Select Page

6 Kamera Digital Waterproof yang Handal

6 Kamera Digital Waterproof yang Handal

Jika anda menghabiskan waktu dipantai untuk bersantai atau menyelam disuatu tempat yang eksotis, mungkin anda memilih untuk menyinpan kamera anda dirumah, karena khawatir kamera tersebut basah atau rusak. Jika hal-hal tersebut membuat anda berhenti memotret gambar selama petualangan luar ruangan anda, ada baiknya jika anda memepertimbangkan untuk membawa kamera yang tahan akan segala masalah tersebut dan tangguh untuk memotret dibawah air serta tetap handal. Perlu diingat bahwa kamera anti-air bukan hanya sekedar kamera yang dapat anda bawa serta saat berada dibawah air, tetapi kamera tersebut juga harus dapat digunakan pada berbagai kondisi lingkungan, baik itu saat anda berada di pegunungan es atau pada kedalaman pantai karang. Jika anda ingin memiliki kamera untuk beberapa kondisi tersebut, yang juga kamera ponsel pintar tak lagi dapat mengerjakannya, berikut ada 6 tipe kamera digital waterproof untuk anda, yang pastinya dapat denga handal menemani pemotretan anda dibawah air!

Hal-Hal Penting yang Perlu di Perhatikan Saat Memilih Kamera Water-Proof

Kamera Water-Proof: Fitur-Fitur Apa Saja yang Anda Butuhkan?

Seperti kebanyakan kamera digital modern, kamera waterproof memiliki sekumpulan pilihan menu yang tersedia serta fitur-fitur di dalamnya. Penyesuaian kualitas gambar, pencahayaan serta pengaturan shutter speed berada pada menu kamera. Banyak kamera hadir dengan efek gambar untuk menambah sentuhan seni pada gambar itu sendiri.

Berikutnya yang terpenting yaitu kemampuan kamera untuk merekam video. Kebanyakan kamera dipasaran dapat merekam video hingga 1080p. Sebuah kamera film yang dapat merekam video 1080p memiliki rasio piksel terbaik dan menghasilkan gambar yang lebih jernih, sedangkan rasio piksel yang lebih rendah yaitu 720p dan merupakan jumlah standar akan mengurangi kualitas gambar pada video. Terakhir yaitu, fitur-fitur terbaru pada kamera digital seperti: sambungan WI-Fi dan GPS.

Daya Tahan Baterai dan Kapasitas Penyimpanan

Kebanyakan kamera termasuk dengan Li-ion baterai yang dapat di isi ulang. Secara mendasar, daya tahan baterai tersebut dapat memotret hingga 300x jika di isi penuh, tergantung pemakaian dan lingkungan pemotretan. Kemampuan kamera untuk memotret lebih dari 300 gambar sebelum di isi ulang atau diganti merupakan daya tahan optimal.

Ukuran dan Berat Kamera

Untuk kamera yang digunakan perjalanan mendaki, ukuran berat ons merupakan hal yang harus diperhatikan, jenis-jenis kamera tersebut sangat ringan, ukuran terberatnya yaitu dibawah setengah pon. Ada beberapa kamera yang kelihatan besar dan berukuran sekitar 5 inci, tapi saat kita menggunakannya di kolam renang, kamera tersebut lebih gampang untuk di pegang dengan cara aman. Untuk petualangan luar ruangan, di rekomnedasikan kamera yang kecil dan ringan, tapi untuk fotografi bawah air, cenderung di rekomendasikan ukuran kamera yang besar dan berat.

Olympus TG-4

Pada sebuah kamera waterproof, hal terpenting yang harus diperhatikan yaitu spesifikasinya apa saja, serta tahan pada segala kondisi cuaca. Hingga kedalaman berapa kamera itu dapat bertahan? Seberapa kuat akan goncangan? Berapa suhu terendahnya? Untuk segala hal tersebut, kamera Olympus TG-4 merupakan kamera waterproof yang dapat menjawabnya, sebab kamera ini menawarkan fitur “proof” terbaik, dengan beberapa fitur tambahan yang menjadikan kamera ini sangat tepat untuk kegiatan luar ruangan dan jalan-jalan. Secara spesifik, kamera ini anti-air hingga 50 kaki, tahan beku hingga 14 derajat Fahrenheit, tahan goncangan (banting) hingga tujuh kaki dan tahan beban/himpitan hingga 220 pon. Secara khusus, kamera ini memiliki kemampuan dan spesifikasi yang mengesankan. Dengan sensor 16 Megapiksel, optical-zoom wide angle 4x, pemotretan gambar format RAW, serta rekaman video Full HD (1080p), menjadikan kamera ini sebagai alat yang tangguh baik dengan atau tanpa “weather-proofing”. Kamera ini memang tidak murah, tapi segala kelengkapannya seperti: Wi-Fi dan GPS dan fungsi-fungsi terbaik yang dimilikinya untuk anda, membuat kamera ini menjadi kamera water-proof terbaik yang ada dipasaran.

Olympus TG-870

Jika anda menyukai tampilan dan bentuk dari kamera Olympus TG-870 ini, mungkin anda juga harus menengok kamera Olympus TG-4, sebab fitur-fitur, spesifikasi, serta harga yang dimiliki keduanya hampir sama. Kamera ini tahan air hingga 49,2 kaki, tahan beku hingga 14 derajat Fahrenheit, tahan banting hingga tujuh kaki serta tahan beba hingga 220 pon. Ada beberapa kelebihan dan kekurangan akan spesifikasi daya tahan yang dimilki kamera ini jika dibandingkan dengan TG-4. Jadi, apa perbedaannya? Kamera TG-870 memiliki bukaan lensa yang lebih kecil, tidak ada pemotretan format Raw, tidak memiliki fokus manual, serta daya tahan baterai lebih cepat terkuras. Ada beberapa desain lain yang dapat dijadikan pertimbangan untuk kamera TG-4, tapi jika anda ingin lebih menghemat biaya, mungkin kamera Olympus TG-870 merupakan pilihan tepat bagi anda untuk pemotretan luar ruangan dan kebutuhan pemotretan bawah air anda.

Panasonic Lumix DMC-TS30

Anda tak perlu repot untuk mencari kamera yang tahan air dan disegala cuaca yang dapat memotret gambar dengan kualitas tinggi. Apakah anda membutuhkan sebuah kamera waterproof hinggga 50 kaki? Atau mungkin 20 kaki untuk mensiasati kedalaman air? Panasonicc Lumix DMC-TS30 merupakan jawabannya. Kamera ini sangat tangguh dan anti air hingga 26 kaki, freeze-proof hingga 14 derajat F, dan tahan banting hingga 4,9 kaki. Kamera ini juga tahan debu dan dapat memotret gambar lebih terang dan cerah karena memiliki sensor CMOS 16,1 Megapiksel dan rekaman video yang jernih 720p, baik dibawah air maupun di daratan. Kamera ini juga dilengkapi dengan beberapa efek built-in pada kamera, modus pemotretan, serta kamera ini hadir dalam tiga pilihan warna, yaitu: merah, biru, dan hitam. Dilengkapi dengan Image Stabilization, fitur rekaman time-lapse serta sebuah cahaya torch untuk menerangi setiap gelap dibawah air yang anda temui saat liburan.

Sony DSC-TX30/D

Jika anda mencari sebuah kamera waterproof yang kuat, desain terbaik dan tahan terhadap segala kondisi cuaca, jawabannya mungkin adalah Kamera Sony DSC-TX30/D. Kamera ini anti air hingga 33 kaki, tahan banting hingga 5 kaki, tahan beku hingga 14 derajat Fahrenheit dan anti debu. Kamera ini dilengkapi dengan Sensor CMOS Exmor R 18,2 Megapiksel, Optical Zoom 5x serta layar sentuh OLED 3,3 inci, dapat merekam video Full HD (1080p) dan menawarkan kemampuan rekaman lebih dari tiga jam melalui flash memori 8GB yang dimilikinya. Ukurannya juga sangat kecil dan ringan, dengan desain minimalis tersebut, kamera ini hadir dengan 3 skema pilihan warna: orange, hitam, dan merah muda.

Go-Pro Hero Session

Spesifikasi:

Tahan Air  33 ft

Resolusi Gambar 8MP

Resolusi Video 1440p HD

Konektivitas Wireless

Daya Tahan Baterai 2 Jam

Tahan Banting 6 ft

Sangat jarang anda temui kamera yang sangat kecil dan beratnya hanya sekitar 2,6 oz! dan memiliki manfaat yang menakjubkan. Kamera Go-Pro Hero Session memberi kualitas video yang tinggi dan kualitas foto bawah air terbaik dari sebuah kamera digital dan tahan hingga kedalaman 33 kaki.

Kamera video waterproof ini sangat tangguh dan dapat bekerja pada segala kondisi cuaca seperti yang anda bayangkan. Kamera ini juga sangat gampang untuk digunakan, hanya ada satu tombol untuk menghidupkan kamera dan untuk menggulir item menu. Menggunakan kamera ini sangat menyenangkan, daya tahan baterainya sempurna, dapat bekerja hingga lebih dari 2 jam untuk rekaman video berturut-turut. Ditambah lagi, sensor yang dimilikinya sangat handal dan akan secara otomatis akan off saat tidak digunakan untuk menghemat daya, fitur tersebut merupakan sebuah fitur yang sangat cerdas. Ukuran yang ringan, tahan lama, serta sederhana dalam penggunaannya dan dapat bekerja dibawah air, menjadikan kamera Go-Pro Hero Session memiliki segalanya yang anda inginkan pada kamera water-proof.

Y1-4K Action Camera

Spesifikasi

Water Resistance 131 feet

Photo Resolution 12MP

Video Resolution 4K UHD

Wireless Yes

Battery Life 1 hour 20 min.

Drop Resistance No

Kamera ini  Y1-4K ini juga dilengkapi dengan segala daya tahan airnya, saat dibawah air anda dapat merekam video dan foto hingga kedalaman 131 kaki, kamera Y1 Action merpakan sebuah produk yang sempurna. Kamera ini dapat merekam video dengan resolusi 4K Ultra HD yang mengesankan dan dilengkapi dengan fitur-fitur seperti: Image Stabilization, lensa multi-layered (lapisan) serta performa terbaik bagi tiap gambar anda. Secara singkat, foto dan video yang dihasilkan oleh kamera ini merupakan kualitas level-pro.

Mengenai baterai kamera ini, anda dapat merekam video lebih dari 120 menit setiap kali mengisi daya, dan dapat bertahan hingga 8 jam, memilik kartu memori SD, memungkinkan anda untuk memiliki kapasitas penyimpanan yang tidak terbatas. Dilengkapi dengan monitor layar sentuh resolusi tinggi, serta terbuat dari kaca anti gores, membuat kamera ini sangat simpel dan gampang untuk digunakan. Tak lupa juga, dilengkapi dengan built-in pada kamera, yaitu sambungan Bluetooth dan Wi-Fi, anda juga sebaiknya mengunduh Aplikasi YI, sehingga anda dapat dengan cepat mengedit dan membagikan foto, juga video anda.

Kamera Y1-4K ini menawarkan foto dan video dalam kualitas industri terkemuka. Fitur teknologi layar sentuh terkemuka, kemampuan konektivitas Wi-Fi bawah air, dan performa terbaik pada daya tahan baterai yang dimiliki. Kamera action Y1-4K merupakan salah satu kamera terbaik yang telah lulus uji tes. Mengejutkannya lagi, keajaiban dari teknologi kecil satu ini juga sangat mudah dijangkau. Anda tidak akan menyesal saat telah memiliki kamera ini.

Kesimpulan

Memotret dibawah air memang kegiatan yang sangat menantang tapi juga begiitu menyenangkan. Anda dapat menemukan banyak hal unik,  yang pastinya tak pernah anda potret sebelumnya saat anda memotret didaratan. Kamera yang anda pakai juga sangat menentukan kegiatan fotografi bawah air anda. Syarat utamanya sudah pasti harus anti air dan tangguh. Semoga uraian diatas dapat membantu anda untuk menemukan kamera water-proof yang cocok dan anda inginkan. Jika anda memiliki komentar terkait artikel ini, silahkan kirim komentar anda. Terima Kasih 🙂

Referensi:

https://www.lifewire.com/best-waterproof-cameras-493678

http://www.toptenreviews.com/electronics/photo-video/best-waterproof-cameras/

https://www.geekwrapped.com/tech/best-new-water-proof-digital-cameras

Artikel Terkait

1 Comment

  1. Cyndy Shasteen

    Ha, here from yahoo, this is what i was searching for.

    Reply

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Video Terbaru

Loading...

Instagram

lensa terbaik untuk foto landscape

Ikuti Foto.co.id!

Bergabunglah di komunitas fotografi kami, dan belajar fotografi bersama kami!

Terima kasih, silahkan cek inbox anda dan konfirmasi untuk bergabung.

Share This