadinya untuk foto wedding 😀 @Mukhamad Aristo

      Reply

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Video Terbaru

Loading...

Instagram

lensa terbaik untuk foto landscape

Ikuti Foto.co.id!

Bergabunglah di komunitas fotografi kami, dan belajar fotografi bersama kami!

Terima kasih, silahkan cek inbox anda dan konfirmasi untuk bergabung.

Share This