Select Page

4 Tipe Monopod Terbaik Untuk Kamera Digital Anda

Apakah anda tidak menginginkan sebuah tripod untuk mendukung kinerja kamera anda? berikut kami memiliki beberapa pilihan monopod yang handal dengan harga yang terjangkau, untuk anda. monopod-monopod berikut ini telah lulus uji tes sepanjang review kami dan merupakan yang terbaik bagi para antusias fotografi. Memang ada beberapa jenis tripod yang juga handal dan dapat memberi kestabilan saat kegiatan pemotretan anda berlangsung. Tapi, jika di bandingkan dengan monopod, tripod lebih berat, berukuran besar dan menyita waktu untuk anda setting terlebih dahulu. Dengan hanya memiliki satu kaki, monopod lebih mudah untuk anda atur saat digunakan. Dengan jumlah pilihan kaki yang lebih sedikit, monopod lebih mudah untuk dilipat dan lebih kecil untuk dibawa-bawa. Para produsen memberi anda berbagai jenis pilihan untuk monopod dengan berbagai rangkaian cara pengoperasiannya pula.

Kaki penyanggah pada tiap tripod juga merupakan suatu titik kelemahan yang dapat terjadi. Faktor lainnya yang harus anda fikirkan yaitu semakin banyak pilihan kaki penyangga pada tripod yang anda gunakan, semakin tipis dan lemah pula kinerja dari bagian bawah tripod tersebut. Pada saat ini, beberapa monopod memiliki bagian atas kepala yang dapat diputar, memudahkan anda untuk pemotretan orientasi portrait (kearah atas secara tepat) begitu pula untuk orientasi lanskap, monopod ini lebih serbaguna. Jika anda memilih sebuah monopod yang tidak memiliki fasilitas tiltable (dapat diputar), mungkin anda butuh untuk menambah biaya agar mendapatkan manfaat dari tilt-head atau ball head secara terpisah, kecuali lensa anda memiliki sebuah kerah tripod yang dapat berputar.

Tapi, sebelum anda memilih monopod terbaik sebagai pelengkap untuk fotografi anda, berikut ini kami memiliki beberapa faktor penting yang harus anda perhatikan saat ingin membeli monopod pilihan anda:

Ketinggian Maksimum

Jika anda adalah seseorang yang tinggi, ada baiknya anda memeriksa terlebih dahulu ukuran tinggi monopod yang akan anda pilih agar memudahkan anda saat menggunakannya dan lebih nyaman serta untuk posisi pemotretan yang lebih natural.

Sisakan Biaya Lebih

Jika anda butuh untuk membeli sebuah ball-head yang dapat diputar secara terpisah, anda harus menyisakan biaya lebih sama halnya ketika anda membeli monopod itu sendiri. Sangat penting untuk anda ingat bahwa biaya merupakan salah satu hal terpenting dalam kegiatan fotografi anda.

Gunakan Arah Jarum Jam

Jika anda ingin memulai untuk menggunakan kamera dalam orientasi pemotretan portrait, putarlah kepala bagian atas pada monopod searah jarum jam, dengan arah berlawanan (jika dilihat dari arah belakang). Cara ini

Muatan Maksimum

Beberapa monopod hadir dengan dilengkapi sebuah fasilitas tilt-head dan secara umum memiliki sebuah nilai muatan maksimum yang lebih rendah jika di bandingkan dengan monopod lainnya yang tidak mempunyai fasilitas tersebut. Monopod itu sendiri dapat menjadi sangat tangguh seperti yang lainnya, tapi nilai muatan lebih di kurangi untuk posisi ball-head pada bagian teratas monopod.

Fitur Vibration Reduction

Ada saat dimana sebaiknya anda mengalihkan pengaturan Vibration Reduction untuk off saat menggunakan lensa-lensa VR pada sebuah tripod yang sedang bekerja, tapi pada umumnya anda akan mendapatkan hasil gambar yang lebih tajam dengan mengaktifkan lensa VR saat anda memotret dengan menggunakan sebuah monopod.

Velbon Ultra Stick M-50

Monopod biasanya merupakan perangkat yang tangguh dengan desain yang natural dengan ukuran yang lebih besar dan berat. Velbon Ultra Stick M-50 mengikuti trend untuk monopod terbaik dan dapat dilipat kebawah hingga sekitar 32 cm. Beratnya yaitu 210 gram saja, sehingga anda dapat dengan mudah membawanya kemana-mana karena lebih ringan. Monopod ini dapat diputar balik hingga jangka ukuran ternedah yaitu sekitar 131cm dan nilai muatan maksimum ynag dimiliki yaitu hanya 1,5 kg. meskipun begitu, monopod ini sangat cocok untuk digunakan pada kebanyakan kamera DSLR dengan sebuah lensa zoom standar. Dengan lima bagian pada kaki, bentuk bawah monopod ini sangat ramping, hanya sekitar 99mm pada diameter. Monopod Velbon M-50 ini lebih cocok digunakan untuk merekam gambar, di bandingkan dengan monopd lainnya yang telah di uji. Monopod ini memiliki pijakan untuk kaki yang dapat diputar, sehingga anda tidak membutuhkan sebuah penyangga untuk mengoperasikannya.

Giottos MML 3290-B

Monopod Giottos MML-3290-B merupakan perangkat dengan nilai muatan maksimum terbaik dalam kelompoknya yaitu sekitar 12 kg. monopod ini tidak memiliki ukuran yang begitu berat, yaitu hanya sekitar 620 gram dan dengan desain lima bagian untuk kaki penyangga, monopod ini dapat berdiri dari ukuran terendah pada 50 cm hingga tertinggi yaitu 184 cm. Ukuran tinggi tersebut menjadikan monopod ini masuk dalam kategori tertinggi dalam kelompoknya dan cocok untuk digunakan bagi anda yang memiliki ukuran tubuh yang tinggi, pula. Rentang diameter bagian kaki monopod ini yaitu dari 18-30mm dan sangat tangguh meskipun anda menggunakannya untuk perpanjangan kaki dalam ukuran penuh. Kekurangannya yaitu, monopod ini tidak memiliki ball head yang dapat diputar, tapi anda masih tetap dapat melengkapinya dengan ball head dari Monopod Giottos MH-7002-652. Tapi, harganya agak mahal, hampir sama dengan harga dari Monopod Giotto MML-3290-B ini sendiri.

Slik Pro-Pod 600

Dengan ukuran berat 600 gram, monopod Slik Pro-Pod 600 hampir sama dengan monopod Giottos, dengan ukuran muatan maksimum setengahnya, yaitu sekitar 5,5kg. Monopod ini di desain dengan bentuk yang kuat dan anda dapat menggunakannya tanpa harus khawatir tangan anda licin saat menyentuh mekanisme kunci. Dengan desain penyangga kaki sebanyak empat bagian, monopod ini memiliki tinggi minimum dan maksimum yaitu pada 54 cm hingga 160 cm. Diameter untuk rentang bagian penyangga kaki yaitu 20-30mm. tidak terdapat fasilitas ball-head yang dapat diputar, sebab bagian platform dari monopod ini menyentuh secara langsung bagian pada kamera. Tapi, terdapat sebuah bantalan pada monopod yang dapat di putar untuk membantu menghindari goresan pada bagian bawah kamera. Jika anda ingin melengkapinya dengan sebuah ball-head, berarti anda harus menyisihkan biaya lebih ekstra.

Benro MP-35EX-KIV

Monopod Benro MP-35EX-KIV merupakan salah satu monopod ternama dengan kualitas terbaik jika di bandingkan dengan produk tripod ternama. Monopod ini sangat handal dengan desain penyangga kaki sebanyak empat bagian. Semua penyangga-penyangga tersebut bekerja secara efisien, menyediakan jarak rentang perpanjangan yang memadai serta pengunci fokus yang akurat. Monopod ini memiliki berat 590 gram dan perpanjangan diameter kaki 56-158cm, rentang ukuran untuk bagian penyangga kaki yaitu 220-29mm dalam diameter. Nilai muatan maksimum yaitu 4,5kg mungkin kelihatan lebih kecil jika di bandingkan dengan monopod Giottos dan Manfrotto yang telah kami uji, tapi perbedaan yang menonjol yaitu monopod Benro ini memiliki sebuah Ball-head dan mungkin saja dapat memuat beban lebih banyak saat di uji. Secara keseluruhan, monopod Benro MP-35EX-KIV ini sangat ramah dan merupakan serangkaian paket yang serbaguna dengan harga yang cukup menyita budget anda.

Kesimpulan

Demikian uraian diatas mengenai Monopod terbaik untuk melengkapi kegiatan fotografi anda. Semoga dapat memberi anda referensi dan informasi yang bermanfaat. Jangan lupa share kami di FB ya ……… Thanks 🙂

Artikel Terkait

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Video Terbaru

Loading...

Instagram

lensa terbaik untuk foto landscape

Ikuti Foto.co.id!

Bergabunglah di komunitas fotografi kami, dan belajar fotografi bersama kami!

Terima kasih, silahkan cek inbox anda dan konfirmasi untuk bergabung.

Share This