Select Page

2 Tipe Kamera Digital yang Dapat Menghasilkan Efek Bokeh Super Keren dalam Foto anda !

2 Tipe Kamera Digital yang Dapat Menghasilkan Efek Bokeh Super Keren dalam Foto anda !

Efek bokeh (latar belakang blur) dalam dunia fotografi merupakan salah satu efek yang paling indah dan mengesankan jika anda paham dan memiliki perangkat yang tepat untuk menciptkaan efek tersebut. Dalam kesempatan kali ini, kami (@foto.co.id) akan memberi anda informasi mengenai 2 tipe kamera digital terbaik untuk menghasilkan efek bokeh yang paling keren dalam foto anda. Tapi, sebelum kita membahas tipe-tipe kamera tersebut, berikut ada beberapa saran yang akan kami berikan untuk anda dalam menciptakan efek bokeh terbaik pada foto anda:

  • Sebaiknya anda membeli sebuah kamera digital SLR dengan sebuah lensa prime yang memiliki aperture terbesar (nilai F terkecil)
  • Gunakan mode aperture priority
  • Pilihlah bukaan aperture terbesar sebisa mungkin
  • Gunakan prinsip focus and shoot
  • Perhatikan secara seksama kapan anda mengklik tombol untuk memotret agar mendapatkan efek blur terbaik
  • Jarak antara subjek dan latar belakang harus lebih memadai. Lebih banyak, lebih baik.
  • Berdiri lebih dekat ke hadapan subjek
  • Berfokuslah secara lebih tepat
  • Belajarlah tentang dasar-dasar dan jenis serta tipe dari foto yang anda ambil.

Mengapa sebaiknya memilih kamera DSLR?

  • Sebab saat ukuran sensor ditingkatkan, kedalaman ruang fokus (depth of field) akan berkurang untuk memberi bukaan aperture. Semakin besar jumlah sensor, semakin baik.
  • Ukuran sensor yang digunakan pada umumnya oleh kamera point and shoot yaitu 1/2,3″ dan pada kamera DSLR disebut sebagai APS-C.
Kamera DSLR
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Untuk Efek Bokeh/Blur terbaik dalam foto, sebaiknya anda menggunakan sebuah kamera DSLR

Mengapa lebih baik jika menggunakan lensa prime dan mode aperture priority?

  • Topik terpenting disini sebenarnya adalah tentang nilai F (aperture). Aperture yang menentukan bukaan lensa yang digunakan untuk mengumpulkan cahaya. Shallow DOF juga sangat mendukung dan semakin besar jumlah sensor, maka akan semakin baik.
  • Dalam mode aperture priority, anda dapat mengontrol property pada kamera yang sedang bekerja maupun yang sedang off, seperti: ISO dan shutter speed secara otomatis akan di sesuaikan oleh kamera.

Mengapa bukan Kamera Point and shoot?

Untuk mendapatkan efek yang serupa dengan 35mm/f1.8 pada sensor kamera point and shoot, pengaturan yang harus digunakan yaitu 9mm/f0.5, yang secara praktis tidak efektif. Tapi, jika anda harus menggunakan kamera point and shoot, cobalah untuk menemukan kamera point and shoot yang juga menawarkan spesifikasi serupa.

Semoga anda telah memahami dan dapat mengikuti saran-saran diatas dan berikut ini tipe-tipe kamera digital tersebut untuk anda:

Nikon D-3200

Spesifikasi Utama:

  • 24 MP CMOS sensor
  • ISO 100-6400 (plus ISO 12,800-equivalent Hi1 setting)
  • Expeed 3 processing
  • 3.0″, 920k dot screen
  • Full HD 1080p30 video (with 25p and 24p options)
  • Microphone socket
  • Twin IR remote receivers
  • 4 frame-per-second continuous shooting
  • Guide mode

Nikon D-3200 merupakan sebuah kamera DSLR dengan ukuran yang ringkas, meskipun hadir dengan ukuran pegangan kamera yang sedikit memadai yang menjadikannya nyaman saat berada dalam genggaman jika dibandingkan dengan beberapa kamera pesaing lainnya. Kamera ini menyediakan letak posisi yang nyaman untuk jari anda saat sedang memotret. Desain bodi kamera terbuat dari bahan plastik dan juga dapat di katakan tangguh seperti model kamera sebelumnya dari Nikon. Kamera ini juga menawarkan kualitas terbaik dengan harganya yang cukup terjangkau. Ada banyak kenyaman yang ditawarkan saat anda mengenggam kamera ini, salah satunya yaitu, lapisan bahan yang terdapat pada bagian luar pegangan kamera yang juga memberi kenyamanan bagi ibu jari anda untuk diletakkan, sama seperti yang terdapat pada bagian belakang kamera.

kamera untuk efek bokeh
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Nikon D-3200 memiliki fitur-fitur yang mendukung pada kamera untuk menciptakan efek bokeh dalam gambar, seperti yang di inginkan

Untuk mengolah gambar yang telah anda potret, Nikon D-3200 menawarkan sekumpulan perangkat terbaik, seperti Post-Capture D-Lighting (perangkat satu ini sangat berguna jika anda lupa menghidupkan Active D-lighting sebelum memotret), koreksi red-eye, fitur trimming, konversi monokrom, efek filter berbeda, penyeimbang warna, pengaturan ukuran gambar, fitur image overlay, proses gambar format Raw-file, koreksi untuk distorsi pada gambar, serta sebuah efek miniatur yang hanya dapat menunjukkan sebuah tampilan dengan lensa yang memiliki kemampuan tilt-able. Segala fungsi yang terdapat pada kamera ini menjadikan anda tak harus membeli sebuah program komputer khusus atau menyimak dan menghabiskan waktu anda di depan komputer untuk mendapatkan efek terbaik yang anda inginkan. Nikon D-3200 di bekali dengan sebuah hak milik dari batre Lithium-ion dan dilengkapi dengan sebuah charge tanpa kabel yang tersambung secara langsung pada stop kontak kamera. Untuk kapasitas penyimpanan, Nikon D-3200 dilengkapi dengan kartu memori SD, SDHC dan SDXC. Untuk konektivitas, terdapat sambungan A/V, HDMI mini dan terminal USB, sebuah konektor hak milik untuk pilihan kabel release atau unit GPS serta sebuah sambungan mikrofon eksternal. Secara keseluruhan, kamera ini sangat ramah dan mudah untuk digunakan, Jika anda ingin mendapatkan hasil foto terbaik dengan segala fitur terpenting dari sebuah kamera DSLR, segera anda beralih untuk memiliki Nikon D-3200 ini.

Nikon D-3300

Fitur Kunci:

  • 24.2 MP DX format (APS-C) sensor
  • Expeed 4 processor
  • Fixed 3.0″ 921k-dot LCD
  • 1080/60p HD video
  • 5 fps continuous shooting
  • 700 shot battery life

Nikon D-3300 merupakan sebuah kamera Digital SLR entry-level yang di bekali dengan resolusi 24,2MP dan sensor APS-C DX format tanpa adanya filter anti-aliasing, serta prosessor gambar terbaru EXPEED 4. Kamera ini juga memiliki kemampuan continuous shooting 5fps, sebuah layar monitor LCD berukuran 3 inci dengan jumlah titik resolusi sebanyak 921k dot, kemampuan rekaman full HD video 1080p dengan auto-fokus, akses tercepat pada mode Live-View, rentang ISO pada nilai 100-25,600, sistem AF 11 point dan sebuah sensor cross-type pada bagian pusat untuk akurasi yang lebih baik, 13 efek spesial untuk pemotretan, mode Easy-Panorama serta sebuah Guide Mode Interactive. Nikon D-3300 tersedia dalam warna hitam, merah dan abu-abu, telah dilengkapi dengan lensa Nikkor terbaru 18-55mm VR II dengan fungsi lensa kit. Kamera ini juga cocok dengan mikrofon stereo ME-1 dan Mobile Adapter Wu-1a yang dijual terpisah.

kamera untuk efek bokeh
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Nikon D-3300 merupakan kamera DSLR dengan desain yang mungil, sehingga memudahkan pengguna dalam mengoperasikannya

Desain kamera Nikon D-3300 sangat identik dengan kamera pendahulunya, yaitu Nikon D-3200. Kamera Nikon D3300 merupakan sebuah kamera DSLR yang berukuran mungil, dengan kenyamanan untuk jari anda saat mengenggam kamera ini, sebab pegangannya terbuat dari desain khusus. Bodi kamera ini juga gerbuat dari desain plastik. Kamera ini menawarkan fitur-fitur terbaik, sama dengan kamera sebelumnya yang telah di produksi oleh perusahaan Nikon. Bagian luar pada pegangan kamera diberi lapisan terbaik agar terlindungi, sama dengan yang terdapat pada bagian belakang kamera. Kebanyakan desain kamera ini sangat identik dengan pendahulunya, termasuk desain dimensi dan ukuran berat dengan segala kontrol eksternal yang memiliki letak yang sama pada kamera Nikon D-3200. Tombol fungsi ‘I’ pada bagian belakang kamera memungkinkan anda untuk mengakses menu utama agar dapat mempercepat mengubah pengaturan kunci.

Nikon D-3300 mengikuti desain kamera DSLR pada umumnya dengan sebuah mode dial pada bagian atas kamera yang memungkinkan anda untuk dapat memilih salah satu dari mode pemotretan terbaik, seperti Manual, Aperture atau Shutter Priority, serta banyak lagi kumpulan mode tampilan. Pada kamera ini juga terdapat menu operasi Advanced yang membantu anda untuk mengurangi buram dalam gambar dan membuat latar belakang jadi semakin lembut (blur). Kamera Nikon D-3300 sangat tepat bagi para pemula sebab terdapat begitu banyak pengaturan yang dapat digunakan untuk menyiasati berbagai situasi pemotretan dan bagaimana pengaturan tersebut mempengaruhi hasil akhir gambar. Nikon D-3300 telah mendapatkan penghargaan dan pujian untuk mode-mode yang terdapat di dalamnya, sebab sangat bermanfaat bagi para pemula untuk belajar lebih banyak lagi mengenai dasar-dasar fotografi, terakhir kamera ini juga memiliki mode Green Auto yang menjadikan kamera dapat mengontrol segala pengaturan pemotretan.

Kesimpulan

Demikian uraian diatas tentang kamera digital terbaik yang dapat menghasilkan efek blur yang keren dalaam foto anda. Semoga dapat memberi anda info yang bermanfaat. Apakah anda memiliki tipe kamera lainnya yang dapat menghasilkan efek bokeh yang keren? atau anda ada komen seputar artikel ini? silahkan kirimkan komen anda dibawah ini 🙂 Terima kasih telah membaca dan jika anda masih ingin tahu lebih banyak lagi info lainnya tentang kamera digital, silahkan klik di https://foto.co.id/topik/kamera-digital/, Sampai jumpa di artikel berikutnya 😀

Artikel Terkait

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Video Terbaru

Loading...

Instagram

lensa terbaik untuk foto landscape

Ikuti Foto.co.id!

Bergabunglah di komunitas fotografi kami, dan belajar fotografi bersama kami!

Terima kasih, silahkan cek inbox anda dan konfirmasi untuk bergabung.

Share This