Select Page

6 Tipe Kamera Digital yang Cocok Untuk Pemula

6 Tipe Kamera Digital yang Cocok Untuk Pemula

“Yang terbaik” dan “untuk pemula” seringkali menjadi sebuah satu kesatuan (istilah kata oksimoron) dan khususnya hal tersebut menjadi nyata saat membicarakan gadget berkualitas tinggi, seperti kamera. Sebuah kamera dilengkapi dengan fitur-fitur yang tidak begitu baik jika berada pada tangan seseorang yang tidak paham untuk menggunakannya. Hal tersebut menjadi sangat penting untuk dipelajari dalam fotografi! Itu juga berarti bahwa anda harus terus meningkatkan kemampuan anda dalam menggunakan sebuah kamera. Ada banyak alasan untuk menggunakan kamera digital. Mungkin anda merasa sangat nyaman saat memotret gambar dari ponsel pintar anda dan ingin mendapatkan hasil yang lebih baik. Tapi, mungkin ponsel pintar anda tidak dapat melakukan hal tersebut.

Mungkin anda ingin untuk dapat mengatur hal-hal seperti, pencahayaan dan kedalaman ruang (depth of field) atau anda membaca artkel ini yang membahas mengenai kamera digital untuk pemula yang dapat memberi anda banyak informasi dan saran untuk mencobanya. Apa pun alasannya untuk terus meningkatkan kualitas hasil gambar dari kamera digital anda, mungkin pada pembahasan berikut ini, terdapat salah satu kamera yang tepat untuk anda. pada artikel ini, kami akan membahas mengenai beberapa tipe kamera digital yang tepat untuk para pemula yang dapat anda pertimbangkan saat membeli sebuah kamera dan mungkin dapat memberi anda rekomendasi pada beberapa jenis kamera favorit berikut ini, tapi sebelumnya kami akan membahas terlebih dahulu fitur-fitur dan kelebihan (manfaat) kamera digital yang sangat pas untuk para pemula. Berikut pembahasannya untuk anda:

Fitur-Fitur Pada Kamera Digital yang Tepat Bagi Para Pemula

Harga. Harga merupakan suatu poin terpenting untuk dipertimbangkan saat memilih sebuah kamera digital, sebab bodi dari kamera anda bukanlah satu-satunya barang yang akan anda beli. Bersamaan dengan lensa-lensanya, anda juga pastinya akan membeli kelengkapannya, seperti: filter, tas kamera, alat pembersih dan sebuah tripod. Hal-hal tersebut dapat menambah biaya pengeluaran anda lebih cepat! Pastikan anda menyisakan dana untuk membeli aksesoris.

Ukuran sensor. Sebuah pilihan yang populer bagi para pemula yaitu memilih sebuah kamera dengan sensor ukuran (APS-C). Sensor ini lebih kecil daripada sebuah sensor full-frame, tapi menyediakan banyak manfaat kunci bagi para pemula: kamera yang lebih kecil, ringan, lebih terjangkau serta menggunakan lensa-lensa yang lebih ringan, juga. Dalam perdagangan bebas, kebanyakan orang menggunakan lensa wide angle untuk mendapatkan ruang yang sama pada sudut pandang, serta lensa yang lebih besar juga cenderung menghasilkan kualitas gambar yang rendah disekitar sudut tampilan.

Anda juga harus menggunakan lensa yang lebih cepat pada sebuah sensor APS-C untuk memdapatkan sebuah kedalaman ruang yang setara, yang selalu tidak menentu. Terakhir, sebuah sensor yang lebih kecil dapat memiliki jumlah piksel yang lebih kecil (tapi, hal ini tidak selalu terjadi). Hal tersebut data mengurangi rentang dinamis (dynamic range) dan menciptakan sebuah sinyal yang lebih tinggi hingga rasio noise yang menjadikan foto tampak kasar.

Fleksibilitas. Anda mungkin telah memiliki sebuah ide tentang apa yang akan anda potret, tapi perlu anda ingat bahwa ketertarikan anda pada fotografi mungkin akan semakin meningkat saat anda melihat apa yang kamera anda bisa lakukan. Jadi, jangan batasi diri anda. Perhatikan fitur-fitur yang memungkinkan kamera anda untuk digunakan dengan kinerja terbaiknya pada situasi yang memungkinkan. Anda akan yakin bahwa anda memiliki sebuah bodi kamera yang dapat menggunakan segala jenis lensa yang anda fikir mungkin ingin anda pakai. Lensa yang memiliki kemampuan terbaik, serta memungkinkan anda untuk hal-hal seperti: pemotretan manual serta menggunakan cahaya flash dari kamera, karena anda tak pernah tahu kemana kegiatan fotografi anda akan membawa anda.

Manfaat (kelebihan) Kamera  Digital Bagi Pemula

Tahan Lama. Jika anda mengetahui tipe-tipe orang yang dapat memahami kesukaan anda, berarti anda sudah dapat memulainya dengan sebuah kamera yang akan membawa anda untuk melakukan segalanya. Sebuah kamera digital SLR entry-level yang bagus akan memberi anda kemampuan untuk memotret dalam modus manual, menyediakan kinerja yang handal saat kondisi minim cahaya, serta memiliki daya tahan lensa yang lebih lama untuk digunakan. Kabar baik bahwa kamera digital SLR telah di desain bagi pemula dan menawarkan banyak modus otomatis dan semi-otomatis yang membuat pemotretan anda semakin menyenangkan.

Ruang untuk Bertumbuh. Kami akan memberitahu anda sedikit rahasia, bahwa bodi dari sebuah kamera merupakan bagian terpenting, dan lensa merupakan bagian yang dapat membuat perubahan besar dalam kualitas gambar. Apa artinya bagi anda, saat anda membeli sebuah kamera digital SLR dengsn lensa kit-nya, kemudian anda memotret dimana-mana, menggunakan lensa yang lebih baik lagi jika anda memutuskan bahwa fotografi merupakan sesuatu yang ingin anda geluti lebih jauh lagi. Dengan kata lain, sebuah kamera digital SLR memberi anda begitu banyak ruang untuk bertumbuh.

Fleksibilitas. Salah satu keunggulan dari sebuah kamera digital SLR, yaitu bahwa lensanya dapat diganti-ganti. Ini berari bahwa satu kamera dapat memberi anda begitu banyak sesuatu yang mengesankan. Sebuah lensa makro memberi anda kesempatan untuk lebih sangat dekat dan mendetail terhadap sesuatu, seperti: serangga dan bunga-bunga, sedangkan sebuah lensa wide angle pada kamera DSLR dapat memudahkan anda untuk memotret foto lanskap yang dinamis.

Tipe-Tipe Kamera Digital Terbaik Bagi Pemula

Canon T6i

Canon Rebel telah masuk kedalam titik untuk menginspirasi para fotografer pemula dan kamera edisi paling terakhir ini merupakan desain yang paling handal. Memiliki resolusi 24Mp dan kamera dapat memotret foto hingga 5frame per-detik (FPS) serta rekaman video pada 30FPS. Kamera ini memiliki ukuran layar sentuh 3 inci yang dapat diputar dan sangat menawan, merupakan pilihan yang baik untuk menginspirasi para videografer. Dirilis pada tahun 2015, Canon T6i ini memiliki jumlah megapiksel lebih banyak dari pendahulunya T5i (24,2 vs 18) serta titik auto-fokus yang dimilikinya dua kali lebih tepat. Para pemula akan sangat senang akan aksesbilitas kamera ini, terdapat kontrol manual pada kamera DSLR high-end ini dan banyak pilihan otomatis dan semi-otomatis untuk digunakan saat anda sedang belajar.

Best DSLR for Beginners
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Canon EOS Rebel T6-i dilengkapi dengan fleksibilitas penggunaan pada kamera, sehingga memudahkan para pemula untuk memahaminya

Nikon D-3300

Jika ada kamera yang lebih murah dari Canon T6i, bagi para fotografer pemula, jawabannya adalah Nikon D-3300. Kamera ini memiliki kemampuan yang sangat handal, mengusung resolusi 24Mp, serta nilai burst sebesar 5fps. Memiliki sebuah layar sentuh dapat ditekuk yang di desain dengan indah dan kemampuan untuk merekam video hingga 1080p pada 60fps, menjadikan kamera ini pilihan terbaik bagi para videografer. Kamera ini di rilis pada tahun 2014 dan telah menjadi pilihan yang terkenal bagi para pemula sejak saat itu, sebab kamera ini hanya dijual dengan lensa kit saja, anda tak dapat membeli lensa-lensa lainnya untuk kamera ini.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Nikon D-3300 merupakan kamera DSLR dengan desain yang mungil sehingga memudahkan pemula dalam mengoperasikannya

Sony A-58

Kamera ini memiliki resolusi 20,1 Mp dan sensor crop DSLR, dirilis pada tahun 2013 dan kamera ini merupakan pilihan terbaik bagi para fotografer yang ingin mencari alternatif lain selain dari Canon dan Nikon. Kamera Sony A-58 ini dapat merekam video 10080p pada 30fps, tapi kekurangannya yaitu tak memiliki sebuah layar LCD yang dapat ditekuk (layar hanya dapat ditekuk untuk pemotretan framing, pada situasi tertentu). Kamera ini tepat bagi para peminat fotografi, bukan videografi.

Fuji X-T10

Kamera ini menginspirasi bagi para petualang dan fotografer yang suka travelling, sebab fitur yang dimilikinya dan ukurannya yang kecil. Dirilis pada tahun 2015, kamera mirrorless ini memiliki resolusi 16,3MP dan nilai burst pada 8fps serta dapat merekam video hingga 1080p. seperti kamera Sony A-58, kamera ini memiliki layar sentuh yang dapat ditekuk, tapi tidak seluruh bagiannya. Kamera ini merupakan pilihan yang kurang ideal untuk mereka yang suka video, tapi jika anda mencari sebuah kamera kecil yang unggul dalam fotografi, Fuji X-T10 merupakan pilihan yang sempurna.

Nikon D-5500

Kamera Nikon D5500 memiliki sensor crop yang memulai usaha untuk wilayah kamera “prosumer” dan kamera ini merupakan pilihan yang baik bagi mereka yang menginginkan fitur lebih daripada kamera model low-level dari Nikon, tanpa membeli kamera full-frame yang lebih mahal. Memiliki resolusi 24,2Mp dan nilai burst pada 5Fps, rekaman video 1080p serta memiliki 39 titik sistem auto-fokus yang membanggakan. Dengan sebuah layar LCD berukuran 3,2 inci yang dapat dimiringkan, kamera ini juga handal untuk video.

kamera digital untuk pemula
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Nikon D-5500 merupakan kamera DSLR yang handal untuk video, sangat cocok bagi pemula yang juga antusias dengan video

Canon Rebel SL1

Kamera ini merupakan versi terbawah dari kamera seri Rebel Canon. Tergolong dalam kamera digital entry-level, ukurannya lebih kecil dari kebanyakan pesaingnya. Tapi jangan terkecoh dengan ukurannya, kamera Rebel SL1 ini memiliki jumlah megapiksel, kecepatan burst serta layar yang dapat ditekuk untuk merekam video. Kamera mungil ini sangat handal dan dikemas dalam bentuk sekecil mungkin, serta dengan harga yang terjangkau. Sama dengan semua kamera seri Rebel dari Canon, para pemula akan sangat mengagumi aksesbilitas dari fitur-fitur kamera ini yang sangat pas bagi para pemula!

Kesimpulan

Demikian uraian diatas mengenai 6 tipe kamera diital yang cocok bagi pemula, terdapat juga penjelasan mengenai fitur dan kelebihan sebuah kamera digital bagi pemula. Semoga uraian diatas dapat membantu anda dalam menemukan kamera yang tepat bagi anda saat baru memulai kegiatan anda dalam fotografi, jika anda memiliki saran dan masukan terkait artikel kami ini, silahkan berkomentar di bawah ini dan jangan lupa untuk info terbaik lainnya tentang kamera digital, anda dapat klik di @foto.co.id , Sampai Jumpa 🙂

Artikel Terkait

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Video Terbaru

Loading...

Instagram

lensa terbaik untuk foto landscape

Ikuti Foto.co.id!

Bergabunglah di komunitas fotografi kami, dan belajar fotografi bersama kami!

Terima kasih, silahkan cek inbox anda dan konfirmasi untuk bergabung.

Share This